Indonesia dalam komik

ari_jh

Fanatic
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,954
Reaction score
12,411
Points
969
Gender
Female
Baca komen2 di atas entah kenapa saya malah jadi inget film 'Alex Cross' thn 2012. Lokasi tempat penjahatnya berlibur spertinya di indonesia, kalau busana & musiknya spt bali, tp rumahnya spt di sumatra hehehe. gak matching jadinya. Ada sedikit percakapan pake bhs indonesia, dan penjahat perempuannya (cuma tampil bentar sih...) namanya paramita megawati hihihihi...
Duh, knapa jd ngelantur gini ya. Maaf ya teman2, agak out of topic gini :zshyz:
Log in or register to view this content!
 

heri_pires

Vintage
Verified
Joined
Oct 2, 2013
Messages
778
Reaction score
923
Points
290
Gender
Male
baru ketemu nih manga jepang yg unik, dan bukan cuma ada Indonesia di komiknya, tapi dijelasin juga tentang indomie dan mie sedap, mie instan produk Indonesia :laughz:
judul manganya Meshibana-Deka Tachibana
Log in or register to view this content!
 

bebekhitam

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Nov 26, 2013
Messages
988
Reaction score
4,386
Points
464
Gender
Female
Dulu saya pernah liat ada manga yang menceritakan tokohnya berkunjung ke Jakarta, ada pesawat Garuda, bandara dan bundaran HI segala. Di bandara, ada yang jualan jam pula. Terus terang saya udah lupa dapet dari mana, entah blog, forum atau hasil iseng2 google, jadi kalau ada yg merasa memiliki silahkan mengklaim :zshyz: Ada yang tahu ini dari manga apa? sama kalau ada yang bisa bahasa jepang bisa minta tolong diterjemahkan? :smugz:

Log in or register to view this content!

Ngomong2 tentang Indomie, mie instant ini memang populer dan di mana2 ada yang jual, saya rasa tiap supermarket asia dari eropa, australia sampai amerika juga jual indomie. Di Amazon saja dijual indomie, sekitar £20 (300 rban) per 40 bungkus.
 

heri_pires

Vintage
Verified
Joined
Oct 2, 2013
Messages
778
Reaction score
923
Points
290
Gender
Male
bebekhitam said:
Dulu saya pernah liat ada manga yang menceritakan tokohnya berkunjung ke Jakarta, ada pesawat Garuda, bandara dan bundaran HI segala. Di bandara, ada yang jualan jam pula. Terus terang saya udah lupa dapet dari mana, entah blog, forum atau hasil iseng2 google, jadi kalau ada yg merasa memiliki silahkan mengklaim :zshyz: Ada yang tahu ini dari manga apa? sama kalau ada yang bisa bahasa jepang bisa minta tolong diterjemahkan? :smugz:


Ngomong2 tentang Indomie, mie instant ini memang populer dan di mana2 ada yang jual, saya rasa tiap supermarket asia dari eropa, australia sampai amerika juga jual indomie. Di Amazon saja dijual indomie, sekitar £20 (300 rban) per 40 bungkus.
itu komik TOKKYU mba bebekhitam.. tentang pasukan penyelamat kecelakaan laut di jepang.. semacam tim SAR begitu kali ya.. ceritanya si tokoh itu (kapten sanada klo ga salah namanya) sedang di tugaskan di Indonesia.. mau ngelatih pasukan penyelamat di Indonesia.. ada adegan di glodok juga klo ga salah :laughz: (CMIIW)
klo tentang pasukan penyelamat, jadi ingat ada 1 komik lagi tentang pemadam kebakaran yg settingnya di hutan Indonesia.. firefighter daigoh judulnya.. ada yg tau? :tongue:
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

Rhea Fenrir

Nostalgic
Verified
Joined
Feb 17, 2014
Messages
225
Reaction score
334
Points
135
Gender
Female
Saya sekarang sedang suka baca komik "kocchimuite miiko" ("hai miiko" kalau di Indonesia") . Ini sebenarnya komik anak2, tapi entah kenapa, saya yang sudah mau 40 tahun pun masih suka baca, hihihi.

Penjualan komik ini lumayan laris di negara asal Jepang, tapi selalu menjadi best seller dan extremely popular di Indonesia. Saking populernya, Elex media mengundang mangakanya Sensei Ono Eriko untuk meet and greet fans komik miiko di jakarta bulan Juni 2013 lalu.

Di komik "hai miiko" yang terbaru (edisi no 26), sensei ono eriko ada buat bonus short manga tentang kesan dia selama di Indonesia.lucu deh baca sensei ono pusing dengan kemacetan parah di Jakarta dan terkejut dengan boneka ondel2 yang besar, hehehe.

Di cover "hai miiko" no 26, juga ada bendera merah putih dan tugu monas. Terharu deh tengok sensei Ono mau buat tribute untuk Indonesia di cover manganya.
 

Soelawas

Nostalgic
Verified
Joined
Oct 21, 2014
Messages
115
Reaction score
229
Points
120
Gender
Male
Kalau zaman dulu. Penerjemah Manga suka memaksakan terjemahan nama tempat diubah ke lokasi yang ada di Indonesia. Contohnya, "Nobita sudah sampai Semarang, lari sampai Surabaya" atau "Loncatnya harus lebih tinggi dari Monas" :D
 

cicishahita

Nostalgic
Verified
Joined
Feb 17, 2014
Messages
295
Reaction score
389
Points
155
Gender
Female
Kalau zaman dulu. Penerjemah Manga suka memaksakan terjemahan nama tempat diubah ke lokasi yang ada di Indonesia. Contohnya, "Nobita sudah sampai Semarang, lari sampai Surabaya" atau "Loncatnya harus lebih tinggi dari Monas" :D
Haha... iya, di buku pertama Doraemon ada foto Nobita masa depan lagi pesta pelipur lara karena gagal masuk UGM...
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Verified
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Reaction score
1,297
Points
329
Gender
Male
Ada 1 komik lagi yg settingnya di indonesia...lebih tepatnya lg di bali...komik ini baru saya beli beberapa hari yg lalu...komik Q.E.D vol 47..
Ceritanya tentang toma, jenius matematika yg udah lulus MIT sering bantu memecahkan misteri yg terjadi disekitarnya...di vol 47 ini toma lg nolongin temennya yg lagi mengerjakan suatu proyek di bali
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

heri_pires

Vintage
Verified
Joined
Oct 2, 2013
Messages
778
Reaction score
923
Points
290
Gender
Male
Ada 1 komik lagi yg settingnya di indonesia...lebih tepatnya lg di bali...komik ini baru saya beli beberapa hari yg lalu...komik Q.E.D vol 47..
Ceritanya tentang toma, jenius matematika yg udah lulus MIT sering bantu memecahkan misteri yg terjadi disekitarnya...di vol 47 ini toma lg nolongin temennya yg lagi mengerjakan suatu proyek di bali
Di komik CMB juga ada nih..cerita saudara sepupunya Toma yg di Q.E.D, lagi di Bali.. Ada Barong khas Bail juga di komiknya
Log in or register to view this content!
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Verified
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Reaction score
1,297
Points
329
Gender
Male
Di komik CMB juga ada nih..cerita saudara sepupunya Toma yg di Q.E.D, lagi di Bali.. Ada Barong khas Bail juga di komiknya

[/Spoiler]
Oh iya...saya pernah baca jg komik ini...bedanya kalo toma jenius matematika, sepupunya ini suka arkeologi ya kalo g salah...kalo dari misterinya sih masih lebih bagus yang Q.E.D...C.M.B lebih kompleks...
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,484
Reaction score
3,487
Points
965
Gender
Male
ternyata Indonesia cukup terkenal juga yah di dunia. terbukti dengan adanya sesuatu yg berbau Indonesia di komik maupun manga luar. asal jangan hanya tau bali=Indonesia.
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Verified
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Reaction score
1,297
Points
329
Gender
Male
asal jangan hanya tau bali=Indonesia.
Sayangnya, memang kenyataannya mayoritas org luar hanya kenal Bali, bukan Indonesia...padahal msh banyak tempat indah diindonesia yg sama bahkan lebih indah dari bali...pantai senggigi di lombok, biota bawah laut dipapua, dan tentu saja pulau komodo contohnya...
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
Kalau zaman dulu. Penerjemah Manga suka memaksakan terjemahan nama tempat diubah ke lokasi yang ada di Indonesia. Contohnya, "Nobita sudah sampai Semarang, lari sampai Surabaya" atau "Loncatnya harus lebih tinggi dari Monas" :D
mau tanya aja ni mas, itu kalimat langsung atau kiasan ya? kalo maksudnya lari sampai Surabaya=lari ke tempat yang jauh mungkin ga ya? hehe.. kalo komikus sekarang kayaknya bakal make Jongg*l sebagai kiasan untuk tempat yang jauh. Sampe dibuatin sinetronnya trus lagunya juga ga kalah ngetop, setiap odong-odong ada, bapa mana. :D
 

Kirin Api

Nostalgic
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
299
Reaction score
664
Points
185
Gender
Male
Sayangnya, memang kenyataannya mayoritas org luar hanya kenal Bali, bukan Indonesia...padahal msh banyak tempat indah diindonesia yg sama bahkan lebih indah dari bali...pantai senggigi di lombok, biota bawah laut dipapua, dan tentu saja pulau komodo contohnya...
Orang luar negeri nyangkanya indonesia dan bali itu beda soalnya dari bahasa yang digunakan berbeda..
 
Top