Kenangan - Kenangan Indah SD Tempoe Doeloe

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,212
Reaction score
3,578
Points
579
Gender
Male
Percaya atau tidak. Waktu sd saya tidak pernah ikut suntik imunisasi di sekolah. Hanya saya yg tetap di kelas. Karena waktu itu bayangan saya disuntik itu mengerikan. Hehe
Duh saya juga dulu paling takut kalo ada imunisasi cacar di sekolah saya, tapi entah kenapa kok saya seperti diberi "kemujuran", tiap kali hari H nya selalu ada aja, entah dibatalin, atau sayanya pas sakit.
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
739
Reaction score
1,511
Points
315
Gender
Male
Kalau tutup sabun Wings atau B29, juga tutup plastik kaleng susu Frisian Flag (kalengnya kan gede banget itu, ampir segede kaleng Marie Regal ukuran jumbo).. dulu sih seringnya di jadiin piring terbang, dengan cara dilempar mendatar dengan manuver tangan tertentu... Atau bahasa jadulnya "frisbee superkere"...
Selain itu, kaset CD bekas juga bisa dipake, tapi sayangnya gampang patah, retak dan cepet hancur :)
 

Hasan

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Reaction score
342
Points
110
Gender
Male
ibarat kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari tukang dagangnya mas... :D:D
baru saja saya mau komen yang sama. Ternyata sudah keduluan :D:D:D

Kalau tutup sabun Wings atau B29, juga tutup plastik kaleng susu Frisian Flag (kalengnya kan gede banget itu, ampir segede kaleng Marie Regal ukuran jumbo).. dulu sih seringnya di jadiin piring terbang, dengan cara dilempar mendatar dengan manuver tangan tertentu...
Atau bahasa jadulnya "frisbee superkere"...

Hayo siapa yg pernah ngalamin?
Saya Mas...saya juga sukan maen ini waktu kecil. Malah pernah pake tutup ember yang kecil

Percaya atau tidak. Waktu sd saya tidak pernah ikut suntik imunisasi di sekolah. Hanya saya yg tetap di kelas. Karena waktu itu bayangan saya disuntik itu mengerikan. Hehe
waktu SD dulu anak - anak menyebut imunisasi ini "dikuris". Saya juga gak tahu kenapa disebut begitu. Dan ada beberapa teman yang kabur dari kelas karena takut disuntik.
 
Last edited by a moderator:

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
354
Points
120
Gender
Male
Nampaknya ngga ada yg ingat sama sisipan bonus majalah yg berupa "gambar setrikaan" ya?

Gambar ini adalah semacam tehnik sablon, berupa stiker khusus yg gambarnya mirroring (terbalik) dan dilapis dengan kertas khusus di bagian sebaliknya.
Kalau skr ada yg baca dan memaknai "gambar setrikaan" itu stiker yg ada gambar setrikanya, ya maaf... itu salah kaprah dan salah jaman namanya... :D

Cara menggunakannya adalah, gambar tsb dipasang di kaos, bagian gambarnya ditelungkupin di kaos. Bagian kertasnya nampak dari atas.

Lalu kertas tsb kita setrika (tentu saja yg setrikanya sudah panas, kalau masih adem ya namanya kurang kerjaan. Bisa juga pakai setrika arang yg panas).
Setrika beberapa kali sampai terasa merekat di kaos.
Setelah itu kertasnya kita kletek (bahasa jadul nih :D, yg artinya "sesuatu yg merekat lalu dilepas pelan2").
Voila. Jadilah kaos dengan sablonan kita sendiri...

Gambarnya waktu itu macam2.. dari Voltus, God Sigma, Mickey Mouse, Donal bebek, Tokoh kartun sampai tokoh scifi yg lagi ngetrend di jamannya.
Entah skr kok sptnya ngga ada lagi ya gambar setrikaan seperti ini...
 

roadsterian

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,411
Reaction score
7,487
Points
614
Gender
Male
gara-gara ini semua kaos warna putih habis dipakai strika gambar :LOL:
Saya ada pengalaman gambar setrikaan ini sebagai hadiah/bonus tapi dari beli es krim di toko es krim Borobudur di Ampenan. Selalu merengek ke ibu saya untuk beli es krim di sana demi gambar tsb. Tapi gambarnya cuman Mickey Mouse saja dan di-strika ke kaos putih saya waktu kecil. Cuma agak lama dipakai dan dicuci berkali-kali mulai hilang/ga awet. :p
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
Saya ada pengalaman gambar setrikaan ini sebagai hadiah/bonus tapi dari beli es krim di toko es krim Borobudur di Ampenan. Selalu merengek ke ibu saya untuk beli es krim di sana demi gambar tsb. Tapi gambarnya cuman Mickey Mouse saja dan di-strika ke kaos putih saya waktu kecil. Cuma agak lama dipakai dan dicuci berkali-kali mulai hilang/ga awet. :p
kalo kaus yang ada sablonannya, cara setrikanya itu dari bagian dalemnya biar awet, bener ga sih?
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
354
Points
120
Gender
Male
kalo kaus yang ada sablonannya, cara setrikanya itu dari bagian dalemnya biar awet, bener ga sih?
Ya iya lah...
Bahan sablonan tsb terbuat dari semacam plastik atau karet. Kalau kena panas setrika bisa meleleh terus rusak... :D

Selain gambar setrika, ada juga tatoo palsu dari bungkus permen karet Pusan gum.
Cara pakainya ngga pakai setrika, tapi cukup pakai air, lalu ditempel di kulit. Kalau sudah kering, kertasnya dilepas.
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
739
Reaction score
1,511
Points
315
Gender
Male
Setelah sekian lamanya, mari kita lanjutkan :)
Kali ini kenang-kenangan dengan rumput-rumputan. Yang mana rumput kenanganmu? :D
1. Alang-alang
Log in or register to view this content!

2. Rumput Benggala
Log in or register to view this content!

3. Rumput Gajah
Log in or register to view this content!

4. Krokot
Log in or register to view this content!

5. Sawi Langit
Log in or register to view this content!

6. Pacar Air
Log in or register to view this content!

7. Bayam Ekor Belanda/Bayam Kucing
Log in or register to view this content!
 
Last edited:

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
739
Reaction score
1,511
Points
315
Gender
Male
Terus :
1. Lari-lari terus jatoh, luka, nangis, huaaaa.... Emaak/Mamaa...
2. Nyari benang layangan putus, terus disambung dan dipake lagi buat nerbangin layangan (IRIT MODE ON).
3. Rebutan layangan putus sampe manjat pohon segala.
4. Naik sepeda roda empat
5. Berangkat sekolah bareng teman se-gang/sekomplek/se-desa bak sekelompok pasukan menuju sekolah
6. Maen "ajak-ajakan". Yang kena sentuh, "ajak" dan harus mengejar teman lain agar tidak "ajak" lagi.
7. Buat kapal-kapalan dari kertas. Terus dilarutkan pas hari hujan, nggak lama tenggelem dah kapalnya, hehehe
8. Lari pas ada anjing. Karena lari, dikira anjingnya ada apaan, dikejer deh :D
9. 17 Agustusan bikin mata berbinar-binar, penuh bendera kecil di setiap jalan.
Apa lagi?
 

Hasan

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Reaction score
342
Points
110
Gender
Male
Setelah sekian lamanya, mari kita lanjutkan :)
Kali ini kenang-kenangan dengan rumput-rumputan. Yang mana rumput kenanganmu? :D

Kalau alang - alang saya ingetnya suka ngerjain teman.
Kita bilang, eh manis nih coba gigit. Pas dia gigit, kita tarik ujung sehingga bunganya yang putih masuk ke mulut :p
 
Last edited by a moderator:

fery

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Mar 31, 2017
Messages
130
Reaction score
217
Points
100
Gender
Male
6. Berbicara mengenai rapor atau rapot
Kayanya ini deh yang jadi momok paling menakutkan waktu di SD , sebenarnya yang diincar bukan nilainya tapi nama bapaknya...wah sekali bocor sudah satu kelas tahu semua, sampai di majalah dinding pun pasti ada, jadi nama anaknya / nama ortu, selalu dengan format seperti itu. atau kadang dg format : nama depan pake nama asli, trus nama belakang pake nama bapaknya
dan itu menjadi budaya sampe SMA ..busyet luar biasa efeknya..tapi entah kenapa meskipun sudah dipanggil dengan nama bapaknya mereka tidak ada yg marah..malah ketawa gitu..:ROFLMAO: dasar anak2 yang penting kocak dan menghibur hati--berangkat brrooooo..!!
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
739
Reaction score
1,511
Points
315
Gender
Male
Top