Tukang dagang, promosi barang, penjual jasa Jadul

Izzuddin

Greenhorn
Joined
Jul 31, 2017
Messages
14
Reaction score
34
Points
41
Gender
Male
tumben dengar ada tukang cek tekanan, gimana rupanya?
beberapa tahun lalu (sudah tahun 2000-an) pernah lihat tukang cek darah. Malah sudah pakai alat cek yang digital :)
 

tanpanama

Enthusiast
Verified
Joined
Nov 20, 2014
Messages
65
Reaction score
105
Points
80
Gender
Male
Gas..gas..elpiji gas..penjual elpiji yg naek pick up menawarkan dagangannya pake microphone keliling kampung.sy udah gak menjumpai pedagang ini di kota sy.mgkn udah gak ada krn skrg elpiji udah tersedia di agen2 dkt rumah.bgmn di kota anda smua?msh adakah?:unsure:
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
354
Points
120
Gender
Male
Gas..gas..elpiji gas..penjual elpiji yg naek pick up menawarkan dagangannya pake microphone keliling kampung.sy udah gak menjumpai pedagang ini di kota sy.mgkn udah gak ada krn skrg elpiji udah tersedia di agen2 dkt rumah.bgmn di kota anda smua?msh adakah?:unsure:
Kalau di Kebumen desa masih ada penjual gas yang keliling, cuman sudah ngga pakai pikap lagi, melainkan pakai motor gerobak roda tiga.
Disana motor gerobak roda tiga yg trendi ketimbang mobil pikap.
Tukang sayur, tukang gas, giling gabah, toko material, kelontong semua pakai motor gerobak. Kalo disana dibilangnya Germo (gerobak motor).
 

dyonagung

Greenhorn
Joined
Nov 29, 2015
Messages
24
Reaction score
32
Points
45
Gender
Male
1. Tukang asah pisau, dulu dia bawa alat sejenis gerinda putar tangan itu... ^^
2. Tukang gulali yang bisa dibentuk bentuk itu
3. Tukang botol yang biasanya mau tukar dengan mainan plastik / berondong jagung ( popcorn )
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
Tukang ikan hias keliling yang pake panggulan bambu
Log in or register to view this content!
 

Johan1975

Nostalgic
Verified
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Reaction score
219
Points
110
Gender
Male
Kalo di kampung saya, jaman saya masih SD, ada penjual kacang rebus yg keliling kampung setelah maghrib.. Yang jual Bapak-Bapak udah sepuh. Jualannya nggak pake gerobak dorong, tapi kacangnya dimasukin kain warna putih (seputih rambut dan kumis si Bapak πŸ˜„) Kain isi kacang rebus yang masih panas itu digantungin di leher. Panjang kainnya sampe pinggang. Menggantung di kiri dan kanan. Jadi kalo ada yg beli, si Bapak tinggal ngambil kacang dari dalam kain itu. Terus dibungkus ama kertas bekas buku-buku tulis.. Biasanya Ibu saya yang doyan beli kacang ginian.

Kalo jaman SMP, ada tukang persewaan novel dan komik keliling yang masuk kampung. (Aaah, saya baru inget, di situ saya mulai kenal Trio Detektif dan Wiro Sableng). Novel & komik yang disewain si Mas ditaruh di kotak kecil. Kotaknya ditumpangin di atas sepeda "kebo", alias sepeda jadul (yang berat banget kalo dikayuh). Masih inget suka dimarahin Ibu gara-gara suka baca komik. Padahal menurut saya waktu itu, apa salahnya baca komik silat dengan berbagai macam jurus? Ada jurus belalang sembah, jurus monyet, dll. Sempat saya praktekkin juga sih gaya belalang sembah itu. Wkkkk.

Selain itu, penjual jasa yang masuk kampung saya kurang lebih sama dengan yang lain. Ada tukang patri panci, tukang sol sepatu, penjual tahu campur, penjual bakso yang dipikul, penjual jamu gendong, penjual es dawet, tukang timbang badan, penjual kosmetik. Dan tidak lupa, yang ikutan keliling kampung dengan wajah garang : tukang bank harian πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
 
Last edited:

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,212
Reaction score
3,578
Points
579
Gender
Male
Kalo di kampung saya, jaman saya masih SD, ada penjual kacang rebus yg keliling kampung setelah maghrib.. Yang jual Bapak-Bapak udah sepuh. Jualannya nggak pake gerobak dorong, tapi kacangnya dimasukin kain warna putih (seputih rambut dan kumis si Bapak πŸ˜„) Kain isi kacang rebus yang masih panas itu digantungin di leher. Panjang kainnya sampe pinggang. Menggantung di kiri dan kanan. Jadi kalo ada yg beli, si Bapak tinggal ngambil kacang dari dalam kain itu. Terus dibungkus ama kertas bekas buku-buku tulis.. Biasanya Ibu saya yang doyan beli kacang ginian.
Hmm....unik juga tapi kok saya ngebayanginnya agak menyeramkan yaa, selepas maghrib dia mulai lewat dengan kain putih bergelantungan di kiri dan kanannya.....😬😱
 

Johan1975

Nostalgic
Verified
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Reaction score
219
Points
110
Gender
Male
Hmm....unik juga tapi kok saya ngebayanginnya agak menyeramkan yaa, selepas maghrib dia mulai lewat dengan kain putih bergelantungan di kiri dan kanannya.....😬😱
Bener Mas. Nggak salah bayangan Mas πŸ˜„ Buat anak SD waktu itu, penampilan Si Bapak boleh dibilang lumayan nyeremin sih.. Kan beliau udah sepuh. Kulit badannya agak gelap. Ditambah bajunya item-item. Tapi rambut ama kumisnya udah putih semua. Kepalanya make "udeng" (penutup kepala untuk pria). Trus dia "gendong" kain putih yang isinya kacang rebus.. Kalo misal si Bapak gak make suara pas jualannya, kita pasti udah kaget aja kalo papasan di tikungan deket rumah saya.. soalnya jalannya juga gelap. πŸ˜…
Log in or register to view this content!
 

Bech

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Reaction score
201
Points
95
Gender
Female
Tukang yang sering lewat depan rumah saat masih kecil yaaa..

Tukang rombeng
Yang namanya tukang rombeng sampai sekarangpun masih banyak yang berkeliling ke kampung2 maupun perumahan2.. tapi kalo jaman kecil dulu biasanya mereka membawa pikulan dengan keranjang di kiri kanannya.. mereka menata barang2nya sedemikian rupa supaya pikulan mereka nggak berat sebelah.

Tukang patri
Kalo di malang jaman dulu ada tukang patri keliling.. tukang patri ini menawarkan jasa untuk menambal panci2 atau peralatan dapur alumunium yang bocor..mereka menawarkan dagangannya tanpa harus berteriak2 karena selalu membawa kecrek (entah apa istilah yang bener), alat berupa pegangan besi dengan lempengan2 potongan alumunium, yg disusun ke bawah, dimana jika diayunkan akan membuat bunyi kecrek.. kecrek.. kecrek.. yang bunyinya cukup nyaring sehingga bisa terdengar dari kejauhan.
 

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,013
Reaction score
3,408
Points
589
Gender
Male
Tukang Pijit Keliling Tuna Netra ......... ingat waktu kecil bantuin nyeberang jalan, tetap gigih & semangat ......
Nah ini yg sekarang sudah hilang diganti dengan GoMassage.. hahahah.

Dulu selalu ayah saya suka tunggu2. Sudah ada langganan yg selalu datang. Kadang sy suka heran dan takjub melihat mereka bisa datang dengan kondisi fisik mereka. Salut dan terharu.
 
Top