Dulu Uang Saku, habis dibuat apa

Joined
Nov 3, 2015
Messages
130
Ratings
134
Points
86
Gender
Male
#1
Sekolah Dasar ( SD ), bukanlah hanya monopoli tempat menuntut ilmu saja. Tetapi SD juga merupakan tempat mengais rizky bagi sebagian orang. Anak anak tentunya adalah target atau sasaran utama para pedagang tersebut :greedy:

Makanan ringan atau minuman merupakan komoditi yang utama. Disamping itu tentu pula dijual aneka mainan anak anak.

Terbatasnya uang saku atau uang jajan yang dibawa bocah bocah kecil ini, musti disiasati dengan baik, oleh para pedagang. Mereka haruslah jeli membaca trend yang sedang berkembang, dan tentunya harus disesuaikan pula dengan kondisi kantong keuangan anak anak.

Saat ini mungkin lagi trendnya makanan atau minuman seperti : Pentol, Cilok, Cireng, Batagor, Tempura, Teh dalam gelas atau P*p Ice.

Dan karena Forum kita yang tercinta ini adalah Jadul Jadulan, maka gak afdol kalau kita tidak membahas Tren Pedagang tahun 90an, di daerahnya masing masing :angelic:

Harapannya sih, para sedulur sedulur di forum ini, bisa saling berbagi sepenggal kisah masa kecilnya. Atau mungkin justru menambahkan Trend di tahun 80an atau 70an. Karena saya sendiri baru lahir di tahun 84 dan tumbuh berkembang di era 90an.

Serta tak lupa saya yang masih Newbie nan hina dina ini, mohon maaf sebesar besarnya, karena telah berani beraninya bikin Thread tanpa seijin Admin dan sesepuh2 disini. Dan apabila pernah ada Thread yang hampir sama / se ide dengan ini, monggo saya ikhlas Thread ini dihapus saja.

Kalau begitu, mungkin diawali dari Pengalaman dan Sepengetahuan saya ( TS ) yang terbatas ini :

TS dulu sekolah SD di kota Malang :bookworm: mulai tahun 90-96. Dapat uang saku mulai kelas 2 sampai kelas 5, sebesar 100 rupiah. Kelas 6 baru dapat tambahan 200, karena ada tambahan les sekolah. Sedikit banget yah :sorry: ? Tetapi Alhamdulillah cukup kok :shame:. Uang segitu dapat apa aja ? Berikut di antaranya :

Es Wawan ( Beli cuma separuh juga gak papa :nailbiting: )

Log in or register to view this content!

Es Serut ( Pilih sendiri warna dan bentuknya (y) )

Log in or register to view this content!

Es Lilin ( Es Kacang Hijau sejuta umat :p )

Log in or register to view this content!

Gulali ( Permen paling Legend :jawdrop: )

Log in or register to view this content!

Sewa Game Watch ( Batesnya kalau point udah 1000, talinya ditarik :hilarious: )

Log in or register to view this content!

Sewa Film Kekeran ( Dapat 3 film bisu :snaphappy: )

Log in or register to view this content!

Beli Umbul dan Stiker ( Narik benang dapat hadiah :meh: )

Log in or register to view this content!

Beli AnakMas ( Gak perlu dimasak :cool: )

Log in or register to view this content!

Beli Arbanat ( Kangen sama Ngik Ngok bunyi dari Siter / Biola pejualnya :headphone: )

Log in or register to view this content!

Cukup itu dulu aja. Nanti yang lain gak kebagian. Hehehe :smuggrin:

Ps : Sebagian yang telah disebutin diatas, walaupun sekarang masih ada, tetapi sudah sangat sulit sekali TS jumpai keberadaannya sekarang :cry:
 
Last edited by a moderator:

tiwi

Nostalgic
Joined
Oct 5, 2016
Messages
117
Ratings
71
Points
56
Gender
Female
#2
Favoritku itu dulu klo ada abang es serut dateng, soalnya jarang dateng fi depan sd, beli yang siropnya buanyak dibentuk bulet2. Gulali juga sih, sukaaas
 

maszd

NeoGeo
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,110
Ratings
40,789
Points
1,341
Gender
Male
#3
saya juga jadi ingin tahu untuk sobat2 yang lebih "muda", uang sakunya dulu berapa saja dan buat beli apa :sneaky:
dulu kalau dikasih uang jajan 100 rupiah senangnya luar biasa karna seringnya dikasih 25 rupiah yang waktu itu bisa buat beli 4 macam jajanan, maksimum 50 rupiah.
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
955
Points
336
Gender
Male
#4
Kalo saya :

1. Nyewa gimbot.
Pas lagi enak2an main g taunya talinya ditarik si abangnya karena waktunya udah abis disitu saya merasa sedih

2. Beli es goyang

3. Es podeng

4. Permen yg bisa dibentuk macam2 yg warna orange (lupa namanya)

5. Kue cubit setengah matang, biasanya beli 2 biji tapi yg bentuknya ikan

6. Kue sarang laba2

7. Sewa film kekeran

8. Ada abang2 yg jualan es, semacam es serut pake isi (mirip es podeng/es doger gitu) didepan gerbang sekolah yg menu es nya ganti2 terus

9. Karena sayabudah dititipin nyokap ketukang kanting bebas ambil apa aja dikantin (ntar dibayar nyokap tiap senin), jadi segala macam snack dan jajanan yg ada dikantin dah pokoknya

Penasaran sama jajanannya @maszd & mas @roadsterian jaman sd dulu :angelic:
 
Last edited by a moderator:

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
713
Ratings
948
Points
296
Gender
Male
#5
Wah, uang saku saya dulu cukup untuk beli bermacam benda hahahaha, berasa orang kaya waktu itu :D Bayangkan, uang lima ratus rupiah cukup untuk beli yosan, permen coklat kotak yang kecil2, es potong, dan pentol segede gaban :p Sekarang 1000 rupiah cuma dapet pentol mini :D
 
Last edited:

tiwi

Nostalgic
Joined
Oct 5, 2016
Messages
117
Ratings
71
Points
56
Gender
Female
#7
Aku dulu dikasihnya 100 perak, lumayan buat beli 4 item..yang 25 rupiah macem permen bungkus hehehhehe..klo ga 50 rupiah buat kue pia putri bali, pilus. Mie lidi harganya 100...es lilin 50 rupiah hahahha
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
955
Points
336
Gender
Male
#8
mas @c3rb3rus itu uang sakunya berapa rupiah? (atu sen) penasaran saja untuk sobat yang uang sakunya masih pakai sen :D, colek mas @roadsterian @woky94 @Daffa @nullpolet mbak @ari_jh @bebekhitam
saya produksi 84, jadi pas sd udah pake rupiah kok @maszd :p

Uang jajan saya :
Kelas 1 SD : idr 100
Kelas 2 SD : idr 200
Kelas 3 SD : idr 300
Kelas 4 SD : idr 400
Kelas 5 SD : idr 500
Kelas 6 SD : idr 600

Saya g pernah diizinin pegang duit waktu sd sama nyokap

Tapi sejak baru masuk kelas 1, nyokap saya kenalan sama 1 orang kantin yg kebetulan orang sekampung, dimana warung kantin sekolah itu sekalian tempat tinggal dia. Nah trus nyokap nitipin saya ke orang kantin itu. Saya bebas ngambil makanan atau jajanan apa aja dikantin itu ntar dicatat dulu dan tiap senin dibayar sama nyokap. Jadi, selama 6 tahun di sd, saya puas mau makan atau ngemil apa aja stok yg ada dikantin tersebut meskipun dikantong saya g pegang duit :jimlad:

Kondisi saya waktu itu cocok lah sama lagu lawas yg liriknya "perut kenyang walau tak punya uang:headphone:"
 
Last edited by a moderator:

ersonjoy

Nostalgic
Kontributor
Joined
Oct 27, 2015
Messages
112
Ratings
103
Points
131
Gender
Male
#9
kalau ane sih jaman sd 100 perak bbekal untuk jajan di sekolah,itu bias dapet makanan empat yang harganya dua lima rupiah, tapi ane jarang sih jajan makanan karena biasa bawak makanan sendiri dari rumah sama air minum pakek kayak termos kecil. saya lebih suka duitnya dibelikan yoyo,klereng umbul,dakocan,stiker mmacem macem deh oh layangan jg.
 

tiwi

Nostalgic
Joined
Oct 5, 2016
Messages
117
Ratings
71
Points
56
Gender
Female
#10
kalau ane sih jaman sd 100 perak bbekal untuk jajan di sekolah,itu bias dapet makanan empat yang harganya dua lima rupiah, tapi ane jarang sih jajan makanan karena biasa bawak makanan sendiri dari rumah sama air minum pakek kayak termos kecil. saya lebih suka duitnya dibelikan yoyo,klereng umbul,dakocan,stiker mmacem macem deh oh layangan jg.
Sama aku juga dibekelin pake tempat makan en tempat minum yang kayak termos ahhaha
 

woky94

Retro
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Feb 7, 2014
Messages
550
Ratings
2,826
Points
386
Gender
Male
#11
Hmmm....ada thread unik baru lagi nih. Kalo bicara uang saku, rada lupa2 inget juga. Yang masih keinget jaman SD dan SMA doang. Ga tau kenapa pas jaman SMP malah lupa. Saya SD dari tahun 82 - 88, dan SMA dari tahun 91 - 94.
Jaman SD, uang saku yang masih kisaran ratusan (atau puluhan) rupiah pasti abis buat jajan. selain untuk jajan makanan , juga untuk jajan swa game watch, koleksi stiker ama beli gambar yg dipotong untuk diadu. Makanan yang masih keinget ampe skarang dibeli adalah es lilin (yang jualannya pake tabung silinder, dan dipikul kesana kemari), bubur ayam and bothok (jajanan sayuran gabungan pete kecil, ikan teri, potongan tempe, daun kemangi). Dan sampe skr ketiga makanan itu masih jadi makanan favorit, walau standarnya udah beda hehehehehe....
Pas jaman SMA, seinget saya uang saku sekitar 10 rebu / minggu. Kepake nya buat beli bengsin motor honda super cup 700, abonemen majalah hai, beli kaset tape ama jajan di sekolah.
Setiap masa memang punya keunikan dan kenangan sendiri. Sekarang setelah punya duit sendiri, baru nyadar, kalo konsumsinya ada juga buat beli barang yang pernah ane beli pas SD, SMP dan SMA hehehehhe....
Kenangan tinggal jadi kenangan dan akan selalu terkenang....
 
Last edited:

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,343
Ratings
1,363
Points
691
Gender
Male
#12
paling sering yah makanan. kalau mainan yang murahan aja kayak gambar umbul atau patung-patungan plastik.
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,749
Ratings
9,341
Points
996
Gender
Female
#13
saya kok nggak inget ya, uang saku/uang jajan dulu buat apa. jangan2 memang buat jajan doang kali ya... :unsure:
 

Daffa

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,243
Ratings
7,774
Points
641
Gender
Male
#14
mas @c3rb3rus itu uang sakunya berapa rupiah? (atau sen) penasaran saja untuk sobat yang uang sakunya masih pakai sen :D, ...
Jaman saya sudah tdk ada sen. :ROFLMAO: Ha? Rupanya saya kurang tua ya? Yang jelas tahun 77-80 masih ada jajanan Rp. 5,- Setelah 80-an, jajanan mulai naik. Uang saku saya hampir nggak pernah buat jajan sejak SD s/d SMA eh ... sampai PT. Waktu SD uang saku ditabung di sekolah. Kelas 1 dulu hasil tabungan buat beli montor mabur besar yg pakai baterai 2 bisa jalan berputar (kayak iklan baterai ABC, :p ketahuan jadi korban iklan di Mana Suka Siaran Niaga). Lalu sejak kelas 5 dst setiap libur pasti ke toko buku menghabiskan uang tabungan, kadang ke Pasar Johar kadang ke Gramed. Waktu SMP SMA uang saku setiap terkumpul agak banyak selalu buat beli buku, kebetulan ada toko/kios buku kecil di kota saya. Komik Superhero Cypress, Trigan, Nina dijual juga di toko2 ini. :bookworm::bookworm::bookworm::bookworm::bookworm::bookworm::bookworm:
 
Last edited by a moderator:
Top