Tukang dagang, promosi barang, penjual jasa Jadul

lodan

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 24, 2013
Messages
589
Ratings
491
Points
236
Gender
Male
#1
Masih ingatkah teman2 waktu kecil dulu banyak tukang2 dagang , penjual jasa, promosi barang yang ada selain penjual makanan, ini yg masih saya ingat yaitu :
1. Tukang Minyak tanah yg dipikul, setelah itu pake gerobak dorong
Log in or register to view this content!
2. Tukang Patri, almarhum ibu saya suka nambal panci yg bolong
Log in or register to view this content!
3. Promosi rokok Bentoel, dulu pake layar tancep buat ngundang orang2 pada datang
Log in or register to view this content!
4. Tukang rental film dr kaset betamax sampai vcd
Log in or register to view this content!
 

Suppokev

Nostalgic
Joined
Nov 10, 2013
Messages
101
Ratings
23
Points
46
Gender
Male
#2
Yang saya ingat tukang Gimbot yang main pakai tali sekali game over 100 rupiah...hahaha...Dulu sempat mikir gimana cara mutusin talinya...wkwkwkw
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

lodan

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 24, 2013
Messages
589
Ratings
491
Points
236
Gender
Male
#3
Jangan lupa :
1. Tukang jual Jangkrik , jangkrik buat di adu pakai tempat dari bambu
Log in or register to view this content!
2. Tukang jual biji karet, biji karet di adu dengan cara gantian dipukul pake tangan yg engga pecah dia yg menang
3. Tukang jual manggis, manggis dipakai buat judi tebak isi buah manggis
 
Last edited by a moderator:
Joined
Sep 18, 2013
Messages
335
Ratings
169
Points
111
Gender
Male
#4
tukang porkas, tukang sdsb hahaha! sehari2 cari nomer buntut waktu sma hahaha! jaman kacau...
Log in or register to view this content!
tukang pecel....skrg mah udh ga ada, si mbok nya ky nya udh ga ada...
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

sophie

Nostalgic
Joined
Oct 22, 2013
Messages
224
Ratings
94
Points
81
Gender
Female
#5
Tukang foto keliling.. biasanya ada di tempat wisata.. orangnya bawa kamera yg dikalungin di lehernya dan nawarin foto langsung jadi.. kadang2 masih ada smp sekarang..
Sales promotion girl (SPG) keliling.. nawarin kosmetik atau buku atau aksesoris.. biasanya dandanannya menor pake baju blazer rapi dan bawa2 tas gede yg isinya barang dagangannya trs keliling dari rumah ke rumah.. kayaknya sekarang udh ga ada..
 
Last edited by a moderator:

TanakaKyoharu

Retro
Donatur
Joined
Nov 12, 2013
Messages
376
Ratings
53
Points
96
Gender
Male
#6
klo saya inget penjual kartu yang mainnya masukin koin ke box trus dipuer keluar kartu2 kyk dragon ball dll, penjual keong yang dikasih akan mentimun, penjual mainan yang dibawa pake sepeda diatas sepeda itu ada kotak jaring-jaring isi mainan, trus penjual es lilin yummmy, sama es cungcung, wah banyak bgt
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
962
Points
271
Gender
Male
#7
Yg saya inget itu antara lain...

Tukang rental gamewatch (bahasa gaulnya anak2 dlu gimbot)...

Tukang cuci pasfoto pinggir jalan...

Tukang foto polaroid keliling...
 

lodan

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 24, 2013
Messages
589
Ratings
491
Points
236
Gender
Male
#8
Tukang dagang ikan hias pakai gerobak, dulu sering mangkal di samping masjid dekat rumah waktu saya masih kecil
 

ndut

Enthusiast
Joined
Sep 27, 2013
Messages
80
Ratings
17
Points
26
Gender
Male
#9
+ dulu sekali, sering ada ibu2 yang datang kerumah, membersihkan telepon, biasanya sambil membersihkan dengan aneka cairan yang wangi, sambil ngobrol2 sama ibu, lantas mengakhiri rangkaian pekerjaannya, bagian mikrophone telepon (bagian mulut, bisa dilepas penutupnya) diselipkan semacam tisu wangi, jadi pas dipake baunya harum sekali:) sekarang sepertinya sudah tidak ada lagi ya, pekerjaan semacam ini?


+ saya juga masih ingat dulu ada orang yang berjalan kaki mencari puntung rokok, dijepit pakai jepitan bambu panjang, lantas dimasukkan kedalam keranjang besar yang dipanggul di punggungnya, sempat mikir, kalau keranjangnya segede itu dapat puntungnya seberapa banyak ya? tapi kalo saya pikir2 sekarang, malah bingung, sebenarnya buat apa ngumpulin puntung segitu banyaknya? sampai2 jadi nafkahnya?
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
256
Gender
Male
#10
klo saya ingatnya tukang air ledeng.. dulu kan air bersih masi agak sulit.. ketolong banget sama tukang air ledeng.. klo lewat suka ada suara khasnya.. ga tau di tempelin apa di rodanya, pokoknya ketauan d klo tukangnya lewat :laughz:
sekarang sih, sepertinya masi ada.. tapi klo di daerah saya uda ga pernah keliatan lagi
 
Last edited by a moderator:

lodan

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 24, 2013
Messages
589
Ratings
491
Points
236
Gender
Male
#11
- Tukang Abu Gosok, jaman dulu di pakai buat cuci piring, jualannya pakai gerobak, ini udah punah kayaknya.
Log in or register to view this content!
- Tukang Las Karbit, ini mulai langka banget yang ngider dijalan
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

TanakaKyoharu

Retro
Donatur
Joined
Nov 12, 2013
Messages
376
Ratings
53
Points
96
Gender
Male
#12
twenty4 said:
tukang porkas, tukang sdsb hahaha! sehari2 cari nomer buntut waktu sma hahaha! jaman kacau...tukang pecel....skrg mah udh ga ada, si mbok nya ky nya udh ga ada...
SDSB saya tdi bacanya SNSD :maoz: :maoz: :maoz:
btw itu beneran hadiahnya 1 Milyar? ada yg pernh dapet g tuh? tahun segitu dapet 1 Milyar :cariz: :cariz: :cariz:
 

bearita

Nostalgic
Kontributor
Joined
Feb 19, 2014
Messages
167
Ratings
469
Points
161
Gender
Female
#13
saya kepikiran satu nih yang selalu ditunggu-tunggu sama bokap dulu... dia adalah tukang cukur keliling... yang kemana-mana bawa tas perlengkapan potong rambut, memakai topi dan membawa kursi lipat. Biasanya dia akan memotong rambut pelanggannya di bawah pohon dimana dia menempelkan kaca sehingga pelanggannya bisa lihat hasil potongan rambutnya...
 
Last edited by a moderator:
Top