Standar di buku cerita/dongeng/komik

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,484
Reaction score
3,487
Points
965
Gender
Male
tambahin yah. tiap baca novel horor, misteri, atau detektif apalagi enid blyton sering banget setting yg dipake di sebuah puri atau rumah yg terbengkalai ditambah juga suasana dalam goa (ini paling sering). saya dulu punya lima sekawan yg rawa rahasia. disana mereka menginap dalam goa parit yg diselubungi pasir. kaya apa yah.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
selain itu, yang jadi pattern di Lima Sekawan adalah tampang/sikap tokoh yang berbanding lurus dengan perannya. Orang yang tampang/sikapnya ramah tidak akan menjadi tokoh antagonis di cerita tersebut, dan orang dengan tampang/pembawaannya ga ngenakin, biasanya itulah si penjahatnya. CMIIW
Mungkin pelajaran yang bisa diambil oleh anak-anak adalah waspada dengan orang yang bersifat kurang baik (dan tercermin setidaknya dari wajahnya), karena kemungkinan orang tersebut mempunyai sifat jahat lebih besar dari orang yang berkelakuan menyenangkan (digambarkan juga dengan wajah yang ramah). Bukan berarti orang yang ramah tidak akan berbuat jahat loh ya..
Di sinetron sekarang ini banyak di gambarkan orang yang ramah di depan kita, tetapi ketika sendirian, langsung di zoom 3x plus mulutnya manyun-manyun, trus ada narasi, semacam "..lihat saja nanti, akan kubalas kamu.." dan lain sebagainya, atau istilahnya serigala berjambul khatulistiwa, eh itu sih syahrini.. serigala berbulu domba. :D
 

bebekhitam

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Nov 26, 2013
Messages
988
Reaction score
4,386
Points
464
Gender
Female
Mungkin karena piknik, adalah gambaran ultimate dari kemewahan jaman dahulu yang menggambarkan keharmonisan, keakraban satu sama lain baik itu dalam sebuah keluarga, sebuah tim/grup dsb.
ini suasana pikniknya dapet banget ya...melihat ini sampe ikut merasakan semilir angin sepoi2... (colek mas @roadsterian )

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

titovid

Greenhorn
Joined
Jun 13, 2016
Messages
18
Reaction score
35
Points
31
Gender
Male
Sekilas dari berbagai sumber :
1. Profesi favorit dalam Komik mungkin Reporter :
Tintin, Clark Kane, Brenda Starr, barangkali ada yg menambahkan..? Guy Lefranc juga ya?
2. Ada masa atau ciri dimana tokoh superhero bercelana ketat : (Superman, Batman, Spiderman dll). Kayaknya ga mungkin pakai Piyama ya... (seperti pajama sam)
3. Superhero biasanya menyamar jadi orang "normal", berusaha jadi normal walaupun Punya tenaga super/ kemampuan super, ga kepingin ngetop.
4. Pernah juga musim Mutant seperti Kura kura Ninja, Xman.
5. Manga/ komik jepang lebih variatif/kreatif. Gokil. Ampun ampunan kreatifitasnya.
6. Film the Avenger, Batmat vs superman dan lain lain seperti upaya terakhir mempertahankan eksistensi superhero. sampai harus digabung semua dalam satu cerita. Kadang saya nyesel nontonnya. Superman ga super lagi, Thor manusia jaman dewa dewa yang punya produk teknologi setingkat Palu. koq ga kaget lihat gadget masa kini. Kapten Amerika juga begitu.
 

roadsterian

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,411
Reaction score
7,487
Points
614
Gender
Male
sampai harus digabung semua dalam satu cerita. Kadang saya nyesel nontonnya. Superman ga super lagi, Thor manusia jaman dewa dewa yang punya produk teknologi setingkat Palu. koq ga kaget lihat gadget masa kini. Kapten Amerika juga begitu.
Iya ya betul mas, apa menariknya sistem keroyokan? Film-film semacam trilogi Expendables, Avengers, superhero ini vs superhero itu kurang menarik bagi saya. Mending mereka bikin sendiri2 justru lebih menarik, karena punya keunikan tersendiri dan bisa diexplorasi lagi sisi eksyennya. Kalo yang satu hebat satunya lagi hebat juga, mungkin konsepnya bagi produser film bisa meraup keuntungan banyak. Tapi bagi penonton akhirnya jenuh karena mudah ditebak-tebak. cmiiw :)
 

inigues

Enthusiast
Verified
Joined
Jun 13, 2015
Messages
38
Reaction score
52
Points
55
Gender
Male
seinget saya kalo cerita2 manga zaman dulu, pembagian kekuatan suka agak ga jelas.. tokoh utama bakalan semakin kuat, tapi tokoh2 lain yang udah dikalahin sama tokoh utama jadi jauh ketinggalan. sebelum dikalahin kayaknya tokoh itu kuat banget. tapi begitu udah dikalahin selanjutnya jadi lemah dan bener2 ga ada apa2nya. Tapi kayaknya ini berlaku juga buat cerita-cerita sekarang.

seinget saya juga di cerita2 lama biasanya setelah yang jahat dikalahin dia bakal jadi temen dan ngebantu pas ngelawan musuh selanjutnya. cuma di situ langsung dengan mudah dikalahin sama musuhnya.
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,484
Reaction score
3,487
Points
965
Gender
Male
enid blyton rata-rata dalam novelnya ada sesi orang tua yg sakit. yg buat heran masa iah berhari-hari diopname/dirawat tanpa ada keluarga yg boleh jenguk. padahal cuman asma. ajegile. saat jengukpun maksimal 5 menit aja. lah yg ngerawat siapa. beda sama kita yah.
 

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,212
Reaction score
3,578
Points
579
Gender
Male
Satu hal yang hampir pasti dalam kisah-kisah komik or dongeng menurut saya, bahwa ceritanya selalu berakhir dengan bahagia alias Happy Ending :D
Entah apakah tokoh utamanya mengalami kesusahan sampai seberat apapun, pasti akhirnya selalu tersenyum bahagia....hehehehehe...
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Verified
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Reaction score
1,297
Points
329
Gender
Male
Dinovel mira w biasanya selalu berbau kedokteran...mulai dari jenis penyakit sampai "bahasa planet" dunia kedokteran...wajar sih...secara mira w alumni fak kedokteran univ tri***ti
 
Last edited:

Kirin Api

Nostalgic
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
299
Reaction score
664
Points
185
Gender
Male
Karena sekarang saya lagi suka manga one piece, Yang pasti selalu ada pesta makan2 dan api unggun kalo masalahnya sudah selesai, hampir sama dengan komik asterix dan obelix...
 

Armawaty

Nostalgic
Verified
Joined
Aug 19, 2015
Messages
274
Reaction score
470
Points
159
Gender
Female
untuk manga identik dengan Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur n Musim Dingin
untuk indonesia pastinya tau cuman musim hujan n panas/kemarau. ada juga sih musim lainnya seperti musim durian, musim magga, musim rambutan dll :D:LOL::smuggrin:
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
Di komik jepang, cowoknya selalu jangkung (si cewek paling setinggi dada), cakep, cool, pinter, suka basket atau musik, terkenal, idola cewek satu sekolah, atau nakal suka bolos. Nah ceweknya selalu pendek, jelek atau biasa saja (bukan yg paling cantik di sekolah deg), kagak pinter (maksudnya bukan juara kelas) kadang nilainya malah paling bawah, gugup, pemalu, ga pede, kacau deh ... :D
setuju mba... cuma satu komik jepang yang beda dari deskripsi di atas... ini dia...
Log in or register to view this content!
sebagian mengatakan mamanya Nobita mantan anak basket di sekolahnya, ada juga yang bilang di poto itu mama Nobita pake dingklik (berdiri diatas kursi kecil). warbyazah... :LOL::LOL:
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
mungkin maknya Nobita pakai stilettos kali mas...
hahaha... :ROFLMAO::ROFLMAO: bisa jadi juga sih mba... khusus buat sesi pemotretan aja pakenya... (btw, serem banget kalo pake itu sehari-hari, serasa naik eggrang kali ya...):D
 
Top