Indonesia dalam komik

denny prayoga

Nostalgic
Joined
Oct 3, 2013
Messages
172
Reaction score
247
Points
88
Gender
Male
Hm. Kalo ngomongin Indonesia dalam novel Trio Detektif, muncul beberapa kali :
1. Buku pertama, Misteri Puri Setan. Penjahat sebenarnya yakni si Pembisik mengaku pernah ke Indonesia dan mendapat lukanya.
2. Buku ke 19. Misteri Danau Siluman mengisahkan buku harian sang bajak laut yang dipisahkan dalam beberapa peti kuno. Penjahatnya bernama Java Jim mengaku sewaktu masa mudanya pernah ke pulau Jawa.
3. Buku ke 14. Misteri Naga Batuk. Trio Detektif mencari tahu kemungkinan hewan yang mirip naga. Disebutkan oleh Bob kalau binatang terdekat dengan naga adalah Komodo.
4. Buku ke 17. Misteri Kelompok Penyihir. Salah satu tersangka penjahatnya sering makan di Restoran Indonesia.
Yang saya pikirkan berarti pengarang Trio Detektif itu pastinya pernah atau mungkin membaca artikel tentang Indonesia.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
1,100
Reaction score
2,896
Points
513
Gender
Male
Baca komen2 di atas entah kenapa saya malah jadi inget film 'Alex Cross' thn 2012. Lokasi tempat penjahatnya berlibur spertinya di indonesia, kalau busana & musiknya spt bali, tp rumahnya spt di sumatra hehehe. gak matching jadinya. Ada sedikit percakapan pake bhs indonesia, dan penjahat perempuannya (cuma tampil bentar sih...) namanya paramita megawati hihihihi...
Duh, knapa jd ngelantur gini ya. Maaf ya teman2, agak out of topic gini :zshyz:
Kalo saya selain di film The Silence of The Lambs, di film The Accountant juga tampil sesuatu yang Indonesia.
Log in or register to view this content!
film nya sendiri bagus, cerita tentang profesi akuntan forensik (melacak history keuangan perusahaan) yang juga jago berkelahi. Diperankan oleh Ben Affleck.
 

Mido

Vintage
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
922
Reaction score
3,346
Points
413
Gender
Female
Sedang baca petualangan wartawati Sarah Spits - Naga Hijau ada sebut Indonesia sebagai salah satu negara dalam kekuasaan Naga Hijau. Sebulan lalu nonton anime Blue Submarine no.6, tokoh utamanya pernah ke Irian Jaya. Ada juga Indonesia disebut di anime Hack Sign.
 
Last edited:

adrian17

Nostalgic
Joined
Sep 18, 2017
Messages
164
Reaction score
278
Points
98
Gender
Male
Kalau temen-temen pernah baca Wolverine seri "Pedang Pemburu" yang ditulis oleh Chris Claremont, di situ ada kata-kata tertulis
-Telambang ... (Namanya Indonesia bangetkan)
-...Sebuah pulau kecil sekitar kepulauan Indonesia
Log in or register to view this content!
 

Liany

Enthusiast
Joined
Apr 3, 2015
Messages
53
Reaction score
169
Points
78
Gender
Female
Dari Wayne Shelton #4 The Survivor dan #5 The Vengeance.
Walaupun ceritanya tidak terlalu terkait dengan Indonesita, tapi lokasinya (sekitar 80%) di Indonesia, terutama di Jakarta.
Supaya lengkap, silahkan dicari saja komiknya :)
pic2.jpg pic4.jpg pic3.jpg pic1.jpg
 

FIRS

Enthusiast
Kontributor
Joined
Sep 22, 2021
Messages
93
Reaction score
143
Points
68
Gender
Male
di komik harlem beat edisi akhir kalo tidak salah, shuji sakurai yg ingin jadi doktor, ke indonesia untuk studi dan praktek lapangan. cuma karna itu termasuk komik jadul, saya agak ragu apa memang itu translate aslinya. soalnya kan komik2 lama bahkan doraemon pun kadang penerjemahnya memasukkan daerah2 indonesia sebagai pengganti teks aslinya.
di salah satu komik doraemon ada yang judul ceritanya "nobita lari marathon sampai surabaya" :oops:

di komik captain tsubasa, juga ada salah satu halaman yang membahas soal tim jepang akan ikut kompetisi, yang tuan rumahnya adalah indonesia.
 

Awee

Retro
Scanlation team
Kontributor
Best Comment
Joined
Jan 19, 2021
Messages
434
Reaction score
1,127
Points
268
Gender
Male
artinya, indonesia di kenal dengan baik oleh msyarakt eropa karena bisa di mnculkan dalam cerita terbitan sana. bangga jadi orang indonesia.
Wuihhhh salut saya...ternyata indonesia cukup terkenal dimata duniaa...!!!
Mas @Erwan, Mas @c3rb3rus, sebenarnya Indonesia sudah sejak berabad-abad yang lalu "dicari-cari" oleh bangsa Eropa, karena rempah-rempah yang sangat mahal dan dibutuhkan di Eropa. Dan itu juga yang menyebabkan kita dijajah selama berabad-abad....😔
Jadi memang "sudah seharusnya" Indonesia terkenal...😁😁
Meski di saat itu, nama Indonesia sendiri belum "lahir"....:LOL:
Konon katanya, ketika mendiang H. Agus Salim ditugaskan mewakili Pemerintah RI untuk menghadiri penobatan Ratu Elizabeth II sebagai Ratu Britania Raya tahun 1953, dalam satu acara (kalau tidak salah saat resepsi makan malam), setelah makan beliau merokok dengan tembakau linting yang biasa digunakan rakyat jelata di Indonesia. Baunya yang menyengat menyebabkan mendiang Pangeran Phillip (suami Ratu Elizabeth II yang baru dinobatkan) merasa tidak suka dan mencari-cari asal bau tersebut. Ketika ketemu, mendiang H. Agus Salim kemudian mengatakan, "Tuan, karena benda inilah, bangsa-bangsa Tuan dari Eropa menjajah negeri kami selama berabad-abad...":unsure:

Hanya saja jika kita melihat beberapa contoh disebutnya Indonesia dalam komik, rasanya sebagian besar (mungkin tidak semua) menggambarkan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang terbelakang ....😔
Kelihatannya hanya sebagai obyek belaka. Dan itu rasanya masih terasa sampai sekarang. Termasuk saat saya melihat film-film
Hollywood yang masih gres (ada yang ingat istilah ini....:LOL:) seperti Mile 22, stereotype itu masih sangat terasa meski dalam kemasan yang berbeda....:eek:

Ada pahlawan Indonesia yang dikuburkan di kuburan Phantom.

Gambar nemu di Internet, jadi saya tidak tahu ini dari komik Phantom yang mana
Nah, ini menarik Mas @nhr2710, karena kalau dilihat tahun meninggalnya tokoh Khe Pandjang, adalah tahun 1760. Sedangkan Indonesia sendiri saat itu belum ada, sehingga sebutan "Pejuang Kemerdekaan Indonesia (Indonesia freedom fighter)" oleh Phantom rasanya agak berlebihan...:LOL::LOL:
 
Top