Kumpulan Kata Kata terkenal 80 - 90an

Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Ratings
64
Points
61
Gender
Male
#15
dulu di ada kata yang sebenernya konotasi kurang baik "Perek = perempuan eksperimen"
mungkin sekarang apa ya
 

kresnaw

Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
651
Ratings
2,135
Points
456
Gender
Male
#16
Kalau di film warkop masih ada kata "zes" untuk panggilan cewek. Mungkin sama spt mbak. Jadi seperti zes @ari_jh atau zes @Mido ... :D
 

bebekhitam

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
946
Ratings
3,516
Points
551
Gender
Female
#18
Kalau di film warkop masih ada kata "zes" untuk panggilan cewek. Mungkin sama spt mbak. Jadi seperti zes @ari_jh atau zes @Mido ... :D
di cuplikan film Warkop yang pertama (tahun 1979), Rahayu Effendi specifically minta dipanggil 'zes' atau tante (dan menolak dipanggil ibu), kenapa ya? :unsure:

Log in or register to view this content!
 

Mido

Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,663
Points
371
Gender
Female
#19
Kalau di film warkop masih ada kata "zes" untuk panggilan cewek. Mungkin sama spt mbak. Jadi seperti zes @ari_jh atau zes @Mido ... :D
Bukannya ‘zus’ ya? Karena banyak panggilan umum yang ada di Indonesia berasal dari bahasa Belanda seperti oma, opa, tante. ‘Zus’ artinya saudara perempuan atau mbak seperti kata mas kresnaw, cmiiw.
 

Bagas

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
891
Ratings
1,793
Points
421
Gender
Male
#20
saya kirain malah "seus" nulisnya:D
malahan kue sus, kadang saya bilang kue seus hehehe....
 

kresnaw

Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
651
Ratings
2,135
Points
456
Gender
Male
#21
Ini bukan kata-kata sih, tapi seperti bahasa prokem atau bahasa gaul pada jamannya, sampai awal 90 an yang menyelipkan huruf D, G + vokal dalam susunan hurufnya menjadi seperti ini --> Zona Djadoel --> Zogonaga Jagadugul ^^

Dulu sih merasa keren bicara seperti ini, sekarang mah absurd :LOL::ROFLMAO:
Saya pikir ini cuma ada di Lampung doang :LOL:.
 
Thread Starter
TS
Darmagandhul
Joined
Jan 13, 2017
Messages
144
Ratings
287
Points
136
Gender
Male
#23
nabun = membuat sampah menjadi abu.
jaman dulu abunya dijadikan abu gosok. Kata dasarnya "abu".

imbu = memeram buah dengan karbit.
 

kresnaw

Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
651
Ratings
2,135
Points
456
Gender
Male
#24
nabun = membuat sampah menjadi abu.
jaman dulu abunya dijadikan abu gosok. Kata dasarnya "abu".

imbu = memeram buah dengan karbit.
Karbit itu bukannya gas buat isi balon ya? Sering dengar waktu kecil memeram pakai karbit, tapi gimana caranya ya?
 
Thread Starter
TS
Darmagandhul
Joined
Jan 13, 2017
Messages
144
Ratings
287
Points
136
Gender
Male
#25
Karbit itu bukannya gas buat isi balon ya? Sering dengar waktu kecil memeram pakai karbit, tapi gimana caranya ya?
Caranya..
Buah muda yg akan diperam (mangga, pisang, pepaya, kedondong dan buah keras saat muda lainnya) dimasukkan ke dalam karung goni..
Setelah itu ditaburi bubuk karbit (asetilen) secukupnya ke dalam karung. Bubuk karbit ini asalnya dari batu karbit yg ditumbuk halus.
Setelah itu, karung goni tadi diikat dan diciprati air..
Reaksi antara bubuk karbit dan air akan menghasilkan gas karbit / asetilen / acetylene.
Gas ini yg membuat buah cepat matang beberapa hari kemudian.

Caution. Jika ingin mengimbu dengan karbit, jauhkan dari api. Seperti rokok, kompor, obor, petromak dll..
karena gas asetilen mudah terbakar dan meledak.
Bukan buah matang yg didapat, tetapi koktail molotov... :D :D
 
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Ratings
207
Points
101
Gender
Male
#27
Ini bukan kata-kata sih, tapi seperti bahasa prokem atau bahasa gaul pada jamannya, sampai awal 90 an yang menyelipkan huruf D, G + vokal dalam susunan hurufnya menjadi seperti ini --> Zona Djadoel --> Zogonaga Jagadugul ^^

Dulu sih merasa keren bicara seperti ini, sekarang mah absurd :LOL::ROFLMAO:
Kalo ngikutin kakak saya jaman dulu, kata-katanya ditambahin pake huruf F gitu.. Misalnya kata "aku" jadinya "AfaKUfu"... "kamu" jadinya "KAfaMUfu"... Yang repot emang kalo kata-nya agak panjang.. Misalnya "sepertinya", jadinya "SEfePEfeRTIfiNYAfa"... Belibet banget ni bibir.. 😂 Ada-ada aja memang orang jadul, tapi super kreatif.. Bahasa sandi katanya.. HAfaHafaHafa...
 

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#28
Mas @Johan1975 ini kayaknya lupa.. bukankah kita dari dulu juga sudah punya bahasa prokem yang sampe sekarang masih dipakai oleh arema sejati.. boso walikan..
Sebenarnya nggak semua kata dalam boso walikan itu dibalik.. jadi kalo ada orang ngobrol pake bahasa arema semua dibalik2 pasti ketahuan deh kalo itu arema cabang..😆 cabang kota lain 😅
- ebes = bapak
- emes = ibu
- nawak ewed = teman sendiri
- ngipok = ngopi
- utem = keluar
- oyi ker = iya teman
- oskab = bakso
- ketam = mati
Masih banyak lagi siihh..

Nah sekarang kalo soto dibalik apa hayooo??
Yang bisa jawab👍(catatan: yang arema gak boleh ikutan jawab).. 😄
 
Top