Mainan2 Jadul

twenty4

Retro
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
341
Reaction score
432
Points
135
Gender
Male
dulu pernah punya boneka dakochan....warnanya item, ditiup, dr plastik.....yaaa lama2 juga ancur kalo barang plastik gt....akhirnya bocor disana sini, dan sekarang ga tau nasib nya udah dimana ......udah di recycle mungkin jadi barang laen :)
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,507
Reaction score
3,509
Points
965
Gender
Male
kalau boneka susan itu memang khusus dibuat sama ria enes kah. kaya boneka tangannya unyil dan si komo. kalau bukan termasuk jenis boneka apa itu. berarti ria enes beli lisensinya yah. jadi inget dulu punya boneka yg kaya susan. pake baju bayi sambil ngedot kalau dotnya dilepas nangis nyariin mamanya.

jaman dulu anak-anak juga jauh hidup dengan alam. mulai dari buat wayang dari daun singkong. maen pendekar-pendekaran pake tongkat kayu. patil lele pake kayu. china boy pake kaleng. asinan, tekong pake batu. pake garis-garis aja jadi. jaman sekarang gak ada lahan. banyakan rumah. lahan sedikit buat taman. yg ada dimarahin kalau maen.
 

twenty4

Retro
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
341
Reaction score
432
Points
135
Gender
Male
jangan lupa juga maenan dulu ada bambu lodong....kalo sekarang maen bambu lodong bisa bisa digrebek densus, disangkanya bikin bom wkwkwkw
 

Daffa

Collector
Veteran
Kontributor
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,279
Reaction score
9,307
Points
640
Gender
Male
..., pas kelas 6 Sd pernah beli kapal terbang gabus, ternyata diperlakukan seperti layang layang bisa terbang tinggi dan lama juga di udara

Sobat masih inget mainan pesawat kecil dari gapus pipih, bisa diterbangkan tp cm bentar mengudaranya, ada pemberatnya dari plastik transparan di moncongnya, ada baling2nya, yang jual tukang jual mainan yang ada ketika pulang sekolah sd di depan sekolah. dijual dalam wadah sachet kertas, blm dirakit, tp ngrakitnya mudah, ada seri pesawat PD II, Muschermit, spitfire, culex, ada seri lokal, kupu2, leak bali, ga tau made in mana, mngkin RRT
Mainan ini masih ada, tadi saya beli harganya @Rp. 1.500, ada 12 model.
Log in or register to view this content!
Juga beli Yoyo pesanan putri saya, Yoyo plastik.
Log in or register to view this content!
 
Last edited:

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,507
Reaction score
3,509
Points
965
Gender
Male
wah ada yoyo. jaman kita pake kayu yah mz. bisa nyala juga. kalau jaman sekarang pake lampu jaman saya dulu pake batu korek kayanya biar ada percikan apinya. kalau pesawat gabus dulu pas kecil belinya di pantai. sampai rumah gak bisa naek lagi. katanya karena gak ada angin deras.

kalau terjun payung masih ada gak yah. jadi ingat pas prakarya IPA SD disuruh buat. dibuku panduan pake batu. eh temen saya pake batu gede amat. gak pake terbang langsung nyungsep ke bawah.

kalau di lelek pinggir sekolah ingatnya dulu beli gambaran. sekarang udah gak ada. terus baju-bajuan. sekarang baju-bajuannya malah jadi gak jelas.
 

aditya

Enthusiast
Verified
Joined
Sep 29, 2015
Messages
34
Reaction score
57
Points
50
Gender
Male
wah saya dulu lumayan jago kalo disuruh maen kelereng
padahal saya anak paling kecil diantara anak anak satu kampung
suka dijadiin joki kalo ada yg taruhan kelereng
paling suka ngoleksi kelereng yang berwarna putih susu
iseng buka youtube nemu video tentang race kelereng
Log in or register to view this content!
di video berikutnya malah ada world cup marble race :hilarious:
pesertanya ada malaysia filipina spanyol brazil dll
 
Last edited by a moderator:

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
894
Reaction score
4,786
Points
460
Gender
Male
Sebenarnya malu juga untuk menceritakan permainan2 dimasa kecil saya karena permainan2 yang saya lakukan bersama dengan teman2 cuma permainan2 sederhana. Seperti misalnya main Ular Tangga, Ludo, gaburan umbul/gambar, cangkulan dengan kartu remi (kalo bosan ganti permainan namanya 4-1 dan truf), yoyo, panggalan, benteng, kasti, dengklek, sepakbola, kelereng untuk main leng kondor, HA atau HT dan masih banyak lagi permainan2 yang kami lakukan.
Inilah beberapa contoh permainan yang dulu pernah saya lakukan.
1. Membentuk benda tertentu dengan karet gelang
Log in or register to view this content!
2. Macan-macanan
Macan dikatakan menang jika berhasil memakan pemburu sampai tinggal 14 pemburu dari total 21 pemburu dan pemburu dikatakan menang jika berhasil memojokkan macan tanpa bisa bergerak kemana pun.
Log in or register to view this content!
3. Glagah menari (glagah = batang bunga tebu)
Untuk permainan ini dibutuhkan sepasang glagah lk 30 cm dan benang jahit lk 40 cm.
Kenapa dijuluki dengan nama glagah menari? Karena pada waktu salah satu dari glagah itu dilemparkan ke udara dengan kuat, glagah tersebut selama beberapa detik akan menari-nari di udara. Sayang, saya kesulitan untuk mencari glagahnya. Kalau ada akan saya tunjukkan bentuk permainannya kedalam foto.
 

buncis

Retro
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
508
Reaction score
778
Points
230
Gender
Male
Sebenarnya malu juga untuk menceritakan permainan2 dimasa kecil saya karena permainan2 yang saya lakukan bersama dengan teman2 cuma permainan2 sederhana. Seperti misalnya main Ular Tangga, Ludo, gaburan umbul/gambar, cangkulan dengan kartu remi (kalo bosan ganti permainan namanya 4-1 dan truf), yoyo, panggalan, benteng, kasti, dengklek, sepakbola, kelereng untuk main leng kondor, HA atau HT dan masih banyak lagi permainan2 yang kami lakukan.
Inilah beberapa contoh permainan yang dulu pernah saya lakukan.
1. Membentuk benda tertentu dengan karet gelang
2. Macan-macanan
Macan dikatakan menang jika berhasil memakan pemburu sampai tinggal 14 pemburu dari total 21 pemburu dan pemburu dikatakan menang jika berhasil memojokkan macan tanpa bisa bergerak kemana pun.
3. Glagah menari (glagah = batang bunga tebu)
Untuk permainan ini dibutuhkan sepasang glagah lk 30 cm dan benang jahit lk 40 cm.
Kenapa dijuluki dengan nama glagah menari? Karena pada waktu salah satu dari glagah itu dilemparkan ke udara dengan kuat, glagah tersebut selama beberapa detik akan menari-nari di udara. Sayang, saya kesulitan untuk mencari glagahnya. Kalau ada akan saya tunjukkan bentuk permainannya kedalam foto.
Yang glagah itu bener2 jadul Mas, lha nyari glagahnya aja sekarang susah banget. Dulu halaman belakang rumah saja bisa buat nanam tebu barang serumpun. Sekarang sudah pada nggak punya halaman rumah lagi malahan.
 

willy

Collector
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,123
Reaction score
2,057
Points
564
Gender
Male
Perhatian... perhatian... bagi anda yg kangen dgn permainan congklak/dakon dan domino, di google play store ada lho game-nya!
Kalau soal permainan congklak di hp sebenarnya sudah ada sejak zaman hp bersistem operasi Java (atau tanpa OS ya?). Saya dulu biasa main game congklak di hp Nokia 5110. Nama gamenya Bantumi.
 

taufiqpetroleum

Enthusiast
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
32
Reaction score
42
Points
55
Gender
Male
Kalau saya sukanya maen yoyo. Terus di yoyo nya dipasang logam kecil yang disebut betere. Sama yang jual dipasang pake palu dengan cara dipukul.
Cara main seperti biasa namun yoyo yang sudah terayun dibawah dipertemukan dengan logam besi (biasanya potongan besi rel kereta api) sehingga timbul percikan api. Asyik deh. hehehehe....
 

inigues

Enthusiast
Verified
Joined
Jun 13, 2015
Messages
38
Reaction score
52
Points
55
Gender
Male
kalo game console inget main sega di tahun 1990 awal. tiap pulang ke rumah main sega bahkan rumah sampai jadi basecamp teman-teman pas SD dulu. Terus tahun 1990 akhir mulai deh muncul PS1. Dulu sebelum dibelikan PS1 sama ortu, pasti pulang sekolah "mampir" dulu ke rumah teman yang punya. Dan yang pasti keingetan, di rumah temen ga main, cuma nonton orang main Resident Evil 1. Entah kenapa dulu pas kecil gim itu serem banget. hehe.

Kalau mainan dulu sering koleksi saint seiya yang baju jubahnya bisa dilepas pasang. Bisa dipasang ke orangnya, bisa juga dipasang ke patungnya. Misal buat si seiya, ada patung pegasusnya juga yang bisa dipasangin jubah.

Kalau tradisional dulu kelerengan. Pertama kelereng kita dilempar ke deket target yang disimpen ke lemparan. Kalo orang bilangnya "padeket-deket". Nanti yang lebih deket mulai duluan. Kelereng target di lingkaran harus disentil keluar dan kelereng yang dipake nyentil ga boleh berhenti di dalem laingkaran. Yang paling banyak dapet kelereng yang menang. Jadi inget dulu koleksi kelereng yang motif susu, belang-belang, hitam pekat.
 

Ben

Nostalgic
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
145
Reaction score
142
Points
90
Gender
Male
Kalo saya ini maenan yang bikin de javu banget,robot power ranger generasi pertama kalo gak salah,bisa di copot" terus bisa di gabungkan jadi satu,tapi sayang cuma tinggal kenangan karna pas pindah rumah trus saya masih belum begitu sayang ma barang jadi nya tinggal di foto ini aja padahal keren banget buat jadi barang pajangan .
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

ChubbySampul

Enthusiast
Verified
Joined
Jun 2, 2016
Messages
67
Reaction score
113
Points
80
Gender
Male
Anak2 jaman dulu itu permainannya banyak yg di outdoor
Aq pernah ngerasain main yg lompat2 gitu di buat kotak trs kita lempar batu gitu klo di sulawesi namanya dende dende
Klo permainan dalam ruangan palingan ps1 hehehe suka main grand Turismo
 

Mido

Vintage
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Apr 3, 2016
Messages
917
Reaction score
2,927
Points
420
Gender
Female
Saya ingat ibu saya pernah bawa telepon mainan dari Jepang pas saya masih di TK. Tiap ditekan tombolnya bisa keluar suara. Yang saya ingat ucapan " Moshi moshi". Juga pernah punya boneka bayi yang di pencet perutnya bisa keluar suaranya.

Pas SD pernah main ular naga, benteng-bentengan, petak umpet dan beberapa board game. Waktu SMA orang tua beliin nintendo apa super nintendo cuman karena mahal kasetnya hanya punya sedikit koleksinya. Kalau PS1 lebih banyak koleksi gamenya terutama game RPG. Tahun lalu saya beli player bekas karena koleksi game masih banyak.

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

Unread posts

Latest resources

Top