Jenis Komik

Jenis Bacaan Komik Yang Paling Anda Gemari :

  • Komik (Indonesia)

  • Comics (Eropa)

  • Manga (Jepang)

  • Manhua (Tiongkok)

  • Manhwa (Korea)


Results are only viewable after voting.
Gambar manga lebih kompleks meski tdk berwarna, lebih bisa menyentuh perasaan karena lebih imajinatif. Gambar juga bisa beraneka ekspresi untuk satu tokoh saja sehingga lebih menarik.
 
Tetap komik eropa..:cool: Komik amerika hanya didominasi oleh cerita superhero (maklum dengan egonya orang amrik..hehhe). Komik eropa lebih membumi. Not really into manga. Sempat kecanduan Kungfu Boy dan Doraemon...
 
Komik yang sering saya baca itu komik jepang alias manga, dl itu bacanya pinjem punya tetangga yang sering libur k jakarta, maklum d desa mana ada yg jualan komik jaman dl..
 
Kalo manga dulu taunya karya Osamu Tezuka. Lumayan, di tengah2 banjir komik Eropa (di tempat saya), dan wayang lokal. (Padahal manga2 top dulu macam doraemon, hajime no ippo, dsb harusnya udah masuk ya?)
 
Jaman SD - SMP suka comics seperti Nina, Tintin, Lucky Luke.
Jaman SMP - SMA suka Manga seperti Kungfu Boy, Candy Candy
Sekarang sukanya baca yg di webtoon, seperti True Beauty (termasuk Manhwa ya?)

intinya tergantung supply yang tersedia
Kalo ketemu Nina ya pasti bakal baca ulang šŸ˜‰
 
Kalau untuk gambar dan cerita, saya lebih suka komik Eropa, mungkin karena suka baca itu waktu kecil.

Kalau adegan berantem, manhua Hongkong sepertinya masih belum tertandingi, setidaknya bagi saya
 
Gue termasuk Kutubuku maniak, jadi sebenarnya dari negara manapun gue gak peduli, asal gak ada bacaan, yg mana yg ada gue sikat.
Tetapi karna ini diminta pilih, jelas urutan pertama gue komik eropa, karna jaman gue waktu kecil manga blm terkenal, pilihannya saat itu cuma komik2 eropa dan komik indo. Komik indo walau dari kecil dah gue baca tapi tidak masuk ketegori yg gue gemari karena jujur saja kwalitas penggambarannya jelek banget, apalagi rata2 serba hitam putih dimana hampir semua pengarang komik indo goresannya kasar, tidak detail dan ujungnya tiap layer gambar kebanyakan item mulu, perhatikan saja bahkan bola mata para tokohnya itu bykan item full, putihnya kagak ada kecuali saat wajahnya zoom in. Tokoh2nya tiap gbr kdg sering tdk serupa. Jadi jika dibandingkan dgn komik eropa saat itu bener2 beda jauh kelasnya, full colour, gbr sangat detail, penggambaran tiap tokoh2nya selalu konsisten. Belum lagi dari segi ide & unsur ceritanya, benar2 menggoyang imajinasi & gak habis pikir bagaimana bule2 ini bisa berkhayal hingga sejauh itu. Pokoknya sangat2 berkelas.

Komik2 indo yang sangat saya sukai hanya komik2 bertema superhero, godam, gundala, pangeran mlaar, maza, jin kartubi dll. Yah wajar ajalah, remaja saat itu selalu butuh tokoh2 idola superhero haha. Tetapi sejak manga booming, boleh dikatakan komik indo otomatis saya tinggalkan dan lebih banyak membaca komik2 erops/manga, sedangkan saat itu saya sudah mulai beralih lebih menggemari novel2 silat Kho Ping Hoo, Khu Lung, Gan KL, Cin Yung, dll. Tentunya termasuk novel2 kegemaran gue Enid Blyton semuanya gue sikat tanpa terkecuali ditambah novel2 Shidney Sheldon, Hardy Boys, Agatha Christie, dll

Manga saat itu dulu walau hitam putih, seperti kujelasin diatas tentang komik eropa, sudah mulai menyangin dari segi penggambaran, variasi cerita, dll. Semakin bertambah umur dan semakin berkurangnya komik2 eropa, pilihanku jatuhnay cuma tinggal baca manga saja kebanyakan.

Untuk manhwa china jelas komik karangan Tony Wong itu rajanya, kurasa itu gak usah dibahas lagi, tetapi tetap kekuranganya 1 utk manhwa temanya rata2 cuma silat, jadi variasinya sangat jauh dibandingkan komik eropa/manga.

Sedangkan manhwa korea, jujur aja, kelasnya gak beda jauh dgn komik2 indo, penggambaran kasar, menangnya ide cerita masih mending.
 
komik eropa lebih berkesan karena jaman dulu komik jepang blm ada kayanya, dan komik eropa paling seputar terbitan cypress
kalau komik indonesia,dideket rumah nenek saya ada tempat sewaan buku (taman bacaan) jadi kalo pas lagi nginep dirumah nenek pasti sore nya mampir ke situ bareng teteh sepupu buat nyewa komik, rata2 yg disewain komik2 superhero indonesia
 
Ketika saya SD, komik2 manga mulai menyerbu kios2 pedagang komik.
Jadi saya banyaknya membaca komik manga spt kungfuboy dan kawan2nya.

Walaupun seneng dg komik manga, tp masih ada komik2 lokal koleksi abang saya yg akhirnya saya baca juga..
Kesan baca komik lokal pd saat itu:
1. Sadis. Kebetulan bacanya komik silat, diceritanya ada adegan sabet tangan sampe putus dan kepala sampe buntung (saya lupa judulnya)
2. Serem. Kebetulan juga bacanya komik petruk yg cerita hantu.

Akhirnya saya ogah baca komik lokal krn bikin saya takut, ketika SMP baru mulai berani baca komik2 lokal dan mulai seneng juga komik eropa spt asterix dan lucky luke.
 
Masih ingat waktu SD bacaannya cuman Bobo dan Donal Bebek, setelah SMP masih berlanjut namun bertambah dengan komik petruk dan semacamnya. Setelah SMA dan beranjak dewasa bacaannya tetap tapi bertambah dengan macam-macam komik,cersil, majalah hampir semua dilalap, sampai sepetinya sdh tdk ada bacaan. Bahkan sampai dibaca ulang lagi.
Novel adikpun akhirnya dibaca juga, bahkan novel dipersewaanpun disewa juga.
Sekarang sih mulai baca-baca ulang komik-komik yg didapat dari web, lumayan buat nostalgia.
 
Saya vote semua kecuali eropa. meski awal berkenalan dengan komik justru melalui komik eropa (Tintin dan Asterix) sayangnya hanya 2 itu yg menurut saya bagus, saya belum pernah lihat lagi yg lain.

Komik Jepang bagus karena lengkap, plot, gambar, dan genre cerita bisa amat sangat dewasa (sikologis, bukan untuk anak kecil), banyak komik legend (One Piece, Naruto, Meitantei Konan)
Komik Manhua karena saya suka cersil, dan rata2 gambarnya indah di lihat, meski terlalu banyak adegan kekerasan berulang2 dalam sebuah perkelahian, ceritanya juga termasuk bagus menurut saya
Komik Manhwa awalnya biasa saja, namun akhir2 ini banyak komik bagus dari sana, misal "Solo Leveling" plot cerita sudah tidak tipis lagi dan kualitas gambar juga sudah jauh lebih baik.
 
Adegan flashback komik-komik Manhua juga biasanya seru. Pembaca jadi tahu latar belakang masing-masing karakter termasuk kenapa satu karakter jahat bisa jadi sadis atau kejam.
 
Adegan flashback komik-komik Manhua juga biasanya seru. Pembaca jadi tahu latar belakang masing-masing karakter termasuk kenapa satu karakter jahat bisa jadi sadis atau kejam.
Iya karena biasanya Manhua adaptasi dari Novel (yg notabene lebih detail dari komik), itulah kenapa saya juga suka Manhua
 
Back
Top