Tokoh komik Album Walt Disney Donal Bebek

roadsterian

Administrator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,404
Ratings
6,190
Points
771
Gender
Male
#1
Disini kita akan mengulas secara singkat tokoh atau karakter yang ada di komik Album Walt Disney Donal Bebek, seperti (terutama) Donal, Gober, Kwik Kwak Kwek, Agus Angsa, Lang Ling Lung, Hiawata, Bung Kelinci, Coki Beruang, Toki Kumbang, Joe Carioka, Kiki Koko, dan juga si Berandal. Apabila ada tokoh yang lupa disebutkan, silakan menambahkan sendiri di post berikutnya.


Donald_duck_stor_121201c.jpg
Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek yang sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru / kelasi tanpa celana. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun "The Wise Little Hen".
Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donal Bebek adalah Donal Fauntleroy Bebek (nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy). Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya adalah Donal Fauntleroy Bebek dan sebuah episode dalam film Quack Pack juga menyatakan hal yang sama.
Karakter Donal dengan suara khasnya merupakan hasil kerja dari pengisi suaranya, yaitu Clarence "Ducky" Nash. Karyanya inilah yang berhasil mengangkat Donal dan tertanam pada pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.
Sifat Donal yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan berganti-ganti pekerjaan, namun itu menunjukan bahwa dia lebih terampil dari karakter Disney lain karena dapat bekerja hampir di segala bidang.
Hari ulang tahun Donal diakui jatuh pada tanggal 9 Juni 1934, hari saat Donal muncul pertama kali, tapi dalam film The Three Caballeros, ulang tahunnya jatuh pada hari Jumat ke-13, bahkan, menurut kartun Donald's Happy Birthday, ulang tahun Donal jatuh pada tanggal 13 Maret.
Suara Donal yang terkenal disuarai oleh Nash, namun ia mengisi suara Donal hanya sampai tahun 1985, sejak tahun 1985, Donal disuarai oleh Tony Anselmo yang telah dilatih oleh Nash sendiri.

gober.jpg
Paman Gober Bebek, bernama asli Scrooge McDuck, adalah bebek antropomorfisme Glasgow fiksi yang diciptakan oleh Carl Barks. Karakter ini muncul pertama kali dalam cerita Christmas on Bear Mountain dari majalah Four Color Comics nomor 178, dipublikasikan oleh Dell Comics pada Desember 1947.
Selama beberapa dekade, Gober muncul dari sebagai karakter pendukung menjadi figur utama dunia Bebek, bahkan tercipta nama populer dunia Gober Bebek. Pada tahun 1952, ia diberi serial komiknya sendiri, Uncle Scrooge, yang masih ada hingga kini. Dengan popularitas karakter ini terus meningkat, ia muncul dalam berbagai film dan permainan video. Gober, bersama dengan beberapa karakter Kota Bebek lainnya, menikmati popularitas internasional, terutama di Eropa, dan bukunya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.
Nama "Gober" berasal dari "Dagobert Duck", adaptasi bahasa Belanda untuk karakter Disney "Scrooge McDuck". Nama Scrooge diambil dari Ebenezer Scrooge, karakter yang berasal dari novel Charles Dickens tahun 1843, A Christmas Carol. Meskipun tidak pernah dikonfirmasi oleh Barks, namun terdapat teori bahwa industrialis Skotlandia Andrew Carnegie yang meninggalkan negaranya ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun, menjadi model untuk Paman Gober (dalam The Life and Times of Scrooge McDuck karya Don Rosa, Gober meninggalkan Skotlandia ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun). Model lain untuk Gober adalah karakter (tanpa nama) dengan karakteristik Gober: jambang, kacamata dan aksen Skotlandia yang muncul dalam film propaganda Disney semasa Perang Dunia II, The Spirit of '43 tahun 1943.

images.jpg
Kwik, Kwek, dan Kwak (inggris:huey,dewey,louie) adalah 3 karakter Disney yang muncul di kartun dan buku komik yang dipublikasi oleh Perusahaan Disney. Mereka adalah keponakan dari Donal Bebek. Kwik, Kwek, dan Kwak dibuat oleh Ted Osborne dan Al Taliaferro. Mereka muncul pertama kali di komik strip koran pada tanggal 17 Oktober 1937, sedangkan kemunculan pertama di film animasi adalah dalam film kartun Donald's Nephews pada tanggal 15 April 1938.

disney-graphics-gus-goose-743835.jpg
Agus Angsa adalah karakter fiksi Disney yang dibuat oleh The Walt Disney Company. Agus Angsa adalah sepupu dari Donal Bebek ia bekerja di peternakan nenek bebek. Agus adalah karakter yang malas dan sangat senang makan seringkali ia tertidur saat bekerja. Ia tinggal bersama Nenek Bebek sebagai asisten yang konsisten di peternakan di Desa Angsa.

lang-ling-lung.jpg
Lang Ling Lung adalah karakter fiksi Disney yang dibuat oleh Carl Barks untuk The Walt Disney Company. Dia adalah bagian dari dunia Gober Bebek, muncul di buku komik sebagai teman dari Donal Bebek, Gober, dan teman-temannya yang lain. Lang Ling Lung adalah penemu terkenal Kota Bebek. Ia muncul pertama kali dalam cerita Gladstone's Terrible Secret tahun 1952. Dalam beberapa cerita, Lang Ling Lung juga terlibat dengan Paman Gober dan Super Donal (Superhero dari Donal Bebek) dalam menciptakan temuan-temuan khusus.

Little_hiawatha.gif
Hiawatha adalah tokoh kartun animasi yang diproduksi oleh Walt Disney. Filmnya saat ini terlihat pada versi Blu-ray thn 2012 dari Walt Disney "Pocahontas". Ini adalah seri Silly Symphony yang terakhir akan dirilis oleh United Artists.

Brer_Rabbit-comic.jpg
Bung Kelinci (Br'er Rabbit) adalah karakter utama dalam kisah Uncle Remus yang berasal dari mitologi suku Cherokee di Amerika Serikat selatan. Pada film animasi Song of the South produksi Walt Disney, Bung Kelinci merupakan karakter utama. Gambaran Bung Kelinci dalam film ini lebih berkartun.

rupertlogo2_5795.jpg
Coki Beruang (Rupert Bear) adalah karakter komik anak-anak yg diciptakan oleh seniman Inggris Mary Tourtel dan pertama kali muncul di surat kabar Daily Express pada tanggal 8 November 1920. Tujuan awal Rupert adalah untuk memenangkan penjualan dari saingan Daily Mail dan Daily Mirror. Pada tahun 1935, hak cipta Rupert, seniman dan pendongeng diambil alih oleh Alfred Bestall, yang sebelumnya ilustrator untuk Punch dan majalah lainnya. Bestall terbukti berhasil di bidang sastra anak-anak dan bekerja pada cerita dan karya seni Rupert hingga ke tahun 90-an. Baru-baru ini, berbagai seniman dan penulis lainnya melanjutkan seri ini.

firsts_buckybug.gif
Toki Kumbang atau Tokkie Tor (DUTCH) atau Bucky Bug (ENG) adalah karakter Disney. Bucky adalah anak ke 17 yg lahir dari keluarga Pop & Momma Bug, yang lain 16 nya adalah perempuan semua, jadi Bucky satu2nya anak laki-laki. Ayah Bucky, seorang tua pemarah, tidak menganggap dirinya seorang ayah hingga ketika Bucky (anak laki-laki) kemudian lahir, walau sudah mempunya 16 anak-anaknya yang lain. Tokoh ini termasuk dalam seri Silly Symphony.

Clipcarioca32.gif
Joe Carioca adalah karakter fiksi produksi Disney yang digambarkan sebagai kakaktua dari Rio de Janeiro, Brazil (demikian "Carioca", sebuah hubungan yang merujuk dengan orang yang lahir disana). Joe dibuat pada tahun 1942 untuk film Saludos Amigos sebagai teman dari Donal Bebek. Dia kembali dalam film tahun 1943 berjudul The Three Caballeros bersama dengan Donal dan ayam jantan Meksiko bernama Panchito Pistoles. José juga muncul dengan Donal dan Burung Aracuan dalam sekmen "Blame it on the Samba" dari antologi 1948 terdapat Melody Time.

98469cbc38e3338a_chip-and-dale-disney.gif
Kiki dan Koko, atau Chip 'n Dale dalam bahasa Inggris, adalah karakter fiksi Disney, dan dibuat oleh Perusahaan Walt Disney. Nama mereka berdasarkan nama "Chippendale" (lihat Thomas Chippendale). Menurut Disney, Kiki adalah yang pintar, dan Koko adalah yang bodoh. Cara membedakannya adalah Kiki memiliki hidung hitam, sementara Koko berhidung merah.

scamp2.gif
Berandal (Scamp) adalah kartun dan komik karakter anjing Disney, anak dari Lady dan Tramp, tampil di film animasi Lady dan Tramp dan Lady and the Tramp II: Scamp Adventure, serta komik dan buku sendiri sejak 1950.
 
Last edited by a moderator:

buncis

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
503
Ratings
367
Points
201
Gender
Male
#2
roadsterian said:
5. Lang Ling Lung adalah karakter fiksi Disney yang dibuat oleh Carl Barks untuk The Walt Disney Company. Dia adalah bagian dari dunia Gober Bebek, muncul di buku komik sebagai teman dari Donal Bebek, Gober, dan teman-temannya yang lain. Lang Ling Lung adalah penemu terkenal Kota Bebek. Ia muncul pertama kali dalam cerita Gladstone's Terrible Secret tahun 1952. Dalam beberapa cerita, Lang Ling Lung juga terlibat dengan Paman Gober dan Super Donal (Superhero dari Donal Bebek) dalam menciptakan temuan-temuan khusus.
Kalo di sono, nama aslinya ini: Gyro Gearloose
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
801
Ratings
3,919
Points
461
Gender
Male
#3
Sikap arogan-nya paman gober 'dapet' sekali, yah!
Keren dan berwibawa. :sunny:
 

buncis

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
503
Ratings
367
Points
201
Gender
Male
#4
Menambahkan beberapa versi keluarga Bebek ya Mas. Versi Don Rosa:

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

cokuker

Vintage
Veteran
Kontributor
Joined
Sep 20, 2013
Messages
872
Ratings
3,321
Points
586
Gender
Male
#5
Sekarang ini banyak penambahan cerita karangan yang mengambil tokoh Walt Disney lain contohnya dari tokoh animasi Lion King, Little Mermaid, Aladdin, terutama yg versi bukan 3D. Kalau saya pribadi lebih suka tokoh Walt Disney keluarga Donal dan Mickey dkk. Kalau yg berasal dari film animasi layar lebar, kayaknya kebanyakan ceritanya agak dipaksakan.
 

lodan

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 24, 2013
Messages
587
Ratings
485
Points
251
Gender
Male
#6
karakter yg saya suka paman gober, ulet klo ngejar sesuatu apalagi yang berbau keuntungan :lol:
 

miko2k0

Enthusiast
Joined
Nov 19, 2013
Messages
67
Ratings
11
Points
26
Gender
Male
#7
cokuker said:
Sekarang ini banyak penambahan cerita karangan yang mengambil tokoh Walt Disney lain contohnya dari tokoh animasi Lion King, Little Mermaid, Aladdin, terutama yg versi bukan 3D. Kalau saya pribadi lebih suka tokoh Walt Disney keluarga Donal dan Mickey dkk. Kalau yg berasal dari film animasi layar lebar, kayaknya kebanyakan ceritanya agak dipaksakan.
ya mas. kalau saya pribadi melihat bahwa disney itu ya keluarga donal bebek atau mickey, terlepas dari tokoh lain. karakter donal dan mickey, merupakan karakter original dari disney itu sendiri.
 

yudibrewox

Nostalgic
Kontributor
Joined
Dec 24, 2013
Messages
148
Ratings
353
Points
141
Gender
Male
#8
Tokoh yg paling saya sukai Donal Bebek
karena yg paling "manusiawi" diantara yang lain... :lol:
Kadang beruntung kadang sial -> untung angsa untung terus
Kadang jagoan kadang pecundang -> miki tikus jagoan terus
Kadang miskin kadang kaya raya -> gober bebek kaya raya terus
Kadang cerdas kadang bodoh -> langlinglung dan otto selalu cerdas, gufi bodoh terus
dan sayang keluarga, mengasuh Kwak Kwik Kwek serta setia sama Desi Bebek
 
Joined
Jan 8, 2014
Messages
55
Ratings
2
Points
26
Gender
Male
#9
Yang paling menarik tetap cerita donal bebek dan pamannya si Gober yang duitnya segudang sampe bisa berenang tapi pelitnya minta ampun.
Utk cerita Lang Ling Lung, Kwik Kwek Kwak cuma selingan aja, dan ga begitu menarik buat aku.
 
Joined
Feb 13, 2014
Messages
103
Ratings
14
Points
46
Gender
Male
#10
Ada yang tau kapan meninggalnya Paman Gober dan siapa pewaris semua kekayaannya? Apakah Donal Bebek akhirnya menikah Desi Bebek? :king:
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,350
Ratings
1,379
Points
691
Gender
Male
#11
seingat saya ada ensklopedia yang isinya tentang tokoh-tokoh disney. waktu itu ada liat di gramedia. :scratch: .
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

paxs

Enthusiast
Kontributor
Joined
Oct 29, 2013
Messages
48
Ratings
73
Points
66
Gender
Male
#12
Banyak banget tokoh Disney yg saya sukai, tp kalo boleh dibagi berdasar penampilannya maka seperti ini :

- Disney serial : Donal Bebek (dgn alasan sama yg disebutkan rekan2 di atas), Kiki Koko alias Chip n Dale (karena kenakalan mereka), dan Pluto (entah kenapa saya lbh suka Pluto drpd Goofy)

- Disney Classic Collection (agak menyimpang dr judul) : Bambi, Dumbo, Lady & Tramp

Di luar itu sih tetep suka dgn semua tokoh Disney
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
261
Gender
Male
#13
wah baru tau ada thread ini.. keren banget.. infonya komplit :zapa: btw, mau tambahin dikit aja.. donal kan anggota "The Three Caballeros".. nah selain donal, ada si joe carioca dan panchito pistoles.. nama yg terakhir yg masi blum ada di post mas roadsterdian :tongue:

Log in or register to view this content!

Panchito Pistoles atau Panchito (kadang-kadang Panchito Pistolas), adalah karakter kartun Disney. Ia muncul pertama kali dalam film The Three Caballeros. Nantinya ia muncul dalam beberapa komik Disney, termasuk komik Don Rosa yang berjudul The Three Caballeros Ride Again dan The Magnificent Seven (minus four) Caballeros. Dia juga merupakan salah satu caballeros yang tidak hadir dalam film Saludos Amigos. Dia adalah teman dari Donal Bebek dan Joe Carioca. Dia tinggal di Mexico dan menaiki seekor kuda yaitu Señor Martinez. Dia juga pernah muncul dalam film Disney's House of Mouse. Nama panjang Panchito adalah Panchito Romero Miguel Junipero Francisco Quintero González
 
Last edited by a moderator:

willy

Collector
Kontributor
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,037
Ratings
1,024
Points
446
Gender
Male
#14
Saya juga ingin menambahkan beberapa karakter yg blm ada di list ini (sumber : wikipedia)
Desi Bebek adalah karakter fiksi Disney yang dibuat sebagai pasangan dan pacar dari Donal Bebek dan muncul pertama kali pada kartun
Don Donald pada tahun 1937 dengan nama Donna Bebek. Tapi, nama Desi diberikan pada kartun "Mr. Duck Steps Out" pada tahun 1940. Desi juga mudah marah seperti Donal, namun ia lebih bisa mengontrolnya dan lebih sabar dari pacarnya. Selain itu, ia juga memperhatikan penampilan Donal. Desi juga merupakan bibi dari Titi, Tita dan Tati. Dalam beberapa kemunculannya, ia menjadi teman baik dari Mini Tikus,selain Donal,Untung Angsa juga menyukai Desi seringkali Donal bertengkar dengan Untung.

Log in or register to view this content!

Nona Ketik adalah karakter fiksi Disney. Dia adalah sekretaris Gober Bebek. Nama aslinya adalah Emily Quackfaster. Ia juga disebut Miss Typefaster, karena kemampuannya yang cepat dalam mengetik. Ia pertama kali muncul diThe Midas Touch, saat ia muncul di cerita tersebut, ia merupakan tokoh tanpa nama. Baru di A Spicy Tale (tahun 1962), ia diberi nama Quackfaster. Nama Emily disandangnya pertama kali di The Life and Times of Scrooge McDuck bagian 11. Sedangkan nama Miss Typefaster diberikan oleh penerbit Disney, Egmont.
Ia sebelumnya bukanlah pegawai Gober Bebek, melainkan pegawai Hortensia Bebek dan Matilda Bebek. Tadinya Gober sama sekali tidak mau mempekerjakan seorang sekretaris karena membuang uang. Setelah didesak adik-adiknya barulah Gober mau mempekerjakan Nona Ketik, yang bisa bekerja sangat gesit.
Karena kepelitan Gober Bebek, sudah bertahun-tahun Nona Ketik tidak naik gaji. Ia harus berjuang terus-menerus untuk minta kenaikan jadi. Senjata andalannya bila permohonan kenaikan gaji tak diluluskan adalah keluar dari pekerjaan. Teruji senjata ini lumayan jitu. Gober tak mampu mencari pengganti Nona Ketik.
Log in or register to view this content!

Mimi Hitam (bahasa Inggris:Magica De Spell, bahasa Italia: Amelia) adalah karakter fiksi dalam dunia Gober Bebek. Ia adalah penyihir yang diciptakan oleh Carl Barks. Ia terus-menerus berusaha mencuri keping keberuntunganGober Bebek, yang ia percayai jika dilebur di kawah
gunung Vesuvius, akan memberikan sentuhan Midas (semua benda yang disentuh akan menjadi emas) pada pemiliknya.

Log in or register to view this content!

Untung Angsa (bahasa Inggris Gladstone Gander) adalah karakter fiksi yang dibuat oleh Carl Barks. Ia pertama kali muncul dalam cerita
Wintertime Wager pada Januari 1948. Carl Barks membuat tokoh Untung Angsa karena ingin menambah keragaman cerita dan ingin menunjukkan bahwa nasib keberuntungan manusia bermacam-macam. Ada orang yang mendapat keberuntungan setelah berusaha keras, ada juga yang tidak pernah mendapat keberuntungan meski telah bekerja sangat keras, dan ada pula yang selalu mendapat keberuntungan tanpa harus berusaha keras

Log in or register to view this content!


Didi Bebek (Fethry Duck/Copete Duck/Morcergo Vermelho) adalah karakter fiksi Disney yang dibuat pada tahun 1963 oleh Dick Kinney dan Al Hubbard. Awalnya karakter tersebut dibuat untuk pasar asing, yaitu untuk komik Disney di Italia. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik Disney Italia yaitu Topolino nomor 453 berjudul The Health Nut pada 2 Agustus 1964. Sejak itu, karakter itu banyak muncul di komik Disney Eropa. Barulah pada tahun 1966 karakter Didi muncul di komik Disney terbitan Amerika.
Didi merupakan bebek yang berpikiran lugu. Berbagi niat baiknya berubah menjadi kekacauan. Untuk memperbaikinya, ia gemar membaca banyak referensi dan ikut berbagai kursus. Ia mencoba berbagai profesi, namun tidak ada yang berakhir baik.
Ia adalah anak dari pasangan Andolf Bebek dan Lulu Kepang. Ia juga memiliki saudara bernama Wuter Kampak.
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:
Top