Mainan2 Jadul

ophan

Enthusiast
Joined
Oct 1, 2020
Messages
36
Reaction score
49
Points
33
Gender
Male
Bleguran (meriam yang dibuat dari bambu dan diisi sama karbit) terus nembakin tuh bleguran dengan arahnya ke jalanan terminal pulgadung pas sore hari. bunyinya ngga kalah ama petasan sampe polisi yang jaga disebrang jalan nyamperin buat nyuruh brenti, dasar aja anak2 yang ngga tau bahayanya eh besoknya dikerjain lagi sampe main kucing2an ama bapak polisinya.
di daerah priangan khususnya di kota saya; namanya Bedil Lodong (lodong=awi gombong/bambu gede). mesiunya batu belerang.
dimainkan biasanya di kebon bambu pinggiran kolam/kebun/sawah.
rasanya sedang perang di taun 1660 (?) melawan penjajah portugis. hehe.
tapi anehnya ge kepikiran sedang diatas kapal layar bajak laut. hehe
 
Last edited by a moderator:

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,520
Reaction score
4,699
Points
628
Gender
Male
Kalau yang no 5. Monopoli saya juga masih main tapi di komputer. Ada 3 aplikasi monopoli di komputer saya. :)
Sebenarnya pengin main yang Monopoli Indonesia tapi sepertinya adanya di android, ya.
Ingat dulu Monopoli Indonesia ada Singaraja, Tabanan, Banjarmasin, dst....🤣🤣🤣🤣
 

rian

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Feb 11, 2018
Messages
403
Reaction score
944
Points
228
Gender
Male
Ini dulu juga pernah punya, kartu remi dragon ball :
Log in or register to view this content!
Source gambar : carousell
 
Last edited by a moderator:

agungrahutom

Greenhorn
Joined
Oct 19, 2020
Messages
9
Reaction score
17
Points
19
Gender
Male
asli lupa sama mainan yang satu ini, sekarang jadi terkenang lagi, biasanya didemonstrasikan hilir mudik di baskom, menurut saya kreatif pencipta mainan ini. masih ada jual gak ya? :zsipit:
Masih suka liat ada yang jual ini di pasar. Waktu kecil takjub melihat kapalnya bisa jalan sendiri dengan memasang lilin didalamnya
 
Last edited by a moderator:

bucin

Greenhorn
Joined
Nov 15, 2020
Messages
12
Reaction score
14
Points
21
Gender
Male
Monopoli
game watch
nintendo
kalo diluar ya paling seru main petak umpet apa lagi klo mainnya malam hari..jadi canpur perasaan horor gitu
 

ari_jh

Legend
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
3,883
Reaction score
15,980
Points
1,208
Gender
Female
2 hari lalu saya nemu salah satu mainan jadul saya di rumah. berdebu banget. dulu (sampai sekarang) saya suka banget gambar ilustrasinya. baru nyadar, ternyata dari kecil udah suka gambar2 model dongeng gini. setelah saya bersihkan, saya posting di IG & FB. jadi ada bbrp orang yg japri mau beli. jelas aja saya gak mau hehehe

Log in or register to view this content!

ilustratornya siapa ya? :unsure:
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
1,093
Reaction score
2,855
Points
513
Gender
Male
2 hari lalu saya nemu salah satu mainan jadul saya di rumah. berdebu banget. dulu (sampai sekarang) saya suka banget gambar ilustrasinya. baru nyadar, ternyata dari kecil udah suka gambar2 model dongeng gini. setelah saya bersihkan, saya posting di IG & FB. jadi ada bbrp orang yg japri mau beli. jelas aja saya gak mau hehehe
ilustratornya siapa ya? :unsure:
itu puzzle apa rubik mba?
 

ari_jh

Legend
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
3,883
Reaction score
15,980
Points
1,208
Gender
Female
itu puzzle apa rubik mba?
Namanya apa ya? Waktu kecil saya bilangnya puzzle kubus.
Kalo bhs inggris setau saya namanya picture cube
 

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,520
Reaction score
4,699
Points
628
Gender
Male
2 hari lalu saya nemu salah satu mainan jadul saya di rumah. berdebu banget. dulu (sampai sekarang) saya suka banget gambar ilustrasinya. baru nyadar, ternyata dari kecil udah suka gambar2 model dongeng gini. setelah saya bersihkan, saya posting di IG & FB. jadi ada bbrp orang yg japri mau beli. jelas aja saya gak mau hehehe


ilustratornya siapa ya? :unsure:
Waahhh dulu pernah punya ini yang versi Goldilocks.....:love::love::love:
 

hijacker76

Greenhorn
Joined
Dec 17, 2020
Messages
4
Reaction score
5
Points
4
Gender
Male
dulu suka main kapal otok-otok...tinggal dikasih minyak ntar kapalnya jalan+keluar asap
 

bebekhitam

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
1,230
Reaction score
5,592
Points
513
Gender
Female
Benang Gelasan
Benang gelasan digunakan untuk adu layangan, dibuat dari benang biasa yang diberi lem dan gelas bubuk. Dalam adu layangan, benang gelasan ini dapat memotong benang lain, dan pemilik layangan yang memotong benang layangan lain dianggap sebagai pemenang. Benang gelasan bila disentuh langsung dapat mengakibatkan luka, dan karena itu bagian bawahnya biasanya tidak diberi gelas agar dapat dipegang oleh tangan. Selain itu bahaya lainnya adalah bila benang gelasan tersangkut pada kabel listrik. Hal ini dapat mengakibatkan putusnya kabel listrik dan pemegangnya terkena sengatan listrik. (sumber: Wiki)
sumber

ini mainan pasti gak lolos safety standard kalau zaman sekarang. Tanya mas @wong tegal & mas @Awee ah; apa kecilnya pernah kenal benang gelasan?

Log in or register to view this content!
 
Top