Apa Perasaan Sobat Zonadjadoel Saat Menemukan Forum Ini?

Baca beberapa komentar di thread ini jadi pingin share dikit pengalaman tentang zd :rolleyes:

Tahun 2009
Awalnya ikut grup salah satu sisipan majalah bobo di fb, saling memberikan komentar tentang pengalaman masing-masing tentang majalah bobo, dari situ berlanjut ke saling kirim sisipan yang pernah dimuat di majalah bobo, lama2 jadi pengen punya grup sendiri yang khusus diskusi tentang buku masa kecil dan saling berbagi bacaan tersebut. Tahun 2009 grup dibuat dan saat itu lumayan yang join 28 orang kebanyakan invite teman sendiri :D

Coba gogling nemu beberapa blog yang bahas tentang bacaan favorit tapi kebanyakan hanya memamerkan fotonya saja dan baca beberapa komentar yang ditinggalkan pengunjungnya minta supaya discan tapi yg empunya blog "keberatan" dengan alasan karna "barang lama" takut rusak plus tidak ada waktu untuk itu, dari situ muncul keinginan (lagi) untuk buat blog sendiri, sempat tertarik dengan wordpress tapi musti punya hosting biar lebih optimal jadi pilihan jatuh ke blogger.

Tahun 2010-2012
Tahun 2010 blog dibuat dengan tampilan awal hitam dengan latar belakang pak janggut :love:
Sedikit lama saat proses nyari2 tema yang cocok, satu tema bertahan hanya sebulan dan terus diganti kalau tidak salah ingat total 5 kali ganti tema baru ketemu yang cocok seperti yang sekarang sobat lihat di blog, tiga postingan awal waktu itu yaitu teman-teman yang perkasa, stef ardoba pancang misterius dan majalah bobo no.22 tahun 1975, saat itu karena masih belum punya scanner jadi musti foto2 dulu dari kamera pinjaman kantor :D
Proses upload ke blog juga musti nebeng dari kantor atau ke warnet nyuri2 waktu, tiap hari seperti itu,,sekitar jam 6 pagi sebelum kantor ramai nyuri waktu buat scan plus upload ke blog tanpa edit dulu karna waktu itu masih asal saja yang penting konten blog tetap terupdate.

Oke konten sudah punya saatnya blogwalking, maka dimulai proses promosi ke blog/web/forum/fanpage/grup/milis dll yang tentunya konten/diskusi blog/web/forum/fanpage/grup/milis tersebut harus sama dengan yang saya buat untuk menghindari nanti dicap :spam:
Proses blogwalking dibarengi dengan optimasi blog agar lebih seo demi naiknya urutan blog di 10 halaman depan google diantaranya daftar alexa biar pagerank lebih ramping :couchpotato:.

Kejadian unik dimulai saat blog saya tambahkan fitur chat di sidebar blog, tepat jam 9 malam melalui hape yg tergolong jadul ditambah hanya tersedianya sinyal GPRS coba melihat chat apa ada komentar pengunjung, yang tidak disangka ada satu komentar perdana dari chat yang isinya sumpah serapah dari anonymous :confused:
Waduh ini musti dihapus, lewat hape nggak mungkin jadi nekat malam itu pergi ke warnet yg jaraknya sekitar 20 menit dari rumah, gara2 kejadian itu sempat trauma masang fitur chat di blog tapi tetap saja chat tersebut saya pasang karna dari chat tersebut saya ketemu orang2 hebat :happy:.

Pertama dari chat ketemu dengan mas @am@R yang secara rutin setiap sekitar 3 kali seminggu ngirim buku hasil scan seperti album cerita ternama dan beberapa komik lain, dari chat juga ketemu dengan mas @roadsterian yang banyak sekali membantu dengan saran dan wejangan mantapnya :D yang selalu saya anggap beliau sebagai guru spritual :D saya disaat2 membutuhkan pencerahan.

Saat zaman blog senangnya kalau ada komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung karna itu termasuk penyemangat saya dan pengaruh dari pagerank blog yang kian naik (y) tapi yang komen sedikit tapi statistik download ribuan perbulannya jadi mulai berpikir untuk buat forum.

Tahun 2013
Tahun 2013 awalnya hanya iseng buat forum dari forumotion dari sana dibantu dengan mas roadsterian disela-sela kesibukannya mindahin konten blog ke forum satu2, forum lebih berwarna dengan tambahan info pada page satu oleh mas roadsterian, pembagian tugas dimulai,,mas roadsterian bagian riset info dan sinopsis sedangkan saya bagian hunting buku dilapak2 online trus diproses sampai akhirnya dirilis dan dibaca oleh sobat sekalian.

Dari forum ini ketemu dengan mas @nullpolet yang kebetulan jago html dan css,,oleh mas nullpolet saat itu bulan puasa dari subuh sampai jam 1 siang sama2 utak atik template forum, wajah forum berubah dengan sumbangan tanpa pamrih mas nullpolet plus logo kerennya (y), luar biasa saat itu member terdaftar hampir seribuan lebih ;) dari forum lama juga ketemu dengan mas @kresnaw yang menyumbangkan komik2 eropanya, sempat bertiga dengan mas nullpolet dan mas kresnaw ngerjain scanlation komando :happy: setelah lembur semalam akhirnya hasil translate pertama rilis :cool:.

Forum berjalan tapi banyak kekurangan diantaranya keterbatasan akses database dan iklan yang mengganggu,,jadi mulai berpikir untuk buat forum dengan hosting sendiri,,,setelah hosting dapat dengan paket basic seadanya,,forum baru dengan full platform phpbb dimulai,,dibantu dengan mas roadsterian dan mas nullpolet proses pemindahan dimulai (hanya konten), forum baru dibuka tapi sering terjadi overload ditambah ada sedikit kerikil di forum baru yang sempat buat stres belum lagi komen2 miring tentang skema forum khusus link download dan lagi2 atas saran wejangan dari mas roadsterian, kerikil tersebut bisa dilalui (y), untungnya beban tersebut semakin berkurang dengan bantuan mas @cokuker yang memanage member newbie dengan penjelasan2 tentang rules dan tos forum ;)

Tahun 2014
Awal tahun 2014 mulai berpikir untuk punya server sendiri dan dengan format vps saya mulai proses gogling baik itu cara maintance dsb,,setelah semua "bahan" terkumpul" saatnya "nekat" sewa server sendiri yang prosesnya saat itu total 10 kali instal ulang server :sleep: demi mendapatkan setingan terbaik sampai kemarin tgl 9-9-14 forum berganti platform.

Forum ini sudah menjadi rumah kedua bagi saya walau karna itu istri sering ngomel apa nggak capek duduk pantingin itu kompi sampai ini pinggang encok bercap koyo cabe (colek @mbah yoiman) uang belanja kurang karna hunting buku :p aah nggak peduli yang penting konten forum terus terupdate,,sangat sangat sangat terbantu ketemu di forum dengan orang hebat para kontributor diantaranya mbak @ari_jh mas @kacamata mas @padma mas @pangsoe dll pokoknya semua kontributor dan tentunya para member dengan komen-komen terbaik (itulah sebabnya mas roadsterian sering memberikan like agar member ybs terus semangat memberikan komen).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yah itulah "sedikit" pengalaman tentang zd :D
Intinya sobat semua adalah orang-orang hebat dan saya merasa bangga plus senang bisa bertemu dengan orang-orang hebat seperti sobat sekalian, maafkan selama ini terkadang komentar saya agak "sedikit pedas" karna terkontaminasi thread NEWBIE yang kadang buat galau dengan semua komennya tanpa tahu ada proses panjang untuk sebuah rilis buku, mungkin momennya sedikit tepat karna bentar lagi mau hari raya :D salam djadoel semoga forum ini tetap langgeng bin jaya terus seperti yang terus mbak @Rhea Fenrir dengungkan di beberapa komentarnya. :happy::):love:(y):cool:

Best regards,
Z admin

Gak terkira senangnya saat itu bisa menemukan forum ini. Saya lupa apa yg menyebabkan bisa "terdampar" di ZD waktu itu (kalo gak salah masih blogspot ya..). Saya lihat kok banyak sekali komik pak Janggut...terus Storm (saya pikir ah paling juga sampai Bajak Pandarve)... tapi loh..loh..loh... kok terusss... sampai ke Mustika Dewa Ganda..
dan bisa didownload hahaha...

Terus terang ini forum pertama dan (mungkin) forum terakhir yg pernah saya join. Belum pernah ikut forum2an. Saya memberanikan diri waktu itu kirim komen, menanyakan tentang komik Stef Ardoba (kelanjutan dari Pancang Kaluna) yg saya lupa namanya. Dan.... dibalas sama Mas Z dengan judulnya (Tugas Masa Lampau) dan upload komiknya. Dan setelah itu there is no turning back. Saya bilang sama mas Z akan memberikan semua koleksi komik eropa saya untuk zona djadoel (scan tentunya...:D).

Pengalaman bertiga dengan mas @nullpolet dan mas @maszd ngerjain scalation pertama tidak akan pernah terlupakan. Waktu itu bulan puasa semalaman gak tidur sampai sahur..... hahahahah

Sorry kalau jadi kepanjangan. I just hope that this forum will always stay and bring a lot of happiness to others.

Cheers, Merry Christmas and Happy New Year 2018 :):)
 
Last edited:
saya orang kelahiran tahun 1990

banyak banget cerita yang "gantung" entah krn ane ngga beli part tamatnya di bobo atau alasan lain (komik dipinjam teman ngga balik padahal ane blm selesai baca,dll)

ane sangat senang bisa gabung disini ,terima kasih
 
perasaannya sueeneng banget.... bisa mengobati rasa rindu pada jaman kecil. ternyata ada orang yang masih peduli dan berkorban untuk membuat forum yang langka dan sangat patut di apresiasi setinggi tingginya
 
Saya selalu merasa masa kecil dan masa remaja saya dulu sangaaaat bahagia ( pssst..sekarang juga iya sih;)). Biar TV cuma ada satu saluran tapi rasanya sudah cukup, karena selalu ada acara main dengan teman2, menunggu antaran Majalah BOBO, banyak komik dan buku yang rasanya nggak puas2 dibaca. Jadi pas ketemu forum Zona jadoel ini, rasanya cuma satu. Bahagia. Bahagia bisa membaca ulasan film/buku/komik/dll yang pernah digemari jaman dulu, eh malah ada link download pulak. Biarpun saya blm bisa download apa2 tapi saya tetap senang karena bisa buka2 thread yang menarik karena membangkitkan kenangan lama. Terima kasih sudah diterima ;)
 
Big Thanks to Mas @Iryan Maudy, yang sudah memperkenalkan saya dengan forum ini.. berawal dari FB. Akhirnya tahun ini saya berhasil bergabung dengan forum yg kumplit nuansa jadulnya.. Walo saya masih harus banyak membaca dan memahami aturan2 di forum ini, tapi saya tetap senang. Karena paling tidak saya bisa kembali menjadulkan diri dengan memori masa kecil saya.. So, thx once again. Dan buat semua yg ada di sini, mulai dari admin sampai member, saya ucapkan salut buat semua.. Tetap semangat buat bernostalgia. Semoga ke depannya makin oke.. tengkyu
 
Saya mau curhat sedikit nih ttg ZD. Semakin kesini saya kok melihat effort semua kontributor luar biasa ya. Saya melihat koleksi2 baru yg saya sama sekali tidak ingat atau samar2. Ini patut diapresiasi loh, semua upaya para dedengkot seperti @maszd, mbak @ari_jh, juga kontributor baru macam mas @kresnaw dan mas @lolak lolok benar2 patut diacungi jempol.

Makin lama jadi makin cinta sama ZD ! (y)(y)
 
postingan pertama
semoga disetujui sama admin dan moderator
wkwkwkkw
baru gabung udah dapet anugrah 'welcome trophy', matur tengkyu zodadjadoel !
yang jelas saya penasaran sama isi forum zonadjadoel ini, mungkin saya bisa nemu bacaan favorit saya
klopun ga nemu ya itung2 nambah silaturahmi dan kenalan di forum ini
siapa tahu kedepannya saya bisa share sesuatu yg ada manfaatnya buat forum ini
makasih !
 
nimbrung aah...nemuin forum ini spt obat bagi hati yang sedih karena majalah bobo selemari dan bundelan sisipan bobo disumbangin ke sekolahan sama bapak waktu rumah lama dijual *lebay mode-on (padahal pas itu udah nikah dan punya baby:LOL:)
 
Sampai saya baca satu2 cari komen dari founder ZD untuk mengucapkan banyak terima kasih. Anda memberi banyak manfaat dan kebahagiaan di dunia maya. Tetap sehat dan bahagia ya mas mbak semua. Makin maju dan sukses ZD, tetaplah jadul di tengah dunia modern ini. Dan semoga nantinya bisa masuk sebagai salah satu applikasi di playstore. Dunia jadul akan terus ada, never ending story. Tahun ini akan menjadi tahun yang jadul pada saat 30 tahun lagi. Saya bangga menjadi orang jadul!
 
Saya juga dulu bingung gimana caranya. Tapi kemudian tergerak hati saya untuk menyumbangkan buku2 Lupus. Sampai ngerepotin suami unt nyecan....hihihi. Perasaan saya terhadap forum ini cukup unik karena banyak sekali buku2 yg bagus dari tahun 80 - 90an. Rasanya tidak ada yg bisa menggantikan pengalaman dulu. Meski mungkin generasi sekarang agak lain apresiasinya.
 
Betul sekali, mb @Milna .. generasi skrg sudah berbeda selera dengan kita. Bersyukur ya mb, kita melewati masa dengan perkembangan yang luar biasa. Masa rekaman suara di kaset pita, laserdisc, vcd, mp3, hingga online streaming saat ini.
Masa perkembangan komunikasi dari telegram, kartu pos dan surat, kartu bebas, pager, handphone. Yang penting menurut saya adalah mengajak anak2 tetap bisa suka membaca (seperti kita dulu) 😊
 
Back
Top