Kenangan - Kenangan Indah SD Tempoe Doeloe

lakonmba

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 3, 2015
Messages
130
Reaction score
233
Points
85
Gender
Male
Salah satu kenangan indah waktu SD itu, kalau bisa jawab pertanyaan dari guru, maka bisa pulang lebih cepat.

Padahal yah gak langsung pulang juga, tapi berdiri duli ngintip dari luar pintu, pingin tau siapa temen2 yang bisa jawab selanjutnya :joyful:
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
760
Reaction score
1,621
Points
315
Gender
Male
4. Halo... Siapa disana? Telpon dari 2 kaleng yang disambung dengan tali, ga tau betulan bekerja ga ya
Ini betulan bekerja, mbak. Dulu pernah nyoba sih :D Suaranya lumayan kedengeran + telinga bergetar karenanya (bicara bisik2, terus talinya bergetar duluan, terus menjalar ke telinga teman penerima, kedengeran deh) :D
Udah lama nggak pernah lihat ada yang mainin ini lagi sekarang :cry:
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
760
Reaction score
1,621
Points
315
Gender
Male
Last edited:

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
959
Reaction score
5,009
Points
460
Gender
Male
Bagi kalian yang pernah tinggal di desa atau kota kecil pasti tahu nama tanaman ini. Ya, namanya putri malu! Waktu SD setiap kami melihat tanaman ini pasti ramai-ramai menyentuh daun putri malu. Setelah disentuh daunnya pasti akan kincup (lihat spoiler). Kok bisa begitu, ya? :)
Log in or register to view this content!
 

Hasan

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Reaction score
346
Points
110
Gender
Male
Semuanya saya ngalami he he he .........
kalau ban, selain dipake untuk maen ayunan juga dijadikan "kendaraan".Caranya bannya digelindingkan dengan "dikayuh" sebatang kayu. Sesekali ada perlombaan bersama teman - teman
 

maszd

Administrator
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,731
Reaction score
48,760
Points
1,170
Gender
Male
Caranya bannya digelindingkan dengan "dikayuh" sebatang kayu. Sesekali ada perlombaan bersama teman - teman
ingat pernah mainin ini juga dulu
Log in or register to view this content!
agar lebih seimbang saat dikayuh biasanya kayu pemukul ban dipasang setengah potongan bekas tempat sabun wings jadi lebih mudah saat digelindingkan :D
Log in or register to view this content!
 

Hasan

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Reaction score
346
Points
110
Gender
Male
Wah ini teknik yang lebih advanced he he he
kalau saya masih pake teknik yang biasa - biasa aja #jempol
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,055
Reaction score
2,614
Points
560
Gender
Male
kegiatan yang dilakukan awal tahun ajaran baru.
nyampulin buku pake sampul coklat dan sampul plastik.
Log in or register to view this content!
*nama dan alamatnya saya tutupin, itu bukunya adik saya hehehe...
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
760
Reaction score
1,621
Points
315
Gender
Male
kegiatan yang dilakukan awal tahun ajaran baru.
nyampulin buku pake sampul coklat dan sampul plastik.
Ehem, belakang sampulnya siap ditulisi jadwal pelajaran :D Kalo saya dulu, hampir tiap sampul coklat, penuh tulisan jadwal, wkwk :ROFLMAO: Bagaimana dengan sobat-sobat yang lain?
Selain biar keliatan rapi, sampul2 tersebut terutama yang plastik tujuannya biar nggak terlalu basah buku2nya kalo kehujanan (maklum suka ujan2an, kalo ujan dan nggak bawa payung, main tembus aja, lari2, yang penting sampek rumah, wkwk)
Tambahan satu, kalo berangkat sekolah pas hari hujan, dulu jarang ada yang pake jas hujan, pake apa? pake payung lah, wkwk... Entah itu payung gede atau payung lipat (kecil). Tapi kalo saya seringnya pake payung yang gede, jangkauannya lebar sih, hehe. Terus kalo udah nyampe di sekolah, dijejerkan di depan kelas atau dibawa masuk juga boleh (tapi payungnya harus ditutup)
Waduh, jadi keinget jaman SD lagi :cry:
 
Last edited:

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
357
Points
120
Gender
Male
Kalau masalah sampul buku yang coklat lalu dilapis sampul plastik yg diselipin di sampul buku depan belakang, kayaknya satu Indonesia Raya sama semua ya...
Karena dulu rumah ortu tidak jauh dari warung nasi padang yg lumayan besar, saya sering minta kertas bungkus nasi padang yg ada cover cetak rumah makan tsb. Ada gambar rumah gadang dan nama warungnya. Saya minta agak banyakan (maklum kenal, pemiliknya adalah kenalan baik bapak, sering ronda bareng, main catur atau gaple, jadi ngga masalah).

Nah... Sampai dirumah, saya menyampuli buku tulis catatan sekolah saya dengan kertas bungkus nasi padang tsb (tentunya kertas yg baru ya yg masih lembaran licin mengkilat).
Hasilnya? Keren juga. Satu kelas takjub. Ibu guru pun heran, nih anak antimainstream banget ya? Ahahaha...
Si bapak pemilik warung pun senang setelah tahu kenapa saya suka minta kertas bungkus tsb. Yah itung2 promosi gratis ke sekolah.

Dan... nampaknya sejarah berulang. Anak cewek kedua saya, masih kelas 4 SD, pun melakukan hal yang sama, minta kertas bungkus nasi ke ortu teman sekelasnya yang memiliki jaringan warung padang terkemuka, untuk menyampul bukunya. Tanpa saya ajari. :D. Katanya keren dan unik.
Heladalaaahh... kok ya menurun... hahahahaha

Anak pertama saya malah lebih ekstrim. Waktu SD dia menyampuli buku catatannya dengan kertas koran.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,055
Reaction score
2,614
Points
560
Gender
Male
Karena dulu rumah ortu tidak jauh dari warung nasi padang yg lumayan besar, saya sering minta kertas bungkus nasi padang yg ada cover cetak rumah makan tsb. Ada gambar rumah gadang dan nama warungnya.
Nah... Sampai dirumah, saya menyampuli buku tulis catatan sekolah saya dengan kertas bungkus nasi padang tsb
Hasilnya? Keren juga. Satu kelas takjub. Ibu guru pun heran, nih anak antimainstream banget ya? Ahahaha...
Dan... nampaknya sejarah berulang. Anak cewek kedua saya, masih kelas 4 SD, pun melakukan hal yang sama, minta kertas bungkus nasi ke ortu teman sekelasnya yang memiliki jaringan warung padang terkemuka, untuk menyampul bukunya. Tanpa saya ajari. :D. Katanya keren dan unik.
Heladalaaahh... kok ya menurun... hahahahaha

Anak pertama saya malah lebih ekstrim. Waktu SD dia menyampuli buku catatannya dengan kertas koran.
ibarat kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari tukang dagangnya mas... :D:D
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
357
Points
120
Gender
Male
ingat pernah mainin ini juga dulu
agar lebih seimbang saat dikayuh biasanya kayu pemukul ban dipasang setengah potongan bekas tempat sabun wings jadi lebih mudah saat digelindingkan ]
Kalau tutup sabun Wings atau B29, juga tutup plastik kaleng susu Frisian Flag (kalengnya kan gede banget itu, ampir segede kaleng Marie Regal ukuran jumbo).. dulu sih seringnya di jadiin piring terbang, dengan cara dilempar mendatar dengan manuver tangan tertentu...
Atau bahasa jadulnya "frisbee superkere"...

Hayo siapa yg pernah ngalamin?
 

Unread posts

New threads

Top