Mainan2 Jadul

ChubbySampul

Enthusiast
Verified
Joined
Jun 2, 2016
Messages
67
Reaction score
113
Points
80
Gender
Male
tazos yang dulu pernah punya yang bulat looney toons punya, kalau star wars kumpulin film seri perang bintangnya, kagak ada yang komplit , bayangkan mau kumpul 100 pcs semua, baru nonton dengan teropong bintangnya, layaknya bioskop studio mini.hahaha, tapi memang di banding anak-anak zaman sekarang tahun 90 lebih kreatif deh, hehe
Tazoz yg bulat jaman2 tazoz pokemon kann
Dulu jg ngumpulin tazoz gatau dimana tuh sekarang
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
885
Reaction score
4,763
Points
460
Gender
Male
Waduh mas @maszd mengingatkan saya pada permainan yang pernah saya lakukan di masa kecil dulu, nih. :D
Saya punya pistol mainan yang seperti itu tapi bentuknya kecil sehingga pelurunya harus dipotong kecil2. Selain itu saya juga punya kalung ala dog tag (kalung dog tag = kalung yang biasa dipakai oleh anggota militer). Kalung ini dulu di Tegal begitu ngetrend. O iya, untuk peluru pistol yang berbentuk rol ditempat saya namanya kaling. Dulu saya sering beli untuk dibunyikan sebagai pengganti petasan. Caranya kaling tersebut diletakkan di atas batu yang datar permukaannya kemudian digecek eh maksudnya dipukul pakai palu atau batu.
Untuk mainan dari bambu di tempat saya namanya plak plak dor. Mungkin karena pada waktu mengisikan peluru kertas ke selongsong bambunya berbunyi plak plak kemudian pada waktu disogok berbunyi dor maka alat itu dinamakan plak plak dor (gampangan ya cara memberikan nama alat itu :D). Agar dihasilkan suara yang lebih keras, dulu saya menggunakan kertas dari merang/jerami bukan dari kertas koran. Kertas dari merang dulu biasa dipakai untuk pembungkus semprong ceplik (ceplik = lampu berbahan bakar minyak tanah).

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

maszd

Administrator
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,391
Reaction score
46,964
Points
1,174
Gender
Male
Saya punya pistol mainan yang seperti itu tapi bentuknya kecil sehingga pelurunya harus dipotong kecil2. Selain itu saya juga punya kalung ala dog tag (kalung dog tag = kalung yang biasa dipakai oleh anggota militer). Kalung ini dulu di Tegal begitu ngetrend.
hebat mas, masih disimpan sampai sekarang mainannya (y) mengingatkan saya salah satu kolektor di zd untuk versi komik :D saya jadi penasaran mainan beliau dulu apa ya :rolleyes: ehm...
Dulu saya sering beli untuk dibunyikan sebagai pengganti petasan. Caranya kaling tersebut diletakkan di atas batu yang datar permukaannya kemudian digecek eh maksudnya dipukul pakai palu atau batu.
saya jadi ingat pernah dulu buat semacam petasan dari busi bekas, mungkin ada yg pernah mainin juga, jadi kepala businya diisi dari kepala korek yg sebelumnya sudah dihancurkan, suaranya juga lumayan.
Log in or register to view this content!
Untuk mainan dari bambu di tempat saya namanya plak plak dor. Mungkin karena pada waktu mengisikan peluru kertas ke selongsong bambunya berbunyi plak plak kemudian pada waktu disogok berbunyi dor maka alat itu dinamakan plak plak dor (gampangan ya cara memberikan nama alat itu :D). Agar dihasilkan suara yang lebih keras, dulu saya menggunakan kertas dari merang/jerami bukan dari kertas koran. Kertas dari merang dulu biasa dipakai untuk pembungkus semprong ceplik (ceplik = lampu berbahan bakar minyak tanah).
baru tahu kalau ada yg pakai dari kertas jerami, saya pakainya dari buku tulis sekolah, karna itu jadi sering cepat habis dan diomelin :D yah biar pelurunya dari kertas tapi lumayan sakit kalau kena paha :D
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
885
Reaction score
4,763
Points
460
Gender
Male
hebat mas, masih disimpan sampai sekarang mainannya
He... he... jangankan pistol mainan, mas, 2 buku sulap yang saya beli di kaki lima, hadiah dari chiki, dan kartu tanda anggota osis SMP-pun masih saya simpan. :)

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
 

Yantono

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 10, 2013
Messages
254
Reaction score
463
Points
155
Gender
Male
haha.. salut banget sama mas Tegal, kartu OSIS nya juga masih tersimpan dengan baik, kebanyakan sih kalau untuk mainan jadul yang unik mungkin masih ada di simpan, tetapi kalau untuk tanda kartu OSIS siapa yang masih bisa simpan hingga saat ini merupakan sesuatu yang langka mas. kebanyakan kalau sudah lepas /tamat sekolah hal-hal demikian jarang ada yang simpan.hehe:D
 

BC1377

Nostalgic
Verified
Joined
Jul 8, 2016
Messages
179
Reaction score
260
Points
140
Gender
Male
Dulu waktu saya masih SD sih sering banget kwartet kalau belum dijemput xD
 

ChubbySampul

Enthusiast
Verified
Joined
Jun 2, 2016
Messages
67
Reaction score
113
Points
80
Gender
Male
Mainan-mainan sederhana yang pernah mengisi masa kecil saya tapi terkadang bikin orangtua tidak senang karena kertasnya diambil dari buku tulis yang seharusnya dipakai untuk menulis pelajaran sekolah.
Yang .model pesawat ama yg segitiga yg di gerakan pake jarii Duhh sering bikin waktu sd dulu
 

buncis

Retro
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
508
Reaction score
777
Points
230
Gender
Male
Sepertinya dulu pernah ada yang posting tentang pesawat terbang yang terbuat dari gabus ya? Yang dari busa tipis, hidungnya ada plastik transparannya dan kadang ada baling2nya?
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,981
Reaction score
12,544
Points
969
Gender
Female

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
740
Reaction score
1,516
Points
315
Gender
Male
Pernah maen congklak, ular tangga, asin, monopoli, tepok kartu, kelereng, lilin (yang bisa dibentuk-bentuk itu), egrang, biji karet, biji letup (dari tanaman apa ya?), menangkap ikan pakai tudung saji (menangguk), ketapel bikinan sendiri, lompat tali (talinya dari karet gelang yang disambung-sambung), leduman, layangan, dan masih banyak lagi :D

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!
Dapat ikannya untung-untungan, kadang dapet ikan kecil, udang, kepiting, belut, kadang kotoran ada juga :D Nangkep ikan di sungai
 
Last edited:

kutubuku

Vintage
Joined
Sep 23, 2013
Messages
696
Reaction score
2,502
Points
350
Gender
Male
asli lupa sama mainan yang satu ini, sekarang jadi terkenang lagi, biasanya didemonstrasikan hilir mudik di baskom, menurut saya kreatif pencipta mainan ini. masih ada jual gak ya? :zsipit:
kayaknya sih masih ada, barusan saya lihat di pasar ada kakek kakek jual, saya hanya iseng nanya harganya 20rb an
 
Last edited by a moderator:

acong

Greenhorn
Joined
Nov 16, 2016
Messages
7
Reaction score
9
Points
24
Gender
Male
Mainan jadul... Hotwheels sama Matchbox. Sampai sekarang sudah punya junior masih jadi penggemar dua mainan itu:D
 

sophie

Nostalgic
Verified
Joined
Oct 22, 2013
Messages
225
Reaction score
292
Points
120
Gender
Female
ngomongin soal tazos.. dulu sebelum tazos, ada mainan bombik yg bentuknya kayak tazos tp polos.. bisa disusun dibuat macem2 kayak jadi bunga atau menara dll.. tapi kayaknya sekarang sdh ga ada lg ya mainan ini.. adanya semacam lego..
 
Top