Kartu Telepon

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#1
Masih ingat jaman tahun 90an? pada waktu itu telepon genggam (HP) belum booming seperti sekarang. Jadinya kalau mau telpon kita mesti cari telepon umum koin atau kartu, atau wartel. Saat saya berstatus sebagai anak kos yang jauh dari orang tua (sebenernya gak jauh2 amat sih, bogor - bandung doang hehehe), telepon sudah pastilah jadi kebutuhan utama karena wajib sering2 telpon org tua :D
Saya sih paling suka pakai kartu, dibandingkan koin. gambarnya bagus2 sih. Gambar ini-lah yang jadi pertimbangan utama saya dalam memilih kartu. Bukan harga maupun jumlah unit-nya yang 60, 75, 100, atau 140 itu :D
Gambar2 kartu tsb temanya macam2, dari hewan, bunga, event/peristiwa, tokoh, kartun, pemandangan, kebudayaan, dll. Saya paling suka gambar hewan dan bunga.
Akhirnya saya jadi rajin ngumpulin kartu telepon. Dari yang dalam negeri sampai yang luar negeri. Dari jaman telepon kartu unit, TECC (telkom calling card), kartu merdeka, kartu kring, sampai voucher hp... hehehe.

Ini beberapa contoh ilustrasi kartu telepon yg saya punya. sayang ada yang sudah lenyap. Yg saya upload gambar2 yg berhubungan dgn bacaan dulu :)

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#2
Nah, setelah era telepon kartu berlalu dan berganti dengan telepon genggam, saya pun beralih koleksi voucher HP :D

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
 
Last edited:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
951
Ratings
1,918
Points
406
Gender
Male
#3
waduh, rajin juga mba ya, tapi emang gambarnya bagus-bagus sih.. saya pribadi untuk voucher pulsa hp beli yang 50, untuk modem IM2 baru deh beli yang 100an 2 biji. Tapi gambarnya sih ga meratiin, soalnya langsung saya buang, ga taunya bagus juga ya untuk di koleksi.. nais(y)
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,683
Points
366
Gender
Female
#4
Bagus gambarnya mbak Ari, yang saya suka terutama Bobo dan seri pahlawan. Ga nyangka ada muncul gambar Bung Karno dan Hatta di kartu voucher.
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#5
memang bagus2 ya... apalagi gambar flora & fauna indonesia. top banget lah :)
sayang sekarang sudah gak ada lagi ya. soal voucer hp, juga sepertinya sudah jarang sekarang. saya tipa beli pulsa sudah gak pernah lagi dapet voucer. kalo gak yg langsung masuk pulsanya, paling lewat sms banking atau ATM :(
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,683
Points
366
Gender
Female
#6
Boleh donk upload gambar kartu telepon/voucher yang lainnya kalau sempat mbak Ari. Soal flora Indonesia saya hanya punya yang gambar bunga Rafflesia Arnoldii.
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#7
Boleh donk upload gambar kartu telepon/voucher yang lainnya kalau sempat mbak Ari. Soal flora Indonesia saya hanya punya yang gambar bunga Rafflesia Arnoldii.
Boleh banget... Nanti pas ada waktu saya scan dulu deh :)
 
Joined
Nov 3, 2015
Messages
130
Ratings
138
Points
81
Gender
Male
#8
Saya dulu koleksi Kartu Telepon Indonesia. Tapi yah gitu... Yang bekas pakai :jimlad: Yang udah bolong bolong.
Karena kata temen2, kalau lubangnya ditutup selotip, katanya bisa digunakan lagi :facepalm:

Jaman SMA sempet beli kartu Merdeka / Bebas ( lupa nama pastinya ) yang seharga 10rb. Itupun gak kepakai kepakai. Cuman buat gaya gayaan aja :ROFLMAO:
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#9
Last edited:

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#10
Emas

Oya, tiba2 teringat. dulu pernah terbit kartu telpon 250 unit yang terbuat dari emas. beratnya 20sekian gram (lupa persisnya). saya sih gak punya, mahal banget :D
kalau tidak salah yg beli juga dapat sertifikat keaslian emas tsb. kartu telepon mahal itu diluncurkan dalam rangka memperingati 50 tahun kemerdekaan RI. barusan google cari gambarnya :
Log in or register to view this content!
 

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
722
Ratings
983
Points
261
Gender
Male
#11
Wah.... gambar-gambarnya bikin ngiler... maklum saya suka seni... :D seninya indah gimana gitu :D Masanya indah banget kayaknya. Saya cuma pernah liat aja :nailbiting:
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
951
Ratings
1,918
Points
406
Gender
Male
#12
Emas

Oya, tiba2 teringat. dulu pernah terbit kartu telpon 250 unit yang terbuat dari emas. beratnya 20sekian gram (lupa persisnya). saya sih gak punya, mahal banget :D
kalau tidak salah yg beli juga dapat sertifikat keaslian emas tsb. kartu telepon mahal itu diluncurkan dalam rangka memperingati 50 tahun kemerdekaan RI. barusan google cari gambarnya :
waaawww... beneran mba? itu kartu telepon yang kalo udah kepake ada bolongannya kan? sayang dong emasnya kebuang...
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,614
Points
961
Gender
Female
#13
waaawww... beneran mba? itu kartu telepon yang kalo udah kepake ada bolongannya kan? sayang dong emasnya kebuang...
bener kok... tapi saya sendiri gak pernah kepikiran, kalo dipake gimana ya? ada gak yg "tega" buat pakai hehehe.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
951
Ratings
1,918
Points
406
Gender
Male
#14
bener kok... tapi saya sendiri gak pernah kepikiran, kalo dipake gimana ya? ada gak yg "tega" buat pakai hehehe.
:rolleyes:aahhhh iya iya iya... gomen gomen... :shame: jadi malu saya, kok ga kepikiran ya sama saya,,,, kalo orang yang mampu beli kartu emas, pasti orang itu ga akan bepikiran "ah sayang nih udah beli kartu kok ga dipake", dy tinggal beli lagi kartu yang buat telepon. (pastinya lebih mahal harga kartunya daripada nilai pulsa nya)
kartu emasnya buat koleksi orang tsb... haha.. pasti kartu yang belum kepakai sama sekali harganya akan jauh lebih tinggi dan bernilai daripada yang sudah pernah dipakai kan? ;)
 
Top