Kamera dan teknik fotografi jadul..

Darmagandhul

Nostalgic
Joined
Jan 13, 2017
Messages
169
Gender
Male
Kayaknya belum ada ya yang membahas tentang kamera serta fotografi jadul?
Baik, saya mulai yaa...

Perkara kamera di jaman 80an ngga bisa dianggap sepele. Untuk menghasilkan foto dengan kualitas terbaik, tentu saja ngga bisa main asal jepret, lalu dipilih gambarnya, yg jelek didelete. Ngga bisa gitu., karena menggunakan filem. Jaman digital belum eksis.
Untuk memasang filemnya aja membutuhkan tehnik tersendiri. Yang belum biasa, dapat dipastikan akan menghabiskan seperempat filem terbakar hanya untuk memasangnya di rol...
Paling apes, hasil filem terbakar tadi dipakai buat lihat gerhana matahari.

Setelah sukses memasang, untuk menjepret ada setingannya lagi. Rana (bukaan lensa) tidak boleh terlalu lebar di tempat yang terlalu terang, atau terlalu kecil di tempat gelap. Jika tidak cocok, hasilnya adalah Twilight Of The God siang siang, atau jika terlalu kecil, akan tampak close up wajah genderuwo yg hitam itu full satu frame.
Demikian pula masalah speed dan kecepatan. Kalau speednya terlalu lambat dipakai untuk memotret di malam hari, maka hasilnya adalah balapan tuyul. Garis putih berpendar memanjang.

Wis lah.. pokoknya ruwet memakai kamera analog. Boros duit buat beli filem. Tapi sensasi ilmu yg didapat ngga akan bisa terkalahkan oleh orang yang ahli kamera digital di saat ini....

Ada yang mengalami hal serupa?

maxresdefault.jpg
 
Last edited by a moderator:
dulu cuma sempat sekali aja pegang kamera SLR.. trus bingung.. trus nyerah.. hahaha.. akhirnya pegang kamera pocket saja (yang masih pake film). sekarang akhirnya punya kamera DSLR.. tetap punya kamera pocket juga tapi yang digital.. tapi ternyata lebih banyak foto pake hp :LOL:
 
Dan jangan lupa dulu kebiasaan ketika sudah mendekati roll ke 36, berharap cemas masih ada 1 atau 2 extra... eh begitu dipencet... ngguuung... langsung muter... hahahha
 
Pertama kali mengenal kamera (d/h tustel... hahahah) adalah saat SMP ketika mendapat hadiah ulang tahun kamera Yashica.

Log in or register to view this content!
 
Last edited:
"Kita adalah Generasi yang selalu berdebar debar menunggu hasil cuci cetak foto, seperti apa hasil jepretan kita...
Selalu menghargai dan berhati2 dalam mengambil foto dan tidak menghambur hamburkan jepretan dan mendelete-nya jika ada hasil muka yang jelek...
Saat itu hasil dengan muka jelek kita menerimanya dengan rasa ihklas. Ihklas dan tetap ihklas apapun tampang kita di dalam foto. :ROFLMAO::ROFLMAO:
Tanpa ada editan Camera 360 photoshop atau Beauty face. Betul2 generasi yg menerima apa adanya." (y)(y)
 
Yang saya suka itu tombol tuas yang perlu diputar sebelum menjepret foto. Kalau sekarang kan hanya tinggal di pencet, memang lebih praktis sih tapi ya tetep suka yang model dulu. Telepon juga sama suka model dulu.
 
masih berusaha mengingat kamera saku yang dulu pernah menemani ke mana-mana tuh merk dan tipe yang mana.. tetap aja belum bisa ingat.. sepertinya sih yang ini..

Log in or register to view this content!

selain mas kresnaw, ada yang masih ingat pernah pake kamera apa?
 
Last edited:
Kamera saku saya pertama dulu mereknya Ricoh..
Terus sempat punya kodacolor, yashica, minolta sama kamera tak bermerek hadiah dari kuaci cap miki mos.. 😂😂
 
kalo nggak ada langsung putus ASA.. ehhh.. :LOL:
dulu nggak ngerti ASA 100, 200 dan 400.. sekarang udah lupa apa itu ASA 100, 200 dan 400 :LOL:
dulu ingatnya suka pake ASA 100 karena lebih banyak foto outdoor.. nggak tau bener apa nggak :LOL::LOL:

Bener mas. ASA itu kek ISO gitu (i think). Kalau asa rendah unt outdoor siang karena cahaya banyak. Kalau indoor bagusnya ASA 400. Hahaha... dulu mah harus prepare banget yah. Kalau sekarang tinggal geser tombol ISO di kamera.
 
Back
Top