Polling Jenis Komik

Jenis Bacaan Komik Yang Paling Anda Gemari :

  • Komik (Indonesia)

  • Comics (Eropa)

  • Manga (Jepang)

  • Manhua (Tiongkok)

  • Manhwa (Korea)


Results are only viewable after voting.

Armawaty

Nostalgic
Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
244
Points
146
Gender
Female
#1
Dari seluruh bacaan atau bacaan yang paling senang kita koleksi, kalau aku pribadi senangnya sama manga dan manhua, dulu dijaman sd paling suka koleksi komik dan comics, namun setelah munculnya manhua tiger wong bersamaan munculnya manga kungfu boy jadi beralih ke manga dan manhua hingga sekarang. ini bisa juga untuk menjadi referensi buat maszd untuk jenis komik yang paling digemari di forum ini.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
903
Ratings
1,827
Points
421
Gender
Male
#2
kalau bacaan bergambar, saya senangnya Komik Eropa, awalnya itu Tintin, Lucky Luke, lalu sedikit baca si Janggut Merah, dan Manga Jepang, Doraemon, dan Kungfu Boy.
 

willy

Collector
Kontributor
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,031
Ratings
1,011
Points
446
Gender
Male
#3
Waktu masih kecil saya lebih suka komik Eropa terbitan Indira karena ukurannya besar lebih enak dibaca. Tapi sekarang jarang seri barunya sehingga baca komik Eropa hanya melalui ebook. Saat manhua mulai masuk Indonesia sempat suka baca Tiger Wong dan Tapak Sakti tapi setelah itu jarang baca manhua. Akhirnya saat Indonesia mulai demam manga, pindah membaca manga Kungfu Boy, Kindaichi dan yang masih dibaca sampai sekarang (karena ga habis-habis :p:D:LOL:) adalah detektif Conan.
 
Thread Starter
TS
Armawaty

Armawaty

Nostalgic
Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
244
Points
146
Gender
Female
#4
saya senangnya Komik Eropa, awalnya itu Tintin, Lucky Luke
sudah menjadi tradisi untuk anak thn 90an rata2 menyukai komik eropa yang sempat tenar pada jamannya, setelah komik lokal merajai beberapa tahun sebelumnya, namun tersingkirkan setelah manhua masuk bersama manga dari jepang hingga kini.
saya lebih suka komik Eropa terbitan Indira karena ukurannya besar lebih enak dibaca
untuk komik tintin sayangnya serinya terbatas, beda dengan manhua dan manga dari jepang yang hingga kini belum tamat2 :D:LOL:
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
903
Ratings
1,827
Points
421
Gender
Male
#5
sudah menjadi tradisi untuk anak thn 90an rata2 menyukai komik eropa yang sempat tenar pada jamannya, setelah komik lokal merajai beberapa tahun sebelumnya, namun tersingkirkan setelah manhua masuk bersama manga dari jepang hingga kini.

untuk komik tintin sayangnya serinya terbatas, beda dengan manhua dan manga dari jepang yang hingga kini belum tamat2 :D:LOL:
saya juga sempat ngalamin komik Petruk-nya Tatang S., cuma karena ga berwarna dan ceritanya kebanyakan mistis, jadi lebih pilih komik eropa yang berwarna, dan manga jepang yang penuh imajinasi.
 

Daffa

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,243
Ratings
7,777
Points
641
Gender
Male
#7
Comics itu termasuk American Comics? Vote ku sebenarnya buat DC & Marvel.
Jaman sebelum ada aksara, manusia juga suka bikin komik lho, di dinding2 gua.
Bangsa kita punya komik luar biasa sepanjang masa yaitu relief di candi Borobudur, dan tentunya di candi2 lain. Kalau bangsa Mesir punya Hieroglyph di piramid.
 
Thread Starter
TS
Armawaty

Armawaty

Nostalgic
Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
244
Points
146
Gender
Female
#8
Comics itu termasuk American Comics? Vote ku sebenarnya buat DC & Marvel.
Jaman sebelum ada aksara, manusia juga suka bikin komik lho, di dinding2 gua.
Bangsa kita punya komik luar biasa sepanjang masa yaitu relief di candi Borobudur, dan tentunya di candi2 lain. Kalau bangsa Mesir punya Hieroglyph di piramid.
sebenarnya sih untuk penyebutan comics kayaknya tidak hanya mencakup benua eropa saja, di amrik sono penyebutannya untuk komik ya comics juga sih (jadi bingung!) oh iya memang mulai dijaman purba sudah ada ditemukan berupa gambar2 baik yang mempunyai makna ataupun tidak. untuk komik "relief di candi Borobudur" kayaknya belum pernah lihat n dengar (jadi penasaran), mungkin mas daffa bisa memberikan bocoran
 

Daffa

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
1,243
Ratings
7,777
Points
641
Gender
Male
#9
..untuk komik "relief di candi Borobudur" kayaknya belum pernah lihat n dengar (jadi penasaran), ...
Terus terang saya cuma ingat apa yg disampaikan oleh pembicara dalam acara Kosasih Day bulan April 2014 (hari minggu awal bulan, waktu itu saya angkut koleksi saya buat pameran kecil) di Taman Garuda Kota Lama Semarang. Waktu browsing, ternyata Arswendo pernah juga melontarkan pendapat yang sama.
https://komunitaspaduraksa.wordpress.com/2009/01/20/relief-seperti-membaca-“komik”-di-candi/
http://www.tribunnews.com/nasional/2015/06/23/relief-borobudur-kekayaan-komik-indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Komik_Indonesia
 

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
177
Points
121
Gender
Male
#10
saya vote comics, tp bukan berarti sukanya cuma itu, hehe, sebenarnya sih saya suka komik yg lucu, komedi,Eropa, jepang, maupun Indonesia,tp karena banyak yg dr Eropa yg terasa lucu, jd vote Eropa.. :D
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,667
Points
371
Gender
Female
#11
Pas masa remaja SMP dan SMA dipenuhi dengan bacaan manga Jepang, jadi menurut saya itu yang paling berkesan. Saya ingat dulu suka tidak sabar menunggu terbitan seri ke sekian, dan kalau sudah keluar senangnya bukan main.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
903
Ratings
1,827
Points
421
Gender
Male
#12
Pas masa remaja SMP dan SMA dipenuhi dengan bacaan manga Jepang, jadi menurut saya itu yang paling berkesan. Saya ingat dulu suka tidak sabar menunggu terbitan seri ke sekian, dan kalau sudah keluar senangnya bukan main.
betul mba, tapi kalo saya masih harus ekstra bersabar, soalnya saya cuma bisa sewa di taman bacaan, kalo rejeki sih, dapet yang pertama pinjam, kalo engga ya harus rajin2 ke situ buat ngecek bukunya udah balik apa belum hehe...
 
Thread Starter
TS
Armawaty

Armawaty

Nostalgic
Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
244
Points
146
Gender
Female
#13
Pas masa remaja SMP dan SMA dipenuhi dengan bacaan manga Jepang, jadi menurut saya itu yang paling berkesan
betul mba, tapi kalo saya masih harus ekstra bersabar, soalnya saya cuma bisa sewa di taman bacaan
yang aku herankan anak2 generasi sekarang sepertinya tak merasakan lagi sensasi yang pernah kita alami era 90an, apakah dikarenakan terlalu banyaknya dunia hiburan yang ada saat ini atau minat baca mereka yang sudah tak ada lagi?
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,667
Points
371
Gender
Female
#14
yang aku herankan anak2 generasi sekarang sepertinya tak merasakan lagi sensasi yang pernah kita alami era 90an, apakah dikarenakan terlalu banyaknya dunia hiburan yang ada saat ini atau minat baca mereka yang sudah tak ada lagi?
Saya rasa karena sekarang memang banyak hiburan. Jaman dulu hiburan saya hanya pergi ke bioskop, nonton tv atau video di rumah dan baca buku. Sekarang sudah ada banyak hiburan di dunia elektronik dan teknologi yang makin berkembang diantaranya komputer games, playstation atau wii atau nintendo, dan yang paling besar adalah internet. Dengan adanya internet anak-anak sekarang tidak terikat baca hanya lewat buku saja. Mereka saya rasa tetap minat baca tapi ya lewat online, seperti misalnya baca komik Jepang.
 
Top