Barang Antik dan Produk Jadul

Benda ini dulu pernah begitu setia menemani saya pada waktu masih menjadi anak kost. Walau kekuatannya cuma 250w tapi cukuplah untuk merebus segelas air untuk membuat susu coklat ataupun segelas besar air untuk merebus mi instan. :)
Ya ampun alat ini, wkwkwkwkw dulu pernah punya. Buat mie instan pke telor, rada amis menurtku. Apa krn listrik ya 🤣
 
Last edited by a moderator:
Dulu (sekarang juga masih sih :cool:) berasa keren dan gagah ketika berkendara motor memakai kacamata berlensa BL ini.
Kayaknya sekarang generasi pertama kacamata ini sudah tidak diproduksi lagi.
Log in or register to view this content!
 
Ya ampun alat ini, wkwkwkwkw dulu pernah punya. Buat mie instan pke telor, rada amis menurtku. Apa krn listrik ya 🤣
Perangkat sarapan anak kos =
1. Pemanas air, beraneka macam bentuk. Ada yg cuma pemanas kayak gambar di atas (ngeri deh kalo nyetrum hihihi). Ada yg wujud teko plastik dg pemanas di dasarnya. Yg ortunya kaya dikit pasti bawa panci listrik kecil. Yg ortunya lebih kaya lagi (dan listrik kosnya kuat) bawa kompor listrik.
Log in or register to view this content!

2. Setrika. Buat nyetrika baju? Nggak lah. Buat nyetrika roti tawar 😆 roti tawar ditutupi kertas hvs bersih trus disetrika. Setelah rotinya anget, diolesi mentega. Enaaaaak!
 
Last edited by a moderator:
Dulu (sekarang juga masih sih :cool:) berasa keren dan gagah ketika berkendara motor memakai kacamata berlensa BL ini.

terus terang saya agak kecewa mas @wong tegal , sebelum mengklik spoiler, saya kira di spoiler photo mas @wong tegal (yg keren & gagah) memakai kacamata BL, berjaket kulit dan berkendara motor, seperti berikut ini kurang lebih bayangan saya...
Log in or register to view this content!
 
Tak sengaja nemu tespen* jadul peninggalan alm bapak. Saat dicoba lampu indikatornya masih menyala jadi tespen ini masih berfungsi dengan baik.
*Tespen, lampu tes, tester tegangan, atau tester listrik adalah bagian sederhana dari alat uji elektronik yang digunakan untuk menentukan ada atau tidak adanya tegangan listrik di sebuah peralatan yang diuji.

tespen.jpg
 
Tas koper sekolah saya dulu merk president dan apollo.

Kalau ulangan di sekolah, ditaruh diatas meja sebagai pembatas biar ga saling contek. Hehehe...
Aaahh, Mbak @earlyn langsung nembak tepat sasaran...😁😁

Benda ini dulu pernah begitu setia menemani saya pada waktu masih menjadi anak kost. Walau kekuatannya cuma 250w tapi cukuplah untuk merebus segelas air untuk membuat susu coklat ataupun segelas besar air untuk merebus mi instan.
Sekarang dimodifikasi, kumparannya dipasang di dalam ceret/teko plastik, Mas @wong tegal.

Dulu jaman SMA pernah hitz kalau nulis pakai Rotring. Padahal itu kan pulpen gambar teknis. Nulis bagus2.
Mas @kresnaw ingat aja... 😁
Saya waktu SMA pernah pakai rotring 0,2 untuk nulis...😁

Dulu bangga rasanya kalau dapat memakai bulpen pilot di sekolah.
Bulpen pilot memang bagus, enak dan agak mahal, Mbak @Mido, di atas rata-rata bulpen standar lainnya.
 
Ya ampun alat ini, wkwkwkwkw dulu pernah punya. Buat mie instan pke telor, rada amis menurtku. Apa krn listrik ya 🤣
Sebagai anak kos wajib punya ahahhahaha penyelamat perut yg kelaparan ditengah tanggal tua kiriman blum dateng ahhah
 
Sekarang udah ga diajar lagi nulis halus kasar 😞
Jadi teringat waktu SD -- kalau tidak salah di kelas 1 dan kelas 2 SD -- diajar menulis halus, dengan buku yang khusus. Jarak antar barisnya dibuat berbeda.

Menulis Halus.jpg
Apakah anak-anak sekarang tidak diajar menulis halus lagi, Mas @kresnaw?
Kalau demikian, memang sayang sekali.😔 (meskipun tulisan saya nggak pernah bagus..... nilai menulis halus tidak pernah lebih dari 6...:ROFLMAO:)

Yang saya kangen ngetik pakai mesin ketik....
Nah, jadi ingat waktu sekolah dulu, kalau dapat tugas buat makalah atau laporan yang diketik, suka pusing kepala untuk mengatur bagaimana sisi kanannya bisa rata (ngga seperti kalau ngetik di komputer, sejak jaman seri WordStar 1 - WordStar 4 sampai MS Word, bisa diatur otomatis rata sisi kanannya). Akhirnya caranya, beberapa ketukan menjelang sampai margin kanan, dihitung dulu, berapa huruf (karakter), baru diatur. 😆
Ada juga cara teman, dibuat rangkap dua, kertas HVS yang dibelakang dibuat bingkai dengan spidol, sehingga samar-samar terlihat batas kanannya....:LOL:
Ada-ada saja akal jaman dulu.....🤣
 
Jaman saya ada pelajaran mengetik, malah sampai 2 semester. Untuk mengakali ketikan agar rata kanan memang ada tekniknya, mas @Awee ... yaitu dengan menghitung karakter 😆 sebelum diketik, dibuat konsep tulisan tangan dulu lalu dihitung karakternya. Nanti sudah dihitung letak penggalan² kata dan tambahan spasi antara 2 kata agar sebelah kanan bisa rata. Tambahan spasi juga diatur agar terlihat seimbang, tidak rapat di kiri dan renggang di kanan. Jaman dulu semua serba selow dan hepi 😁
Yg unik, Dulu di kelas itu belajarnya "dipaksa". Semua huruf di mesin ketik ditutup lakban hitam. Jadi murid terpaksa menghapalkan lokasi tuts 😅 gak bisa nglirik2 ato nyontek2.

The quick brown fox jump over the lazy dog.
 
Nanti sudah dihitung letak penggalan² kata dan tambahan spasi antara 2 kata agar sebelah kanan bisa rata. Tambahan spasi juga diatur agar terlihat seimbang, tidak rapat di kiri dan renggang di kanan. Jaman dulu semua serba selow dan hepi 😁
Mbak @idanora betul-betul tekun, teliti dan rajin.... (y)(y)
Karena untuk mengerjakan hal tersebut sekurang-kurangnya harus kerja dua kali kerja tentunya....:eek:

Waktu saya SMP ada pelajaran Ketrampilan, untuk siswa-siswa ada tiga materi, mengetik (dua semester), stenografi (satu semester) dan elektronika (tiga semester). Sedangkan untuk siswi-siswi dua materi, Tata Boga/memasak (tiga semester) dan Tata Busana/menjahit (tiga semester).
Agak menarik juga bahwa di sekolah Mbak @idanora, siswinya mendapat pelajaran mengetik.(y)
 

Latest posts

Back
Top