Komik Eropa Vs Komik Western Vs Komik Manga/Manhua, Mana Yang Terbaik

Mana Yang Terbaik Menurut Sobat ZD ?


  • Total voters
    37
Kalau saya sih semua komik saya suka seperti :

- komik Eropa : storm, lucky luke, tin-tin, asterix, trigan
- komik Western : Marvel dan DC Comics, Conan
- komik Jepang : Naruto, Pokemon, Samurai X
- komik Manhua : Tiger Wong,Pendekar Rajawali
- komik Lokal : Si Buta dari Goa Hantu,, Pendekar Siluman Sungai Ular,Pitung,
Gundala,Godam

Kalau au jujur saya lebih suka komik Eropa, soalnya ceritanya lebih beragam, dan ceritanya lebih mudah di fahami dan dicerna, dibanding komik Western yang lebih di dominasi oleh cerita Superhero, Marvel comic dan DC Comics
Kalau Manhua dan manga cerita nya cenderung panjang-panjang nyambung terus memerlukan kesabaran untuk mengikutinya
Ngomong - ngomong komik lokal yang jadul masuk kategori mana ya ? manhua ya?
Menurut saya komik lokal bagus bagus lho

Tapi sayang ngga ada pilihannya untuk di vote seperti yg tertera di atas
 
Saya lebih suka komik manga/manhua...Ceritanya dan gambarnya lebih kena ke hati...Mungkin karena saya orang asia juga sih..
 
Saya lebih suka manga, gambarnya brasa klik aja gitu di hati, apa karna kebanyakan bacanya manga kali ya, jd lebih ke manga.
 
Suka komik Eropa... ceritanya beragam ...tokohnya juga beragam dan gambarnya juga lucu-lucu. Mungkin juga karena komik Eropa dikenal duluan di Indonesia (karena kedekatan histori dengan Belanda) melalui sisipan majalah Bobo dan komik2 yang ekslusif di zaman doloe..

Sepertinya memang begitu sih. Komik eropa lebih dulu dikenal karena lebih dulu masuk. Sayangnya sekarang sudah hilang. Lebih banyak komik manga yang ada sekarang. No offense sih. Saya juga suka banget sama Doraemon..hehehe.
 
Kalo komik eropa, sebagian besar aku pernah membacanya.. aku suka dengan detil2 yang ditampilkan untuk menggambarkan setiap karakter tokoh2nya.. komiknya juga berwarna, cerita2nya juga bervariatif.

Komik manga juga banyak yang sudah kubaca.. penggambaran karakteristik tokoh2nya juga bagus, ceritanya seru2 terutama yg bertema horor atau perkelahian.. bahkan imajinasinya juga luar biasa seperti komik attack of titan

Tapi kalo disuruh memilih kayaknya susah juga..🤔 kayaknya komik eropa deh.. krn komik manga terlalu banyak romannya😆
 
Jelas sy pilih manhua, karena banyak disadur dr novel terkenal, spt karya Chin Yung, Khu Lung, Liang Yu Sheng, dan cerita serta gambarnya menarik
Memang sih beberapa komik eropa ceritanya juga menarik, spt Steven Sterk, Lucky Luke
 
Terus terang kalau masalah manga saya cuma tahu Doraemon dan P Man... :D
 
kalau saya sih sukanya manga. tapi akhir2 ini kalau baca online banyak manhwa ( versi korea ) yg lumayan bagus2 juga
 
Sebenarnya ini ada pengaruh dengan jaman/umur. Nostalgia suka/tidak sukanya kurasa kuncinya disini.
Saat dulu/kecil, komik eropa itu merajai dunia, western iya ada tapi dikarenakan harganya yang lebih mahal jadinya rada2 agak sepi di pasaran. Manga/Manhua apalagi masih agak ketinggalan. Hampir semua negara termasuk Indonesia siapa sih yg tidak mengenal komik Tintin? Asterix & Obelix? Smurf? Trigan? Storm? Nina? dll... diabndingkan komik superhero yang rata2 kita hanya bisa gigit jari liat di majalah/koran yg kdg promo komiknya atau cuma ada segelintir yang punya komiknya, termasuk tk. sewa buku jaman dulu aja susah banget untuk kita dapatin komik2 western. Yah kecuali majalah semacam Donal Bebek sih, tapi komik vs majalah kurasa sih beda kasus. Kalau manga jaman dulu yang paling terkenal paling Doraemon hahaha.

Semakin beranjak dewasa, tetap saja komik2 Eropa itu enak dibaca dan diuber2, dimana saat itu manga sudah mulai menjamur dan sangat byk manga2 yg luar biasa variasi cerita/pengarang kayak Kungfu Boy, Dragon Ball, dll... Bagiku komik western tertap terkesan exclusive alias mahal dan susah didapat.
 
Saya pilih komik Eropa. Gambarnya rapi, bersih. Tatanan gambar mudah diikuti (kiri ke kanan, atas ke bawah). Alur cerita juga runtut, gak banyak mikir. Contohnya Tintin.

Kalau komik manga, pas baca harus sambil mikir kotak gambar mana yg harus dibaca duluan. Posisinya kadang lompat2. Kotaknya beda2 ukuran. Terutama kalo baca komik yg dari urutan halamannya belakang ke depan 😅 dan gambarnya dari kanan ke kiri.

Komik manhua lumayan menarik walopun kadang kotak gambarnya lompat2 dan banyak tulisan yg sulit diikuti terutama krn tulisan aslinya dari atas ke bawah shg terjemahannya terpotong2 (krn huruf Cina mungkin ya). Alur cerita kadang membuat pembaca mikir sendiri atau menebak2 kenapa ujug2 sampai di sini. Contohnya Pedang Sakti dan Aisha 😁
 
ya jelas komik eropa lah
1. komik yang menjadi bacaan pertama
2. ceritanya kreatif dan sederhana
3. tokohnya unik unik
 
EROPA
1. memiliki lawakan visual (mimik muka, slapstick atau kondisional).
Kalau menurut saya, lawakan komik Eropa juga dapat dilihat dari dialognya, meski kerap membutuhkan pemahaman yang luas akan seri tersebut atau lingkungan dari komik tersebut -- bahkan perlu agak "sedikit mikir" (saya tidak menggunakan istilah humor cerdas). Misalnya, di komik Asterix Prajurit Romawi, ketika Obelix dengan tersipu mengaku menyukai Falbala, secara tidak sengaja menendang hingga roboh rumah pohon Assurancetourix. Kontan Assurancetourix protes, padahal dia tidak nyanyi. Frame ini baru akan semakin lucu jika dipahami bahwa memang Assurancetourix tidak disukai kalau menyanyi.

Meski demikian, dari jaman, semakin ke mari boleh dikatakan karakter humor semaca itu sudah semakin lazim di komik-komik lain, terutama Manga.

Saya sendiri tidak banyak membaca Manga (lebih banyak nonton filmnya .... 😁, kecuali City Hunter yang pernah punya lengkap sebelum ) maupun Manhua (ada satu dua judul yang saya pernah baca dan cukup suka), jadi penilaian saya agak mirip dengan Mbak @bebekhitam.
disclaimer dulu :p...
berhubung kalau soal komik, saya hampir exclusively bacanya komik eropa, (pengalaman baca serial manga bisa diitung dengan jari) rasanya opini saya bias nih.

Jadi, yaaahh..... saya memilih Komik Eropa.....:)
 
komik eropa lebih realitis, tokohnya manusiawi dan logis. klo manga imajinatif sampe2 mencapai level "ajaib".
 
Back
Top