Barang Antik dan Produk Jadul

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
901
Reaction score
4,831
Points
460
Gender
Male
Tak disangka ternyata di Indonesia pada suatu masa -- tepatnya di tahun 1960-an -- rambut manusia sebagai bahan wig/rambut palsu pernah dihargai Rp 9.000 per kilogram. Sekedar catatan, harga beras pada saat itu sekitar Rp 110 per kilogram. Karena cukup bernilai ekonomi, rambut menjadi incaran pencuri. Di Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, pencuri nekat memotong rambut perempuan yang sedang terlelap tidur. Perempuan tersebut adalah calon pengantin yang keesokan harinya akan menjalani pesta perkawinan.
Di bawah ini kutipan dari harian Kompas tgl 29 Juni 2018. Terima kasih Kompas!
Log in or register to view this content!
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,025
Reaction score
2,539
Points
564
Gender
Male
Dulu untuk kegiatan prakarya pasti pake kertas karton warna warni. Ada yang tau kenapa di sebutnya "manila"? Apa cuma di produksi di Filipina?
Sekarang apa sobat masih ada yang pake, biasanya untuk bikin apaan?
Soalnya pas baca novel Alistair, ada tertulis "amplop/map manila". Jadi keingetan deh..:D
 

Liany

Enthusiast
Premium+
Verified
Joined
Apr 3, 2015
Messages
36
Reaction score
111
Points
90
Gender
Female
Dulu untuk kegiatan prakarya pasti pake kertas karton warna warni. Ada yang tau kenapa di sebutnya "manila"? Apa cuma di produksi di Filipina?
Sekarang apa sobat masih ada yang pake, biasanya untuk bikin apaan?
Soalnya pas baca novel Alistair, ada tertulis "amplop/map manila". Jadi keingetan deh..:D
Kalo yang pernah saya baca, manila itu sebutan untuk salah satu jenis serat yg asalnya dari daun pohon sejenis pisang yang aslinya dari Flipina. Mungkin kertasnya dibuat dari serat itu?
kalau betul, produksinya gak harus di sana, pohonnya gak mungkin cuma ada di Filipina, walaupun asalnya dari sana.
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
355
Points
120
Gender
Male
Pulpen dan pensil yang saya ingat selain Pilot :
1. Boxy. Warna hijau favorit saya..
2. Mitsubishi
3. Staedtler (masih ada nggak ya ini)
4. Chung Hwa
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,529
Reaction score
3,534
Points
965
Gender
Male
di iklan bobo itu ada kilometrico mas... saya malah ingat sama tipe ex-nya... warnanya botol putih makainya diusap pakai tangkai tutup botolnya. dulu juga ada setip buat menghapus noda pulpen...😨😨😨.
 

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,103
Reaction score
3,606
Points
589
Gender
Male
Pulpen dan pensil yang saya ingat selain Pilot :
1. Boxy. Warna hijau favorit saya..
2. Mitsubishi
3. Staedtler (masih ada nggak ya ini)
4. Chung Hwa
Dulu jaman SMA pernah hitz kalau nulis pakai Rotring. Padahal itu kan pulpen gambar teknis. Nulis bagus2.

Tapi terus terang memang tulisan anak Indonesia waktu itu bagus2. Sekarang udah ga diajar lagi nulis halus kasar 😞
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
355
Points
120
Gender
Male
di iklan bobo itu ada kilometrico mas... saya malah ingat sama tipe ex-nya... warnanya botol putih makainya diusap pakai tangkai tutup botolnya. dulu juga ada setip buat menghapus noda pulpen...😨😨😨.
Disebut kilometrico karena diklaim bisa menulis kata2 berkilo kilometer baru habis tintanya...
Ada yg inget pulpen merek BIC?
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
901
Reaction score
4,831
Points
460
Gender
Male
Benda ini dulu pernah begitu setia menemani saya pada waktu masih menjadi anak kost. Walau kekuatannya cuma 250w tapi cukuplah untuk merebus segelas air untuk membuat susu coklat ataupun segelas besar air untuk merebus mi instan. :)
Log in or register to view this content!
 

earlyn

Enthusiast
Kontributor
Verified
Joined
May 15, 2019
Messages
61
Reaction score
168
Points
85
Gender
Female
Tas koper sekolah saya dulu merk president dan apollo.
images-32.jpeg
Kalau ulangan di sekolah, ditaruh diatas meja sebagai pembatas biar ga saling contek. Hehehe...
 
Last edited by a moderator:

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,103
Reaction score
3,606
Points
589
Gender
Male
Tas koper sekolah saya dulu merk president dan apollo.
Kalau ulangan di sekolah, ditaruh diatas meja sebagai pembatas biar ga saling contek. Hehehe...
Hahahhaa... bener banget. Ada satu yg ketinggalan. Merk Echollac (ga tahu bener gak tuh nulisnya).
 

Latest resources

Top