Makanan Khas Indonesia

Edamame itu mirip kedelai tp lebih besar. Di tukang sayur ada yg jual. Masaknya direbus atau dikukus juga.
Ntu bukannya kacang koro yah mbak? Seperti nya pernah nanam dulu... Biar tak inget2 ndisek... πŸ˜„
 
Last edited by a moderator:
Beda mas, kacang koro/kara kan besar2. Edamame itu kedelai yg lebih besar dari kedelai rebus lokal. Setelah saya selikidi, edamame adalah kedelai jepang. Bisa dilihat bedanya di gambar berikut.
images (8).jpeg
 
Waktu jalan2 pagi tak sengaja melihat kacang bulu makanan favorit sejak kecil yang saat ini jarang ada yang jual di gerobak sayur milik seorang mamang penjual sayur. Langsung deh beli seplastik dengan harga Rp 3000,- :)
Edamame itu mirip kedelai tp lebih besar. Di tukang sayur ada yg jual. Masaknya direbus atau dikukus juga.
Kelihatannya antara kacang bulu Mas @wong tegal dan edamame Mbak @idanora serupa....:unsure:
Di salah satu web online, sempat saya baca bahwa edamame dan kacang bulu adalah sama. Saya belum sempat lihat ke sumber yang lain, hanya saja sekitar delapan tahun yang lalu, pernah diajak teman makan di sebuah rumah makan besar n mewah di kawasan Senopati -- dekat Jl. Jendral Sudirman (Kalau bayar sendiri bakal tekor sampai bulan depan.....:ROFLMAO:). Kemudian teman tersebut pesan edamame. Seingat saya, kulit edamame-nya mulus. Entah mungkin setelah direbus sehingga jadi mulus....:unsure:

Hanya saja, harga edamame-nya cukup bikin tepok jidat....:LOL: Mungkin tempat makan juga berpengaruh, ya. Salah satu contoh, es teh manis di rumah makan tersebut harganya jauh lebih mahal dibandingkan es teh manis di Warung Tegal ataupun di Rumah Makan Padang. Benar kan, Mas @wong tegal...;)
 
Padahal edamame di tukang sayur cukup murah. Cuma krn asam urat saya gak pernah beli πŸ˜… cukup ngincipi sedekah orang lain. Rasanya ya mirip kedelai rebus, cuma besar2, jd lebih puas makannya. Antara ngupas dan makan rasanya seimbang.
 
Cuma krn asam urat saya gak pernah beli πŸ˜…
Lho Mbak @idanora menderita gout?
Rasanya memang kalau menderita gout, hendaknya menjauhi kacang-kacangan. Juga sayur-sayuran berwarna hijau serta emping melinjo.
Dan juga banyak minum air putih.
Yah, soalnya .... saya juga penderita gout....πŸ˜†πŸ˜†
Welcome to the club, Mbak.....😁😁
 
Sudah lama sih asam urat deket2 limit 😁 cuma akhir2 ini kadar asam uratnya lebih dari limit πŸ˜› gara2 makanan2 enak. Gmn ya ... mlinjo sekeluarga udah lama gak brani makan, bayam juga. Tapi unggas dan sapi-kambing rasanya masih gurih πŸ˜†
 
Ampun bgt pake allopurinol mas, sdh pernah nyoba... Ampe kagak bisa jalan 2 minggu😁, ampun bgt lah klo yg asam urat ini... Harus jaga2 makanan..
Benar Mas @Rahmadchinda, untuk yang terkena gout, harus selalu waspada menjaga makanan. Agak kaget juga, Mas @Rahmadchinda sudah terkena gout. Kalau dulu ada kesan bahwa gout adalah penyakit "orang-orang tua", rasanya sekarang gout memang tidak kenal usia. Salah seorang sepupu perempuan saya -- usianya hanya sekitar dua atau tiga tahun di bawah saya -- pernah terkena gout waktu kelas dua SMP.....:eek:
Tapi alhamdulillah sekarang rasanya dia tidak pernah lagi terkena penyakit itu.
 
Itu bakat mas. Dulu jaman SMP tiba2 telapak tangan saya kaku jika ditekuk. Tp seumur gitu kan gak paham soal asam urat. Akhirnya ya didiamkan, lama2 sembuh.
Batang usia makin tinggi, begitu pula kadar asam uratnya πŸ˜† lama2 dengkul senut2, tumit senut2, sekarang telapak tangan ikut2an. Sebenarnya sudah tau obat dan pantangannya, cuma prakteknya sulit πŸ˜…
 
Mungkin tidak, ya, kalau rutin berdonor darah bisa mengurangi asam urat dan kolesterol di dalam darah seseorang? Logika berpikir saya begini... kalau seseorang rutin berdonor darah maka asam urat dan kolesterolnya akan keluar bersama darah yang didonorkan. Jadi kalau rutin berdonor darah maka asam urat dan kolesterol di dalam darah akan semakin berkurang. Di sisi lain darah yang dihasilkan oleh tubuh pendonor adalah darah segar yang belum ada asam urat dan kolesterolnya.
 
Sekali donor anggaplah 500 mL. Volume total darah dlm tubuh anggaplah 3000 mL. Jadi sekitar 15% dari total darah yg diambil. Frekuensi donor maks 3 bulan sekali. Sepertinya kok kurang ada pengaruhnya ya mas? Krn makan enak jalan terus 😁
 
Mungkin tidak, ya, kalau rutin berdonor darah bisa mengurangi asam urat dan kolesterol di dalam darah seseorang?
Sekali donor anggaplah 500 mL. Volume total darah dlm tubuh anggaplah 3000 mL. Jadi sekitar 15% dari total darah yg diambil. Frekuensi donor maks 3 bulan sekali. Sepertinya kok kurang ada pengaruhnya ya mas?
Nah ini menarik. Mas @wong tegal dan Mbak @idanora rajin donor darah?
Saya tidak tahu apakah ada penelitian ilmiah terkait hal di atas, hanya saja saya punya kerabat yang rajin donor darah (dari ayah sampai ke anak-anaknya, salah satu anaknya juga menjadi dokter). Sang ayah sudah dapat penghargaan donor darah 75 kali, dan yang saya perhatikan, keluarga tersebut nyaris tidak menderita penyakit kronis. Meski sang ayah sudah tua (sebagian menyebutnya sepuh), tapi masih sangat sehat dan tidak menderita penyakit kronis macam gout, darah tinggi, diabetes, dll. Menurut mereka sih, itu manfaat dari sering donor darah....:)
O ya, anak-anaknya sebaya saya dan sangat sehat.
Tidak seperti saya yang sudah penyakitan gout, darah tinggi, asthma, dll.....:LOL::LOL:
 
Saya malah mikir2 kalo mau donor, kasian yg dapat darah saya, kecuali kalo disaring dibuang plasmanya. Krn alergi yg lumayan, jangan2 komponen2 alergi dlm darah saya masuk ke dlm tubuh orang trs dia shock krn tiba2 alergi (padahal dulunya nggak). Udah sakit berat sampai butuh transfusi masa mau ditambahi sakitnya?
Mas @Awee mungkin tdk ada hubungannya donor darah dg penyakit2 degeneratif (tensi, diabetes, dll) krn tetangga saya rutin donor tapi punya riwayat hipertensi. Coba mas @Awee selidiki keluarga dokter yg sehat jelita itu punya gaya hidup sehat yg bgmn? Saya curiga mereka nggak makan gorengan πŸ˜†
 
Back
Top