Siaran Radio Favorit

richie200671

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,191
Ratings
2,999
Points
575
Gender
Male
#29
Gak sengaja nemu foto2 para pengisi suara sandiwara radio legendaris Saur Sepuh dan Misteri Dari Gunung Merapi. Ini nih tampang para pengisi suaranya terkini :

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

Diantara mereka itu paling legendaris Asriati dengan suara tertawa mak lampir yg sampai sekarang begitu melegenda.
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
833
Ratings
2,794
Points
485
Gender
Male
#31
Kalau pembagian radio menjadi AM, SW dan FM sih tetap ada karena itu standar dari organisasi telekomunikasi internasional tapi sudah jarang ada radio yang menggunakan frekuensi SW di Indonesia. Perbedaan yang paling mudah kita lihat di perangkat kita untuk ketiganya ialah frekuensi pemancarnya :
1. AM frekuensinya 535 kHz - 1,7 MHz
2. FM frekuensinya 88 MHz - 108 MHz
3. SW frekuensinya 5,9 MHz - 26,1 MHz.
Perbedaan lainnya adalah jenis modulasinya :
1. AM (Amplitude Modulation) : proses memodulasi sinyal Frekuensi Rendah pada gelombang Frekuensi tinggi dengan mengubah Amplitudo Gelombang Frekuensi Tinggi (Frekuensi pembawa) tanpa mengubah Frekuensinya.
2. FM (Frequency Modulation) : proses mengirimkan sinyal Frekuensi rendah dengan cara memodulasi gelombang Frekuensi tinggi yang berfungsi sebagai gelombang pembawa.
Jadi yang membedakan antara AM dan FM adalah proses yang digunakan dalam memodulasi Frekuensi tinggi sebagai Frekuensi pembawanya.
Kalau gak salah malah dulu ada SW1 dan SW2.... :unsure:
 

Darmagandhul

Nostalgic
Verified
Joined
Jan 13, 2017
Messages
147
Ratings
321
Points
105
Gender
Male
#33
Radio SW ciri khasnya suara mengombak... besar kecil dengan sendirinya... hahahaha...
Dulu paling sering denger Radio Australia, NHK dan BBC Berbahasa Indonesia.
Juga banyak radio2 asing yg gak jelas dari negara mana... dari yg bahasanya cang cing cong, arrr arr arr urr sampai bahasa Inggris ngga jelas....
 

siscayuli

Enthusiast
Verified
Joined
Mar 27, 2017
Messages
73
Ratings
121
Points
50
Gender
Female
#34
Dulu suka ikutan dengerin sandiwara radio tutur tinular, kalau ga salah itu mah siang/sore ya. Saya ingat mama lagi masak sambil dengerin radio. Sayang sekarang ga ada sandiwara semacam ini.. Padahal khan enak kalau sambil ngerjakan pekerjaan rumah (masak, dll) sambil dengerin sandiwara asa multitasking gitu :headphone:

Yang paling saya suka adalah sound effect dari suara malam (dengan binatang buas yg mengaum), suara ringkikan kuda, dan kesiur angin. Seru dan asyik banget bisa membayangkan adegan-adegannya hanya dengan mendengar sound effect tsb (y)(y)
 

rizperwata

Nostalgic
Verified
Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Ratings
140
Points
70
Gender
Male
#35
Saur sepuh tetap yang paling fenomenal tuh, dan kalau di Bandung ada dongeng Bodor Sunda.
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 23, 2013
Messages
824
Ratings
4,315
Points
460
Gender
Male
#36
Buat kalian yang masih suka mendengarkan siaran radio, saya punya gambar rangkaian antena FM yang katanya bisa menjangkau ratusan kilometer. Barangkali saja ada yang tertarik untuk membuatnya. Ini dia gambarnya.

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,421
Ratings
2,744
Points
965
Gender
Male
#38
Radio tetep punya pangsa konsumen yah. Walau udah ada bermacam-macam aplikasi musik radio tetep ada yg minat.:p:p:p.
 

aris

Greenhorn
Joined
May 23, 2018
Messages
26
Ratings
25
Points
25
Gender
Male
#39
Ada yang masih ingat dengan sandiwara radio yang populer tahun 80an?
  1. Butir butir pasir di laut
  2. brahma kumbara
  3. nenek lampir
  4. ..
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,421
Ratings
2,744
Points
965
Gender
Male
#40
1. misteri gunung merapi.
2. misteri nini pelet.
3. kaca benggala.
4. tutur tinular.
5. mahkota mayangkara.
6. sabda pandita ratu.
7. butir-butir pasir dilaut.
8. catatan si boy.
9. saur sepuh.
10. badai laut selatan.
11. babad tanah leluhur.
12. wahyu asta brata.
13. putri cadar biru.
14. keris gandrung arum.
15. misteri mak rompang.
16. mantra naga bumi.
17. genta buana.
18. kidung keramat.
19. panembahan rachmat.
20. pelangi diatas glagah wangi.
21. rembulan kahyangan.
22. getar-getar manusia pilihan.
23. api di bukit menoreh.

lebih buanyak lagi kayaknya.
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Verified
Joined
Sep 7, 2013
Messages
833
Ratings
2,794
Points
485
Gender
Male
#41
Ada yang masih ingat dengan sandiwara radio yang populer tahun 80an?

  1. Butir butir pasir di laut
    brahma kumbara
    nenek lampir
    ..
Cuma ingat Saur Sepuh. Nenek Lampir tokoh cerita atau jadi judul cerita juga ya?
 

lolak lolok

Fanatic
Scanlation team
Verified
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,421
Ratings
2,744
Points
965
Gender
Male
#42
Cuma ingat Saur Sepuh. Nenek Lampir tokoh cerita atau jadi judul cerita juga ya?
kalau sandiwara radio mak lampir mz. itu juga bukan judul sandiwara radio mz. itu nama tokoh. judulnya misteri gunung merapi. kalau film/sandiwara ambil gunung di sumatra, kalau sinetron ambil gunung di jawa karena udah kecampur nyi roro kidul bukan panglima kumbang.

kalau nenek lampir judul film horor tahun 1987 sama 1989.
 
Top