Film Friday The 13th

59a420e86064c.jpg

Jenis film : Serial TV Horor
Sutradara : Frank Mancuso Jr.
Penulis : Bill Taub
Aktor : John D. LeMay, Louise Robey, Chris Wiggins
Durasi: 46 menit
Tahun tayang: 1987

Rating IMDB : 7.0 /10
Nilai rekomendasi : 5/5

Sinopsis :
Masih ingat dengan pembuka film seri ini? Adegan seolah kita digiring masuk melalui lubang kunci ke sebuah ruangan yang dipenuhi barang antik, serta boneka gorilla yang melambaikan tangannya, dan berakhir pada sangkar burung emas sebelum meledak saat judul serial itu muncul? Ya! Kalau anda masih ingat, dulu setiap malam Jumat ada serial yang ditunggu-tunggu yaitu Friday The 13th di TVRI.

Serial ini berkisah tentang seorang pemilik toko antik “Vendredi’s Antiques” bernama Lewis Vendredi. Dia menyerahkan jiwanya pada setan dan menjual barang-barang antik yang mempunyai kekuatan sihir hitam kepada orang-orang yang ingin memuaskan nafsu duniawi secara instan. Biasanya agar keinginan si pemilik barang antik itu tercapai, dia harus mengorbankan nyawa orang lain terlebih dahulu. Lewis kemudian melanggar kesepakatan sehingga jiwanya diambil oleh Iblis. Dia mewariskan tokonya pada keponakannya, Michelle “Micki” Foster. Micki, dibantu sepupunya, Ryan Dallion, dan kerabat Lewis, Jack Marshak, memburu barang-barang antik terkutuk itu kembali sebelum semakin disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.
Kadang nyawa mereka pun terancam karena biasanya si pemilik enggan melepaskan benda terkutuk itu karena telah tahu ‘manfaatnya’. Dalam beberapa episode diceritakan kalau mereka bertiga kadang tergoda untuk memakai sendiri benda-benda antik tersebut untuk keuntungan pribadi.


59a42143717de.jpg
Para pemeran utama serial Friday The 13th


Kelebihan :
Serial ini mampu menghanyutkan imajinasi penonton dalam drama horor yang dikemas sederhana dan mudah dicerna tapi tetap membuat merinding para pemirsa dengan alur yang indah dan instrumen yang mendukungnya. Merupakan film horor yang cocok buat keluarga bahkan meraih rating yang tinggi versi IMDB. Waktu itu, meskipun saya masih duduk di bangku SD pun sangat menikmati tayangan ini. Meskipun bergenre horor tapi minim adegan kekerasan (sopan dalam penyampaian adegan)

Kekurangan :
Sebenarnya sangat sulit menemukan kekurangan di serial TV tahun 80'an ini, dan saya menyerah untuk menemukan kekurangannya..(maafkan saya..:censored:)

Kesimpulan :

Keinginan manusia yang ingin cepat kaya, cepat sukses, cepat terkenal dan hal-hal menyenangkan duniawi membuat sebagian orang rela melakukan apa saja termasuk memuja setan dan bersekutu dengan mereka walau harus mengorbankan nyawa orang lain sebagai tumbal. Biasanya pemilik benda antik terkutuk itu akan menjadi korban akibat kejahatannya sendiri di tiap akhir episode. Dalam serial TV ini selalu memunculkan hikmah dan pelajaran untuk kita semua...Meskipun ini semua hanya cerita fiksi....
 
Sayangnya saya belum lahir waktu itu, jd penasaran pngen nonton, bagus kayakny
 
Film ini cukup ditunggu-tunggu juga. Intronya inget banget. Yang bikin merinding adalah pas scene monyet bermain simbal (hmmm..kenapa yah?). Kalau ada yg punya linknya boleh dishare gan..
 
Sering banget nonton sekeluarga rame-rame. Tapi saya cuma inget 1 seri yang perempuan ingin muda terus, caranya dengan membunuh orang untuk menghilangkan kerutan di wajahnya. Alatnya kaca saku kecil yang bisa dibawa kemana2.
 
Filmnya horor tapi tayangnya kalo nggak salah diawal-awal jam 8 terus bergeser jadi jam 9. Lumayan serem juga tapi yang saya inget ada salah satu episode yang jadi peran antagonisnya cewek kuper yang pengen berubah pemainnya sama dengan pemeran pacarnya Mr. Bean :D
 
Setelah Ryan mati krn dahinya ditempeli keping usng itu gantinya sapa ya? Lupa namanya ... cowok ...

Dulu saya bikin daftar barang2 ajaib dari setiap seri ... ada boneka anak perempuan, cangkir yg melilit leher yg minum, tempat bedak berkaca yg bikin kerutan muka hilang, keping uang yg ambil nyawa utk menghidupkan org lain, lukisan, kira2 40an barang deh ... hi3 kurang kerjaan bgt ya anak SD waktu itu.
 
Saya lumayan suka seri ini, sekarang lagi nonton season 1. Betul kata mas galociguy ceritanya masih menarik walau visual efeknya kalah dibanding film sekarang. Juga pertama kali denger judul ini kenapa saya kepikiran Freddie Krueger ya hehehe...
 
Soale ada film friday the 13th tp yg main freddy kruger ... kecewaaa ... kirain jack marshak.


Gantinya Ryan Dallion namanya David Ventura bkn ya? Aku cuma inget nama blkgnya Ventura.
 
Soale ada film friday the 13th tp yg main freddy kruger ... kecewaaa ... kirain jack marshak.


Freddy kruger bukan di Friday the 13th tapi di Nightmare on Elm Street. Kalau film bioskop Friday the 13th itu Jason Voorhes.

Btw, dulu setiap nonton Nightmare on Elm Street bikin gak bisa tidur. o_Oo_O
 
Oh iyaaa ... si Jason yg ga ada matinya he3 maaf salah orang eh setan.
 
Film favoritku, aku sempet kesel banget ketika tokoh Ryan berubah jadi anak-anak lagi di episode "lupa". Penggantinya bagiku kurang sreg nih.
 
Ryan kan mati gara2 koin .... trus kayaknya dihidupkan lg tp jd anak2 *entahlah ... * gantinya cowok lain ...
 
Kok nonton ini waktu kecil ngeri banget ya ? Skaran kok biasa aja ? Hahah mungkin kehidupan nyata lebih horror.
Namun alur ceritanya ok banged nih fil gak kalah ama film2 skarang top bgt
 
Back
Top