toko buku favorit

denny prayoga

Nostalgic
Donatur
Joined
Oct 3, 2013
Messages
172
Ratings
121
Points
91
Gender
Male
#1
sobat zonadjadoel, bagaimana kalau kita sharing tentang toko buku favorit kita? baik yang jaman dulu hingga saat ini. kalau aku memiliki toko buku favorit yakni toko buku gramedia matraman. Dari mulai sd bahkan hingga saat ini, toko ini berkembang menjadi lebih besar dan lebih banyak menyediakan buku-buku yang menjadi favorit saya seperti trio detektif, lima sekawan dan sebagainya. Masih ingat waktu dulu, beli seri pustaka dunia hanya 1000rupiah, trio detektif seharga 3000 rupiah. Tapi kalau sekaeang jadinya mahal terus, bahkan menjadi sekitar 18.000-an. Kalau dulu masih ada supermarket dilantai tiga dan toko regina bakery di lantai dua. dan di lantai satu ada toko kue juga tapi lupa namanya. meskipun demikian dulu aku juga ke toko gunung agung dekat patung tani. lumayan besar, bisa baca juga tapi komiknya tidak sebanyak gramedua matraman. itulah toko buku favorit saya. bagaiman dengan rekan sobat zonadjadoel.com ??
 

ksiana17

Vintage
Veteran
Kontributor
Joined
Oct 14, 2013
Messages
846
Ratings
1,678
Points
411
Gender
Female
#2
Karena di Jakarta saya tinggalnya di daerah Jakarta Pusat, jadi paling mentok saya cuma bisa seringnya main ke gramedia pasar baru dan gramedia gajah mada. Cuma memang ngeselin sih karena suka gak lengkap :frow: Sukur2 kalo pas lagi ke mal kayak Taman Anggrek, Emporium Pluit, atau mal lainnya, kalo pas ada Gramedia ya pasti dimasukin deh. Trus suka jadi kebingungan sendiri di dalam karena besar dan lengkap, sampai2 mau ber-jam2 di dalam pun gak cukup hehe ... Maklum lah habis biasanya mainannya Gramedia Pasar Baru dan Gajah Mada yang kecil. Biasanya kalau sudah saking bete karena buku yang dicari gak ada, selalu disaranin sama orang2 ke Gramedia Matraman aja di sana besar dan lengkap. Tapi yah karena jauh banget dari rumah sampai sekarang belum pernah kesampaian.
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
261
Gender
Male
#3
klo toko buku, saya taunya cuma gramedia dan gunung agung aja.. tapi lebih sering ke gramedia sih.. itu juga ke gramedia yang ada di mall2.. pokoknya tiap ke mall yg ada gramedia, pasti saya kunjungi dulu gramedianya :laughz: paling sering sih ke gramedia di mall emporium pluit, berhubung deket dari rumah.. pengen sih sekali2 ke gramedia di matraman.. katanya sih, paling besar dan koleksinya paling banyak disana
 

bearita

Nostalgic
Kontributor
Joined
Feb 19, 2014
Messages
167
Ratings
469
Points
161
Gender
Female
#4
toko buku sih cuma satu dari dulu Gramedia (iklan banget sih?!)
tapi memang begitu adanya... kemana-mana selalu ke gramedia...
bedanya hanya di lokasinya ajah...
tahun 1980-1990an ke gramedia yang di blok m di belakang pasaraya (sekarang masih ada gak ya?!)
tahun 2000an ke gramedia plaza semanggi cuman biar bisa melewati jenuh kemacetan di jalan...
tahun 2010an ke gramedia matraman... dan saya jatuh cinta dengan luasnya toko buku ini...

selain ke gramedia ada beberapa toko buku cadangan yang biasanya saya datangi seperti gunung agung dan kinokuniya tetapi tidak sesering ke gramedia...
(bener-bener deh komen saya ini iklan banget!)
 

snake123

Retro
Translator
Joined
Sep 19, 2013
Messages
322
Ratings
68
Points
111
Gender
Male
#5
dulu ke gramedia, skarang mah gramedia nya kayak boongin orang, harga komik nda bener, koleksi nda lengkap. jadi saya pindah ke tmpt2 buku bekas, kayak kampung buku di surabaya:LOL:
 

Daffa

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,245
Ratings
7,808
Points
641
Gender
Male
#6
Toko buku yg jadi kenangan : 1. Lestari (1978 pernah beli komik Spiderman dan Hulk, patungan dengan teman sebangku),
Log in or register to view this content!
2. Sutawijaya Semarang (sejak SD kepingin banget kesana, baru bisa kesana setelah kuliah), 3. Surya (dekat Sutawijaya, menyediakan komik2 jadul), 4. Simon (sebetulnya toko kaset tapi menjual komik Eppo 78-80). Toko2 ini tinggal kenangan. Tapi saya paling takut kalo ke kompleks Yaik Permai di Johar Semarang, takut kehabisan uang karena sering banyak buku jadul bekas yg perlu dikoleksi, sekali paling parah pernah pulang naik bis bawa sekarung buku. Yg sampai sekarang kepingin banget saya datangi Toko Erlina di Bandung (karena eks Istana komik Maranatha). Kalau sekarang sih dengan anak lebih sering ke Gramed dan Toga Mas.
 
Last edited:

woky94

Retro
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Feb 7, 2014
Messages
564
Ratings
2,961
Points
386
Gender
Male
#7
Toko buku yg jadi kenangan : 1. Lestari (1978 pernah beli komik Spiderman dan Hulk, patungan dengan teman sebangku), 2. Sutawijaya semarang (sejak SD kepingin banget kesana, baru bisa kesana setelah kuliah), 3. Surya (dekat Sutawijaya, menyediakan komik2 jadul), 4. Simon (sebetulnya toko kaset tapi menjual komik Eppo 78-80). Toko2 ini tinggal kenangan. Tapi aku paling takut kalo ke kompleks Yaik Permai di Johar Semarang, takut kehabisan uang karena sering banyak buku jadul bekas yg perlu dikoleksi, sekali paling parah pernah pulang naik bis bawa sekarung buku. Yg sampai sekarang kepingin banget kudatangi Toko Erlina di Bandung (karena eks Istana komik Maranatha). Kalau sekarang sih dengan anak lebih sering ke Gramed dan Toga Mas.
btw, TOKO BUKU ERLINA itu lokasinya dimana ya di bandungnya?? boleh juga nih sesekali di datengin. Komik dan buku cerita jadul emang kagak ade matinye....
 
Last edited by a moderator:

Daffa

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,245
Ratings
7,808
Points
641
Gender
Male
#8
TB Erlina ternyata tetap disebut juga TB Maranatha = Jl. Inggit Ganarsih 148-150A Bandung, dulu namanya Jl Ciateul.
Log in or register to view this content!
 
Last edited:

Soelawas

Nostalgic
Kontributor
Joined
Oct 21, 2014
Messages
115
Ratings
145
Points
116
Gender
Male
#9
toko buku sih cuma satu dari dulu Gramedia (iklan banget sih?!)
tapi memang begitu adanya... kemana-mana selalu ke gramedia...
bedanya hanya di lokasinya ajah...
tahun 1980-1990an ke gramedia yang di blok m di belakang pasaraya (sekarang masih ada gak ya?!)
tahun 2000an ke gramedia plaza semanggi cuman biar bisa melewati jenuh kemacetan di jalan...
tahun 2010an ke gramedia matraman... dan saya jatuh cinta dengan luasnya toko buku ini...

selain ke gramedia ada beberapa toko buku cadangan yang biasanya saya datangi seperti gunung agung dan kinokuniya tetapi tidak sesering ke gramedia...
(bener-bener deh komen saya ini iklan banget!)
Yang di Blok M sudah tidak ada lagi Gramedia-nya. Dulu sempat ada toko buku yang menjual buku khusus luar negeri, namanya QB Book Store. Kalau sekarang cuma Kinokuniya dan Periplus yang menguasai toko buku import di Indo
 
Last edited by a moderator:

bearita

Nostalgic
Kontributor
Joined
Feb 19, 2014
Messages
167
Ratings
469
Points
161
Gender
Female
#10
Yang di Blok M sudah tidak ada lagi Gramedia-nya. Dulu sempat ada toko buku yang menjual buku khusus luar negeri, namanya QB Book Store. Kalau sekarang cuma Kinokuniya dan Periplus yang menguasai toko buku import di Indo
oh, sudah nggak ada ya... dulu toko buku inceran tuh.... hehehehehehe...
iya dulu ada QB tapi kayaknya nggak tahan begitu lama ya...
sayang sebenernya dah nggak ada toko buku impor yang punya kualitas bagus....
 

Soelawas

Nostalgic
Kontributor
Joined
Oct 21, 2014
Messages
115
Ratings
145
Points
116
Gender
Male
#11
oh, sudah nggak ada ya... dulu toko buku inceran tuh.... hehehehehehe...
iya dulu ada QB tapi kayaknya nggak tahan begitu lama ya...
sayang sebenernya dah nggak ada toko buku impor yang punya kualitas bagus....
Iya, udah jarang toko buku Gramedia yang tidak menyatu dengan mall. Kalaupun ada, biasanya peninggalan zaman dulu karena zaman dahulu mall masih sedikit. Kualitas bagus itu maksudnya dari kelengkapan judul buku2nya? Atau suasana tokonya?
 

cokuker

Vintage
Veteran
Kontributor
Joined
Sep 20, 2013
Messages
872
Ratings
3,321
Points
586
Gender
Male
#12
Dulu tiap kali ke Yogya, setiap nengok kakak yang kuliah disana, saya selalu sempatkan ke Gramedia yang ada disana. Lokasinya di hook perempatan, kalau tidak salah ada 2 lantai. Dan di bawahnya ada Dunkin Donut..saya ingat pernah lihat2 buku di sana, sementara mama dan almarhum papa nungguin di Dunkin Donuts..seusai saya lihat2 buku dan menemui mereka di Dunkin Donut, selalu sudah tersedia secangkir coklat panas buat saya. So sweet memories, thx mam & pap.
 

bearita

Nostalgic
Kontributor
Joined
Feb 19, 2014
Messages
167
Ratings
469
Points
161
Gender
Female
#13
Iya, udah jarang toko buku Gramedia yang tidak menyatu dengan mall. Kalaupun ada, biasanya peninggalan zaman dulu karena zaman dahulu mall masih sedikit. Kualitas bagus itu maksudnya dari kelengkapan judul buku2nya? Atau suasana tokonya?
kecuali yang di matraman mas... itu kayaknya masih gedung sendiri ya... tapi dah lama juga nggak ke sana... untuk di jamannya menurut saya QB dah oke banget tuh untuk koleksi buku2 impornya... suasananya juga... apa karena saya belum terlalu kenal dengan toko buku lainnya... hehehehehehehe...

mas @cokuker kayaknya dari dulu emang gramedia jadi satu apa ya sama dunkin donuts... gramedia yang di matraman, jakarta juga barengan sama dunkin donuts...
 
Last edited by a moderator:

Soelawas

Nostalgic
Kontributor
Joined
Oct 21, 2014
Messages
115
Ratings
145
Points
116
Gender
Male
#14
kecuali yang di matraman mas... itu kayaknya masih gedung sendiri ya... tapi dah lama juga nggak ke sana... untuk di jamannya menurut saya QB dah oke banget tuh untuk koleksi buku2 impornya... suasananya juga... apa karena saya belum terlalu kenal dengan toko buku lainnya... hehehehehehehe...

mas @cokuker kayaknya dari dulu emang gramedia jadi satu apa ya sama dunkin donuts... gramedia yang di matraman, jakarta juga barengan sama dunkin donuts...
Iya, yang di Matraman memang gedung sendiri. Memang itu Toko buku Gramedia pusat setelah yang di Gajah Mada, makanya besar gedungnya. Kalau untuk suasana yang nyaman, toko buku ak.sa.ra juga cukup nyaman. Pengunjung bisa duduk dan membaca buku walau tidak membelinya :)
 
Last edited by a moderator:
Top