Makanan dan Jajanan Jadul

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
961
Ratings
3,632
Points
456
Gender
Female
#1
Kalau baca majalah bobo yang diupload di sini, suka ada iklan tentang snack2 jadul yang sekarang mungkin ada yang sudah punah. Gimana kalau kita kali ini mengenang masa lalu dengan makanan2 tradisional dan snack2 dari masa kecil kita. Banyak pastinya dan kemungkinan beragam juga tergantung sobat asalnya dari daerah mana. Mungkin bisa juga dishare pengalaman masa kecil sobat yang berkaitan dengan makanan/snack tsb (misal sering dibeliin setiap hari minggu kalau pas jalan2 sore2 sama keluarga.. :hapyz: )

:zlapar:

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
256
Gender
Male
#2
setelah mainan jadul, mba bebekhitam melannjutkan dengan makanan jadul hehehe.. :tongue:
klo snack jadul, saya ingatnya sama snack mami / mimi
Log in or register to view this content!
dulu suka banget makan ini.. tapi sering dilarang ama orang tua, katanya ga baik buat kesehatan.. jadinya ga bole sering2 makan.. kadang sembunyi2 makannya :laughz:
mungkin karena sulitnya makan snack ini, jadinya ketika makan, rasanya nikmat luar biasa.. sampe teringat sampe skrg :bigzd:
 

ndut

Enthusiast
Joined
Sep 27, 2013
Messages
80
Ratings
17
Points
26
Gender
Male
#3
senang sekali membahas makanan jadul, yang saya kangeni dan masih berusaha mencari penjualnya adalah jajanan sejenis gulali berwarna merah, yang dilelehkankan diatas wajan kecil, biasanya saat dipesan, abang penjual memasukkan adonan panasnya kedalam cetakan berbentuk pistol2an atau mobil2an, lantas melalui pipa besi yang diselipkan kedalam cetakannya, si abang meniupnya sehingga adonannya mengembang sesuai cetakannya, baunya gosong2 manis.. sekarang yang kadang masih ketemu, gulalinya dibentuk tangan, dicampur tepung, bentuknya lebih banyak bunga atau ikan2an..
Log in or register to view this content!
varian yang lain harum manis, yang berbentuk serat kasar, seperti benang gelasan dan kaku, kalau kebanyakan bisa batuk2 hihihi.. ah.. jadi kangen masa2 SD dulu, terimakasih atas kenangannya ya:)
Log in or register to view this content!
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,607
Points
961
Gender
Female
#4
Kalo kue kancing dari jaman saya blum sekolah suka makan tuh. Sekarang kadang2 jg masih beli, ada di pasar hehehe. Sama juga dgn pukis, dulu almarhum mbah saya kalo bikin bener2 enaknya tiada tara deh. Untungnya kepandaian bikin kue pukis idaman itu nurun ke ibu saya, jadi sampe sekarang saya masih bisa menikmatinya. Ntar kapan2 kalo kita bisa ngumpul kopdar saya bawain deh hehehe. Nah, sayangnya kepandaian tsb nggak nurun ke saya :ztiwi:

Terusss, waktu kecil tuh saya sukanya jajan nasi kuning. Kalo dipikir2 itu kan makanan berat ya. Tp dulu sy anggap nasi kuning sbg cemilan, padahal porsi sebungkusnya utk ukuran makan org dewasa hehehe.
Log in or register to view this content!
Selain itu ada binte, makanan khas dari daerah tempat tinggal saya waktu masih kecil dan lucu, terbuat dari jagung. Tiada hari tanpa jajan binte di sekolah.
Log in or register to view this content!
O ya, satu lagi. Putu. Tapi yg saya maksud di sini bukan putu yg warnanya ijo isinya gula merah, melainkan putu yang terbuat dari ketan pake kelapa, dimakan pake sambel teri. Putu jenis ini spertinya cuma ada di daerah ini juga... Untungnya (lagi), ibu saya sangat piawai membuat binte dan putu ini. Jadi kalo lagi pengen banget, ya merengek minta dibikinkan :hapyz:
Log in or register to view this content!

Kalo snack yg jajan di warung, saya suka mamee, yg di bungkusnya ada gambar 2 anak. Tapi ya itu, gak boleh beli sering2. Mungkin dianggap bukan makanan sehat kali ya
 
Last edited:

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
722
Ratings
983
Points
261
Gender
Male
#5
ari_jh said:
Kalo kue kancing dari jaman saya blum sekolah suka makan tuh. Sekarang kadang2 jg masih beli, ada di pasar hehehe. Sama juga dgn pukis, dulu almarhum mbah saya kalo bikin bener2 enaknya tiada tara deh. Untungnya kepandaian bikin kue pukis idaman itu nurun ke ibu saya, jadi sampe sekarang saya masih bisa menikmatinya. Ntar kapan2 kalo kita bisa ngumpul kopdar saya bawain deh hehehe. Nah, sayangnya kepandaian tsb nggak nurun ke saya :ztiwi:

Terusss, waktu kecil tuh saya sukanya jajan nasi kuning. Kalo dipikir2 itu kan makanan berat ya. Tp dulu sy anggap nasi kuning sbg cemilan, padahal porsi sebungkusnya utk ukuran makan org dewasa hehehe. Selain itu ada binte, makanan khas dari daerah tempat tinggal saya waktu masih kecil dan lucu, terbuat dari jagung. Tiada hari tanpa jajan binte di sekolah.
O ya, satu lagi. Putu. Tapi yg saya maksud di sini bukan putu yg warnanya ijo isinya gula merah, melainkan putu yang terbuat dari ketan pake kelapa, dimakan pake sambel teri. Putu jenis ini spertinya cuma ada di daerah ini juga... Untungnya (lagi), ibu saya sangat piawai membuat binte dan putu ini. Jadi kalo lagi pengen banget, ya merengek minta dibikinkan :hapyz:

Kalo snack yg jajan di warung, saya suka mamee, yg di bungkusnya ada gambar 2 anak. Tapi ya itu, gak boleh beli sering2. Mungkin dianggap bukan makanan sehat kali ya
Kue kancing yang paling enak kalau menurut saya lo.... Krimnya ckckckck.. :gitjari: :ngopi:
 

sophie

Nostalgic
Joined
Oct 22, 2013
Messages
224
Ratings
94
Points
81
Gender
Female
#6
krip krip dong.. pasti pada tau semua kan.. dulu kalo ga salah harganya masih Rp 25'an..
Log in or register to view this content!
abis gitu muncul anak mas dan sejenisnya..
Log in or register to view this content!
trs klo di sekolah ada es joli.. kalo sekarang namanya k*ko ya.. dulu dijual separo'an harganya 25'an juga..
jadi kangen nih..
Log in or register to view this content!
yg masih awet smp sekarang ya ch*ki balls itu ya.. smp sekarang msh suka makan.. ato kadang minta punya anak saya.. hehe.. :tongue:
Log in or register to view this content!
dulu jg suka beli pentol yg dicelupin saos.. sekarang tukang pentol makin banyak.. masih suka beli juga..
Log in or register to view this content!
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
256
Gender
Male
#7
saya masi suka makan kue pukis loh sampe sekarang.. apalagi dekat rumah ada yg jual @2000.. lumayan lah.. :laughz:

ari_jh said:
Kalo snack yg jajan di warung, saya suka mamee, yg di bungkusnya ada gambar 2 anak. Tapi ya itu, gak boleh beli sering2. Mungkin dianggap bukan makanan sehat kali ya
yg mba ari_jh maksud yg ini ya?
Log in or register to view this content!

tadinya begitu baca 'yg di bungkusnya ada gambar 2 anak', saya kirain snack anak mas :laughz:
Log in or register to view this content!
 

ksiana17

Vintage
Veteran
Kontributor
Joined
Oct 14, 2013
Messages
846
Ratings
1,678
Points
406
Gender
Female
#8
Kalau saya pas kecil gak gitu suka kue2, tapi sukanya jajanan coklat dan permen. Kalau coklat favorit saya sudah tentu coklat ayam yang terkenal itu yang saya jamin gak ada yang gak tau
Log in or register to view this content!
, coklat payung
Log in or register to view this content!
, dan coklat bentuk kepingan uang logam emas
Log in or register to view this content!
. Kalau permen favorit saya permen yang kecil2 kayak pil obat bungkusannya kertas emas (dari dulu saya gak pernah tahu nama permen itu), trus permen karet yosan atau pusan gum
Log in or register to view this content!
. Selain itu saya juga suka chiki balls dan mamee. Nah daripada harum manis, saya lebih sukanya rambut nenek
Log in or register to view this content!
. Kalau es krim sukanya es krim jadul yang bikinnya pakai garam jadi ada rasa asin2nya gitu. Duhh kangen banget sama es krim seperti itu, jauh lebih enak dibanding es krim2 jaman sekarang yang super manis. Abang penjualnya juga jalan kaki dorong gerobak es krim (bukan naik sepeda), sendokin es krim nya pakai sendok makan (bukan sendok es krim) hehe ...

Trus ada satu jajanan lagi yang mungkin teman2 ada yg bisa membantu. Saya benar2 gak tau namanya, tapi kira2 bentuknya tuh begini. Semacam adonan lengket lentur (pernah dikasitau kalau itu durian, tapi entah benar gak), trus dipipih2in sama si abang penjual di ujung tusuk gigi, trus ditekan2 ke tumbukan halus kacang tanah. Kira2 ada yang ingat atau tahu kah?
 
Joined
Nov 12, 2013
Messages
375
Ratings
51
Points
81
Gender
Male
#9
waah ternyata bikin thread mengenai makanan jadul jd hehehehe
kalo saya dulu yang paling saya suka
1. gulali, pernah karena g ada yang jual saya coba buat sendiri eh ternyata gagal hahahaha
2. Kue Dadar, bentuknya kayak cetakan bulet-bulet kecil gitu terdiri dari telur, tepung
Log in or register to view this content!
3. Kue paha ayam, dari tepung tapi pake stick trus dibentuk kayak paha ayam gitu
Log in or register to view this content!
4. mie lidi, ini dulu pernah kelangkaan juga sampai nyarinya susah
Log in or register to view this content!
dll mungkin klo inget saya postlgi hehehe
 
Joined
Sep 18, 2013
Messages
335
Ratings
169
Points
111
Gender
Male
#10
dulu sampe modif sarimi (yg baru aja keluar) jadi kaya mamee....dimakan kering2 tinggal tambah bumbu hahaha !
gulali jaman saya bentuknya batang ngga kaya yg emang2 jualan gt....
siomay masih seharga 100 an, trus ada kripik pedes sama kacang pedes plus krupuk bondon (gatau knp dikasih nama gt haha )
trus ada permen Pindy Pop, Fusan Gum, trus manisan aladin, sama apalagi yg selalu jadi isi standar hadiah ulang taun wkwkwkw !
 

dxhx

Nostalgic
Joined
Jan 30, 2014
Messages
140
Ratings
31
Points
56
Gender
Male
#11
dulu kue kancing itu berhargaaaa banget. sayang, waktu sd uangnya jajannya dikit jadi cuman bisa makan kue itu pas di hari2 raya atau pas lagi bertamu aja heheheh..
klo kue pukis masih bisa nemu sampai sekarang dan bervariasi isinya dengan keju, kismis dsb.. enyaaakkkk :zsing:
 
Joined
Sep 19, 2013
Messages
125
Ratings
65
Points
56
Gender
Male
#12
lihat judul makanan jadul ini saya jadi inget mamee, anakmas, permen karet pu-san gum, coklat payung/ coin, gizanda, chiki rasa ayam& coklat.. juga inget vitamin/ obat seperti sanostol.. heehehe
 
Joined
Nov 12, 2013
Messages
375
Ratings
51
Points
81
Gender
Male
#13
wah terima kasih ya sudah diedit dan ditambahin pictnya ^^
tpi yg kue dadar bukan itu gambarnya tpi kuenya bentuk bulet-bulet yg digoreng di wajan yang lubang-ubang kecil
klo yg kue paha ayam hampir mirip tpi bedanya bentuknya kyk paha ayam mini trus menggelembung
 

lodan

Retro
Translator
Kontributor
Joined
Sep 24, 2013
Messages
589
Ratings
490
Points
236
Gender
Male
#14
Karena udah beberapa yang sudah disebutin sebelumnya saya tambahin kue sarang laba2 itu dibuat dari terigu dan telor dicetak / dipanggang ditempat wajan bulat-bulan kemudian adonan dituang dan dicetak seperti sarang laba2
Log in or register to view this content!
 
Top