Pengarang/Komikus Bung Smas

Berikut kutipan dari artikel Benny Rhamdani di Kompasiana :


Bertemu Bung Smas, Ayah Kandung Noni dan Pulung
586b65f0599fb.jpg

Bertemu Bung Smas, yang menginspirasi saya menulis bacaan anak

Kamis (2/Juni) 2006 adalah waktu yang tidak pernah saya lupakan, saya mendapat tugas ke Jakarta untuk rapat penjurian sayembara penulisan. Satu hal yang membuat saya amat gembira, saya akan bertemu dengan penulis serial NONI, Bung Smas. Dialah salah satu penulis novel anak yang menginspirasi saya menulis bacaan anak. Saya baca kembali koleksi novel karyanya sehari sebleum bertemu.

Saya adalah penggemar berat tokoh fiktif bernama Noni. Cewek jenius yang potongan rambutnya mirip Lady Di, dan berteman dengan preman bernama Godek. Tulisan Bung Smas saya baca, seiring mulai menjamurnya tulisan Enid Blyton di era 1980-an. Bung Smas susah sekali saya lacak ketimbang penulis seangkatannya seperti Jokolelono (serial Astrid), Dwianto Setyawan (serial Sersan Grung Grung), dan Arswendo Atmowiloto (serial Imung).

Setelah bercakap-cakap serius, sejam kemudian, saya bisa mencair dengan Bung Smas. Banyak cerita yang keluar dari mulut Bung Smas, seputar dunia perbukuan. Juga perjalanannya sebagai penulis skenario film (Gadis Penakhluk) dan sinetron (antara lain Kedasih). Juga perasaannya saat mendapat Adikarya IKAPI. Tentu saja saya kaget, ternyata buku 31 Kisah Bada Isya yang pernah saya. Saya tidak tahu karena nama penulis yang tercantum di buku adalah Sofiah Mashuri. Ternyata Bung Smas punya lebih dari selusin nama pena saat berkarya. Pantas susah melacak jejaknya.

Saya juga diajak singgah ke rumah Bung Smas yang luas di kota Bekasi. Berkenalan dengan isteri beliau, juga kucing-kucing yang berkeliaran bebas di rumahnya. “Saya sengaja menampung anak-anak kucing liar yang terlantar,” tutur Bung Smas.
Sayang, waktu bertemu terasa singkat sekali. Meski banyak cerita yang saya dengar, tapi banyak lagi cerita yang saya ingin dengar dari beliau. Saya ingin tahu tentang tokoh Godek yang terasa hidup. Juga tokoh-tokoh lainnya di serial NONI. Dan saya lupa diskusi tentang serial karyanya yang lain, Pulung.

Panjang umur, Bung Smas. Jangan lupa, tetap membuat karya untuk anak-anak negeri ini.
 
Last edited by a moderator:
.....subhanaLlah...baru tau akoe kalo ternyata penulis kisah ba'da isya'....sofiah mashuri.....adalah Bung Smas......hebat beliau ini....
 
ya.. Bung Smas memang penulis yang luar biasa. Ketika saya membaca serial Noni, pengenalan karakter dan alur ceritanya terasa mengalir.. penggambaran setting Semarang sebagai latar, juga tokoh antihero Godek yang jadi pelindung sekaligus role model nya Noni. alur kejadian, investigasi yang agak2 kelam tapi masih bisa dicerna anak SD tanpa penggambaran yang terlalu keras.. hebat! mudah2an karya nya bisa diterbitkan lagi atau bahkan difilemkan :) teruslah berkarya Bung Smas!
 
Selain Bung Smas dengan serial Pulung nya, saya juga mengagumi Dwiyanto Setiawan terutama serial Kelompok 2 dan 1. Usul mas admin, agar dibuatkan thread terpisah bagi pengarang Dwiyanto Setiawan ini. Thanks.
 
Kenal Bung Smas pertama kali lewat novel Pulung pinjaman saudara sepupu dari perpustakaan saat masih SD. Yang paling saya sukai adalah yang berjudul "Dua Penculikan". Kenal dengan serial Noni sudah agak telat, saat duduk di bangku SMA. Waktu itu sedang kehabisan bacaan dan di tukang loak ada buku Noni yang dijual seharga 100 perak. Judulnya "Empat Wajah Godek". Awalnya tidak tertarik, tapi daripada tidak ada bacaan saya beli juga. Ternyata menarik juga. Semenjak itu saya mulai berburu serial Noni di persewaan buku sampai kebaca semua
 
Jadi, saya sampai sekarang masih belum tahu nama asli Bung Smas, bahkan setelah baca info di atas, hehehehe.... :D
 
mungkin beliau demen anagram :D
wah, gitu ya keren juga istilahnya... baca anagram yang keinget malah film Da Vinci Code, sama keingetan juga film National Treasure-Nicholas Cage yang mencari jawaban dari potongan huruf (kalo di filmnya sih nyuruh anak kecil bolak-balik ke dalem gedung cari huruf2 yang dimaksud).
 
Karya-karya Bung Smas yang saya tahu :
  1. Serial Keluarga Sirkus (5 buku)
  2. Serial Pulung (7 buku)
  3. Serial Noni (14 buku)
  4. Serial Trio Tifa (4 buku)
  5. Serial Sisi (3 buku)
  6. Serial Siasat (4 buku)
  7. Serial Lady Mae (6 buku)
  8. Serial Rumah Kami Tercinta (..... buku)
  9. Serial Qipty (4 buku...?)
  10. Dongeng Selamat Tidur Sayang (2 buku...?)
  11. Kumpulan Dongeng Rakyat
Selain itu ada novel2 lain yg non serial :
  1. Bunda Jauh di Mata
  2. Peluru Saga Merah
  3. Menangkap Hantu
  4. Atim Wartawan Perang
  5. Bunga-bunga Tebu
  6. Sang Pembatik
  7. Rusmin Wiraswastawan Kecil
  8. Anak-anak Zaman Perang
  9. Ines, Kamu di Mana ?
  10. Dia Hilang di Belantara
  11. Cinta Dua Perempuan : Kisah Cinta Tiga Zaman
  12. Gadis Perkasa dari Banyuwangi
  13. Satria Awangga
  14. dll.
  15. Topeng-topeng Topik
Dari novel2 non serial ini ada judul2 yang merupakan terbitan terbilang baru, yaitu no. 8 - 13 (mohon koreksi kalau salah). Terbit di atas tahun 2000 sampai sekarang :)
 
Last edited:
umur saya dah hampir 40 tahun dan baru sekarang saya tahu yang namanya bung smas ini...inget waktu SD dulu...namanya sangat terkenal di sekolahku ..karena bu guru selalu menceritakan karya karyanya...palagi dulu bu guru Bahasa Indonesia nya cerita dg cara yg menarik banget..maklum dulu yg punya bukunya cuma bu guru..he..he..mantap bung smas
 
Karya-karya Bung Smas yang saya tahu :

  1. Serial Keluarga Sirkus (5 buku)
    Serial Pulung (7 buku)
    Serial Noni (14 buku)
    Serial Trio Tifa (4 buku)
    Serial Sisi (3 buku)
    Serial Siasat (4 buku)

    Serial Lady Mae (6 buku)
Selain itu ada novel2 lain yg non serial :

  1. Bunda Jauh di Mata
    Peluru Saga Merah
    Menangkap Hantu
    Atim Wartawan Perang

    Bunga-bunga Tebu
    Sang Pembatik
    Rusmin Wiraswastawan Kecil

    Anak-anak Zaman Perang

    Kunang-kunang Terbang Siang
    Ines, Kamu di Mana ?
    Kakunya Kaki Kika
    Dia Hilang di Belantara
    Cinta Dua Perempuan : Kisah Cinta Tiga Zaman
Dari novel2 non serial ini ada judul2 yang merupakan terbitan terbilang baru, yaitu no. 8 - 13 (mohon koreksi kalau salah). Terbit di atas tahun 2000 sampai sekarang :)

Saya kenal Bung Smas dari karyanya petualangan Saba dan kawan- kawan. Saba adalah seorang anak laki - laki yang pindah dari Jakarta ke sumatera (saya lupa daerah mana). Bersama tema - temannya : jupri, Lodan, Danu dan Ripin mereka melakukan petualangan. Ceritnya lucu dan menarik.
 
Back
Top