Film Friday The 13th

59a420e86064c.jpg

Jenis film : Serial TV Horor
Sutradara : Frank Mancuso Jr.
Penulis : Bill Taub
Aktor : John D. LeMay, Louise Robey, Chris Wiggins
Durasi: 46 menit
Tahun tayang: 1987

Rating IMDB : 7.0 /10
Nilai rekomendasi : 5/5

Sinopsis :
Masih ingat dengan pembuka film seri ini? Adegan seolah kita digiring masuk melalui lubang kunci ke sebuah ruangan yang dipenuhi barang antik, serta boneka gorilla yang melambaikan tangannya, dan berakhir pada sangkar burung emas sebelum meledak saat judul serial itu muncul? Ya! Kalau anda masih ingat, dulu setiap malam Jumat ada serial yang ditunggu-tunggu yaitu Friday The 13th di TVRI.

Serial ini berkisah tentang seorang pemilik toko antik “Vendredi’s Antiques” bernama Lewis Vendredi. Dia menyerahkan jiwanya pada setan dan menjual barang-barang antik yang mempunyai kekuatan sihir hitam kepada orang-orang yang ingin memuaskan nafsu duniawi secara instan. Biasanya agar keinginan si pemilik barang antik itu tercapai, dia harus mengorbankan nyawa orang lain terlebih dahulu. Lewis kemudian melanggar kesepakatan sehingga jiwanya diambil oleh Iblis. Dia mewariskan tokonya pada keponakannya, Michelle “Micki” Foster. Micki, dibantu sepupunya, Ryan Dallion, dan kerabat Lewis, Jack Marshak, memburu barang-barang antik terkutuk itu kembali sebelum semakin disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.
Kadang nyawa mereka pun terancam karena biasanya si pemilik enggan melepaskan benda terkutuk itu karena telah tahu ‘manfaatnya’. Dalam beberapa episode diceritakan kalau mereka bertiga kadang tergoda untuk memakai sendiri benda-benda antik tersebut untuk keuntungan pribadi.


59a42143717de.jpg
Para pemeran utama serial Friday The 13th


Kelebihan :
Serial ini mampu menghanyutkan imajinasi penonton dalam drama horor yang dikemas sederhana dan mudah dicerna tapi tetap membuat merinding para pemirsa dengan alur yang indah dan instrumen yang mendukungnya. Merupakan film horor yang cocok buat keluarga bahkan meraih rating yang tinggi versi IMDB. Waktu itu, meskipun saya masih duduk di bangku SD pun sangat menikmati tayangan ini. Meskipun bergenre horor tapi minim adegan kekerasan (sopan dalam penyampaian adegan)

Kekurangan :
Sebenarnya sangat sulit menemukan kekurangan di serial TV tahun 80'an ini, dan saya menyerah untuk menemukan kekurangannya..(maafkan saya..:censored:)

Kesimpulan :

Keinginan manusia yang ingin cepat kaya, cepat sukses, cepat terkenal dan hal-hal menyenangkan duniawi membuat sebagian orang rela melakukan apa saja termasuk memuja setan dan bersekutu dengan mereka walau harus mengorbankan nyawa orang lain sebagai tumbal. Biasanya pemilik benda antik terkutuk itu akan menjadi korban akibat kejahatannya sendiri di tiap akhir episode. Dalam serial TV ini selalu memunculkan hikmah dan pelajaran untuk kita semua...Meskipun ini semua hanya cerita fiksi....
 
Saya lagi nostalgia nonton serinya dari nol, ternyata di youtube ada jadi saya nikmati satu persatu. Entah kenapa dulu rasanya menakutkan sekali sampai menonton pun takut (mata ditutupi jari tangan) tapi kok pingin menonton :D

Ternyata tidak seseram yang saya tonton waktu kecil dulu, mungkin level keseraman saya sudah naik, karena sekarang saldo rekening yg kosong terasa seperti horor dan tanggal jatuh tempo terasa bagaikan teror.

Itu memang horor yg paling horor... Hahahaha😂😂😂😂
 
boneka gorilla melambai..
Boneka gorilla yg sedang memukul drum ini juga ada di dalam ruangan penyimpanan benda2 mistis di rumah Ed dan Lorraine Warren (Conjuring, Annabel, The Nun). Entah kenapa memang boneka spt ini agak angker melihatnya 😄.
 
Season 1 episode 9 "Root of all evil"

Log in or register to view this content!
Saya jadi ingat omongan ibu saya dahulu tentang temannya yang punya hutang banyak. Temannya tersebut berkata, "Meskipun tubuhku diperas, saking tak punya uang, sudah tak ada darah lagi yang keluar."
 
Back
Top