Kenangan - Kenangan Indah SD Tempoe Doeloe

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
725
Ratings
1,464
Points
315
Gender
Male
#57
1. Soal-soal pertambahan kelas 1 SD
Contoh : 13 = .... + .... . Soal kayak gini saya selalu nyontek, hahaha.

2. Menggambar peta dunia di buku kotak-kotak (strimin), cara praktisnya pake karbon.

3. Senam SKJ jadi primadona.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,007
Ratings
2,493
Points
560
Gender
Male
#60
Bebersih, biasanya dilakukan hari terakhir masuk sekolah, supaya nanti pas selesai liburan, masuk sekolah ruangan kelas semua bersih dan rapi. Semua murid udah bawa alat kebersihan sendiri, seperti ember, kemoceng dan sapu dari rumah masing-masing. Bebersih dilaksanakan pada satu jam pelajaran terakhir.
Log in or register to view this content!
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
843
Ratings
4,667
Points
460
Gender
Male
#61
Bebersih, biasanya dilakukan hari terakhir masuk sekolah, supaya nanti pas selesai liburan, masuk sekolah ruangan kelas semua bersih dan rapi. Semua murid udah bawa alat kebersihan sendiri, seperti ember, kemoceng dan sapu dari rumah masing-masing. Bebersih dilaksanakan pada satu jam pelajaran terakhir.
Melihat gambar bersihin kaca kelas pake koran mengingatkan saya pada waktu masih SD. Dulu yang kami lakukan, kaca yang hendak dibersihkan dicoret-coret dahulu secara merata dengan kapur tulis yang sudah direndam dalam air setelah itu baru dilap pake kertas koran agak basah. Hasilnya kaca menjadi kinclong. :D
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,007
Ratings
2,493
Points
560
Gender
Male
#62
Melihat gambar bersihin kaca kelas pake koran mengingatkan saya pada waktu masih SD. Dulu yang kami lakukan, kaca yang hendak dibersihkan dicoret-coret dahulu secara merata dengan kapur tulis yang sudah direndam dalam air setelah itu baru dilap pake kertas koran agak basah. Hasilnya kaca menjadi kinclong. :D
wah, saya malah baru tau tuh,,, tapi kalo coret2 dlu tambah lama dong bersihin nya...
 

AyuNuni

Nostalgic
Verified
Joined
Sep 16, 2017
Messages
104
Ratings
173
Points
70
Gender
Female
#63
Pengalaman saya kayaknya yang nomir 1 deh, dimana suntikan imunisasi itu jadi semacam momok sangat menakutkan yg ingin Dihindari tapi takut buat bolos skolah, karna takut nilainya turun dan ga jd juara kelas lag hehehehe

Selain pengalaman yg di tulis d halaman depan, tambahan dari saya adalah "Buku PR ketinggalan dan temen temen langsung nakut2in dan ngancem bakal lapor sm bu guru" dan hal ini mampu mmbuat jantung saya brasa mau copot, air mata berjatuhan, lalu lari-lari pulang jemput buku padahal sekolah lumayan jauh
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
843
Ratings
4,667
Points
460
Gender
Male
#64
wah, saya malah baru tau tuh,,, tapi kalo coret2 dlu tambah lama dong bersihin nya...
Pada waktu itu memang seperti itu instruksinya, mas, harus dicoret-coret dahulu pake kapur tulis basah. :)
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
915
Ratings
3,283
Points
485
Gender
Male
#65
Main gobak (atau gobak sodor). Selalu ditunggu-tunggu setiap kali waktu istirahat selalu itu yg dilakukan. Mainnya serius sekali, bisa sampai berantem kalau ada yg licik..:D
 

Hasan

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Ratings
331
Points
90
Gender
Male
#66
Pengalaman saya kayaknya yang nomir 1 deh, dimana suntikan imunisasi itu jadi semacam momok sangat menakutkan yg ingin Dihindari tapi takut buat bolos skolah, karna takut nilainya turun dan ga jd juara kelas lag hehehehe

Selain pengalaman yg di tulis d halaman depan, tambahan dari saya adalah "Buku PR ketinggalan dan temen temen langsung nakut2in dan ngancem bakal lapor sm bu guru" dan hal ini mampu mmbuat jantung saya brasa mau copot, air mata berjatuhan, lalu lari-lari pulang jemput buku padahal sekolah lumayan jauh
Entah kenapa dulu teman - teman saya menyebut imunisasi itu dengan "kuris". Sampai sekarang saya enggak mengerti dari mana istilah itu berasal.
 

rizperwata

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Ratings
174
Points
70
Gender
Male
#67
Kenangan SD yang paling indah sih, masih bisa main di jalanan karena jalanan masih sepi, pembagian susu coklat gratis, sistim masih catur wulan bukan semester seperti sekarang. Satu lagi sebenernya ga indah tapi selalu berkesan, Bandung gelap gulita pagi dan siang hari karena waktu itu gunung galunggung sedang meletus, serta ada kelas yang lebih lama (1,5 tahun) karena perubahan mulai tahun ajaran baru dari januari ke juni.
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
915
Ratings
3,283
Points
485
Gender
Male
#68
Kenangan SD yang paling indah sih, masih bisa main di jalanan karena jalanan masih sepi, pembagian susu coklat gratis, sistim masih catur wulan bukan semester seperti sekarang. Satu lagi sebenernya ga indah tapi selalu berkesan, Bandung gelap gulita pagi dan siang hari karena waktu itu gunung galunggung sedang meletus, serta ada kelas yang lebih lama (1,5 tahun) karena perubahan mulai tahun ajaran baru dari januari ke juni.
Tahun '83 berarti itu. Saya juga ingat waktu Galunggung meletus, meski rumah di Lampung, siang hari jadi gelap spt maghrib dan teras rumah penuh dengan debu. Gak kebayang yang di Bandung gimana...
 

rizperwata

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Ratings
174
Points
70
Gender
Male
#69
Tahun '83 berarti itu. Saya juga ingat waktu Galunggung meletus, meski rumah di Lampung, siang hari jadi gelap spt maghrib dan teras rumah penuh dengan debu. Gak kebayang yang di Bandung gimana...
oh sampai Lampung juga ya? Jauh juga jalan-jalannya itu debu
kalo di Bandung gelapnya kayak malam, dan debunya bikin sesak
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
843
Ratings
4,667
Points
460
Gender
Male
#70
serta ada kelas yang lebih lama (1,5 tahun) karena perubahan mulai tahun ajaran baru dari januari ke juni.
Berarti sebelum ada perubahan tahun ajaran baru dari januari ke juni kenaikan kelas terjadinya di bulan desember ya, mas?
 
Top