Pengarang/Komikus Drs. Suyadi

58096dbe1ce5b.jpg 58096dbbc7a8e.jpg

Drs. Suyadi (lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932 – meninggal di Jakarta, 30 Oktober 2015 pada umur 82 tahun) adalah pencipta Si Unyil, sebuah film seri televisi Indonesia. Suyadi menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil. Ia juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil.

Suyadi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi ke Perancis (1961-1963).

Suyadi juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar.
Log in or register to view this content!

Yang tidak banyak diketahui masyarakat, yaitu Drs. Suyadi pernah juga menggambar illustrasi untuk seri buku Kisah Hans Christian Andersen, yang diterbitkan oleh penerbit Djambatan. Seri buku ini diterjemahkan dari naskah asli kumpulan dongeng-dongeng Hans Christian Andersen.
Log in or register to view this content!

Selain sebagai illustrator/pelukis, beliau juga dikenal sebagai salah seorang maestro pendongeng yang sangat digemari anak-anak. Sebelum meninggal, menjelang hari-hari terakhirnya, beliau masih aktif mendongeng di rumahnya yang sempit di Jl Petamburan 3, Jakarta Barat, dan selalu dipenuhi anak-anak yang antusias ingin mendengarkan dia mendongeng.

Suyadi meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober 2015 di Rumah Sakit Pelni Petamburan pada pukul 22.20 WIB. Jenazahnya dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu, 31 Oktober 2015.

Walaupun Drs Suyadi bukan seorang komikus ataupun pengarang, saya rasa tidak ada salahnya ditampilkan di sini, karena karya-karya beliau sangat mewarnai masa kecil kita semua dengan buku pelajaran Bahasa Indonesia dan film boneka Si Unyil, juga seri buku Kisah Fantasi Hans Christian Andersen. Ini saya ingat dibelikan ortu waktu kecil, dan saya sangat senang sekali membacanya, terutama dengan gambar-gambarnya yang indah, yang ternyata digambar oleh sang maestro Drs. Suyadi.

Sebelum beliau meninggal, saya sempat menghadiri pameran karya-karya beliau yang diadakan di rumahnya Jl. Petamburan 3, di rumah yang kecil dan sempit itu dijual juga boneka Si Unyil, Pak Raden dan Pak Ogah, kaos bergambar poster ilustrasi Hans Christian Andersen karya beliau, juga buku serinya dijual lagi (walaupun berupa fotocopy hitam putih).

Saya menulis thread ini karena di samping menjelang satu tahun kepergian beliau, sekaligus memenuhi tantangan kontes thread di sini. :D
 
Last edited by a moderator:
Saya kurang mengenal Drs. Suyadi jadi bagus juga ada dibahas di thread pengarang/komikus. Mungkin bisa dibuat thread sendiri untuk tokoh-tokoh berjasa dalam membangun pendidikan di Indonesia. Ada beberapa tokoh yang bisa dibahas seperti Kak Seto, Pak Tino Sidin, Ibu Soed, Bapak Kasur dan Ibu Kasur yang berjasa pada pendidikan anak-anak. Tokoh lainnya ada juga Ki Hajar Dewantara, RA Kartini, Dewi Sartika dan masih banyak lagi.

Waktu masih kecil saya gemar nonton Si Unyil dan Ria Jenaka tiap hari Minggu. Tapi terus terang ingatan saya sudah samar-samar mengenai acara tersebut, karakter Pak Raden seperti apa ya? Saya baru tau juga ternyata Drs. Suyadi ini seorang illustrator buku pelajaran bahasa Indonesia yang dulu saya pernah pelajari.
 
aduh... saya suka sekali buku kisah fantasi hans christian andersen terbitan djambatan. dulu termasuk buku yg bolakbalik dibaca. enam2 nya... ntar bikin request ah :)
 
gambarnya pak suyadi ini lejend banget di buku pelajaran,
bikin suka menggambar, paham betul dunia anak jd sangat pas buat ilustrator anak
 
Pak Raden itu dulu tokoh Jawa tulen dalam serial si Unyil. Dengan ciri khas blangkon Yogyakarta, kain beskap dan kumis tebal serta bersuara berat parau akan selalu menghibur kita di Minggu pagi...
Pak Raden yang anti kerja bakti ini dengan alasan encoknya kumat, ternyata memiliki nama Raden Mas Singomenggolo Jalmowono yg arti harafiahnya adalah Raden Terhormat Singa Pemimpin Orang Utan... :D

Di dalam cerita si Unyil, pak Raden memiliki seorang istri yang ramah, sopan dan sayang anak anak. Sama seperti kehidupan aslinya, Pak Suyadi dan Pak Raden tidak dikaruniai putra putri...
Konon beberapa puluh tahun silam saat diwawancara, Pak Suyadi ini mengaku terus terang bahwa kehidupan sehari2nya tidak berbeda dengan Pak Raden di serial unyil tersebut. Masa muda pak Suyadi selalu dikelilingi anak anak yang selalu berusaha mencuri jambu klutuk miliknya.
Bedanya, di serial pak Raden akan selalu marah2 jika jambunya diusik, di kehidupan nyata, Pak Suyadi malah amat sayang anak2 dan mempersilahkan anak2 untuk mengambil jambunya...

Selamat jalan Pak, kami akan selalu kangen suara berat logat jawa belandamu pak.
 
Mas @Darmagandhul Drs. Suyadi memang seumur hidupnya tidak pernah menikah jadi memang tidak punya anak2. Hidupnya selalu ditemani anak2 yg antusias mendengarkan beliau mendongeng, dan juga beliau ini pencinta kucing. Di rumahnya waktu saya berkunjung, ada kali 20 ekor kucing dipelihara dan semua lucu2.

download.jpg ee01492afd851684499e2f8114df46b7208069984486085_1987335482500695922_o.jpg
 
gambar-gambarnya menghiasi buku pelajaran saya semasa SD, benar-benar seorang ilustrator dan pengarang yang legendaris!
 
Pernah nonton tayangan tentang Drs. Suyadi di TV sebelum beliau meninggal dan sudah dalam keadaan lemah tapi masi tetap mempertahankan dandanan ala Pak Raden, masih semangat menceritakan proses pembuatan si unyil, walaupun beliau tidak punya anak tapi beliau mencintai anak anak dan ingin anak anak punya tontonan yang menuntun.
 
dulu saya suka sekali acara beliau berdongeng di TVRI dgn menggambar yg coret coret eh jadi gambar :D lupa nama acaranya apa,tp zaman itu kayaknya belum ada youtube,, maka nya nggak ada di youtube, internet aja belum :LOL::LOL:
jd kangen dgn beliau, Pak Raden, semoga disana beliau selalu dalam rahmat nya, berbahagia sebagaimana beliau yg selalu membuat anak2 lebih bahagia... semoga ditemukan lagi dgn beliau di surga nanti...
 
Ngga sangka, Pak Raden itu adalah pencipta si unyil, baru tau saya, malah jadi pemain juga, sebagai pak Raden.
Selamat jalan Pak Suyadi
Dikatakan di atas Pak Suami jngajari melukis juga, jadi ingat dulu ada sosok yang suka ngajarin anak-anak menggambar di tv namanya Pak Tino Sidin
 
Dulu waktu kecil saya juga pernah dihibur oleh si Unyil dan Pak Raden. Tak disangka masa tuanya Pak Raden (Drs. Suyadi) menyedihkan, hanya ditemani kucing2 peliharaannya dan seorang pengurus rumahnya karena beliau tidak menikah....
 
Saya nggak nyangka lho, selain mengisi hari hari minggu saya dulu, ternyata beliau jg yg mengisi buku pelajaran saya pas SD. Cm sy nggak pernah lihat acara menggambarnya beliau. Tahunya pak Tino Sidin aja hehehe
 
Back
Top