MP3 Kaset Sanggar Cerita

bebelily

Nostalgic
Scanlation team
Joined
Jan 20, 2014
Messages
157
Gender
Male
sanggar-cerita.jpg
Sobat Djadoel yang sempat merasakan indahnya hidup di tahun 80-an tentu mengenal kisah-kisah Sanggar Cerita, yang dulu sering diputar di radio dan dijual dalam bentuk kaset. Kisah-kisah Sanggar Cerita sering mengambil tema dongeng/cerita rakyat, ataupun kisah-kisah superhero di jamannya.

Bagi yang memiliki koleksi kisah-kisah Sanggar Cerita, yuk kita berbagi di forum ini. Untuk nostalgia indahnya masa kecil, sekaligus mengenalkan kepada anak-anak kita kisah-kisah yang sarat dengan pesan moral.

Bagi yang belum mengenal apa itu Sanggar Cerita, berikut kutipan dari Wikipedia.

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!
 
Link Unduh GoogleDrive

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

Sumber: http://aqilgendut.blogspot.com/2013/03/kaset-sanggar-cerita-anak-anak.html
Tips: Jika file langsung otomatis di-play di browser, untuk mendownload gunakan menu "Save page as..."
 
Last edited by a moderator:
OMG!
"Sanggar Cerita, ceritanya makin lama makin asyiiik..."

Yang gitu ya? :D
 
Terima kasih mas bebelily atas topik barunya. Very inspiring! (y)
Request ya mas (hanya kalau ketemu aja) karena saya pernah punya dulu waktu kecil, dan sekarang entah di mana kaset yang ini. Tapi tetangga saya dulu yg bekerja sebagai penyiar radio RRI pernah meminjamnya untuk diputarkan setiap hari Minggu pagi jam 09.00 wita (waktu indonesia tengah <-- ketika saya dulu tinggal di sana). Dan rasanya udah dibalikkin kok cuman hilang kemana.
Mario Helly ini mirip2 Teruna CDR ceritanya atau scr fisik lebih mirip Conan Edogawa, dia hanyalah anak kecil biasa yang apabila terjadi peristiwa kejahatan maka dia akan berubah menjadi manusia dewasa super berseragam spt superman dan kemudian menolong korban kejahatan. Orang tuanya kalo ga salah diperankan oleh Mario Kulon, yang dulu di Saur Sepuh jadi Merit (tim duo punokawan kocak bersama Bongkeng alias Bahar Mario "Sembara - Misteri Gunung Berapi"). Entah kenapa banyak nama Mario di sanggar Prathiwi ya? Ada lagi satu tp Maria.. Maria Untu yang terkenal dengan "Mohon Perhatian, Pintu Bioskop Akan Dibuka" :D
Di sini, ceritanya Mario Helly menggulung komplotan penyelundup emas batangan, teringat sekali ketika mereka membuat kode sandi dengan menyelipkan kata "DA" di setiap pembicaraan antar penyelundup utk mengelabui pihak berwenang. Salah satunya adalah "Edamadas Badatadangadan" = emas batangan.
Sedangkan di kaset Buku jendela dunia, bercerita ttg Putri Delima yang sakit dan tiada obat yang dapat membantu menyembuhkannya. Dan ternyata obatnya hanyalah membaca Buku. Agak cheesy juga ya ceritanya :wacky: Tapi ukuran tahun 70's / 80's inilah hiburan alternatif selain TVRI the only one channel.
O,ya satu lagi, kalo bicara ttg Sanggar Cerita pasti teringat ttg kak Hanna Pertiwi, penyanyi cilik yang kemudian banting setir ke musik dangdut.
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
 
Last edited:
Untuk sementara saya baru bisa mengumpulkan file-filenya dari Internet. Jaman dulu saya hanya bisa mendengarkan lewat radio, belum bisa beli kasetnya :bigzd:

Semoga nanti semakin banyak yang share koleksinya.
 
memang sanggar cerita sangat beragam kisahnya. saya paling ingat puka, putri ramah, angsa putih, keong emas... pokoknya yg tipe2 princess gitu deh. maklum, namanya jg anak perempuan hehehe. tapi sebelum era kaset sanggar cerita, kaset cerita anak2 yg beredar justru yg paling lengket ket ket ket di memori saya sampai sekarang. walaupun kalau dipikir2 pengisi suara-nya itu2 aja hehehe. cicha koeswoyo, adi bing slamet, liza tanzil, sandra dewi, vivi & nita, ira maya sopha... contoh ni ya:
1. cinderella (ira maya sopha)
2. putri putih salju (ira maya sopha)
3. pinokio (liza tansil, sandra dewi)
4. rino dan rina (adi bing slamet, liza tanzil)
5. jendral kancil (adi bing slamet)
6. timun mas (cicha koeswoyo)
7. putri bintang (sari yok koeswoyo)
8. ali baba (liza tanzil, ateng, iskak, dll)
9. pahlawan angkasa (liza tansil, sandra dewi, ateng, iskak, dll)
10. aladin (liza tanzil dll)
11. kelinci putih (diana papilaya)

ada juga film2 anak indonesia yg dikemas jadi kaset juga, misalnya :
1. nakalnya anak-anak
2. ira maya & kakek ateng
3. ira maya si anak tiri
 
waahh sanggar cerita.. memorabel beungett..
dulu punya lumayan banyak.. cici kelinci - koko & manis naga, mona dan rusa putih, derita boneka rumput, bawang putih bawang merah.. ada yg lucu.. ada jg yg serem dan menegangkan.. klo yg serem2 rasanya mencekam dengerinnya.. :gitjari:

masih inget lagunya..
slamat berjumpa dgn sanggar cerita
dalam kisah lagu dan cerita
:zphone:
 
hehehehehe...ini dl juga jd ikon tahun 80-an...sanggar cerita dll...kalau keluar dl sering banget beli kasetnya karena gampang didapat di pelosok2..beda dengan komik yang mesti beli hanya kalau bapak ke denpasar. Ada juga cerita ttg Superman..." hei lihat ada burung, bukan itu manusia...Hei itu SUPERMAN" hahahahahahaa....thx u buat yg sdh berbagi....kalo boleh request...salah satu ikon tahun itu juga..WARKOP DKI...
 
wow...bener2 luar biasa forum ini....segala berbau 1980 semua ada...sayang kalo lagu 1980 ga mungkin bisa di share disini karena takut melanggar hak cipta...terus terang sampe saat ini hampir semua lagu barat era 80 an saya sudah hampir dapet semua dalam bentuk mp3.....bener2 hidup makin lengkap sejak ada forum ini...:D :D :D
 
memorable sekali, saya masih inget dulu tukeran pinjam kaset sanggar ceritas sama temen.. cerita yang masih saya inget judul nya megaloman kalo ga salah. arasemen lagu nya bagus
 
Saya pernah punya yang Cinderella nya Ira Maya Sopha..cuma sekarang sdh tak tau entah kemana
 
Dulu pernah punya, cuma udah benar2 lupa judul apa.. kalo nggak salah pernah punya pinokia, eh salah, pisamsung, eh salah lagi.. pinokio.. hehehe
 
Lupa-lupa ingat, timun mas & buku jendela dunia, sampe kusut, diulang2 terus ..... hik hik hik
 
waahh sanggar cerita.. memorabel beungett..
masih inget lagunya..
slamat berjumpa dgn sanggar cerita
dalam kisah lagu dan cerita
:zphone:
lanjutannya mbak sophie:

mari kita dengarkan, mari kita nikmati
sanggar cerita, makin asyiiikkk...
Lalala lalalala...
Lalala lalalala...
Lalala lalalala...

Dulu tahun 1985 harga kasetnya (kalau nggak salah) Rp. 1250,-
 

Latest posts

Back
Top