Kumpulan Kata Kata terkenal 80 - 90an

Joined
Jan 13, 2017
Messages
140
Ratings
279
Points
131
Gender
Male
#1
Yuuk.. mari kita data kata-kata unik nan jadoel yang pernah berjaya.

1. Memble Aje : kalau jaman sekarang artinya lebih kurang melamun sambil menganga. Memble bisa artinya (maaf) bibir yg terlalu tebal, atau ungkapan yg sifatnya mengecewakan. Misalnya... "ah sial. mesinnya memble, ngga mau hidup".
2. Alamakjan / Makjan / Muke gile / Hwarakadah / Trembelane : Astaga.
3. Honger : lapar.
4. Ke laut aja : Tak berguna (biasanya mengacu kepada orang yg menjengkelkan / mengecewakan).
5. Ngebrik : mainan CB (Citizen Band). Belakangan ngebrik bisa diartikan buang air besar.
6. Salting : salah tingkah
7. Najong : menjijikan. biasanya mengacu pada ucapan kaget saat melihat sesuatu yg (gak selalu) kelakuan yg menjijikkan. Ih najong loe..
8. Saltum : salah kostum. Kalau kepantai pakai blazer atau jas kondangan, baru itu namanya saltum..
9. Menggelinjang : kalau menurut KBBI artinya melonjak lonjak. Tapi kalau versi Anny Arrow, artinya... menggeliat sambil ..jang. :D
Dulu semasa kuliah, kalau saya kesal karena ditanya berulang2 tentang fakultas yang saya masuki.. pasti saya dengan lugas akan menjawab : Masuk Fakultas Tehnik Menggelinjang. Puas loe?
10. Telap : kalah telak.
11. Digagahi / diperkaos / dinodai : kata jadoel nan halus untuk "pemerkosaan".
12. Sengkat : jegal (kaki).
13. Sambit : lempar (dalam artian ada target nyata untuk dikenai).
14. Tampol / gampar : pukul, biasanya ke muka).
15. Ngocol / Nglunjak : kurang ajar / ngotot dalam hal ngga mau mengakui kesalahan.
16. Au ah elap : gak jelas dan ngga penting untuk dibicarakan.
17. Beceng : pistol
18. Gondok : jengkel total. Aih.. gue gondok banget masa, di supermarket gue beli harganya tiga ribu, di emperan cuman tujuh ratus perak...
19. Kletek : melepaskan benda yg tertempel secara pelan2 dan hati hati...
20. Gambar tempel : stiker.
21. Hostes / hostel / cabo / P*r*k : wanita penghibur
22. Caem : cakep, bisa juga ganteng atau cantik.
23. Caur : hancur / kacau (dalam hal kelakuan).
24. Telengas : kejam
25. Bronpit : sepeda motor
26. Nih yee : ungkapan yg bersifat meledek atau menyindir... Pacar baru nih yeee... Gajian nih yee...

Ada juga istilah "bahasa prokem".
Rumusnya : Huruf pertama sampai huruf ketiga (tergantung nada)+ "ok"+ 2 huruf selanjutnya, lalu hapus sisanya atau di pas2in biar enak didengar.

Contoh :
1. Bokap : Bapak
2. Nyokap : Nyonya
3. Boker : ....
4. Tokai :...
5. Bokin : bini
6. Prokem : preman
7. Sepokat : sepatu
8. Cokin : Cina / Tionghoa

Monggo yang mau menambahkan... Saya ingat2 dulu.
 
Last edited:
Joined
Jan 13, 2017
Messages
140
Ratings
279
Points
131
Gender
Male
#3
Perempuan Eksperimen

Gape : jago main
Plokis : Polisi
Pembokat : kalo jaman sekarang , Mbaknya, ato Asisten RT
Plokis sama Pembokat itu bahasa prokem, lihat rumus diatas....

Tajir : kaya raya
cincay : bisa diatur..
babu / jongos / kacung : pembantu
opas : petugas kepolisian / pegawai negeri
gele : ganja
beemer : mobil BMW
satrip / sutris : stress / gila
gonjes : gondrong (model) Jesus. Salah satu potongan model rambut semi heavy metal yang disukai pria 80an.
glangsing : karung goni
 

Bagas

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
868
Ratings
1,738
Points
406
Gender
Male
#4
lah, katanya "monggo yang mau menambahkan", itu saya tambahin,,,, ga perlu dijelasin pake rumus juga saya rasa yang lain udah tau kok yang mana kata-kata terkenal 80-90an yang mana bahasa prokem... :):)
 
Joined
Jan 13, 2017
Messages
140
Ratings
279
Points
131
Gender
Male
#5
lah, katanya "monggo yang mau menambahkan", itu saya tambahin,,,, ga perlu dijelasin pake rumus juga saya rasa yang lain udah tau kok yang mana kata-kata terkenal 80-90an yang mana bahasa prokem... :):)
Oh.. Maaf. Nampaknya saya lupa bilang terima kasih.. :)
Gape dan yg sisanya akan saya tambahkan ke list. Biar hemat bandwith, akan saya tambahkan di post awal saja.
 

Bagas

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
868
Ratings
1,738
Points
406
Gender
Male
#6
:)
Gape dan yg sisanya akan saya tambahkan ke list. Biar hemat bandwith, akan saya tambahkan di post awal saja.
siaapp.. (y)(y)biar lebih mudah di lihat, mungkin mas Darmagandhul bisa menggunakan fitur tabel?
caranya bisa dilihat di sini;)
 
Joined
Jan 13, 2017
Messages
140
Ratings
279
Points
131
Gender
Male
#7
siaapp.. (y)(y)biar lebih mudah di lihat, mungkin mas Darmagandhul bisa menggunakan fitur tabel?
caranya bisa dilihat di sini;)
Waah ini dia... terima kasih.
Cuman saya kok ngga bisa edit postingan saya sendiri ya? Makanya dari kemarin saya cari2 tombol edit kok ngga nemu....
 

maszd

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,038
Ratings
40,042
Points
1,166
Gender
Male
#9
fitur edit limit 1 jam untuk status new member
 
Joined
Jan 13, 2017
Messages
140
Ratings
279
Points
131
Gender
Male
#10
fitur edit limit 1 jam untuk status new member
Yaah... tapi gpp nanti saya tunggu jadi 100 dulu..

madol : bolos
bapet : babi ngepet (makian). Bapet loe!
ngebet (bet nya dibaca kayak "badge") : nyontek
merancap : o*a*i
dogol : bodoh, tolol
sungut : antena mobil / radio antar penduduk. Kok kemresek? Coba lu liatin deh sungutnya.
kepeng / hepeng / doku : uang
bokek / jeprut : tidak punya uang
kawula muda : generasi muda (untuk umur dibawah 25 tahun).
tajong (beda sama najong) : sepak bokong
kempong / kenyot : kulum / emut (dalam artian porno) :D
babal : nangka pentil.
nenggak : minum langsung dari botol.
esprit : tas model gembol yg cukup terkenal. Esprit adalah mereknya.
lipen setip : lipstik :D
rugos : huruf gosok
geleg : telan bulat2 (biasanya obat batuk). batuk? digeleg aja...
kancut : Celana dalam. Biar ngga hujan, lu lemparin aja kancut ke atap...
kupluk : kopiah
kempit : dibawa dengan cara menyematkan di ketiak. Tas kempit, misalnya.
permen kojak : permen bulat bertangkai, yang bagian permennya berbentuk bulat, seperti kepalanya Kojak, yg diperankan oleh aktor Telly Savalas.
cungkup : atap kuburan. Biasanya dibuat oleh ahli waris si wafat...
picung : biji keluak.
ngepot : jalan lurus (maju) dengan posisi miring. Kalo jaman sekarang itu "drifting". Tidak berlaku buat kepiting yaaa...
kempot : pipi yang cekung. apa mak yg copot copot.. itu mak pipinya kempot. Tapi kempot juga bisa istilah untuk layang layang yang salah konstruksi, jika dinaikkan, maka kertasnya akan menguncup di bagian ekor. Ini dibilangnya layangan kempot.
 
Last edited:

Hasan

=Penataran P4F=
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Ratings
193
Points
86
Gender
Male
#12
saya tambahi ya , mudah - mudahan belum ada

mokat = mati
kemek = makan
jokul = jual
bokis = bohong
spokat = sepatu
gape = jago
seteng-seteng = setengah - setengah
 

fery

Nostalgic
Joined
Mar 31, 2017
Messages
112
Ratings
97
Points
56
Gender
Male
#13
saya tambahin om, kalo di desa dulu ini sering dipake anak2 muda
Bento : tolol / bego
 
Joined
Nov 29, 2015
Messages
24
Ratings
13
Points
31
Gender
Male
#14
Ini bukan kata-kata sih, tapi seperti bahasa prokem atau bahasa gaul pada jamannya, sampai awal 90 an yang menyelipkan huruf D, G + vokal dalam susunan hurufnya menjadi seperti ini --> Zona Djadoel --> Zogonaga Jagadugul ^^

Dulu sih merasa keren bicara seperti ini, sekarang mah absurd :LOL::ROFLMAO:
 
Top