Hal2 Rancu - Klarifikasi di sini...

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
958
Ratings
3,596
Points
551
Gender
Female
#1
saya lihat di forum ini sebetulnya sudah sering pembahasan yang sifatnya mencari klarifikasi, ini contohnya...

Rusa - Kijang - Kancil di sini

Soang - Angsa - Mentok/Entok di sini

Bajang - Kurcaci - Liliput di sini

silahkan menambahkan, kalau kebetulan teringat :)

dulu saya pernah tidak jelas juga perbedaan bajing, tupai dan chipmunk
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
801
Ratings
3,919
Points
461
Gender
Male
#3
Sebenarnya saya ingin membahas kerancuan antara Mimi Hitam dengan Bebek Hitam. Secara gambar (avatar) mereka berdua 'kan hampir sama. Yang saya tahu tentang Mimi Hitam adalah dia hanya ada di Album Walt Disney, konon tinggalnya di Gunung Vesuvius, penyihir yang sangat jahat, musuh berat Gober Bebek, terobsesi ingin memiliki koin keberuntungan milik Gober Bebek.
Kalau Bebek Hitam.... ??? :unsure::unsure::unsure:

*jangan marah ya, mbak @bebekhitam, hanya bercanda kok. :D
 

Nubi

Greenhorn
Donatur
Joined
Jun 6, 2018
Messages
20
Ratings
58
Points
51
Gender
Male
#4
Met pagi,

Ada yang tahu perbedaan antara komik, cergam, dan karikatur? Semua nya menggunakan gambar sebagai bentuk komunikasi visual nya. Kadang dulu asal saja menyebutkannya, toh sama aja ada gambar nya 😁 hehe

KOMIK
Sebutan paling populer dan idola topik di forum ini. Secara singkat ini adalah “Rangkaian gambar situasional keadaan cerita yang disusun berurutan sesuai cerita dan waktu. Biasanya memakai panel balon yang ditulis kata kata yang ditata berurutan”
Log in or register to view this content!

CERGAM atau cerita bergambar.
Gambar hanya dipergunakan untuk pelengkap dari sebuah cerita. Biasanya hanya cuplikan salah satu adegan dalam sebuah cerita.

Log in or register to view this content!

KARIKATUR
Gambar tunggal dimana formasi gambar nya dibuat berlebihan dan tidak proporsional baik dimensi wajah, tubuh, atau objek lainnya, disertai kata kata sindiran, kritik, opini dan pesan sosial atau politik.

Log in or register to view this content!


Mohon koreksi dan tambahan nya ya mas, apabila ada kekurangan uraian diatas☺️

Salam.
 

Nubi

Greenhorn
Donatur
Joined
Jun 6, 2018
Messages
20
Ratings
58
Points
51
Gender
Male
#5
Pertandingan vs Perlombaan


Met pagi,

Dalam beberapa bulan terakhir ini kita disibukkan sebuah kegiatan yaitu menonton pertandingan bola piala dunia. Untuk menonton pertandingan bola ini ternyata bukan perkara mudah. Hal ini dikarenakan jam tayang yang berbeda membuat kita harus berhitung dan mengatur strategi untuk menjaga stamina badan agar ngga loyo saat aktivitas pagi nya.

Berbahagia lah mereka yang punya jam tidur biologis yang pendek, artinya walau tidur hanya 3-4 jam tapi sudah segar bugar saat pagi. Tapi ini sih bisa dihitung jari teman saya yang bisa demikian. Hehe😊

Bicara mengenai pertandingan, barangkali ada yang tau apa perbedaan antara pertandingan dan perlombaan.

Kedua kata ini ternyata berbeda penggunaan dan artinya.
Sifat pertandingan mengaju pada kegiatan olahraga yang hasil akhirnya bisa seri, kalah atau menang. Peserta pertandingan biasanya 2 kubu. Dan waktu pelaksanaan kegiatan bisa berlangsung bertahap.
Sedangkan perlombaan mengaju pada hasil akhir nya yaitu menang atau kalah, dan pesertanya bisa lebih dari 2 kubu pada saat bersamaan.

Nah berdasarkan hal diatas maka kita bisa menjawab kerancuan hal hal dibawah ini,

Renang: pertandingan atau perlombaan?
Balap karung: pertandingan atau perlombaan?
Tinju: pertandingan atau perlombaan?

Apa persamaan ke 2 nya?
Ya sudah tentu ada dan dapat piala untuk kedua nya 🏆🏆🥇🥈🥉

Wah, jadi teringat satu hal yang sering disebut sebut orang tua yaitu hidup adalah perlombaan. Dan kita diminta berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita ini.

Salam.
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
939
Ratings
1,895
Points
421
Gender
Male
#6
Kalo yang pernah saya denger, perlombaan itu ga mesti berhadap-hadapan, misal lomba nyanyi, atau lomba melukis, peserta yang satu menghadap ke barat, yang satu ke timur mencari inspirasi. Sementara kalo pertandingan pasti berhadapan, contoh pertandingan gulat.

Jadi kalo suami istri lagi marahan, itu namanya perlombaan, suami tidurnya madep pintu istrinya madep tembok. Tapi begitu akur udah maaf2an, nah, pertandingan dimulai...!

:ROFLMAO::ROFLMAO:
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
730
Ratings
2,350
Points
456
Gender
Male
#7
Kalu perlombaan mungkin harus searah semua mas (bukan berlawanan arah). Contoh perlombaan lari atau... hhahah (maaf) khusus anak laki2 ... perlombaan jauh-jauhan..... (hahahha... ga mau tulis ah).

Kalo pertandingan, betul harus hadap-hadapan... hahaha
 
Top