Pokémon Vs Digimon, Monster Mana Yang Lebih Disukai

Monster Mana Yang Lebih Disukai


  • Total voters
    9

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
713
Ratings
948
Points
296
Gender
Male
#1
58e263e6cf84e.jpg

Di samping sedang booming-boomingnya game Pokémon Go! tahun lalu yang entah para member zonadjadoel dapat pokémon apa saja :D, generasi 90an pasti ingat dengan kedua jenis monster ini. Ya, Pokémon dan Digimon memiliki keunikan tersendiri yang nempel di hati masing-masing member zonadjadoel tentunya. Baik melalui gamenya (GBC, GBA, NDS, PS1, PS2, dll), koleksi kartu, manga dan tentu animenya yang menghiasi stasiun televisi kita pada masanya.


Pokémon (singkatan dari nama Jepang Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā) adalah salah satu serial animasi asal Jepang, yang masih tetap berjalan dan ditayangkan hingga saat ini (Belum mau tamat sampai sekarang :cool:). Konsep asli dari Pokémon adalah hobi Satoshi Tajiri mengoleksi serangga sewaktu ia masih kanak-kanak. Dalam permainan video, pemain disebut sebagai Pokémon Trainer (pelatih Pokémon). Ada tiga tujuan umum yang harus dilakukan oleh setiap pelatih Pokémon untuk melengkapkan isi dari Pokédex. Pertama, Anda harus menangkap semua spesies Pokémon yang ada di sebuah region tempat Anda berada. Kedua, Anda dituntut untuk mengembangkan spesies Pokémon yang Anda punya agar menjadi kuat dan kemudian bisa menang melawan penantang yang lain, dan tujuan tambahannya adalah mengalahkan Team Rocket. Ketiga atau terakhir, bila Pokémon yang Anda didik tersebut cukup kuat dari segi fisik dan teknik, Anda punya kesempatan besar untuk melawan pelatih terkuat, yang kemudian disebut Pokémon Master. Semua hal tersebut ada dalam seluruh seri waralaba Pokémon, termasuk dalam permainan video, anime, manga, dan trading card.
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!


Digimon (デジモン Dejimon) merupakan singkatan dari Digital Monster (デジタルモンスター Dejitaru Monsutā) adalah makhluk hidup semacam program kecerdasan buatan yang tersusun atas kumpulan data digital. Mereka memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk yang bermacam-macam dan memiliki jurus-jurus serangan serta kemampuan evolusi ke tingkat yang lebih tinggi (digimon yang berevolusi dapat kembali ke bentuknya semula). Mereka hidup di dunia digital, suatu dunia paralel yang tercipta dari sistem jaringan teknologi komunikasi dan informasi manusia. Untuk animenya, seri digimon sudah memiliki 6 seri, yaitu :
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

Perbedaan Pokémon dengan Digimon :

  • Pokémon ngomongnya pakai bahasa hewan yang masing-masingnya unik, seperti Pikachu - pika!. Sedangkan Digimon dapat berbicara layaknya manusia yang dengan lancar ngomong dengan tuannya.
  • Pokémon sekali berevolusi nggak bisa balik lagi, contohnya jika Pikachu berevolusi menjadi Raichu, nggak imut lagi deh (Inilah mengapa Satoshi nggak pernah mau mengevolusikan si Pikachu :sneaky:). Sedangkan Digimon bisa balik lagi.
  • Jalan cerita anime Pokémon adalah cita-cita Ash atau Satoshi untuk mengoleksi semua medali (benar nggak nih :unsure:) dan mengumpulkan semua pokémon. Sedangkan jalan cerita Digimon adalah menyelamatkan dunia digital dan bumi planet manusia dari kehancuran.
  • Tokoh antagonis Pokémon terpaku pada trio Team Rocket yang selalu setia menguntit yaitu Jessie (Musashi), James (Kojiro), dan Meowth (Nyarth/Nyasu). Sedangkan tokoh antagonis Digimon beraneka ragam, mulai dari sesama Digimon sampai sesama manusia.
  • Monster Pokémon dapat disimpan dalam sebuah bola merah putih disebut Pokédex. Sedangkan Digimon dapat disimpan dalam sebuah perangkat yang dinamakan Digivice.
Secara keseluruhan, saya lebih menyukai Digimon karena polanya yang bisa balik lagi setelah berevolusi serta desain tiap karakternya yang unik. Oh iya, Digimon "idola" saya adalah XV-mon:cool:. Bagaimana dengan sobat djadoel yang lain?:cool::cool::coffee:
 
Last edited:

Yantono

Nostalgic
Kontributor
Joined
Nov 10, 2013
Messages
254
Ratings
233
Points
131
Gender
Male
#2
Pokemon dan Digimon sama-sama merupakan mahkluk- mahkluk berwujud monster, yah bisa di bilang sepaerti peliharran kita, tapi sumber asalnya kayanya dari Tamagoci yah? Ada sobat yang ingat Tamagochi? Nah, klo di bandingkan Pokemon dan Digimon, saya lebih suka Digimon sih, di mana mereka bisa berevolusi menjadi lebih kuat dan perubahan serta desain nya unik. tetapi saya tidak mengikuti lagi digimon keculai digimon adventures 01 dan 02. Btw yang fans ama Digimon boleh di download gamenya yang lagi hot di app store smartphone anda, namanya: Tamer Frontier SEA, digimon jadul dan ngetop bakal ada di sana kaya WarGreymon, Paildramon,Angemon dll. hehe :D
 
Thread Starter
TS
msayuti

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
713
Ratings
948
Points
296
Gender
Male
#3
Pokemon dan Digimon sama-sama merupakan mahkluk- mahkluk berwujud monster, yah bisa di bilang sepaerti peliharran kita, tapi sumber asalnya kayanya dari Tamagoci yah? Ada sobat yang ingat Tamagochi. hehe :D
Tamagochi kalau menurut saya lebih mirip Digimon, hehehe. Dulu suka heran teman2 SD pada bolak-balik ngasih makan itu monster. Pas tamagochinya mati, nangis tuh kawan-kawan saya dulu. Seperti kehilangan, wkwkwk. Dulu yang maennya kebanyakannya cewek :D.
 

Mido

Vintage
Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,667
Points
371
Gender
Female
#4
Dua-duanya belum pernah nonton jadi ga bisa kasi vote monster mana yang lebih bagus, tapi saya lebih sering denger Pokemon dibanding Digimon ya.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,343
Ratings
1,363
Points
691
Gender
Male
#5
mas hampir beberapa bulan ini pict profil saya pake gambar pokemon. sekarang emolga dan pacharisu dari generasi 5. jujur saya suka pokemon. dari gen 1 sampe 8 saya hafal nama pokemonnya. hampir 800-an. dulu sempet koleksi tazosnya mulai gen 1 sampe 2. sama stiker hologramnya dari cup cup pop. bukan karena raichu jelek kayanya mas. toh makin tinggi evonya powernya bakal makin nambah. agak aneh pikachu pre evonya baru dibuat di gen 2. kalau di gba namanya team magma mas. sentralnya di gua gunung berapi. tujuannya sih buat ash/satoshi jadi trainer terbaik per region. kalau udah dapat 7 badge bakal lawan trainer champion. dibabak awal si ash pasti dapat stater mas. dalam perjalanannya pasti dapat 2 teman perjalanan juga. I LOVE POKEMON.
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,749
Ratings
9,341
Points
996
Gender
Female
#6
Btw, pikachu sebenarnya adalah nama sejenis siput laut. dilihat dari tampilan fisiknya memang ada kemiripan sih ya...

Log in or register to view this content!
 
Joined
Nov 12, 2013
Messages
375
Ratings
51
Points
86
Gender
Male
#8
klo dri awalnya gw sukanya Pokemon, tpi makin kesininya, pola cerita yang sama dan bentuk monster yang makin absurd jadi g terlalu suka.. ceritanya gampang ketebak endingnya menang dan pindah pulau, gitu aja terus tpi pemeran utamanya ga tua-tua hahahaha

tpi digimon juga makin kesini makin g jelas juga ceritanya..
paling suka digimon 1,2 tamers dan frontier..
 
Joined
Nov 12, 2013
Messages
375
Ratings
51
Points
86
Gender
Male
#10
Ada yang pernah koleksi atau punya kartunya?
https://goo.gl/OoZCB8
Dulu sempet koleksi, tpi ga tau skrg kemana hehehe

Klo digimon tuh mainan yg paling keren ya digivicenya, pi g pernah dapet, selalu kehabisan T_T.. Lgian dulu masih kecil blm ada uang sendiri, skrg udh ada uang sendiri brgnya udh g ada T_T
 
Last edited by a moderator:
Top