Mitos, Legenda & Cerita Rakyat

Mido

Vintage
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Apr 3, 2016
Messages
903
Reaction score
2,798
Points
420
Gender
Female
Salah satu legenda yang saya suka di Indonesia adalah cerita tentang Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul.

Nyai/ Nyi Roro Kidul

Asal usul Nyi Roro Kidul tampak banyak versinya. Ada yang bercerita bahwa Dewi Kadita, putri kerajaan Pajajaran yang terkena penyakit kulit pergi melarikan diri ke laut selatan. Setelah terjun ke laut penyakitnya akhirnya hilang dan dia dinobatkan oleh para lelembut menjadi Ratu Laut Selatan.

Versi lainnya yang populer bercerita tentang putri Banyu Bening Gelang Kencana, anak dari Hastawinata Jayabhupati raja Banten Girang dan Ratu Panggang Mas. Banyu Bening dan ibunya Ratu Panggang Mas hidup dalam pengasingan di hutan karena banyak musuh raja Hastawinata yang ingin membunuh mereka. Dalam pengasingan Banyu Bening bertemu dengan Sucipta Dyah Lokapala putra raja Joyokulon dan jatuh cinta padanya. Keduanya terpisah dan Sucipta akhirnya menikah dengan kakak beradik putri kerajaan Mataram Nurida Indudevi Kusumawardhani dan Nandhia Sari Kusumawardhani lalu Sucipta diangkat sebagai raja Mataram Purba dengan nama Rakai Kayuwangi.

Mungkin karena ini Banyu Bening sesudah menjadi Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul tetap memiliki hubungan khusus dengan raja-raja kerajaan Mataram yang sekarang terpisah menjadi daerah Surakarta dan Yogyakarta hingga sekarang.

Banyu Bening suatu ketika jatuh sakit dan dalam mimpinya ditemui oleh tiga wanita cantik yaitu Dewi Purbansari danyang penunggu hutan, Dewi Purbasari danyang penunggu tambang dan kawah, dan yang terakhir Dewi Purbamaya danyang penunggu telaga, sungai dan sumur. Ketiga wanita ini membawa Banyu Bening ke Kerajaan Samudra Bale Kencana untuk dinobatkan menjadi Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul.Sementara itu raga Banyu Bening berjalan dalam tidurnya ke pinggir pantai dimana ombak lautan mendadak menjadi ganas dan menelannya ke dalam lautan.

Daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul ada di sepanjang laut selatan yang mencakup daerah Pelabuhan Ratu, Parangtritis, Pangandaran, Karang Bolong, dan Banyuwangi. Menurut kepercayaan memakai baju warna hijau adalah hal yang tabu karena warna hijau adalah warna kesukaannya.

Sumber: Menyingkap Misteri Ratu Laut Selatan Banyu Bening Gelang Kencana oleh Yongki Y dan wikipedia.
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,954
Reaction score
12,411
Points
969
Gender
Female
jadi ingat nyai roro kidul versi komik sisipan majalah ananda. itu saya suka sekali, sampai saya lepasin dari majalahnya. moga2 ada yg punya hehehe :)
 

Armawaty

Nostalgic
Verified
Joined
Aug 19, 2015
Messages
274
Reaction score
470
Points
159
Gender
Female
Fairy/Peri

fairy/Peri adalah istilah yang sering digunakan pada cerita rakyat, dongeng, fiksi untuk menggambarkan mahluk yang memiliki kekuatan gaib yang kadang kala turut campur dalam urusan-urusan manusia. Dalam bahasa Indonesia istilah peri sering digunakan dalam penerjemahan tokoh yang menggambarkan elf atau fairy (istilah dalam bahasa Inggris) dalam cerita fiksi maupun dongeng-dongeng dari Eropa. Pada kisah fiksi modern karakter Peri sering dipinjam dari versi aslinya dan digunakan dalam kisah fiksi fantasi masa kini dengan berbagai variasi penggambaran tergantung oleh penulis atau penciptanya.

Kata peri berasal dari bahasa Persia: پری Pari, yaitu malaikat yang jatuh. Dalam bahasa Inggris awalnya nama fairy berasal dari kata elvish sejak sebelum tahun 1000 M yang berarti bangsa peri. Dalam cerita-cerita rakyat mahluk gaib ini adalah ras yang sakti.

Peri sering diceritakan memiliki bentuk mirip dengan manusia, seringkali juga dipercaya merupakan perupaan roh atau jin yang menjelma sebagai perempuan cantik yang senang mengganggu. Di Eropa (Inggris) sekitar tahun 1592 oleh Shakespeare peri digambarkan sebagai siluman (sprite) atau menjelma sebagai wanita cantik bersayap (fairy), di negara-negara Skandinavia dan menurut cerita-cerita kuno dari Eropa Utara penamaan peri juga diberikan pada mahluk-mahluk halus yang digambarkan sebagai mahluk metafisik, gaib atau jelmaan dari alam.

Peri juga sering diidentifikasikan sebagai mahluk-mahluk mitologis. Dalam penggambarannya cerita-cerita rakyat yang menggunakan istilah "peri" seringkali berbeda definisi tentang apa itu peri, di satu pihak nama ini seringkali dihubungkan dengan mahluk gaib seperti siluman namun pada kali lain peri digambarkan sebagai mahluk yang lebih nyata.

Wujud dan penampakan peri ini bermacam-macam, kali waktu digambarkan bahwa mereka memiliki tinggi seperti rata-rata manusia biasa dan kali lain digambarkan bahwa mereka ini berupa mahluk-mahluk kecil. Di Eropa peri dalam wujud "besar" dipercaya telah "dibicarakan" sejak sebelum tahun 1000 M, sedangkan wujud "kecil"nya mengikuti kemudian dengan membentuk rupanya sendiri berupa mahluk kecil baik yang bersayap maupun tidak, dan dipercaya muncul pada sekitar tahun 1250 - 1300M sebagai istilah turunan (dari bahasa Swedia alf, elfva) yang kemudian diterjemahkan sebagai fairy (Inggris) yang berarti mahluk yang menyerupai manusia kecil. Kadang peri digambarkan memiliki telinga panjang dan lancip, dan memiliki rambut yang panjang. Peri juga seringkali digambarkan dapat berubah wujud, atau mengambil wujud wanita cantik yang tiba-tiba bisa menghilang. Ciri umum dari peri adalah kemampuannya dalam menggunakan sihir untuk mengubah wujud.

Sumber : Peri Wikipedia
 

ferry

Enthusiast
Joined
Oct 22, 2014
Messages
54
Reaction score
92
Points
40
Gender
Male
saya suka sekali sama yg namanya centaur ini, kalau lihat komik saint seiya salah satu cloth terkuat itu cloth sagitarius lho palagi pas nonton filmya rasanya tuh ajib banget lihat cloth sagitarius ini
 
Last edited by a moderator:

Daffa

Collector
Veteran
Kontributor
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,264
Reaction score
9,202
Points
640
Gender
Male
Pingin nitip pertanyaan, dalam berbagai negara dikenal ada cerita/myth tentang naga dan raksasa. Di Jawa (ingat Baruklinting? Lalu ada raja raksasa kanibal bernama Dewatacengkar yg dikalahkan oleh Ajisaka, sang pencipta hanacaraka), di Cina (versi naga asia biasanya tanpa sayap), di Jepang (yg bukan Dragon Ball lho), di India (naga India kayak naga Jawa. Gatotkaca beribu raksasa bernama Hidimbi/Arimbi), di Inggris (versi naga Eropa biasanya bersayap, kayak di film Lord of the Rings, eh jadi ingat Quetzalcoatl/Naga bersayap di komik Superhero Cypress All Star Squadron) dsb. Sebenarnya makhluk apa mereka ini? Di internet banyak posting penemuan tengkorak2 raksasa, tapi lalu ada yg bilang itu hoax.
Kita sendiri punya dragon bernama komodo.
 

willy

Collector
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,108
Reaction score
2,025
Points
564
Gender
Male
Pingin nitip pertanyaan, dalam berbagai negara dikenal ada cerita/myth tentang naga dan raksasa. Di Jawa (ingat Baruklinting? Lalu ada raja raksasa kanibal bernama Dewatacengkar yg dikalahkan oleh Ajisaka, sang pencipta hanacaraka), di Cina (versi naga asia biasanya tanpa sayap), di Jepang (yg bukan Dragon Ball lho), di India (naga India kayak naga Jawa. Gatotkaca beribu raksasa bernama Hidimbi/Arimbi), di Inggris (versi naga Eropa biasanya bersayap, kayak di film Lord of the Rings, eh jadi ingat Quetzalcoatl/Naga bersayap di komik Superhero Cypress All Star Squadron) dsb. Sebenarnya makhluk apa mereka ini? Di internet banyak posting penemuan tengkorak2 raksasa, tapi lalu ada yg bilang itu hoax.
Kita sendiri punya dragon bernama komodo.
Kalau sudah mengenai mitos susah menjawabnya. Seperti raksasa ada yang menganggap itu cuma manusia yang mengalami kelainan kromosom sehingga menjadi sangat tinggi. Yang bisa kita lakukan hanya menunggu pembuktian dari para ahli.:angelic::smuggrin::smuggrin::smuggrin:
 

maszd

Administrator
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,361
Reaction score
46,691
Points
1,170
Gender
Male
Seperti raksasa ada yang menganggap itu cuma manusia yang mengalami kelainan kromosom sehingga menjadi sangat tinggi
berarti penyakit gigantisme sudah ada sejak zaman dahulu kala, cuma kadarnya semakin berkurang tiap generasi :rolleyes:
 

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,212
Reaction score
3,578
Points
579
Gender
Male
Pingin nitip pertanyaan, dalam berbagai negara dikenal ada cerita/myth tentang naga dan raksasa. Di Jawa (ingat Baruklinting? Lalu ada raja raksasa kanibal bernama Dewatacengkar yg dikalahkan oleh Ajisaka, sang pencipta hanacaraka), di Cina (versi naga asia biasanya tanpa sayap), di Jepang (yg bukan Dragon Ball lho), di India (naga India kayak naga Jawa. Gatotkaca beribu raksasa bernama Hidimbi/Arimbi), di Inggris (versi naga Eropa biasanya bersayap, kayak di film Lord of the Rings, eh jadi ingat Quetzalcoatl/Naga bersayap di komik Superhero Cypress All Star Squadron) dsb. Sebenarnya makhluk apa mereka ini? Di internet banyak posting penemuan tengkorak2 raksasa, tapi lalu ada yg bilang itu hoax.
Kita sendiri punya dragon bernama komodo.
Mas @Daffa di thread ini sudah pernah dibahas tentang naga dan raksasa. Kebetulan soal raksasa saya yg tulis :D
 
Last edited by a moderator:

willy

Collector
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,108
Reaction score
2,025
Points
564
Gender
Male
Ada yang bisa menjelaskan kenapa ada istilah Tooth Fairy? Apa hubungannya dengan dunia Gigi? / kedokteran gigi? Colek mbak @ari_jh :smuggrin:
Tooth Fairy ini dari dongeng Eropa. Jika seorang anak lepas gigi susunya, maka harus diletakkan di bawah bantal. Saat mereka tertidur Tooth Fairy akan mengambil gigi tersebut dan menggantinya dengan sedikit pembayaran. Walaupun sebenarnya yang menaruh hadiah tersebut adalah orang tua mereka.:smuggrin:
 
Last edited by a moderator:

ari_jh

Fanatic
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,954
Reaction score
12,411
Points
969
Gender
Female
yang jelas hubungannya cuma sebatas gigi lepas aja hehehe. btw, pernah ada kejadian -lupa di mana- gara2 ditaroh di bawah bantal, entah bagaimana caranya masuklah gigi itu ke dalam telinga si anak. alhasil malah berhubungan dengan dunia per-THT-an :doctor:
 

Armawaty

Nostalgic
Verified
Joined
Aug 19, 2015
Messages
274
Reaction score
470
Points
159
Gender
Female
kalau nggak salah di 2010 kemarin ada film mengenai tooth fairy yang diperankan oleh Dwayne Johnson, strees juga melihat si Dwayne Johnson memakai baju balet plus sayap kupu-kupu :facepalm:
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,021
Reaction score
2,505
Points
564
Gender
Male
Kalo kambing, kenapa di barat sana di identikkan dengan perwujudan setan/penghuni neraka? Apa karena ada tanduknya? Kan kerbau juga ada tanduknya, badannya juga lebih besar.
 

msayuti

Vintage
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 29, 2013
Messages
739
Reaction score
1,511
Points
315
Gender
Male
Pingin nitip pertanyaan, dalam berbagai negara dikenal ada cerita/myth tentang naga dan raksasa.
Sebenarnya naga itu bukan mitos lho, benar-benar ada, hanya saja sebagai makhlus halus. Jadi yang namanya makhlus halus ya nggak kelihatan manusia biasa. Dan lagi, adanya makhluk halus sering "disangsikan" / diragukan keberadaannya, ya mau apa boleh buat, nggak keliatan sih... Di daerah Kalimantan dulu entah di daerah mana waktu pembukaan lahan, keluar naga hitam, ya tentu saja hanya beberapa orang saja yang bisa melihatnya.
berarti penyakit gigantisme sudah ada sejak zaman dahulu kala, cuma kadarnya semakin berkurang tiap generasi :rolleyes:
Sebenarnya lagi, dulu bukan penyakit gigantisme, generasi manusia yang sekarang aja yang semakin mengecil / "Pengecilanisme" :) Kalau dalam sejarah Nabi, Nabi Adam itu yang paling gede badannya :angelic:
 
Last edited:
Top