Tempat berburu bacaan jadul

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
958
Ratings
3,596
Points
551
Gender
Female
#1
kegiatan ngumpulin sisipan bobo sempet off krn kurang jln2 he3 saya kulakan di jogja (daerah shopping), solo, bandung (jln kautaman istri dan palasari) dan jakarta (saya ngikutin petunjuk gugel di pasar senen tp kok ga ada ya bobo jadul? Ada saran, master2 yg di sini?)
iya nih, setelah membaca post mbak @idanora ....kalau kita ngelist tempat2 berburu komik/novel jadul mungkin berguna juga ya...

setau saya:

Bandung
1) Palasari
2) Cikapundung - dulu kebanyakan majalah bekas, malah ada majalah tahun 70-an segala, tapi entah sekarang masih ada enggak

Jakarta
1) Plaza Semanggi
2) Gudang Buku di Pasar Festival Kuningan
2) Blok M Square
 
Last edited by a moderator:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
939
Ratings
1,895
Points
421
Gender
Male
#2
Dulu waktu masih tinggal di Depok sih yang deket ke Stasiun UI atau Pocin, tapi terakhir ke sana kata tukang ojek udah di pindahin (soalnya sekarang stasiun Commuter Line bersih dari kios-kios).
Sekarang di Bogor di taman komplek rumah ada lapak kecil yang jual buku-buku bekas.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,350
Ratings
1,379
Points
691
Gender
Male
#3
di kota-kota kaltim khususnya balikpapan domisili saya sangat susah nyari buku-buku jadul. persewaan baik yg bagus maupun mau tutup juga gak ada. satu-satunya cara yah lewat online. tapi kalau diliat terkadang harga buku sama biaya pengiriman gedean biaya pengirimannya. mudahan ada yg ngasih info berharga. kalau bisa jangan yg daerah jawa aja.
 

mege

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Nov 11, 2013
Messages
907
Ratings
907
Points
321
Gender
Female
#4
Berikut saya tambahan :

Bandung
Dewi Sartika - dekat dengan alun-alun Kota Bandung

Banjarmasin
Belakang gedung BCA Jl. Lambung Mangkurat

Jakarta
Pasar Senen (dulu Kwitang)

Makassar
Toko Wijaya - Jalan Timor nomor 116

Malang
Pasar Wilis - Jl. Simpang Wilis, Klojen

Semarang
Jl Stadion Selatan dan Stadion Utara tepatnya belakang stadion Diponegoro

Solo
Pasar buku bekas di Alun-Alun Utara
Jl. Kebangkitan Nasional - pindahan dari Busri

Surabaya
Pasar Blauran
Kampung Ilmu - Jalan Semarang

Yogyakarta
Shoping - sebelah utara Taman Pintar

*dari berbagai sumber
jika ada yg mau merevisi silahkan
 
Last edited:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
939
Ratings
1,895
Points
421
Gender
Male
#6
di Gunung Putri mba @ari_jh .. cuma kios kecil pake tenda biru (tapi yang jual bukan desy ratnasari hehehe..) , lumayan lah walaupun gak lengkap.. :D
 
Last edited by a moderator:

mege

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Nov 11, 2013
Messages
907
Ratings
907
Points
321
Gender
Female
#7
Mbak/mas @mege jalan semarang itu di surabaya? Tempat jualannya semacam kios2 gitu apa kakilima ya ... dicatet nih kali aja ntar saya bisa ke sana #doakan yaaa ... kemaren emg bentar bgt di surabaya, belum puas ...
Untuk menjawab pertanyaan mbak @idanora saya jawab di sini saja.
Jalan Semarang itu berupa kios2 dan memang sudah tertata, itu dekat dengan Stasiun Pasar Turi. Dan kios2 yg ada di sana jumlahnya puluhan.
Jadi berburunya afdol, asal tahan fisik saja hehehe dan sabar.
Jika komik dan novel terkadang buku yg didapat bisa baru dan masih segel, tapi harga murah.

Lokasinya itu tempat jualan kardus bekas dan buku bekas, serta furniture kayu.
Ada kios2 berderet2, kemudian ada satu gang dinamakan Kampoeng Ilmu di sana tempat kumpulnya kios2 juga dan ada gasebonya (cocok untuk tempat beristirahat).
Tapi di luar gang ini pun ada kios2 buku yg lain. Jika cukup kuat bisa dijelajah semua. Dan harga yg ditawarkan di sini cukup bersaing, jadi tenang saja.
nb. Jika kios2 di luar Kampoeng Ilmu, parkirnya di pinggir jalan, tapi yg di Kampung Ilmu sudah ada lahan parkirnya.

Oya jika bingung Mbak / Mas bisa dilihat di bagian gender (Female/Male), di tiap anggota ada :).
================
Note Admin : tambahan referensi jalan Semarang di kota Surabaya : LINK
 
Last edited by a moderator:

idanora

Nostalgic
Translator
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
142
Ratings
996
Points
186
Gender
Female
#8
Di yogya ada 3 spot yaitu di shopping (utara taman pintar) terutama lantai 2, lalu di kios2 selatan trafficlight taman pintar, lalu di kios2 yg juga jual koran di trafficlight alun2 lor.
 

spudnik2174

Nostalgic
Donatur
Joined
Sep 21, 2013
Messages
126
Ratings
52
Points
81
Gender
Male
#9
Sekedar informasi..bbrp hari yg lalu, setelah saya selesai ketemuan bbrp teman, di Giant BSD, Tangerang. di lokasi parkir belakang (dekat mesjid) ada sale buku2 Gramedia..banyak bgt komik2 eropa lama yang dicetak ulang di sale dengan harga Rp 10.000,-....siapa tau ada yang dekat dan berminat berbagi disini...semoga masih ada
 

radenarfan

Enthusiast
Kontributor
Joined
Nov 1, 2015
Messages
58
Ratings
128
Points
81
Gender
Male
#10
Semarang, selain belakang stadion diponegoro, ada di kios buku pasar yaik johar. Tapi habis kebakaran. saat ini sementara di ungsikan di komplek ruko pasar Bulu Tugu Muda
 

idanora

Nostalgic
Translator
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
142
Ratings
996
Points
186
Gender
Female
#11
Januari saya ke Bandung ke jln dewi sartika-jln kautaman istri tapi sudah tidak ada bobo jadul tahun 80-90an (adanya udah bendelan itupun dicampur yg taun 2000an dgn taun 95 ke atas). Tidak ada nina, dan tidak ada enid blyton. Apes deh ... pdhl dulu bisa bejibun di situ.

Btw agustus 2015 saya ke pasar blauran surabaya tp krn pas hari minggu, satu2nya kios yg jualan buku jadulnya banyak mlh tutup ... hehe ...

Lagi di malang, rencana mau ke pasar buku bekas Wilis, kira2 ada yg tau tempat alternatif lain yg bisa dijelajahi? Thanks.


Update ...

Tadi ke pasar buku wilis Malang ternyata buku2nya relatif baru. Tidak ada bobo jadul dan nina. Akhirnya ada yg kasih saran ke Velodron (semacam gelanggang sepeda, yg di bawahnya ada kios2 buku bekas) di Malang timur. Sampe sana, nemu satu kios yg punya BANYAK (dgn huruf kapital!) komik nina, trigan, lucky luke, smurf, danny&katia dan macem2 lagi yang saya gak hapal, juga ada enid blyton dan komik2 jepang. Tak lupa sederetan komik semacam kho ping ho dan judul2 lain yang BUANYAK. Kiosnya nomer 12 dan 26 (atau 23 ya? Maaf lupa) yg punya namanya pak Wasis (kalo ga salah) orangnya sudah cukup tua.

Kalo ada teman2 yg kebetulan lg di Malang dan mo berburu buku jadul, silakan mampir situ ... hehe ...
 
Last edited by a moderator:

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,765
Ratings
9,550
Points
996
Gender
Female
#12
Tadi ke pasar buku wilis Malang ternyata buku2nya relatif baru. Tidak ada bobo jadul dan nina. Akhirnya ada yg kasih saran ke Velodron (semacam gelanggang sepeda, yg di bawahnya ada kios2 buku bekas) di Malang timur. Sampe sana, nemu satu kios yg punya BANYAK (dgn huruf kapital!) komik nina, trigan, lucky luke, smurf, danny&katia dan macem2 lagi yang saya gak hapal, juga ada enid blyton dan komik2 jepang.
wah... asyik sekali (y)
moga2 dapet nina yang belup rilis di sini ya mbak @idanora , hehehe
 
Last edited by a moderator:

idanora

Nostalgic
Translator
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
142
Ratings
996
Points
186
Gender
Female
#13
Sayangnya tadi ga ada nina yg masih bolong, yaitu Myra penyanyi misterius dan si Bunga putih, jd saya beli aja bbrp biji yg saya suka ...
 
Top