Kendaraan2 Jadul

Tambah sedikit ya keterangan mengenai kendaraan-kendaraan jadulnya;

1. Truk Pengangkut Batu Gamping

Dari bentuk kendaraan ini, dengan "hidung"-ny yang mancung, serta kondisi yang lusuh, dapat disimpulkan bahwa kendaaraan ini merupakan kendaraan tua atau "kendaraan jadul" yang mungkin sudah digunakan selama puluhan tahun.

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

2. Mobil GAZ 69

Salah satu kendaraan jadul yang kadang masih bisa kita temui meski sangat jarang. Konon kendaraan ini sudah ada di Indonesia sejak era Orde Lama. Mungkin ada hubungan antara kendaraan ini dengan kedekatan Indonesia waktu itu dengan Rusia atau Uni Soviet. Pernah beberapa kali saya lihat di jalan, salah satunya di foto ini, yang diambil sesudah kegiatan bersama komunitas Sedekah Harian Jakarta.

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!
 
Pada waktu saya masih kecil pernah melihat truk dengan knalpot di atas -- bukan di bawah seperti kendaraan2 masa sekarang -- tepatnya berada di sisi belakang pintu kiri. Kalau mau menghidupkan mesin harus diengkol pake engkol tangan dulu. Letaknya ada di bagian depan truk. Ada yang tahu tentang truk ini?
 
Last edited:
Di Lombok tepatnya di Gili Trawangan ada kendaraan tradisional yang lazim digunakan bernama Cidomo. Bentuknya menyerupai dokar hanya saja ban yang digunakan adalah ban mobil. Karena kendaraan bermotor dilarang disana maka sarana transportasinya hanya Cidomo dan sepeda.
Log in or register to view this content!
 
Dump Truck Hino tahun 1989, dulu banyak dipakai di Kementrian PU, mesinnya besar 4000cc, cocok sekali di medan yang naik turun, selain membawa material untuk proyek konstruksi, juga biasa dipakai untuk mengangkut alat berat seperti tandem roller, dan mini backhoe.
Log in or register to view this content!
secara fisik kondisinya meragukan, tapi mobil ini masih mulus mesinnya, dan sasisnya pun masih kokoh. Kata mertua mobil begini cuma orang yang paham aja yang menganggapnya spesial. Udah ada beberapa orang yang mau beli, tanggapan mertua sayang kalo di jual ke orang yang ga ngerti ngerawatnya, biarin aja ampe busuk katanya wkwkwk... (biar ga salah persepsi, di daerah saya kendaraan operasional instansi yang sudah uzur, bisa dilelang dan diutamakan ke pegawai instansi tsb.)
 
Saya sih teringat Jeep Land Rover Toyota yg bannya gede banget, Corolla DX (idola anak muda jadul), BMW Hiu (lupa serinya), Bemo, Helicak (becak bermotor yg kabin depannya dimodifikasi menjadi bulat full kaca persis seperti helikopter), kancil, Mercy Batman
Tapi yg ngga akan dilupakan adalaaahh.. :

SUZUKI ST20 alias Suzuki Trungtung.. wahahahaha...
Mobil ini 2 tak, dan berbunyi khas tungtungtungtung dari knalpotnya.
Jika di gas, maka bunyinya akan ngotot... Truuuuuunggggggggggggg.. gas dilepas... trungutungutunggggggg... tungtungtung....
Selain itu mobil ini berasap banyak...
 
Angkutan umum yang sudah hilang dari Bandung ya bemo, dulu inget kalo naik bemo berharap di depannya yang cantik karena kalo ini hampir pasti adu lutut :love:
 
Mobil sedan Impala dan Holden yang dulu suka dijadikan taxi 4848 trip Jakarta - Bandung. Ini mirip spt kendaraan travel yg sekarang.

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:
Kalo saya pas umur 5 tahunan babe punya motor honda C 70. Beli cash pas pulang dari Timor Timur. Pas saya sekolah SMA awal 90 an, saya pake honda C700 yang ayah saya beli di tahun 80an. Warna yang ngetren dulu adalah merah. Makanya suka digodain temen nama motor ane jadi CBR 700 aka CB Red 700 eheheheh. Kids jaman now yg doyan pake matic pasti bingung kalo disuruh ngendarain CB 700. Rem depan di tangan kanan, rem blakang di kaki kanan. Kaki kiri untuk mindahin perseneling. Transmisi semi otomatis 3 percepatan.

Log in or register to view this content!
 
Last edited:
Mobil sedan Impala dan Holden yang dulu suka dijadikan taxi 4848 trip Jakarta - Bandung. Ini mirip spt kendaraan travel yg sekarang.
Pertama kali ke Jakarta pakai 4848 holden, karena 4848 mengantar sampai ke tujuan dan waktu itu benar-benar gak tahu Jakarta.
 
Last edited by a moderator:
truk angkut merk toyota yg sekarang suka sliweran di daerah gunung kapur padalarang, fuso seri awal, thames trader, mercedes benz 911, dodge, dan truk inggris yg idungnya pesek lupa namanya apaan..
utk angkut barang dalam kota biasa org suka make colt diesel yg matanya masih bulet, toyota dyna, truk daihatsu delta diesel,.....buat yg angkutan ringan biasa suka make colt buntung t120, hiace bensin dan diesel, dll....itu yg kebeneran seinget saya...
kalo ditempat saya, dipake buat angkut tebu. kebeneran memang deket pabrik gula

kalo aku waktu SD ngalamin naik pedati sapi. biasanya buat angkut batu bata
 
Last edited:
Back
Top