Man

roadsterian

Administrator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,404
Ratings
6,190
Points
771
Gender
Male
#1
Sekitar era 70 an dunia komik Indonesia pernah mengalami masa jayanya. Waktu itu dunia komik sebagian besar diwarnai oleh genre komik silat, horor dan romance.
Salah satu punggawa komikus tersebut adalah Mansjur Daman atau lebih dikenal dengan nama pena Man.
x4tq%2520%2528Copy%2529.jpg 586b666347669.jpg

Log in or register to view this content!
Man terkenal dengan komiknya Mandala yang pertama kali diluncurkan tahun 1972 sehingga lakon pendekar itu sangat digemari masyarakat waktu itu. Kepopulerannya membuat nama Man semakin diperhitungkan dalam jagad perkomikan Indonesia.
Puncak popularitas Man mulai melesat pada tahun 70-an. Lewat tokoh pendekar Mandala. Kisah pendekar Mandala menunjukkan bagaimana Man mampu membangun cerita dunia persilatan yang berpadu dengan unsur humanisme.
Ternyata tak hanya komik, Man juga bergelut dalam dunia ilustrasi. Dia kerap kali menggarap cover buku untuk keperluan penerbit dan juga pernah menjadi ilustrator tetap yang mengerjakan ilustrasi dan komik selipan di majalah Bobo.
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
961
Points
306
Gender
Male
#2
roadsterian says "Sekitar era 70 an dunia komik Indonesia pernah mengalami masa jayanya. Waktu itu dunia komik sebagian besar diwarnai oleh genre komik silat, horor dan romance"...

tpi kenapa sekarang g ada komik karya anak bangsa yg booming ya...???

kurang lebih 3 bulan lalu saya pernah liat komik karya komikus indonesia...saya lupa judulnya...tpi isinya tentang sekolah anak nakal yg suka tawuran dan sejenisnya gitu deh...bisa dibilang ngikutin komik crows yg tentang sma suzuran yg terkenal itu...pas saya baca resensinya sih saya sangat tertarik, tpi pas saya buka ternyata gambarnya (dengan segala hormat tanpa maksud menjelekkan) kurang menarik...jadinya g saya baca dech...


ayo para komikus indonesia...bangkitkan lagi kejayaan komik indonesia sepeti era 70an dulu...
 

yudibrewox

Nostalgic
Kontributor
Joined
Dec 24, 2013
Messages
148
Ratings
353
Points
141
Gender
Male
#3
Saya mengenal goresan tangan Man dari ilustrasi nya di majalah Bobo, seperti di ilustrasi cerpen atau juwita, paman kikuk. Komiknya yg saya punya baru Neraka Borneo. Gambarnya halus, detil, sangat saya sukai. Pengen koleksi karya komiknya yang lain.
 

Asun

Enthusiast
Joined
Mar 7, 2015
Messages
38
Ratings
40
Points
36
Gender
Male
#4
Mandala Dari Sungai Ular emang populer wkt itu,kan ada difilmkan jg klo gak salah diperankan Barry Prima.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,350
Ratings
1,379
Points
691
Gender
Male
#5
temen saya lagi koleksi superhero volt sama komik tokoh wayang tapi dibuat ala-ala manga. apa yah judulnya. lupa saya. yg saya inget ada hewan burung unyu-unyu.

jaman dulu memang top banget yah komik Indo. jadi raja di negeri sendiri. jaman sekarang rada susah komik Indo buat move on. gambarnya juga gak sekeren dulu. walaupun semua cerita rata-rata sama. genre silat. btw saya penasaran banget sama komik roman Indo ada yg punya kah. ayo dong dishare. hehehehe.

iah. pernah difilmkan. ada 3 film tentang mandala. mandala penakhluk satria tar-tar, mandala dari sungai ular, sama golok setan. rata-rata komik atau novel yg laris pasti dibuatkan film.
 
Last edited:

pogo

Greenhorn
Joined
Sep 5, 2015
Messages
18
Ratings
38
Points
31
Gender
Male
#6
roadsterian says "Sekitar era 70 an dunia komik Indonesia pernah mengalami masa jayanya. Waktu itu dunia komik sebagian besar diwarnai oleh genre komik silat, horor dan romance"...

tpi kenapa sekarang g ada komik karya anak bangsa yg booming ya...???

kurang lebih 3 bulan lalu saya pernah liat komik karya komikus indonesia...saya lupa judulnya...tpi isinya tentang sekolah anak nakal yg suka tawuran dan sejenisnya gitu deh...bisa dibilang ngikutin komik crows yg tentang sma suzuran yg terkenal itu...pas saya baca resensinya sih saya sangat tertarik, tpi pas saya buka ternyata gambarnya (dengan segala hormat tanpa maksud menjelekkan) kurang menarik...jadinya g saya baca dech...


ayo para komikus indonesia...bangkitkan lagi kejayaan komik indonesia sepeti era 70an dulu...
Klo menurut ane nih gan sebagai orang yg suka komik

Komik2 indo jaman dulu yang bisa dibilang berjaya kebanyakan style gambarnya terpengaruh bangsa asing (terutama barat),otot kekar,proporsional,gradasi sana sini,warna tajam dll (hasil pengamatan pribadi)
Komik indo jaman dlu yg tenar juga rata2(yang ane tau) genre nya superhero

komik indo skrng lagi bagus2nya klo menurut ane gan
Banyak yg punya gaya gambar sendiri2 dengan tema yg unik2

Belum lagi komik2 indie yang terbitnya fotokopian
Ceritanya di luar dugaan,gambarnya juga makin aneh
(Cuma ya kualitas seadannyak krn emng fotokopian)

Komikus indo skrng mungkin lagi berjuang buat nemuin gaya mereka sendiri,atau lagi berusaha nyiptain gaya indonesia
Biar lepas dari bayang2 barat atau manga

Semoga para sobat mendukung perkembangan komik lokal
Piss gan
Pendapat pribadi
 
Last edited:

AVI892000

Enthusiast
Joined
Jan 12, 2016
Messages
77
Ratings
22
Points
41
Gender
Male
#7
Gaya cerita dan lukisan komik karya Man sangat asli,disebagian komik yang pernah saya baca tidak ada yang saduran dari cerita luar yang ditranslate menjadi cerita bergambar indonesia,Kaya Man semuanya asli putra bangsa dan bukan saduran atau translasi dari cerita novel asing yang dibuat bergambar.
 

beni4ever

Retro
Kontributor
Joined
Oct 7, 2013
Messages
460
Ratings
449
Points
186
Gender
Male
#8
Yg gw tau man adalah komikus seangkatan Ganesh TH, karya y yg gw kenal adalah monyet putih dan perawan buronan, penggambaran komik2 zaman dulu gw ibaratkan seperti lagu2 zaman dulu bersama penyanyi y,,,, lagu y sederhana, simpel, mudah dicerna, dan ok kalo d nyanyiin bareng2, dikenal hampir semua generasi, contoh y koesplus dengan lagu andaikan kau datang, bujangan, chrisye dengan lagu kisah cintaku, pergilah kasih, panbers dengan gereja tua, lagu dan komik zaman dulu begitu alami, tidak d buat2 yg macem2 dan aneh2, apa ada y namun penuh dengan kenangan
 
Joined
Sep 18, 2017
Messages
162
Ratings
118
Points
76
Gender
Male
#9
Sosok Ini adalah Salah seorang yang pantas disejajarkan dari komikus-komikus legendaris Indonesia,selain Ganes TH, Jan Mintaraga, Djair, Teguh Santosa,, Hasymi Wid NS, Dan banyak lagi yang bellum says sebut Satu persatu
 
Top