Kenangan - Kenangan Indah SD Tempoe Doeloe

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
716
Ratings
955
Points
296
Gender
Male
#1
Berbicara tentang kenangan - kenangan SD tempo dulu, pasti banyak hal yang telah pasti dialami. Mulai dari makanannya, minumannya, mainannya, permainannya dan masih banyak lagi. Beragam kejadian konyol dan lucu yang telah dilakukan... Dan setidaknya kita menyadari "Kita Pernah Polos!"

1. Yang pertama deh, Suntikan!!!!!
Log in or register to view this content!

Ini menjadi salah satu yang paling ditakuti oleh anak SD zaman dulu, termasuk saya, hehehe... Biarpun dibilang rasanya "kaya digigit semut", tetep aja sakit.... Kalau nggak nangis sambil teriak-teriak "Mama!!! Mama!!!! , ya pura-pura kuat. Atau yang lebih ekstrim lagi, kalau bisa kabur, bakalan lari keliling komplek, hahaha.

2. Periksa gigi dadakan!!!
Log in or register to view this content!
Awas gigimu berlubang, tak cabut ya..... Padahal cuma periksa gigi biasa, tapi dipikiran kebayang-bayang gigi saya bakal dicabut apa nggak ya?

3. Kamu ngomong apa barusan? Aku bilangan Bu Guru, nih!
Log in or register to view this content!
Dulu, mengucap kata-kata kasar dan jorok haram hukumnya. Kalo kelepasan, siap-siap aja deh diaduin ke Bu Guru! Rasanya dosa banget.

4. Surat Cinta
Log in or register to view this content!
Ehm... Via surat, wkwk... Zaman dulu mah ditulis dikertas pun jadi....

5. Huaaaa...
Log in or register to view this content!

Pemandangan yang mengerikan bagi anak SD...

6. Berbicara mengenai rapor atau rapot
Log in or register to view this content!
Zaman dulu jangan pernah deh mamerkan rapot ke temen-temen, bukannya disanjung-sanjung, malah diledekin.... Nama orang tua,, Alert....!!!

7. Perlindungan DOUBLE EXTRA!!!
Log in or register to view this content!
Pasti ada temen yang pelitnya minta ampun pas ulangan. Perlindungan utamanya kaya gini nih....

8. HMMMMM.....
Log in or register to view this content!
Kasus BAB di celana.... Yah, namanya juga anak-anak yah,,,, wkwk


Nomer berapa anda pernah ngalamin...
AYOOO... Para mastah-mastah zonadjadoel, ditunggu komenannya... atau ada yang bisa nambahin, silakan...
 
Last edited:

roadsterian

Administrator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,404
Ratings
6,190
Points
771
Gender
Male
#2
*ternyata kepalanya bocor* *kemudian dibawa ke rumah sakit*
Oww iya ini ada terjadi waktu saya SD, teman saya klo ga salah namanya Farid (eh di mana dia sekarang ya hehe) entah kenapa mainnya keterlaluan tau2 berdarah hingga mengotori baju putihnya itu, pemandangan mengerikan di tahun 85-an (selain kasus Petrus waktu itu). Oleh guru olahraga, saya udah lupa namanya, dibawa ke puskesmas terdekat naik motor dibonceng bertiga.
malah diledekin.... Nama orang tua
Klo ini waktu SMP, kita sering panggil nama ortu menggantikan nama teman sendiri dan sampai saya lupa nama teman saya klo manggil dia pernah main di rumahnya hampir manggil keceplosan nama bokapnya, untung teman saya jawil ngingetin hehehe.
Pasti ada temen yang pelitnya minta ampun pas ulangan.
Wah, barikade spt ini justru waktu SMA saya ingetnya. Temen saya bener-bener kayak spt episode Mr.Bean ujian itu lho. Klo ga pake tangan nutupinnya, pake buku bahkan tas ranselnya buat halang rintang biar ga dicontek.
Kasus BAB di celana..
Oh tetangga depan rumah itu pernah kejadian, dikasi tau ibunya sendiri waktu nyapu halaman dan bikin gempar temen2 main hahaha.
 

inigues

Enthusiast
Joined
Jun 13, 2015
Messages
38
Ratings
30
Points
51
Gender
Male
#3
saya punya pengalaman pas bagian nama orang tua.. dulu saya mulai ejek2an nama orang tua pas SMP.. pas pertama, nama orang tua saya aman karena ada teman yang sok-sok nebak dan saya pura-pura punya orang tua dengan nama tebakan itu.. Semua berjalan aman sampai ada teman yang satu SD bawa buku angkatan ke sekolah.. Barulah di situ ketauan karena di biodata saya ada nama orang tua saya..

Nama ortu ini kadang melekat banget untuk orang-orang yang nama ortunya "spesial".. Bahkan sampai kuliah pun masih ada teman yang panggilannya adalah nama ortunya padahal dia mulai dapat nama itu sejak SMP..
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,681
Points
371
Gender
Female
#4
1. Yang pertama deh, Suntikan!!!!!
Yang ini biasanya bikin saya keluar keringat dingin sakit takut disuntik. Dulu ada suntikan yang suaakiitt banget tapi lupa untuk suntikan apa. Kayaknya harus 3x suntik baru kebal, apa teman2 ada yang tau? Sehabis pertama kali disuntik itu saya kapok tidak lanjut yang lainnya.

Dulu di sekolah suka dapet minuman Milo gratis. Ada yang pernah dapat? Masa-masa bahagia :D.
 
Thread Starter
TS
msayuti

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
716
Ratings
955
Points
296
Gender
Male
#5
Yang ini biasanya bikin saya keluar keringat dingin sakit takut disuntik
Saya dulu sebelum kena suntik, lari keliling komplek eh sekolah dulu, hahaha... Saking takutnya... Akhirnya ketangkep, saya pura-pura kuat deh... :D
 

Erwan

Nostalgic
Donatur
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
273
Ratings
221
Points
151
Gender
Male
#6
1. Yang pertama deh, Suntikan!!!!!
suntikan sih gak pernah takut, hehehehe maksudnya setelah di suntik, awalnya sebelum pernah ngerasain di suntik saya pernah lompatin pagar belakang sekolah setinggi 2 meter gara gara mau di suntik pas kelas 1 SD, padahal biasanya manjatnya juga susah bener. tapi setelah ngerasain di suntik dan toh rasanya gitu gitu aja ya gak pernah takut lagi.

2. Periksa gigi dadakan!!!
ini nih yang paling nakutin, dulu hobi makan permen & minum es sih jadi gigi saya sering ngilu gitu, jadinya takut pas di periksa gigi langsung di cabut

3. Kamu ngomong apa barusan? Aku bilangan Bu Guru, nih!
dulu ngerasainnya malah suka ngancem, kalo denger gitu langsung tak ancem, kalo mau aman traktir di kantin kalo gak tak laporin sama guru. hehehe , jiwa preman pasar udah ada daridulu ternyata

4. Surat Cinta
kalo ini gak pake surat, tapi ngomong langsung ke orangnya, biasanya saya ajak ke kolam air mancur di samping kelas, abis itu ngomong deh. padahala awalnya kadang gak ada rasa, biasa biasa saja tapi karena sering di cie cie in, eh malah rasa sukanya muncul.

5. Berbicara mengenai rapor atau rapot
rapor sih dulu jarang pamer, toh kalopun di ledek dgn nama ortu ya udah bales lagi ledekannnya. toh ujung ujungnya berantem.

6. Perlindungan DOUBLE EXTRA!!!
Pasti ada temen yang pelitnya minta ampun pas ulangan di SD dulu banyak kecuali saya, saya mah gak pelit kalo lagi ujian. intinya kan ngerti pelajarannya, masalah rangking kan dulu selain dari ujian sumatif (bener gak nih namanya) kan dari PR & ulangan harian juga.
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
801
Ratings
3,919
Points
461
Gender
Male
#7
Kenangan masa SD saya apa ya? Coba saya ingat-ingat! Ah... ya, gedung sekolahnya! Gedung SD Negeri di waktu saya masih SD adalah bekas peninggalan jaman Belanda. Dulu di jaman Belanda dikenal dengan nama SD Putri. Coba lihat foto gedung SD itu sekarang yang saya ambil pakai kamera yang ada di HP HTC. Tampak pintu dan jendelanya besar dan tinggi khas gedung buatan jaman Belanda kan? Kenangan yang lain adalah mencari bunga kamboja berhelai empat atau enam untuk diselipkan di tengah buku. Katanya jika kita menyelipkan pada buku matematika misalnya maka kita akan menjadi pandai matematika. :LOL: Padahal untuk mencari bunga kamboja berhelai empat atau enam itu agak susah lho, kebanyakan kan berhelai lima. :)
Log in or register to view this content!
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,681
Points
371
Gender
Female
#8
Kenangan yang lain adalah mencari bunga kamboja
Bicara soal bunga saya jadi ingat pohon Flamboyan yang ada di depan kelas waktu saya di TK. Pohonnya luar biasa besar dan rindang dengan akar yang besar kelihatan diluar tanah, bunga berwarna merah menyala dan pas masih kuncup dilindungi kulit berwarna hijau yang kadang jatuh. Saya suka pakai bunga kuncup itu untuk main masak-masakan.

Log in or register to view this content!

Selain itu ada tanaman tak berbunga yang pucuk daun suka saya petik dan saya tempel di telapak tangan. Pas telapak tangan dibalik pucuk itu tetap menempel. Sayang saya tidak tahu namanya apa.
 
Thread Starter
TS
msayuti

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
716
Ratings
955
Points
296
Gender
Male
#9
Kenangan yang lain adalah mencari bunga kamboja berhelai empat atau enam
Selain itu ada tanaman tak berbunga yang pucuk daun suka saya petik dan saya tempel di telapak tangan. Pas telapak tangan dibalik pucuk itu tetap menempel. Sayang saya tidak tahu namanya apa.
Kalo saya, pernah ingat pas masih TK, suka main biji-bijian yang warnanya hijau pas masih muda dan warnanya kuning kalau sudah tua. Biji-bijian itu diambil dari pohon apa ya namanya? Satu pucuk, bijinya banyak, kecil-kecil....

Habis itu pas pulang sekolah (masih SD), suka nyari buah karamunting, rasanya manis, enak, ada asemnya sedikit... Nyarinya rame-rame, hehe
Log in or register to view this content!

Sama satu lagi, "buah ular" kami dulu menyebutnya. Atau biasa dikenal dengan buah ciplukan. Rasanya lumayan...
Log in or register to view this content!
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,681
Points
371
Gender
Female
#10
Sama satu lagi, "buah ular" kami dulu menyebutnya. Atau biasa dikenal dengan buah ciplukan. Rasanya lumayan...
Ya saya juga pernah nyobain buah ciplukan ini. Pas masa kecil pernah dibilang buahnya bisa dimakan. Kebetulan tanamannya hidup di pinggir jalan. Ga nyangka ada yang jual di supermarket.

Kalau buah karamunting belum pernah coba. Liat bentuknya seperti buah ara (fig) dalamnya seperti buah kiwi.

Saya juga ingat masa kecil suka mencari ikan cere di parit dekat rumah. Beberapa ikan cere ada yang terlihat bagus berwarna warni, sayang mereka cepet sekali mati. Kadang saya juga pelihara kecebong sampai berubah jadi katak kecil di aquarium. Apa anak-anak jaman sekarang masih main seperti itu ya atau lebih bergantung pada ipad dan game console?
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
801
Ratings
3,919
Points
461
Gender
Male
#11
Atau biasa dikenal dengan buah ciplukan
Untuk buah ciplukan, saya dan teman-teman kalau menemukan buah ini biasanya buat mainan. Caranya buah ini dijedotkan ke jidat biar bunyi plok! :D

Saya juga ingat masa kecil suka mencari ikan cere di parit dekat rumah
Di daerah saya, ikan cere dikenal dengan nama ikan bleteng. Dulu saya sering juga memelihara ikan ini. Saya cari yang ekornya berwarna-warni kemudian saya taruh di toples yang besar. Agar ikan bisa bertahan hidup lebih lama harus diberi tanaman ganggang supaya ada asupan oksigennya. :)
 
Thread Starter
TS
msayuti

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
716
Ratings
955
Points
296
Gender
Male
#12
Saya juga ingat masa kecil suka mencari ikan cere di parit dekat rumah
Di daerah saya, ikan cere dikenal dengan nama ikan bleteng Saya cari yang ekornya berwarna-warni
Log in or register to view this content!

Haha, betul. Ikan ini banyak sekali waktu itu di sungai atau selokan. Cara menangkapnya gampang, karena gerakannya yang lambat, mungkin karena banyak yang gemuk, hehe. Kami menyebutnya "ikan poceren" karena sering ditemukan di selokan-selokan..

O iya, dulu juga sering nangkep anak kepiting sungai. Nyarinya di bawah ranting, kayu, bambu dan rumput di sungai. Pernah kena capitnya, rasanya agak sakit (kalau yang kecil), dan sakit (kalau kena capit yang besar), hehe
Log in or register to view this content!
 
Last edited:
Joined
Nov 7, 2016
Messages
10
Ratings
15
Points
31
Gender
Male
#13
Hahahaa, yang berak di celana, masih inget ane dikelas 1 sd wuih sampai heboh sekelas, cuman ane lupa yang siapa :D

yang pasti ane paling inget adalah abang2 gimbotnya, mulai dari western bar, sl bankman, octopus, heli battle dan sekarang pun game2 ntu ada di hp android ane :happy:

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
939
Ratings
1,895
Points
421
Gender
Male
#14
Permainan "Rounders", saya dan teman-teman SD menyebutnya "rondes". Untuk ukuran anak SD pada jamannya, lari saya terbilang cepat, lumayan, banyak anak perempuan yang minta bergabung di tim saya hahaha...
Yang seru biasanya saat derby antara sekolah saya dan sekolah lain yang jaraknya berdekatan. Gengsinya meningkat sampe ke tingkat ledek-ledekan. Pertandingan derby di sekolah saya dulu disebut "met", saya ga pernah cari tahu asalnya dari mana, tapi mungkin berasal dari kata "meet".:D
 
Top