Indahnya Masa-Masa Sekolah SD, Dulu Vs Sekarang

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
722
Ratings
983
Points
261
Gender
Male
#1
Masa sekolah, masa yang paling indah :). Beragam kejadian berlalu seiring waktu. Seiring perkembangan zaman pula, sekolah dari tahun ke tahun terus berubah.
SD Dulu Vs Sekarang.jpg
1. Sekolah Zaman Dulu
  • Dulu kalo berangkat ke sekolah, bak sepasukan tentara jalan kaki atau sederet pembalap sepeda atau yang diantar orangtua pake angkot.
  • Pak Guru/Ibu Guru nulis di papan tulis hitam plus kapur.
  • Cinta-cintaan itu rahasia.
  • Kalo zaman saya, yang punya HP itu bisa dihitung jari dan hanya beberapa orang yang bisa mengoperasikannya.
  • Permainan di sekolah beragam dari kejar-kejaran sampe lompat tali.
  • Kena tempeleng, penggaris/penghapus melayang itu hal biasa. Apalagi jewer kuping sambil berdiri satu kaki di depan kelas, hehehe.

2. Sekolah Zaman Sekarang

  • Kalo sekarang, banyak yang naik motor atau yang lebih kaya, naik mobil diantar orangtua.
  • Kebanyakannya Pak Guru/Ibu Guru nulis di papan tulis putih plus spidol:coffee:.
  • Cinta-cintaan itu semua kelas harus tahu, anak SD sudah bisa bilang sayang-sayangan, wkwk.
  • Anak SD hampir semuanya bisa mengoperasikan gadget, entah itu smartphone sampe Ipad pun ada.
  • Kena tempeleng, penggaris/penghapus melayang, apalagi jewer kuping sambil berdiri satu kaki di depan kelas semuanya jadi kasus luar biasa. Guru bisa dipenjara, ha :eek:
Apa lagi?
 
Last edited:

fery

Nostalgic
Joined
Mar 31, 2017
Messages
113
Ratings
102
Points
66
Gender
Male
#2
  • Kena tempeleng, penggaris/penghapus melayang, apalagi jewer kuping sambil berdiri satu kaki di depan kelas semuanya jadi kasus luar biasa. Guru bisa dipenjara, ha :eek:
Kasihan nasib guru jaman sekarang, padahal dulu guru seperti itu kan buat kebaikan kita juga, kita bisa jera lho jika sudah kena hukuman guru (+ malu biasanya),trus sekarang model hukumannya bagaimana ya? apakah masih bisa membuat efek jera ndak?
Dan lagi fenomena anak2 jaman sekarang agak ekstrim, kalo main ada yang bawa sajam segala...waduh cukup meresahkan..tidak disemua tempat sih, tapi ini pastinya memicu perilaku teman2 sekitarnya..
Semoga generasi kita selanjutnya bisa lebih baik
 

denny prayoga

Nostalgic
Donatur
Joined
Oct 3, 2013
Messages
172
Ratings
121
Points
86
Gender
Male
#3
Kalau zaman dulu, ketemu mainan jadul Seperti galasin, lompat tali karet, tak kali kadal, adu biji karet, main sembunyi sembunyian, main bola gebok aja sudah senang banget. Apalagi kalau ada Abang sewa gamebot.
Kalau makanan, tinggal pilih siomay, bakso Malang, rambut nenek, bola bola sagu macam cilok itu, semua masih murah
Soal hiburan, pasar malam selalu rame pengunjung. Ada komidi putar, sulap, penekan api, debus dsb.
Beli buku adanya Petruk dan Gareng, Trio Detektif, candy candy, kungfu boy.
Naik kendaraan palingan bemo aja yang ada. Tapi masih ada bis tingkat hingga saya SMA.
Uang jajan waktu Sd berkisar 200-500 rupiah.
Setiap Senin wajib ikut upacara bendera. setiap Jumat ada senam SKJ. Sabtu libur kalo tidak salah. Sore hari ikutan madrasah sore.
Tempat liburan favorit masih Monas atau Ragunan.
Acara TV adanya TVRI dan TVRI progamma 2. Meskipun sejak tahun 1990-an sudah ada RCTI dan SCTV tapi masih pake recorder. Antena parabola hanya dimiliki segelintir orang kaya saja. Si Unyil adalah hiburan tiap hari Minggu.
Ke sekolah jalan kaki saja. Maklum cuma 100 meter dari rumah.
Pelajaran bahasa Inggris baru ada SmP. Belajar menulis waktu SD kelas satu, hapalan kali kalian waktu kelas 2. IPS diajari waktu kelas 4.
Tapi kalau SD sekarang jauh beda.
 
Joined
Jan 13, 2017
Messages
144
Ratings
288
Points
101
Gender
Male
#4
Yang jelas nggak ada di anak SD jaman sekarang :
1. Blusukan. Kalo jaman dulu anak2 mainnya nyari capung, ikan cere di got, sepat atau eceng gondok di danau, adu layangan atau ngilik semut
2. Pelajaran dikte dan mencongak.
3. Kalau duduk sebelahan sama cewek favorit kelas, pasti disorakin. Cowoknya malu2...
4. jam 4 sore udah pada mandi, siap2 nonton filem kartun.
5. Buku catatan disampul coklat dan dilapis plastik..
6. Rautan pensil yg ada kaca nya (entah kenapa saya kok merasa benda ini sangat langka skr, padahal bisa digunakan untuk hal lain, seperti mencontek, bikin periskop buat ngintip, adu bayangan matahari dll :D)
7. Tempat pensil magnet.
8. papan tulis item yg tiap hari senin kinclong
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
756
Ratings
2,392
Points
451
Gender
Male
#5
Anak SD zaman now:
1. Line dan iG
2. Mantengin YouTube ketimbang baca buku
3. Gak ngerti berita (bandingin dulu waktu SD udah ngerti berita manca negara gara2 nonton Dunia Dalam Berita.. wkwkwk )
4. Uang jajan 10.000 (dulu cuma 100 perak)
 
Top