Makanan dan Jajanan Jadul

roadsterian

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,411
Reaction score
7,551
Points
614
Gender
Male
Bagaimana dengan nama? misal: Uvuvwevwe Uvuvwevwe Uvuvwevwe Ossasss
:X3::ROFLMAO::p
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
892
Reaction score
4,781
Points
460
Gender
Male
Bagaimana dengan nama? misal: Uvuvwevwe Uvuvwevwe Uvuvwevwe Ossasss
:X3::ROFLMAO::p
Kuwe nama kok ya angel temen dibacane, ya, bisa nggawe ilat kecengklak. :LOL:
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
354
Points
120
Gender
Male
Lebih panjang BP7..
Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila...
 

darkb82

Greenhorn
Joined
Apr 12, 2018
Messages
5
Reaction score
9
Points
24
Gender
Male
Inget banget dulu suka makan Anak Mas sepulang sekolah. Juga suka makan Chiki demi ngumpulin Tazos. Sampe dulu punya albumnya yang warna hijau untuk ngumpulin Tazosnya juga :p:LOL:
 

Johan1975

Nostalgic
Verified
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Reaction score
220
Points
110
Gender
Male
Kalo di Malang, ada permen yang namanya Winston. Rasanya semriwing dan agak pedes, karena mentholnya kerasa banget. Dari jaman saya masih SD udah ada. Mirip-mirip permen Davos. Cuman saya baru nyobain permen Davos tahun ini. Nyobain punya temen dari Solo πŸ˜…. Tapi rasa pedesnya masih lebih kuat permen Winston.
Log in or register to view this content!

Ada lagi jajanan di Malang yg mirip jajanan di kota lain. Cuma di Malang namanya Arbanat. Terbuat dari gula gitu. Trus dibungkus kayak kulit dadar gulung, yang rasanya... hmmm.. enak lah kalo buat jaman SD. Kalo sekarang nggak tau lagi ya πŸ˜‰
Log in or register to view this content!

Kalo jajanan es, yang saya suka ada es tung tung (es puter kali ya Indonesianya?). Es-nya biasa ditempatin di semacam krupuk yg kerucut itu, bisa juga ditaruh di roti. Enak sih rasanya. Tp nggak enaknya kalo udah dapet es yg bagian penghabisan. Karena jualan es Mas-nya laris, otomatis kita bakal dapet es yg di bagian dasar. Dan rasanya bukan manis, tapi asin banget. Soalnya garem di esnya pada ngendap di dasar tempat es. Katanya sih biar esnya gak gampang cair. Jadi ada garemnya. Entahlah.. Ya dimakan aja. Wong udah terlanjur beli. Hahaha.
Log in or register to view this content!

Ada juga es yang dikemas di plastik agak keras. Entah apa namanya. Plastiknya susah digigit. Mesti dipotong pake pisau . Kalo esnya nggak tlalu beku, bisa langsung diminum. Tapi nggak enaknya kalo pas dapet es yang beku banget. Mesti dipukul-pukulin dulu itu es, biar cepet cairnya πŸ˜‚
Log in or register to view this content!
 

Bech

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Reaction score
202
Points
95
Gender
Female
Kalo jajanan jadul kayaknya banyak banget yang masih aku ingat.. karena aku dulu hobi banget jajan.. sampe sekarang seh πŸ˜†
Opak
Mungkin daerah lain ada yang menyebut dengan nama sempe.. tapi waktu kecil aku mengenalnya dengan sebutan opak.. semacam krupuk tapi tidak berasa, tidak asin juga tidak manis
Log in or register to view this content!
Krupuk pasir dengan sambal
Dahulu belinya ditaruh dalam contong2 kertas kemudian disiramkan sambal petis bawang khasnya.. atau kalo nggak kita yg colekin krupuknya ke dalam sambal
Log in or register to view this content!
Krupuk upil
Nama krupuknya jorok yah.. karena upil dalam bahasa jawa kan artinya kotoran hidung 😝.. tapi memang dinamakan demikian di kota malang karena krupuknya kecil2 warnanya pink
Log in or register to view this content!
Kue Koya Bundar
Hampir seperti kue satru kacang ijo.. tapi aku nggak tau apa bahan dasarnyaπŸ˜†
yang jelas rasanya manis, makannya dengan cara diemut hehehe..
Log in or register to view this content!
Gula Kacang
Ada juga yang menyebutnya ampyang.. jajanan yang terbuat campuran gula merah dan jahe dengan taburan kacang tanah
Log in or register to view this content!
Carang Mas
Aku nggak tau di daerah lain disebutnya apa.. yang jelas terbuat dari ketela yang diserut dicampur dengan gula merah dicetak atau dibentuk bulat2.. kalo dilihat2 seperti sarang burung deh..
Log in or register to view this content!
Permen susu
Pasti banyak yang suka dengan permen ini waktu masa kecilnya rasanya.. nnyuummyy.. cara makannya sekaligus dengan kertas pembungkus bagian dalamnya karena memang kertas pembungkusnya terbuat dari jelly yang lumer ketika kena air liur kita
Log in or register to view this content!
Es Serut Pelangi
Berupa es yang diserut halus yang kemudian dicetak dengan bentuk2 sesuai wadah yang dipunyai penjualnya kemudian disiram dengan sirup yang beraneka macam warna.. rasanya sih.. hanya dingin dan manis πŸ˜†
Log in or register to view this content!
Es Potong
Penjualnya membuat es dengan kemasan yang panjang2 kemudian dijual dengan cara dipotong2 kurang lebih 5cm-an. Ada berbagai varian rasa coklat, kacang hijau, nangka, ketan hitam, dsb.
Log in or register to view this content!
Kue kancing atau gembrose
Kuenya rasanya seperti kue mari.. bentuknya kecil2 seperti kancing baju, di atasnya terdapat gula halus berwarna-warni yg dikeringkan dg di oven..
Log in or register to view this content!
Sepertinya ini masih sebagian kecil jajanan jadul yang pernah aku makan.. kalo disebutkan semua di sini bisa habis ruangannya hanya dengan postingankuπŸ˜†
 
Last edited:

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,055
Reaction score
3,514
Points
589
Gender
Male
Kalo jajanan jadul kayaknya banyak banget yang masih aku ingat.. karena aku dulu hobi banget jajan.. sampe sekarang seh πŸ˜†
Opak

Krupuk pasir dengan sambal
Dahulu belinya ditaruh dalam contong2 kertas kemudian disiramkan sambal petis bawang khasnya.. atau kalo nggak kita yg colekin krupuknya ke dalam sambal
Kalo di Lampung ini namanya kerupuk kemplang. Ga tahu juga kenapa namanya kemplang (kemplang = tempeleng). Mungkin karena bentuknya besar segede telapak tangan. Jadi pas buat nempeleng orang... wkwkwkwk πŸ˜„
 

Bech

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Reaction score
202
Points
95
Gender
Female
Kalo di Lampung ini namanya kerupuk kemplang. Ga tahu juga kenapa namanya kemplang (kemplang = tempeleng). Mungkin karena bentuknya besar segede telapak tangan. Jadi pas buat nempeleng orang... wkwkwkwk πŸ˜„
Beda kak @kresnaw.. kalo krupuk kemplang itu dibuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan daging ikan tenggiri jadi rasanya cenderung gurih2 gitu.. sedang kalo sempe hampir seperti opak gapit, terbuat dari tepung tapioka saja, cenderung tanpa rasa.. biasanya makanya bebarengan sama rambut nenek atau arumanis tapi kalo sekarang anakku sukanya sama dikicir susu kental manis😊
Log in or register to view this content!

Beda kak @kresnaw.. kalo krupuk kemplang itu dibuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan daging ikan tenggiri jadi rasanya cenderung gurih2 gitu.. sedang kalo sempe hampir seperti opak gapit, terbuat dari tepung tapioka saja, cenderung tanpa rasa.. biasanya makanya bebarengan sama rambut nenek atau arumanis tapi kalo sekarang anakku sukanya sama dikicir susu kental manis😊
Sebentar.. kayaknya AKU yang SALAH FOKUS nihπŸ˜†.. yang dibahas kak @kresnaw krupuk pasirnya yah..πŸ˜₯

kalo dengan krupuk kemplang, rasa krupuk pasir gak ada apa2nya karena krupuk pasir hanya terbuat dari tepung tapioka dan bawang.. cuman yang bikin asik makannya ada sambal petis campur bawang yang dicampurkan dengan cairan tepung tapioka yg dikentalkan.. intinya krupuk dan sambalnya terdiri dari bahan yang samaπŸ€“
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,507
Reaction score
3,508
Points
965
Gender
Male
Wah kue kancing itu legend mba. Sampai sekarang kalau lebaran tempat mbah pasti ada itu. Kalau es potong sekarang jualannya ditambah toping coklat kacang. Nah kalau permen susu waktu saya kecil sukanya yg bungkusnya warna kuning plus ada gambar sapinya. Nah kue koya bundar baru kelar makan. Saya gak tahu kalau ini kue ada isinya. Tapi bukan koya ah. Kok kaya terasa kacang yah. Kalau gula kacang sama yg kaya sarang burung itu favorit mak saya.
 

Bech

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Reaction score
202
Points
95
Gender
Female
Wah kue kancing itu legend mba. Sampai sekarang kalau lebaran tempat mbah pasti ada itu. Kalau es potong sekarang jualannya ditambah toping coklat kacang. Nah kalau permen susu waktu saya kecil sukanya yg bungkusnya warna kuning plus ada gambar sapinya. Nah kue koya bundar baru kelar makan. Saya gak tahu kalau ini kue ada isinya. Tapi bukan koya ah. Kok kaya terasa kacang yah. Kalau gula kacang sama yg kaya sarang burung itu favorit mak saya.
Bener banget.. gula kacang sama carang mas itu juga kesukaan ibuku.. karena beliau sering beli akhirnya aku juga jadi ikutan makan πŸ˜†
 

Johan1975

Nostalgic
Verified
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Reaction score
220
Points
110
Gender
Male
Satu lagi jajanan yang sekarang udah nggak masuk kampung saya. Penjual es dawet keliling yang dipikul. Enak banget rasanya waktu itu. Harga semangkoknya saya udah lupa. Yang jelas, saya suka bagian saat es dawet di mangkok dituangin gula merah cair yg dicampur dengan nangka yang dipotong kecil-kecil, untuk memberi rasa manis. Mak nyuos rasanya.. 😍
 

Bech

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Reaction score
202
Points
95
Gender
Female
Aku tambahin jajanan yang kayaknya ini khasnya kota Malang
Ada yang menyebutnya Es Santan Ketan Hitam.. tapi aku mengenalnya dengan Es RotiπŸ˜†
Seperti ini penampilannya
Log in or register to view this content!
Supaya lebih ngèh.. aku jelasin es Roti terbuat dari santan yang sudah dibekukan menjadi es, ketan hitam, dawet berwarna merah, serta siraman sirup berwarna pink, yang menambah rasa segar dari minuman tersebut.. biasanya penjual menambahkan roti tawar yang juga diberi sirup pada salah satu sisinya.

Satu lagi jajanan yang sekarang udah nggak masuk kampung saya. Penjual es dawet keliling yang dipikul. Enak banget rasanya waktu itu. Harga semangkoknya saya udah lupa. Yang jelas, saya suka bagian saat es dawet di mangkok dituangin gula merah cair yg dicampur dengan nangka yang dipotong kecil-kecil, untuk memberi rasa manis. Mak nyuos rasanya.. 😍
Cleeggukk.. hadeehh panas2 begini jadi pingin makan..(eh atau minum yah istilah yang tepat) es dawet..πŸ˜‹
 

Johan1975

Nostalgic
Verified
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Reaction score
220
Points
110
Gender
Male
Aku tambahin jajanan yang kayaknya ini khasnya kota Malang
Ada yang menyebutnya Es Santan Ketan Hitam.. tapi aku mengenalnya dengan Es RotiπŸ˜†
Seperti ini penampilannya
Supaya lebih ngèh.. aku jelasin es Roti terbuat dari santan yang sudah dibekukan menjadi es, ketan hitam, dawet berwarna merah, serta siraman sirup berwarna pink, yang menambah rasa segar dari minuman tersebut.. biasanya penjual menambahkan roti tawar yang juga diberi sirup pada salah satu sisinya.
Waaah.. cocok ini Mbak.. panas-panas gini temanya es πŸ˜ƒ Es roti kayak itu murah meriah di jaman saya masih SD. Nama penjualnya Wak Kandar. Jualannya di deket pasar di kampung sebelah. Jadi es-nya terkenal dengan es Wak Kandar. Cuma ada beda komposisi. Kalo es Wak Kandar, Gelas diisi potongan tape singkong, dikasih sedikit bubur mutiara, dikasih santan, trus dikasih es batu yang dipasrah. Sirup warna merah, baru terakhir dikasih roti. Wuenak pokoke.. Gak tau sekarang di mana ada jualan kayak gitu..
 

Unread posts

Latest resources

Top