Scanlation Tintin

Thread Status
  1. Complete

maszd

Novice
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,669
Reaction score
54,321
Points
1,158
Gender
Male
tintin10.jpg
Tintin dan Milo (dalam bahasa Perancis-nya, Tintin et Milou) adalah seorang tokoh fiktif dalam komik serial Petualangan Tintin yang di ilustrasi dan ditulis oleh kartunis dari Belgia, Georges Remi, atau yang lebih dengan nama Hergé. Ia adalah wartawan muda yang selalu ditemani dengan anjing setianya yang bernama Milo dan pergi berkeliling dunia. Ini adalah serial komik yang sangat laris di Eropa dan hampir seluruh dunia, khususnya di Belgia, Perancis dan Belanda.
Tintin muncul pertama kali di sisipan anak-anak dari surat kabar "Le Petit Vingtième pada 10 Januari, 1929, dan peringatan hari kelahirannya yang ke 75 tahun telah diperingati secara meriah pada tahun 2004.[1] Tintin sebenarnya diciptakan berdasarkan tokoh awal yang dibuat oleh Herge, yaitu tokoh pandu yang lucu bernama Totor. Komik yang menampilkannya, Les aventures de Totor, chef de patrouille des Hannetons ditulis dalam bahasa Perancis. Atau dalam bahasa Inggrisnya adalah The Adventures of Totor, Leader of the Cockchafer Patrol muncul pertama kali dalam majalah kepanduan berjudul "Le Boy-Scout Belge" antara tahun1926 hingga tahun 1929.

Dalam cerita komik selanjutnya Tintin adalah wartawan muda yang selalu terlibat dalam intrik-intrik internasional yang membahayakan dirinya, namun dengan kecepatannya dalam berpikir dan bertindak, keberaniannya and tak lupa keberuntungannya, dia selalu dapat menyelematkannya dari situasi tersebut. Hampir dalam setiap petualangan, dia mendapatkan tugas penyelidikan, namun amat jarang sekali dia tidak terlibat dalam suatu petualangan.[2] Walaupun komik ini dibuat di Belgia, namun Hergé sebagai penciptanya tidak pernah melekatkan kebangsaan tertentu pada tokoh rekaannya, Tintin, selain dikatakan bahwa dia dikenal luas sebagai orang Eropa. Dalam buku-buku awalnya, seperti terlihat pada judul Tintin di Congo atau Pulau Hitam, terlihat jelas bahwa ia memiliki kebangsaan Belgia. Namun dalam cerita-cerita selanjutnya, kebangsaannya tidak pernah disinggung-singgung lagi. Selain itu dia tidak memiliki sejarah yang jelas tentang keluarga dan sejarahnya, meskipun jika dibaca dengan teliti beberapa adegan dalam episode Laut Merah nama jalan yang ditampilkan adalah nama-nama jalan di Brussel.

Umurnya tidak pernah secara tepat diungkapkan, dimana dia hanya disebutkan sebagai orang dewasa sebagaimana yang disebutkan dalam penjelasan dari DVDnya, namun di saat yang lain disebutkan bahwa dia masih anak-anak, seperti yang disebutkan dalam film serial televisinya. Di film serial kartunnya, dalam cerita Rahasia Unicorn terlihat bahwa dalam buku paspornya, terlihat bahwa dia terlahir pada tahun 1929 (tahun dimana kemunculannya pertama kali[1]). Berbagai macam surat kabar menyatakan bahwa umurnya adalah sekitar 15 tahun,[2] Time yang menunjukkan bahwa dia adalah kawula muda,[3] sedangkan situs resminya Tintin.com menyatakan bahwa dia berusia antara 16 dan 18. Walaupun begitu, dalam buku komiknya menganggap dia anak muda dewasa, dimana tidak adanya orang tua yang mendampinginya kemanapun, dan tidak perlunya dia untuk pergi ke sekolah. Dan pada cerita yang lain, dia cukup dewasa untuk masuk ke sebuah pub dan minum segelas bir, seperti yang bisa dilihat pada cerita Pulau Hitam. Jika dicermati agak mendalam, umurnya tetap walaupun ia pernah mengikuti masa penganeksasian Cina oleh Jepang, (Lotus Biru,1931) dan terbang dengan sebuah Boeing 707 dalam cerita (Penerbangan 714 ke Sydney, 1968).(wiki)

Berikut perbandingan komik Tintin terbitan Indira:
Log in or register to view this content!
Sedangkan terbitan Gramedia:
Log in or register to view this content!

PERHATIAN! HARAP BACA PERATURAN FORUM
f. Member DILARANG menshare kembali semua unduhan terutama hasil SCAN ASLI serta hasil SCANLATION dari admin/kontributor dari semua topik yang ada pada forum KECUALI buku/ebook tersebut BUKAN scan asli dari admin/kontributor (memang mengambil dari site luar) dan karena hasil SCANLATION adalah murni hanya untuk koleksi pribadi tanpa tujuan untuk melecehkan pencipta / penerbit komik dikarenakan tidak tersedianya komik tersebut dalam bahasa indonesia. (apabila di kemudian hari pencipta/penerbit komik tersebut keberatan, maka zona djadoel bersedia meremove hasil scanlation tersebut dari forum ini, dan Zonadjadoel Tidak dapat dituntut dan tidak akan mempunyai tanggung jawab hukum apabila komik scanlation tersebut beredar diluar dari forum ini.) g. Pelanggaran terhadap poin (f) di atas, yang bersangkutan akan dikenakan sanksi banned permanen. Baca Terms of Use/Service & Privacy Policy

List Download :
  1. Wartawan
  2. Tintin di Soviet
  3. Tintin Short Story
  4. Danau Penyihir
 
Last edited:

fery

Nostalgic
Joined
Mar 31, 2017
Messages
155
Reaction score
243
Points
108
Gender
Male
wow ada seri baru rupanya...sama sekali belum pernah denger yang judul ini..benar-benar koleksi langka
 

johonson

Nostalgic
Donatur
Joined
Oct 22, 2016
Messages
163
Reaction score
148
Points
115
Gender
Male
Asyik. Ternyata Tintin ada seri baru juga. Terima kasih atas kontribusinya
 

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
459
Reaction score
2,008
Points
323
Gender
Female
Ada seri baru rupanya. Asik ada bacaan baru. Terimakasih buat kontributor.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,849
Reaction score
3,828
Points
918
Gender
Male
Terimakasih buat yg sudah translasi... kapan yah ada film kartun tintin yang baru di bioskop...😅😅😅.
 

rhiefl

Nostalgic
Kontributor
Joined
Oct 3, 2013
Messages
226
Reaction score
199
Points
128
Gender
Male
tintin danau penyihir baru tau ada ya? keren nih
 

ichambs

Nostalgic
Kontributor
Joined
Mar 25, 2017
Messages
142
Reaction score
252
Points
133
Gender
Male
penasaran dgn ceritanya yg d bagian ini....?
 

rudizhuang

Retro
Donatur
Scanlation team
Joined
Oct 3, 2020
Messages
550
Reaction score
316
Points
178
Gender
Male
Wah, ada Tintin di Uni Soviet... Mantap
 

sopan96

Enthusiast
Donatur
Joined
Feb 21, 2016
Messages
57
Reaction score
42
Points
58
Gender
Male
tintin baru ya makasih banyak mas mas
 
Top