Model & Merk Sepatu tahun 80an

Sepatu yg pernah dipake pas jaman sekolah

  • Warrior

    Votes: 18 34.0%
  • Eagle

    Votes: 33 62.3%
  • Sepatu kungfu

    Votes: 11 20.8%
  • Sepatu badminton

    Votes: 3 5.7%

  • Total voters
    53

woky94

Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Feb 7, 2014
Messages
529
Ratings
2,626
Points
381
Gender
Male
#1
Untuk meramaikan kontes penulisan thread paling populer, maka ane coba bikin thread ini. Tahun 80an buat saya mempunyai kesan tersendiri, dimana pada masa itu saya mulai tumbuh. Mulai tahu banyak hal, mulai pengen banyak hal dan mulai-mulai yang lain.
Tahun 80an adalah masa ketika saya bersekolah di tingkat SD. Karena gadget belum ada atau belum secanggih sekarang, maka pertemanan masih merupakan hiburan utama. Salah satu yang paling sering dibahas maupun jadi ajang pamer pada obrolan di sekolah ataupun di rumah adalah sepatu. Terutama sepatu sekolah. Seingat saya, pada masa itu ketika satu model sepatu sedang booming, maka semua orang / murid sekolah akan memakai sepatu itu. Ada beberapa sepatu yang ngetren di masa itu dan saya ingin membahas di antaranya.

Log in or register to view this content!
Sepatu ini sangat sederhana desain dan materialnya. Pada waktu SD, hampir sebagian besar murid memakai sepatu ini, cowok dan cewek. Bobotnya yang ringan menjadikan sepatu ini menjadi favorit pada saat itu. Bahkan orang dewasa banyak juga yang pake sepatu ini untuk sekedar jalan jalan. Seingat saya, sepatu ini terinspirasi dari film kungfu Bruce Lee. Tapi jika kehujanan, sepatu ini butuh waktu cukup lama untuk kering. Sehingga dulu saat hujan, banyak anak yang lebih memilih menyimpan sepatunya di dalam tas agar tidak basah.

Log in or register to view this content!
Sepatu ini buatan dalam negeri. tapi pada waktu itu saya melihat sepatu ini udah keren banget. Sama kerennya kalo liat sepatu sejenis merk luar negeri yang terkenal. Yang banyak dipakai umumnya yang berwarna hitam. Terutama karena aturan sekolah yang mewajibkan muridnya memakai sepatu berwarna hitam. Di masa sekarang merk sepatu ini masih ada namun saya lihat kurang berkembang, karena kalah bersaing dengan merk2 sepatu yang baru.

Log in or register to view this content!
Sepatu ini sebenarnya lebih ane kenal ketika ikut kursus badminton. Hampir semua peserta kursus menggunakan sepatu merk ini. Mungkin karena sepatu ini memang di desain untuk bermain badminton. Yang paling saya ingat tentang sepatu ini adalah suara mendecitnya. Sepatu ini sangat "pakem" kalo dibuat main badminton. Jadi dijamin tidak akan tergelincir.

Log in or register to view this content!
Saya mengenal sepatu ini justru ketika bersekolah di tingkat SMP. Hampir sebagian besar murid menggunakan sepatu ini. Bahkan untuk acara resmi sekolah biasanya sepatu ini menjadi sepatu wajib. Warna dominan yang sering digunakan adalah warna hitam.

Itulah gambaran sepatu yang terkenal di jaman 80an dan awal 90an. Tentunya sangat kontras dengan jaman sekarang dimana banyak merk dan model sepatu. Sehingga sangat jarang ditemui lagi sekolah yang muridnya memakai sepatu dengan model yang sama. Apalagi para bala Zona Djadoel yang umumnya sudah berusia 30 atau 40an, tentu saat ini lebih mengutamakan kenyamanan. Apalagi seperti saya yang sering berdiri naik KRL, jadi rela beli sepatu agak mahal tapi nyaman untuk berdiri di KRL heheheheh....
Ada yang punya kisah atau memori tentang sepatu tahun 80 atau 90 an??? Silahkan di share......
 
Last edited by a moderator:

maszd

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,037
Ratings
39,991
Points
1,166
Gender
Male
#2
Seingat saya, pada masa itu ketika satu model sepatu sedang booming, maka semua orang / murid sekolah akan memakai sepatu itu. Ada beberapa sepatu yang ngetren di masa itu dan saya ingin membahas di antaranya.
betul mas, saya ingat saat itu lagi ngetrend pakai sepatu bata, satu sekolah hampir semua pakai :) apa lagi setelah itu tenar yang ada lampu dibelakang :D selain merk bata, yang saya pakai adalah sepatu dragon dan warrior, ada yang tahu? :rolleyes:
 

woky94

Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Feb 7, 2014
Messages
529
Ratings
2,626
Points
381
Gender
Male
#3
betul mas, saya ingat saat itu lagi ngetrend pakai sepatu bata, satu sekolah hampir semua pakai :) apa lagi setelah itu tenar yang ada lampu dibelakang :D selain merk bata, yang saya pakai adalah sepatu dragon dan warrior, ada yang tahu? :rolleyes:
Hmmm benerrrr....sepatu bata. Dulu juga termasuk ngetop karena harganya yang terjangkau semua kalangan. Cuma kelemahan sepatu bata adalah kualitas lem nya yang kurang baik, jadi sepatu sering jebol sol bagian depan. apalagi kalo yang pake anak sekolahan, makeinya asal aja, asal ada batu ditendang, asal ada anak sekolah lain ditendang....:wideyed::wideyed::wideyed::wideyed:
 

Erwan

Donatur
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
270
Ratings
209
Points
146
Gender
Male
#6
dulu punya banyak sepatu, dari merk eagle, bata & pro ATT yang ada lampu di bagian tumitnya. cuma parahnya di sekolahku dulu di larang pake sepatu yg bukan warna hitam. boleh ada warna lain tapi cuma sebatas garis garis tipis akhir akhirnya sehari hari ke sekolah pake sepatu merk carvil yg hitam polos. tapi carvil tahan sih, karena biasanya kalau di pake ketemu benda seprti kaleng, botol atau sepatu pasti kena tendang toh masih tahan sampai satu tahun.
 

wong tegal

Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
730
Ratings
3,683
Points
426
Gender
Male
#7
makeinya asal aja, asal ada batu ditendang, asal ada anak sekolah lain ditendang...
Saya merasa ini kok seperti pengalaman pribadi mas woky, ya? :D
Saya pilih sepatu warrior (u/ main basket) dan sepatu badminton karena saya dulu sering bermain basket dan badminton. Untuk badminton dulu agar lapangan semen tidak licin sebelum bermain kami taburi dulu lapangan badminton dengan serbuk gondorukem/getah pohon pinus. Selain lapangan menjadi tidak licin, sepatu pun biasanya akan mengeluarkan suara berdecit-decit pada waktu mengejar shuttlecock.
 

inigues

Millenium
Joined
Jun 13, 2015
Messages
38
Ratings
30
Points
51
Gender
Male
#8
saya baru inget pakai sepatu itu di tahun 90an ke atas.. maklum lahir di akhir 80an.. di masa SD, sepatu yang keren itu yang ada lampunya.. kayaknya kalau bisa nyala itu udah kayak yang paling keren sesekolahan..
 
Joined
Oct 22, 2013
Messages
224
Ratings
87
Points
81
Gender
Female
#9
di masa SD, sepatu yang keren itu yang ada lampunya.. kayaknya kalau bisa nyala itu udah kayak yang paling keren sesekolahan..
iya klo pake sepatu ini klo jalan bukannya liat ke depan tapi kebawah.. haha..
dulu sih pernah punya sepatu doc mart yg modelnya kayak sepatu hansip itu..
ada juga merk kasogi..
 

inigues

Millenium
Joined
Jun 13, 2015
Messages
38
Ratings
30
Points
51
Gender
Male
#10
iya klo pake sepatu ini klo jalan bukannya liat ke depan tapi kebawah.. haha..
dulu sih pernah punya sepatu doc mart yg modelnya kayak sepatu hansip itu..
ada juga merk kasogi..
Kasogi itu yang dulu iklannya kayak gini yah..

"sepatu olah raga.. kasogi..
juga buat bergaya.. kasogi.."

hehe, masih inget yang iklan ini..
 

Armawaty

Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
235
Points
131
Gender
Female
#11
kalau sepatu jaman dulu sih yang top Dr Marten atau docmart, dulu cuma bisa liat nggak sanggup beli :cry:
 

roadsterian

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,389
Ratings
5,973
Points
596
Gender
Male
#13
ada juga merk kasogi..
Kasogi itu yang dulu iklannya kayak gini yah..
hehe, masih inget yang iklan ini..
Iklannya ga inget saya. Tapi pernah tahu brand ini dulu waktu tahun 90an dan beberapa tahun lalu pernah ketemu salah satu bosnya yang cewek, pernah jadi client di kantor yang lama. Ternyata masih exist brand ini.
 
Joined
Nov 3, 2015
Messages
130
Ratings
132
Points
81
Gender
Male
#14
Kasogi lah. Kayaknya kl pakai kasogi, serasa jadi bocah paling keren se sekolah. Hahaha.

Dan pernah punya jenis docmart, merknya FAST. Kl model sekarang, hampir sama kayak sepatu savety nya para pegawai. Apa yg paling berkesan adalah....

Pernah suatu ketika setelah nonton film koboi, ada adegan nyalain korek pakai sepatu.
Iseng2 punya ide, kertas gesek yg coklat (bagian dr korek api) tak potong, dan tak lem di sepatu docmart ini.
Trus eksperimen di depan teman2, nyalain korek dari sepatu. Berhasil. Alhasil temen2 semuanya kagum. Whahaha
 
Top