Film Friday The 13th

59a420e86064c.jpg

Jenis film : Serial TV Horor
Sutradara : Frank Mancuso Jr.
Penulis : Bill Taub
Aktor : John D. LeMay, Louise Robey, Chris Wiggins
Durasi: 46 menit
Tahun tayang: 1987

Rating IMDB : 7.0 /10
Nilai rekomendasi : 5/5

Sinopsis :
Masih ingat dengan pembuka film seri ini? Adegan seolah kita digiring masuk melalui lubang kunci ke sebuah ruangan yang dipenuhi barang antik, serta boneka gorilla yang melambaikan tangannya, dan berakhir pada sangkar burung emas sebelum meledak saat judul serial itu muncul? Ya! Kalau anda masih ingat, dulu setiap malam Jumat ada serial yang ditunggu-tunggu yaitu Friday The 13th di TVRI.

Serial ini berkisah tentang seorang pemilik toko antik “Vendredi’s Antiques” bernama Lewis Vendredi. Dia menyerahkan jiwanya pada setan dan menjual barang-barang antik yang mempunyai kekuatan sihir hitam kepada orang-orang yang ingin memuaskan nafsu duniawi secara instan. Biasanya agar keinginan si pemilik barang antik itu tercapai, dia harus mengorbankan nyawa orang lain terlebih dahulu. Lewis kemudian melanggar kesepakatan sehingga jiwanya diambil oleh Iblis. Dia mewariskan tokonya pada keponakannya, Michelle “Micki” Foster. Micki, dibantu sepupunya, Ryan Dallion, dan kerabat Lewis, Jack Marshak, memburu barang-barang antik terkutuk itu kembali sebelum semakin disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.
Kadang nyawa mereka pun terancam karena biasanya si pemilik enggan melepaskan benda terkutuk itu karena telah tahu ‘manfaatnya’. Dalam beberapa episode diceritakan kalau mereka bertiga kadang tergoda untuk memakai sendiri benda-benda antik tersebut untuk keuntungan pribadi.


59a42143717de.jpg
Para pemeran utama serial Friday The 13th


Kelebihan :
Serial ini mampu menghanyutkan imajinasi penonton dalam drama horor yang dikemas sederhana dan mudah dicerna tapi tetap membuat merinding para pemirsa dengan alur yang indah dan instrumen yang mendukungnya. Merupakan film horor yang cocok buat keluarga bahkan meraih rating yang tinggi versi IMDB. Waktu itu, meskipun saya masih duduk di bangku SD pun sangat menikmati tayangan ini. Meskipun bergenre horor tapi minim adegan kekerasan (sopan dalam penyampaian adegan)

Kekurangan :
Sebenarnya sangat sulit menemukan kekurangan di serial TV tahun 80'an ini, dan saya menyerah untuk menemukan kekurangannya..(maafkan saya..:censored:)

Kesimpulan :

Keinginan manusia yang ingin cepat kaya, cepat sukses, cepat terkenal dan hal-hal menyenangkan duniawi membuat sebagian orang rela melakukan apa saja termasuk memuja setan dan bersekutu dengan mereka walau harus mengorbankan nyawa orang lain sebagai tumbal. Biasanya pemilik benda antik terkutuk itu akan menjadi korban akibat kejahatannya sendiri di tiap akhir episode. Dalam serial TV ini selalu memunculkan hikmah dan pelajaran untuk kita semua...Meskipun ini semua hanya cerita fiksi....
 
Saya juga selalu ingat om, apalagi pas sangkar/gelas nya pecah itu...kesan horornya nempel banget..hehe
 
Ini salah satu serial yang saya suka banget.(y) Tapi ngomong-ngomong pernah tidak panjenengan semua kepo untuk mencari tahu ada berapa sih jumat tanggal 13 dalam satu tahun? Dan juga jumat tanggal 13 pasarannya kliwon?:)
 
Yg saya kepo sebenarnya ada apa sih dg hari jumat tanggal 13 itu..? Kok kayanya selalu dikait2kan dg hal2 mistis gitu..dan uniknya angka 13 ini juga dipercaya membawa sial oleh orang2 tertentu..iya gak sih..?
 
Saking sukanya ma serial ini, saya dah download semua episodex tamat... cmn blom ada sub indonya
 
Ini salah satu serial yang saya suka banget.(y) Tapi ngomong-ngomong pernah tidak panjenengan semua kepo untuk mencari tahu ada berapa sih jumat tanggal 13 dalam satu tahun? Dan juga jumat tanggal 13 pasarannya kliwon?:)
Saya waktu kecil sempat bertanya-tanya juga masalah itu. Seingat saya dulu pas saya hitung-hitung paling banyak dapatnya 2 dalam setahun (kalau ga salah ingat sih):D:D:D. Itu Friday the 13th. Kalau Jumat Kliwon harusnya persentasenya lebih sedikit lagi.
 
Ini salah satu film favorit saya. Episode yang saya ingat itu adalah lukisan terkutuk yang memungkinkan seseorang pergi ke masa lampau dengan bayaran darah.
Episode lainnya yakni waktu pohon terkutuk yang memungkinkan istrinya melahirkan anaknya dengan selamat dengan bayaran nyawa ayahnya.
Jadi pengen nonton lagi dari awal.
 
Ini film favorit saya juga wakti kecil. Saya pernah download filmnya beberapa seri. Sudah subtitle. Tapi karena udah dewasa terasa beda nontonnya daripada waktu kecil. Kalau waktu kecil film itu terasa beneran dan horor. Tapi sekarang, keliatan banget visual effectnya. Mungkin karena film udah jadul dan visual effect blum secanggih skrg. Kalau dari segi cerita masih berkualitas.
 
Yg saya kepo sebenarnya ada apa sih dg hari jumat tanggal 13 itu..? Kok kayanya selalu dikait2kan dg hal2 mistis gitu..dan uniknya angka 13 ini juga dipercaya membawa sial oleh orang2 tertentu..iya gak sih..?

mitos nya asal muasalnya banyak, yang paling terkenal di tanggal tersebut ada pembantaian pas perang salib dulu
 
Aku ada filmnya tapi koq masih gak berani kalo nonton sendirian..
Btw seri yg agak serem itu yg ada koin yg bisa dipake buat membangkitkan orang...
 
Wah ini film serem banget tapi selalu ditunggu. Yang paling serem episode yang ada bonekanya.
 
Back
Top