Indahnya Masa-Masa Sekolah SD, Dulu Vs Sekarang

msayuti

Vintage
Kontributor
Joined
Sep 29, 2013
Messages
789
Reaction score
1,817
Points
333
Gender
Male
Masa sekolah, masa yang paling indah :). Beragam kejadian berlalu seiring waktu. Seiring perkembangan zaman pula, sekolah dari tahun ke tahun terus berubah.
SD Dulu Vs Sekarang.jpg
1. Sekolah Zaman Dulu
  • Dulu kalo berangkat ke sekolah, bak sepasukan tentara jalan kaki atau sederet pembalap sepeda atau yang diantar orangtua pake angkot.
  • Pak Guru/Ibu Guru nulis di papan tulis hitam plus kapur.
  • Cinta-cintaan itu rahasia.
  • Kalo zaman saya, yang punya HP itu bisa dihitung jari dan hanya beberapa orang yang bisa mengoperasikannya.
  • Permainan di sekolah beragam dari kejar-kejaran sampe lompat tali.
  • Kena tempeleng, penggaris/penghapus melayang itu hal biasa. Apalagi jewer kuping sambil berdiri satu kaki di depan kelas, hehehe.

2. Sekolah Zaman Sekarang

  • Kalo sekarang, banyak yang naik motor atau yang lebih kaya, naik mobil diantar orangtua.
  • Kebanyakannya Pak Guru/Ibu Guru nulis di papan tulis putih plus spidol:coffee:.
  • Cinta-cintaan itu semua kelas harus tahu, anak SD sudah bisa bilang sayang-sayangan, wkwk.
  • Anak SD hampir semuanya bisa mengoperasikan gadget, entah itu smartphone sampe Ipad pun ada.
  • Kena tempeleng, penggaris/penghapus melayang, apalagi jewer kuping sambil berdiri satu kaki di depan kelas semuanya jadi kasus luar biasa. Guru bisa dipenjara, ha :eek:
Apa lagi?
 
Last edited:

fery

Nostalgic
Scanlation team
Joined
Mar 31, 2017
Messages
155
Reaction score
233
Points
108
Gender
Male
  • Kena tempeleng, penggaris/penghapus melayang, apalagi jewer kuping sambil berdiri satu kaki di depan kelas semuanya jadi kasus luar biasa. Guru bisa dipenjara, ha :eek:

Kasihan nasib guru jaman sekarang, padahal dulu guru seperti itu kan buat kebaikan kita juga, kita bisa jera lho jika sudah kena hukuman guru (+ malu biasanya),trus sekarang model hukumannya bagaimana ya? apakah masih bisa membuat efek jera ndak?
Dan lagi fenomena anak2 jaman sekarang agak ekstrim, kalo main ada yang bawa sajam segala...waduh cukup meresahkan..tidak disemua tempat sih, tapi ini pastinya memicu perilaku teman2 sekitarnya..
Semoga generasi kita selanjutnya bisa lebih baik
 

denny prayoga

Nostalgic
Joined
Oct 3, 2013
Messages
172
Reaction score
245
Points
88
Gender
Male
Kalau zaman dulu, ketemu mainan jadul Seperti galasin, lompat tali karet, tak kali kadal, adu biji karet, main sembunyi sembunyian, main bola gebok aja sudah senang banget. Apalagi kalau ada Abang sewa gamebot.
Kalau makanan, tinggal pilih siomay, bakso Malang, rambut nenek, bola bola sagu macam cilok itu, semua masih murah
Soal hiburan, pasar malam selalu rame pengunjung. Ada komidi putar, sulap, penekan api, debus dsb.
Beli buku adanya Petruk dan Gareng, Trio Detektif, candy candy, kungfu boy.
Naik kendaraan palingan bemo aja yang ada. Tapi masih ada bis tingkat hingga saya SMA.
Uang jajan waktu Sd berkisar 200-500 rupiah.
Setiap Senin wajib ikut upacara bendera. setiap Jumat ada senam SKJ. Sabtu libur kalo tidak salah. Sore hari ikutan madrasah sore.
Tempat liburan favorit masih Monas atau Ragunan.
Acara TV adanya TVRI dan TVRI progamma 2. Meskipun sejak tahun 1990-an sudah ada RCTI dan SCTV tapi masih pake recorder. Antena parabola hanya dimiliki segelintir orang kaya saja. Si Unyil adalah hiburan tiap hari Minggu.
Ke sekolah jalan kaki saja. Maklum cuma 100 meter dari rumah.
Pelajaran bahasa Inggris baru ada SmP. Belajar menulis waktu SD kelas satu, hapalan kali kalian waktu kelas 2. IPS diajari waktu kelas 4.
Tapi kalau SD sekarang jauh beda.
 

Darmagandhul

Nostalgic
Joined
Jan 13, 2017
Messages
168
Reaction score
388
Points
113
Gender
Male
Yang jelas nggak ada di anak SD jaman sekarang :
1. Blusukan. Kalo jaman dulu anak2 mainnya nyari capung, ikan cere di got, sepat atau eceng gondok di danau, adu layangan atau ngilik semut
2. Pelajaran dikte dan mencongak.
3. Kalau duduk sebelahan sama cewek favorit kelas, pasti disorakin. Cowoknya malu2...
4. jam 4 sore udah pada mandi, siap2 nonton filem kartun.
5. Buku catatan disampul coklat dan dilapis plastik..
6. Rautan pensil yg ada kaca nya (entah kenapa saya kok merasa benda ini sangat langka skr, padahal bisa digunakan untuk hal lain, seperti mencontek, bikin periskop buat ngintip, adu bayangan matahari dll :D)
7. Tempat pensil magnet.
8. papan tulis item yg tiap hari senin kinclong
 

kresnaw

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,229
Reaction score
4,306
Points
573
Gender
Male
Anak SD zaman now:
1. Line dan iG
2. Mantengin YouTube ketimbang baca buku
3. Gak ngerti berita (bandingin dulu waktu SD udah ngerti berita manca negara gara2 nonton Dunia Dalam Berita.. wkwkwk )
4. Uang jajan 10.000 (dulu cuma 100 perak)
 

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
337
Reaction score
1,632
Points
273
Gender
Female
Anak SD dulu brangkat sekolah dg wajah sumringah mau ketemu teman2 di kelas.

Anak SD sekarang brangkat sekolah dg wajah cemberut banyak pkiran wkwkwk
 

SemutMadu

Greenhorn
Joined
Nov 2, 2017
Messages
28
Reaction score
33
Points
43
Gender
Female
Anak SD dulu sekolahnya Senin sampai Sabtu
Anak SD dulu dapat pelajaran Bahasa Inggris mulai kelas 5
Anak SD dulu buku pelajarannya lebih mudah dipahami dan focus ke pelajaran tsb
Anak SD dulu tulisan rapi karena ada menulis halus

Anak SD sekarang sekolahnya Senin sampai Jumโ€™at
Anak SD sekarang kelas 1 sudah lancar bahasa Inggris
Anak SD sekarang buku pelajarannya campur aduk, kurang fokus
Anak SD sekarang tulisannya kurang rapi karena jarang menulis
 

Awee

Retro
Kontributor
Best Comment
Joined
Jan 19, 2021
Messages
327
Reaction score
748
Points
193
Gender
Male
Nah ini menarik.....:)

Saya hanya bisa cerita soal masa SD saya, karena saya kira -- meskipun pada umumnya semua SD hampir seragam -- belum tentu apa yang saya alami di masa SD sama dengan teman-teman lain, meskipun periode waktunya sama....

Jaman SD:
  1. Kelas 1 dan 2, setiap hari pergi sekolah bawa semua buku pelajaran, karena belum tahu ada jadwal pelajaran... (kebayang gede dan berat tasnya...๐Ÿ˜)
  2. Guru kelas 1 dan 2 adalah superwoman dan superman, karena mengajar semua mata pelajaran, kecuali Agama dan olah raga.... juga sebagai wali kelas.....
  3. Kelas 3 sampai kelas 6, sudah ada jadwal mata pelajaran dan sudah ada guru fak (kami menyebutnya fak, yaitu guru mata pelajaran) jadi selain menjadi wali kelas, guru tersebut juga mengajar mata pelajaran tertentu, sedangkan untuk mengajar mata pelajaran lain ada guru lain yang biasanya wali kelas di kelas lain (baik kelas paralel ataupun kelas di atas kami).
  4. Uang logam Rp. 5,- masih bisa beli permen.... (kalau sekarang.....o_O)
  5. Kelas 1 dan 2, masih bawa botol minuman yang disandang, biasanya bergambar tokoh kartun.... (pas kelas 3 dan seterusnya, tidak lagi...๐Ÿ˜). Dan kalau pulang sekolah (karena naik kendaraan umum -- jarak dari rumah ke sekolah sekitar 12 km), botol minumannya diisi minuman botol plus es batu.... buat bekal perjalanan pulang...๐Ÿ˜
  6. Minuman botol yang sering dibeli -- Coffee Beer dan Sarsaparilla, karena jauh lebih murah ketimbang Coca Cola dkk. Ketika dewasa minum Root Beer, kok rasanya sama dengan Sarsaparilla ya....:LOL:
  7. Main sepak bola di SD, pakai bola tennis. Kecil sih bolanya, tapi kok teman-teman jago-jago ya mainnya....:LOL:. Permainan lainnya: Kucing Dua Puluh, Batu Tujuh (ada yang menyebutnya Tujuh Batalion -- padahal nggak ada unsur-unsur militernya....:LOL:), Petak Umpet, dan beberapa permainan jadoel lainnya (yang tidak membutuhkan peralatan khusus)
  8. Seragam sampai kelas 4 masih khas SD saya putih abu-abu. Baru pakai putih merah saat kelas 5. Yang jelas, dengkulnya kelihatan....:LOL: (Anak SD sekarang celana seragamnya kayanya sudah panjang sampai mata kaki)
Hal-hal lain, umumnya hampir sama dengan yang telah disampaikan teman-teman di atas....:)

Cinta-cintaan itu rahasia.
Bukan hanya rahasia, Mas @msayuti, malah kalau diledek mati-matian tidak ngaku naksir teman perempuan....:ROFLMAO:
 

bebekhitam

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
1,244
Reaction score
5,614
Points
513
Gender
Female
Kelas 1 dan 2, setiap hari pergi sekolah bawa semua buku pelajaran, karena belum tahu ada jadwal pelajaran... (kebayang gede dan berat tasnya...๐Ÿ˜)
Kelas 1 dan 2, masih bawa botol minuman yang disandang, biasanya bergambar tokoh kartun.... (pas kelas 3 dan seterusnya, tidak lagi...๐Ÿ˜). Dan kalau pulang sekolah (karena naik kendaraan umum -- jarak dari rumah ke sekolah sekitar 12 km), botol minumannya diisi minuman botol plus es batu.... buat bekal perjalanan pulang...๐Ÿ˜

mungkin kurang lebih seperti ini ya mas @Awee? (ada radio jadul di latar belakang ๐Ÿง)
Log in or register to view this content!
sumber
 

Awee

Retro
Kontributor
Best Comment
Joined
Jan 19, 2021
Messages
327
Reaction score
748
Points
193
Gender
Male
mungkin kurang lebih seperti ini ya mas @Awee? (ada radio jadul di latar belakang ๐Ÿง)
Ha ha ha.. bisa aja Mbak @bebekhitam. Tapi kurang lebih ....:LOL:
Saya sendiri sih tidak serapi dan tidak sekeren anak di foto itu, Mbak....๐Ÿ˜
Tapi tasnya kok bisa sama, ya....(tas waktu kelas 5, waktu kelas enam sudah pakai tas sandang)
 

wong tegal

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,081
Reaction score
5,593
Points
553
Gender
Male
Ngomong2 radio jadul, percaya ga mbak @bebekhitam dlu mama ku tukar tanah sama radio๐Ÿคฃ
Kaget saya membaca tulisan di atas.... :eek:
Coba teman-teman baca dua kalimat di bawah ini. Menurut kalian dua kalimat di bawah ini mempunyai pengertian yang sama apa tidak?
- dlu mama ku tukar tanah sama radio
- dlu mamaku tukar tanah sama radio
:):):)
 

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
337
Reaction score
1,632
Points
273
Gender
Female
Multitafsir emang ๐Ÿ˜†
Mamanya ditukar tanah dan radio?
Mamanya menukarkan tanah dg radio?
 
Top