toko buku favorit

roadsterian

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,408
Ratings
6,889
Points
600
Gender
Male
#15
Iya, yang di Matraman memang gedung sendiri. Memang itu Toko buku Gramedia pusat setelah yang di Gajah Mada, makanya besar gedungnya
Tahun 2002 saya pernah ke Gramedia Matraman, besar dan luas tokonya dibandingkan yang di kota asal saya. Ingat pernah beli buku impor Beds and Borders semacamnya hanya karena senang lihat foto-foto gardeningnya. Pas pulang sempat lihat seorang dosen dari Univ.Hasanuddin yang sering tampil jadi pengamat politik di TV yaitu Prof. Dr. Achmad Ali. Orangnya sudah meninggal 2 tahun yg lalu. Itu saja yg teringat dari Gramedia Matraman.
Kalau di kota tempat saya, selain Gramedia toko bukunya antara lain Gunung Agung, Toga Mas, Uranus, Rumah Buku, Toko Buku Kwan dsb.
 

Soelawas

Nostalgic
Verified
Joined
Oct 21, 2014
Messages
115
Ratings
201
Points
120
Gender
Male
#16
Saya juga baru beberapa kali ke Gramedia Matraman. Dahulu tahun 90an, tempatny belum sebesar sekarang walau gedungnya masih sama. Lantai 4 yang dikhususkan untuk buku import belum ada. Tidak semua Gramedia menjual buku import. Kalau di Semarang, ada toko buku Merbabu. Namun, tempatnya tidak terlalu besar dan saya sudah lama tidak ke sana
 

cicishahita

Nostalgic
Verified
Joined
Feb 17, 2014
Messages
295
Ratings
286
Points
135
Gender
Female
#17
2. Sutawijaya semarang (sejak SD kepingin banget kesana, baru bisa kesana setelah kuliah)...
...Yg sampai sekarang kepingin banget kudatangi Toko Erlina di Bandung (karena eks Istana komik Maranatha).
TB Erlina ternyata tetap disebut juga TB Maranatha = Jl. Inggit Ganarsih 148-150A Bandung, dulu namanya Jl Ciateul.
Wah, itu dua toko buku yang dulu pengen banget saya datangi, soalnya ada tulisannya di cover belakang komik2 wayang R.A. Kosasih dulu.
Sutawijaya beberapa kali ke sana, malah pernah yang lagi diskon besar khusus komik/majalah jadul. Dapet beberapa buku yg masih edjaan lama, trus majalah donal bebek nomor 12 atau 15, trus komik2 lokal yg "obscure" kaya "Pa' Dud" (ada yg tau komik ini?), dsb.
Kalo Maranatha blom pernah (padahal pernah tinggal bbrp tahun di bandung), kirain udah nggak ada berhubung nggak nemu Jl. Ciateul :(
 

lyeid

Enthusiast
Joined
Sep 27, 2013
Messages
60
Ratings
30
Points
25
Gender
Male
#18
masa kecil saya dihabiskan di kota pematang siantar (salah satu kota di sumatera utara), kota kecil yg jarang sekali ada toko buku, cuma ada toko buku Omega(di jalan diponegoro), sampai sekarang masih ada, dan beberapa toko buku bekas (tempat menghabiskan uang jajan beli komik donald bebek bekas) di jalan merdeka dekat simpang jalan cokro (yg toko buku bekas ini sudah tidak ada :( )
dan tidak ada toko buku besar. makanya pas kecil, ngeliat buku tu seperti ngeliat harta karun (minjam ke teman yang ortu-nya mampu dan suka bolak balik ke kota medan).
sekarang tinggal di bandung, dan banyak toko buku, dan selalu ngerasa bahagia ketika jalan diantara rak2 buku..
*kangen kembali ke masa kecil yg serba terbatas tapi membahagiakan.. *
 

twenty4

Retro
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
335
Ratings
233
Points
115
Gender
Male
#19
Toko buku favorit mah Gramedia kalo ngga ya Pasar Palasari sih kalo di Bdg.....udh lama ga beli buku juga sih, hehehe !

o iya ada 1 toko buku aneh sih yg sedia buku2 impor buat arsitek gt, Toko buku Redjo yg di jln Cimandiri kalo ga salah, deket jln Citarum bgt, deket ayam taliwang :D
 

narugamiloki

Nostalgic
Verified
Joined
Sep 21, 2013
Messages
108
Ratings
89
Points
85
Gender
Male
#20
toko buku favorit kinokuniya, gramedia, dan toko buku bekas di dekat terminal Blok M, kadang ke lantai bawah Blok M Mall buat nyari buku bekas
 

Suppokev

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 10, 2013
Messages
101
Ratings
76
Points
60
Gender
Male
#21
Dulu di daerah saya belum ada gramedia...jadi yang saya kunjungi adalah lapak kaki lima jualan koran.....Tiap 2 minggu sekali nungguin komiknya Tiger Wong sama Tapak Sakti....
 
Joined
Dec 27, 2014
Messages
11
Ratings
25
Points
21
Gender
Male
#22
dulu waktu kecil, tiap liburan ke jogja, sering ke toko buku gunung agung di perempatan tugu. waktu itu sempat dibelikan buku cerita daerah di sana. sekarang gunung agung sudah tidak di situ. gedung itu pun sudah lama tidak difungsikan lagi. paling kadang malam hari emperannya dipakai penjual gudeg kaki lima.
 

opiopi

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 24, 2015
Messages
124
Ratings
353
Points
140
Gender
Male
#23
dulu waktu kecil, tiap liburan ke jogja, sering ke toko buku gunung agung di perempatan tugu. waktu itu sempat dibelikan buku cerita daerah di sana. sekarang gunung agung sudah tidak di situ. gedung itu pun sudah lama tidak difungsikan lagi. paling kadang malam hari emperannya dipakai penjual gudeg kaki lima.
saya tau toko ini :D dulu waktu kecil liburan ke jogja pernah ke sini dan yang dilihat saat itu bukan buku-bukunya tapi kaca pembesar yang keliatan kereeen banget (waktu itu :p )
kalau di jogja di toko sari ilmu depan malioboro mall dulu pernah nemu komik diskonan, cuma gatau deh sekarang masih ada atau ngga
 

radenarfan

Enthusiast
Verified
Joined
Nov 1, 2015
Messages
58
Ratings
146
Points
80
Gender
Male
#24
Di Semarang ada Gramedia Pemuda, luas, jadi satu sma hotel, cuma meski AC ada susdut2 tertentu panas, karena ngadep langsung matahari, meski baru tapi lebih sepi daripada Gramedia yang deket Simpanglima. Toga Mas murah lengkap dulu di Pleburan deket BPLP pelayaran, sekarang di Jl MT Haryono, Toga Mas punyak Pak Tung Desem Waringin katanya. Terus ada toko buku lagi muncul hilang pindah2 sekarang ud g ada lagi, yakni Toko Buku Kharisma. Dl pernh ktilang polisi pas nyari Toko Buku Kharisma, Polisi Bilang tuuuh Kharisma sblah sana, karena tau mau ke toko buku, tidak jadi ditilang deh he2
 

ksiana17

Vintage
Veteran
Kontributor
Verified
Joined
Oct 14, 2013
Messages
846
Ratings
2,147
Points
410
Gender
Female
#25
Dulu di daerah saya belum ada gramedia...jadi yang saya kunjungi adalah lapak kaki lima jualan koran.....Tiap 2 minggu sekali nungguin komiknya Tiger Wong sama Tapak Sakti....
Nah bener juga yang ini ... waktu kecil dulu, karena belum bisa pergi ke toko buku sendiri, akhirnya lapak kaki lima jualan koran dan majalah pun jadi favorit juga. Di setiap sekolahan saya (kebetulan SD, SMP, SMA sekolahnya beda2 semua) pasti saya langganan lapak majalah yang selalu ada di depan sekolahan. Plus lapak majalah bekas juga,hampir setiap hari pasti beli komik donal bebek bekas, karena entah kenapa suka banget baca donal bebek lama, rasanya lebih bagus cerita2nya.

Trus ada lagi yg bukan toko buku favorit sih, tapi toko buku kenangan yg masih teringat saja sampai sekarang. Pas kecil dulu pernah pergi berlibur dengan keluarga ke bandung, lalu saya dan kakak2 main2 ke toko buku gunung agung di (kayaknya) jalan dago, dan di sana saya beli teka teki batu akik nya johan dan pirlouit. Apa masih ada kah toko buku itu?
 

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,191
Ratings
2,999
Points
575
Gender
Male
#26
Hmmm....toko buku favorit ya? Karena saya kecil tinggal di daerah Pecinan (Kota), yg saya paling ingat sering beli buku di TB Budaya dan TB Hauw Hauw, juga TB Herman, semuanya ada di daerah Pancoran, Pecinan. Sekarang udah gak ada lagi itu semua. Dulu saya sering beli komik Trigan, Storm di TB Budaya dan Hauw Hauw, dan kisah klasik Tiongkok spt Perjalanan ke Barat (Sun Go Kong), Eight Immortals, Sie Djin Koei di TB Herman. Kenapa gak ke Gramedia? Karena jauh dr tempat saya dan harganya lebih mahal....
 

twenty4

Retro
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
335
Ratings
233
Points
115
Gender
Male
#27
Trus ada lagi yg bukan toko buku favorit sih, tapi toko buku kenangan yg masih teringat saja sampai sekarang. Pas kecil dulu pernah pergi berlibur dengan keluarga ke bandung, lalu saya dan kakak2 main2 ke toko buku gunung agung di (kayaknya) jalan dago, dan di sana saya beli teka teki batu akik nya johan dan pirlouit. Apa masih ada kah toko buku itu?
wahh toko buku gunung agung mah udah ga ada mbak....malah saya sampe lupa posisinya dimananya di jln dago nya. Saya lupa apakah masih ada kah di PVJ atau Gramedia yg ada di PVJ...
 
Last edited by a moderator:

Mido

Vintage
Kontributor
Verified
Joined
Apr 3, 2016
Messages
806
Ratings
2,230
Points
420
Gender
Female
#28
Toko buku kesayangan saya ya Gramedia Matraman. Kebetulan saya dulu tinggal di Jakarta Timur dan sekolah SMP dan SMA juga lebih deket lagi dengan Gramedia itu, jalan kaki juga bisa. Dulu buku-bukunya tidak di bungkus jadi gampang baca disana, banyak anak-anak kecil duduk dilantai sambil baca komik. Toko bukunya di lantai dua kalau tidak salah, kalau lantai satu untuk jual tas, buku tulis, alat tulis dan gambar, alat musik. Sudah lama tidak berkunjung ke sana entah bagaimana dalamnya sekarang.
 
Top