Siaran Televisi, Dulu Vs Sekarang

Kalau kartun (film untuk anak-anak) jaman dulu udh ngga perlu diragukan kualitasnya. Nomer Wahid. Kita yang kelahiran taun 80an pasti dimanjakan banget sama suguhan-suguhan acara untuk anak-anak, rasanya ngga penah kekurangan acara-acara tipi untuk anak-anak.

Dulu juga saya ikut nonton sinetron (selain kartun) bareng ibu saya, sinetron jaman dulu taun 80-90an jauh lebih bermutu daripada sekarang. Klo sekarang kayaknya cuman mentingin kekayaan sama tampang. Skill nomer uncit.

Sinetron jaman dulu rasanya kalau menceritakan tentang kekayaan lebih manusiawi, ngga yang kaya banget ngga karuan ngga kayak sinetron jaman sekarang. Plus juga sinetron jaman dulu lebih menitik beratkan ke isi cerita dan skill pemain-pemainnya. beda banget sama jaman sekarang.

I wish I could turn back time...
 
Acara TV (dalam negeri) saat ini:
1. Sinetron dengan banyak adegan bicara dalam hati dan mata melotot
2. Booming sinetron India (dulu kalau gak Jepang atau telenovela... hahah)
3. Variety show disiarkan langsung dengan banyak joget ga jelas dan bisa berjam2 lamanya

Jangan harap akan ada acara bermutu. Kalau mau acara bermutu ya langganan TV cable.
 
kalau ga salah, Ksatria Baja Hitam mulai diputar lagi di televisi, nostalgia banget, tapi keponakan ga suka, katanya kostumnya jelek.. hahaha
 
Jmnny sinetron yg dipanjang-panjangin ceritany,film kartun jg diulang"terus jd krg menarik
 
Evolusi siaran televisi yang gak bisa ditahan :
1. Era televisi hitam putih ke televisi berwarna.
2. Era TVRI siaran tunggal ke era televisi swasta
3. Era channel televisi lokal ke era antena parabola yang bisa menangkap siaran tv luar
4. Era siaran televisi gratis teresterial ke era siaran tv berbayar
5. Era siaran tv analog menuju era siaran tv digital
6. Era siaran tv biasa ke era nonton siaran streaming berbayar di komputer dan gadget seperti Disney+, Netflix, HBO Go, Mola TV dll

Lama-lama pesawat TV bisa jadi barang antik disimpan di museum :LOL: :LOL: :LOL: :LOL: :LOL:
 
Last edited:
Evolusi siaran televisi yang gak bisa ditahan :
1. Era televisi hitam putih ke televisi berwarna.
2. Era TVRI siaran tunggal ke era televisi swasta
3. Era channel televisi lokal ke era antena parabola yang bisa menangkap siaran tv luar
4. Era siaran televisi gratis teresterial ke era siaran tv berbayar
5. Era siaran tv analog menuju era siaran tv digital
6. Era siaran tv biasa ke era nonton siaran streaming berbayar di komputer dan gadget seperti Disney+, Netflix, HBO Go, Mola TV dll

Lama-lama pesawat TV bisa jadi barang antik disimpan di museum :LOL: :LOL: :LOL: :LOL: :LOL:

Beruntung saya mengalami semua era itu, bahkan TV berdaya accu/aki karena belum ada listrik (awal 80-an) :LOL:
Stasiun TV swasta sempat dinikmati via parabola, beserta saluran TV dari negara tetangga/manca (TV3, RTM, ABS-CBN, CNN, CFI dll), karena blm ada pemancar relay di daerah kami tinggal. ini sekitar akhir 80-an/awal 90-an.
Mulai kenal Cable-TV di awal tahun 2000-an, bundled dengan internet.
Peralihan ke digital, baru ngrasain DVB-S, DVB-C, ISDB-C. DVB-T2 blm tahu bagaimana, males juga pasang antena di atap :)

Nah bener, sekarang udah jamannya on-demand, internet streaming, over-the-top; kita penonton jadi independen, nonton apa yang disuka tanpa perlu dicekokin pihak luar. Pesawat TV di rumah lebih banyak koneksi ke app YouTube untuk anak-anak, atau buat nonton Netflix, Disney+/Hotstar, Iqiyi, Viu, HBO Go, dll.

Menurut saya, content televisi yang "masih berguna dan kompetitif" sampai saat ini adalah (1) siaran langsung untuk pertandingan olahraga (bersaing dgn online streaming); (2) berita/news apabila ada event atau kejadian tertentu (masih harus bersaing dgn media daring dan media sosial); dan (3) live entertainment show seperti panggung seni/musik, pertunjukan/komedi, debat politik atau ceramah keagamaan. Di luar itu kok susah ya, baik dokumenter, film, atau saluran khusus anak, pasti berat kalo harus bertahan; kecuali content yang dimiliki bersifat eksklusif.
 
acara tv jaman dulu memorial banget
sebelum ada tv swasta,acara anak2 di tv tuh kalo ga salah jam 4-5 sore ya, sebelom
acara dimulai kita udah cakep krena ortu udh nyuruh mandi,abis acara selesai baru belajar,abis belajar lanjut baca komik sambil denger radio sampe ketiduran.
 
Lama-lama pesawat TV bisa jadi barang antik disimpan di museum :LOL: :LOL: :LOL: :LOL: :LOL:
Ini bener banget.. kalo diperhatiin, pelajar dan mahasiswa jaman skrg, jarang ada yang punya tv dan jarang yang nonton acara tv.. seolah-olah tv bukan jadi kebutuhan primer.. kalo mau nonton, mereka nonton di youtube lewat gawai masing2
 
Siaran televisi dulu banyak memberikan kenangan manis, mengingat pesan yang disampaikan dan kesan yang kita terima tersimpan baik dalam ingatan. Setiap hari pasti ada acara yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak dengan tema yang beragam. Jatah acara untuk anak-anak sudah disesuaikan sehingga waktu belajar relatif tidak terganggu. Fungsi televisi sebagai media pendidikan dan hiburan berjalan dengan baik.
Kondisi seperti itu sangat jarang kita temui saat ini.
 
Yang jelas perbedaan mendasar jaman dulu dan sekarang adalah...

1. Dulu TV nya hitam putih (maklum di udik), skr sudah berwarna dan 3D.
2. Pakai antena TV indoor yg model tarik, skr pakai antena outdoor yg dipasang tinggi2 (musuh utama para pemain layangan).
3. Channel cuman TVRI doang, skr udah 20an lebih (bahkan ratusan).
4. Dulu iklan hanya jam tertentu antara pukul 20.30 - 21.00, skr iklan hampir tiap menit ada.
5. Siaran langsung jaman dulu hanya sepakbola dan pidato entah pidato kenegaraan, klompencapir atau kunjungan desa bapak Presiden yang terhormat. Skr siaran langsungnya acara lahiran / akad nikah artis yg ngga penting2 amat...
6. Jaman dulu sinetron bintang utamanya selalu bernama Anton, Rudi, Toto (variannya bisa Itok, Totok, Atok dll), Budi, Wati, Kiki, Yuli dan Cici (indonesia banget).. Skr pakai nama2 bule yg ngga matching sama tampang.
7. Adegan berkelahi jadul, aktornya beneran bonyok dan benjut (memar), skr memarnya efek kosmetik doangan... Malah sering ngaconya.. Ditonjok mata kanan, yg memar mata kiri :D
8. TV cembung yg beratnya berkilo kilo, skr tivi flat yg ditenteng pakai tangan kiri juga kuat. Bahkan ada yg bisa dimasukkan kedalam kantong.
9. Jaman dulu pembawa acara siaran berita pria selalu berpakaian jas, berdasi dan bersuara ngebass empuk. Untuk yg perempuan mengenakan kebaya dan bersanggul dengan suara wanita yg tegas dan berwibawa. Skr pakai kemeja doangan, atau blazer dengan suara yg kadang dibikin lebay.
10. Hanya siaran mulai jam 16.30 (kartun) hingga pukul 12.00. Skr 24 jam.
11. Paling benci kalau acara terpotong siaran langsung pidato bapak presiden yg mendadak, langsung diterminate alias tidak dilanjutkan acaranya.
Mas @Darmagandhul ingatannya kuat....(y)(y)
Seingat saya, saat hanya ada TVRI -- dan boleh pasang iklan -- iklannya dikumpulkan di satu waktu, nama acaranya Mana Suka Siaran Niaga. Seperti disebutkan Mas @Darmagandhul, pada pukul 20.30-21.00. (Karena pukul 21.00, acara "prime time"-nya TVRI, Dunia Dalam Berita).


  • Iklannya jarang ada, jadi bisa "mendem" tuh di muka televisi lama-lama, hehehe.
    Sinetronnya berkualitas. Contohnya : Si Doel Anak Sekolahan dan Rumahku Istanaku yang pernah sempat saya tonton.
Kalau pada masa itu, iklan untuk acara-acara prime time bisa lama sekali, Mas @msayuti...:)
Seperti slot iklan untuk sinetron Si Doel Anak Sekolahan bisa sampai lima menit, bahkan lebih...:eek: Karena programnya sangat diminati....:)
Sementara program lain, rata-rata hanya tiga menit...

Satu hal lagi yang diingat, jaman dulu (era 1970-an), belum ada sinetron. Yang sering muncul di TVRI -- selain tentunya film dari luar negeri -- adalah acara Sandiwara dan Fragmen. Temanya biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari yang berisi nasehat dan mendidik. Mungkin ini yang dimaksud Mas @fery
Beda kalo jaman dulu, meskipun stasiun tv nya sedikit tapi acaranya sarat dengan pelajaran dan pengetahuan
Biasanya yang menampilkan sandiwara itu disebut "Keluarga". Antara lain, Keluarga Marlia Hardy, Keluarga Pak Is, dll. Dan umumnya beliau-beliau berlatar belakang teater, setidaknya pernah mengecap pendidikan/latihan teater...:)

Ada juga acara berlatih menyanyi, seperti yang diasuh Pranadjaja.
Juga acara "Ayo Menyanyi" di mana biasanya mengajarkan lagu baru bagi anak-anak, serta acara "Lagu Pilihanku", semacam perlombaan menyanyi bagi anak-anak SD. Yang paling diingat, dalam kedua acara terakhir, musiknya hanya piano yang dimainkan oleh almarhumah Ibu Meinar....
Untuk acara Lagu Pilihanku, kayanya sekarang -- dalam batas tertentu -- bertransformasi menjadi "Indonesian Idol" atau yang sejenis....:LOL:

Rasanya memang sangat banyak yang berbeda dari acara-acara TV jadoel maupun sekarang....:unsure:
 
ada yg ingat kah,serial tv 90an (ga bisa di bilang sinetron jg sih) yg ceritanya 2 anak yatim,yg 1 namanya dado satu lagi lupa namanya. ada yg tau judul nya apa?
 
Back
Top