Kumpulan Kata Kata terkenal 80 - 90an

rizperwata

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Reaction score
183
Points
85
Gender
Male
dulu di ada kata yang sebenernya konotasi kurang baik "Perek = perempuan eksperimen"
mungkin sekarang apa ya
 

bebekhitam

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Nov 26, 2013
Messages
988
Reaction score
4,370
Points
460
Gender
Female
Kalau di film warkop masih ada kata "zes" untuk panggilan cewek. Mungkin sama spt mbak. Jadi seperti zes @ari_jh atau zes @Mido ... :D
di cuplikan film Warkop yang pertama (tahun 1979), Rahayu Effendi specifically minta dipanggil 'zes' atau tante (dan menolak dipanggil ibu), kenapa ya? :unsure:

Log in or register to view this content!
 

Mido

Vintage
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Apr 3, 2016
Messages
898
Reaction score
2,770
Points
420
Gender
Female
Kalau di film warkop masih ada kata "zes" untuk panggilan cewek. Mungkin sama spt mbak. Jadi seperti zes @ari_jh atau zes @Mido ... :D
Bukannya ‘zus’ ya? Karena banyak panggilan umum yang ada di Indonesia berasal dari bahasa Belanda seperti oma, opa, tante. ‘Zus’ artinya saudara perempuan atau mbak seperti kata mas kresnaw, cmiiw.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
May 27, 2015
Messages
1,020
Reaction score
2,499
Points
560
Gender
Male
saya kirain malah "seus" nulisnya:D
malahan kue sus, kadang saya bilang kue seus hehehe....
 

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,010
Reaction score
3,383
Points
585
Gender
Male
Ini bukan kata-kata sih, tapi seperti bahasa prokem atau bahasa gaul pada jamannya, sampai awal 90 an yang menyelipkan huruf D, G + vokal dalam susunan hurufnya menjadi seperti ini --> Zona Djadoel --> Zogonaga Jagadugul ^^

Dulu sih merasa keren bicara seperti ini, sekarang mah absurd :LOL::ROFLMAO:
Saya pikir ini cuma ada di Lampung doang :LOL:.
 

ajokeren

Greenhorn
Joined
Mar 9, 2018
Messages
3
Reaction score
4
Points
14
Gender
Male
kira-kira nabun = bikin api unggun masuk kategori gak ya gan...???
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
354
Points
120
Gender
Male
nabun = membuat sampah menjadi abu.
jaman dulu abunya dijadikan abu gosok. Kata dasarnya "abu".

imbu = memeram buah dengan karbit.
 

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,010
Reaction score
3,383
Points
585
Gender
Male
nabun = membuat sampah menjadi abu.
jaman dulu abunya dijadikan abu gosok. Kata dasarnya "abu".

imbu = memeram buah dengan karbit.
Karbit itu bukannya gas buat isi balon ya? Sering dengar waktu kecil memeram pakai karbit, tapi gimana caranya ya?
 

Darmagandhul

Nostalgic
Scanlation team
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
160
Reaction score
354
Points
120
Gender
Male
Karbit itu bukannya gas buat isi balon ya? Sering dengar waktu kecil memeram pakai karbit, tapi gimana caranya ya?
Caranya..
Buah muda yg akan diperam (mangga, pisang, pepaya, kedondong dan buah keras saat muda lainnya) dimasukkan ke dalam karung goni..
Setelah itu ditaburi bubuk karbit (asetilen) secukupnya ke dalam karung. Bubuk karbit ini asalnya dari batu karbit yg ditumbuk halus.
Setelah itu, karung goni tadi diikat dan diciprati air..
Reaksi antara bubuk karbit dan air akan menghasilkan gas karbit / asetilen / acetylene.
Gas ini yg membuat buah cepat matang beberapa hari kemudian.

Caution. Jika ingin mengimbu dengan karbit, jauhkan dari api. Seperti rokok, kompor, obor, petromak dll..
karena gas asetilen mudah terbakar dan meledak.
Bukan buah matang yg didapat, tetapi koktail molotov... :D :D
 

kresnaw

Collector
Veteran
Premium+
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,010
Reaction score
3,383
Points
585
Gender
Male

Johan1975

Nostalgic
Verified
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Reaction score
219
Points
110
Gender
Male
Ini bukan kata-kata sih, tapi seperti bahasa prokem atau bahasa gaul pada jamannya, sampai awal 90 an yang menyelipkan huruf D, G + vokal dalam susunan hurufnya menjadi seperti ini --> Zona Djadoel --> Zogonaga Jagadugul ^^

Dulu sih merasa keren bicara seperti ini, sekarang mah absurd :LOL::ROFLMAO:
Kalo ngikutin kakak saya jaman dulu, kata-katanya ditambahin pake huruf F gitu.. Misalnya kata "aku" jadinya "AfaKUfu"... "kamu" jadinya "KAfaMUfu"... Yang repot emang kalo kata-nya agak panjang.. Misalnya "sepertinya", jadinya "SEfePEfeRTIfiNYAfa"... Belibet banget ni bibir.. 😂 Ada-ada aja memang orang jadul, tapi super kreatif.. Bahasa sandi katanya.. HAfaHafaHafa...
 

Bech

Nostalgic
Verified
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Reaction score
201
Points
95
Gender
Female
Mas @Johan1975 ini kayaknya lupa.. bukankah kita dari dulu juga sudah punya bahasa prokem yang sampe sekarang masih dipakai oleh arema sejati.. boso walikan..
Sebenarnya nggak semua kata dalam boso walikan itu dibalik.. jadi kalo ada orang ngobrol pake bahasa arema semua dibalik2 pasti ketahuan deh kalo itu arema cabang..😆 cabang kota lain 😅
- ebes = bapak
- emes = ibu
- nawak ewed = teman sendiri
- ngipok = ngopi
- utem = keluar
- oyi ker = iya teman
- oskab = bakso
- ketam = mati
Masih banyak lagi siihh..

Nah sekarang kalo soto dibalik apa hayooo??
Yang bisa jawab👍(catatan: yang arema gak boleh ikutan jawab).. 😄
 
Top