Kutipan Indah Novel/Film, dsb.

lolak lolok

Legend
Scanlation team
Joined
Sep 22, 2013
Messages
3,022
Gender
Male
buat pecinta novel atau film saya rasa gak akan asing sama yg namanya dialog. terkadang ada beberapa kalimat yg bikin semriwing saking indahnya. so ayo sama-sama menulis kutipan indah yg agan member dapat dari film, novel atau apapun yg dibaca.

"aku bukan pelabuhan. pelabuhan disinggahi banyak kapal. aku adalah lubang kunci. hanya satu anak kunci yg dapat membuka pintu hatiku."
~ mira w dalam Cinta Tak Pernah Berhutang. ~

"Kamu tidak perlu mengawiniku untuk membayar hutangmu, karena cinta tak pernah berhutang."
~ mira w dalam Cinta Tak Pernah Berhutang ~

"Kuncup itu telah gugur. Luruh sebelum berbunga tetapi, dia gugur untuk menjadi pupuk kehidupan bagi alam sekitarnya."
~ mira w dalam Luruh Kuncup Sebelum Berbunga. ~

"Tuhan tidak akan memberi cobaan lebih dari kemampuannmu. Dan kalau Dia memberi cobaan, percayalah. Dia juga akan memberikan jalan keluarnya."
~ mira w dalam Di Ujung Jalan Sunyi. ~

#maaf tampilannya gak menarik. buat thread cuman lewat hape. ditunggu kutipannya.
 
Last edited by a moderator:
One summer morning at sunrise a long time ago
I met a little girl with a book under her arm.
I asked her why she was out so early and
she answered that there were too many books and
far too little time. And there she was absolutely right.

~ Tove Jansson ~
 
Saya terkesan dengan pantun ini:
Bantun Rumah Tua
= oleh Ern Goon =
Rumah tua yang malang
Pernah penuh berisi penghuni,
Tapi kini kosong dan sepi,
Berbicara padaku
Katanya, "Mereka semua pergi,
Kamar-kamar dingin dan sunyi,
Pintu depan sudah terkunci,
Dan jendela-jendela menatap kosong.... dst
(untuk kelanjutannya silahkan baca (ulang) Pasukan Mau Tahu - Misteri Berita Aneh karya Enid Blyton) :)

Kenapa terkesan? Karena ada beberapa rumah tua di daerah saya yang ditinggalkan/dibiarkan merana oleh para pewarisnya. Kondisinya seperti yang digambarkan pada pantun di atas. Ketika anak-anak menjadi dewasa dan kuliah di kota besar serta bekerja di sana, kebanyakan mereka ogah untuk pulang kampung. Akibatnya ya seperti yang digambarkan dalam pantunnya Ern Goon. Kata alm bapak saya untuk menggambarkan kondisi Rumah Tua seperti ini, "Ketika penghuninya menjadi tua maka rumah pun ikutan menjadi tua bahkan semakin tua apabila rumah itu ditinggali oleh pewarisnya.
 
"Sayangku," kata nenekku akhirnya, "kau yakin kau tidak keberatan jadi tikus seumur hidupmu?"
"Aku sama sekali tidak keberatan," jawabku. "Bukan masalah siapa dirimu atau seperti apa penampilanmu, selama ada yg menyayangimu."

~Roald Dahl dalam Ratu Penyihir hal. 216~@TY
 
# Jangan gampang terbuai keamanan Dan kemapanan. Hidup itu kadang perlu beradu, bergejolak, bergesekan. Dari gesekan Dan kesulitanlah, sebuah pribadi akan terbentuk matang. Banyak profesi diluar sana, usahakanlah untuk memilih yg paling mendewasakan Dan yg paling bermanfaat buat sesama. Lalu kalau kalian nanti sudah bekerja, JANGAN PUAS JADI PEGAWAI SELAMANYA, TAPI PUNYAILAH PEGAWAI...

~Diambil dari buku Rantau 1 Muara karya A.Fuadi~

NB : Yang dicaps lock itu adalah moto hidup ayah saya dari beliau muda dulu dan jadi moto hidup saya juga

# Hukum & kebenaran tidak selalu sama.keduanya bisa berubah tergantung bagaimana memanfaatkannya.walapun menyerempet bahaya,kalau masih dalam jalur hukum,itu bisa dianggap benar.banyak org selalu menganggap hukum dapat membela org yg bénar,jdi mereka tdk belajar & merasa curiga.hukum Pada dsarnya cuma alat untuk menjaga ketertiban masyarakat.bukan untuk melindungi dirimu ataupun keluargamu...

~ Manga Kurosagi a.k.a The Black Swindler Vol 11 karangan Kuromaru & Natsuharu Takeshi~


NB : yang tentang hukum itu salah satu quote favorit saya
 
.... "Ketika penghuninya menjadi tua maka rumah pun ikutan menjadi tua bahkan semakin tua apabila rumah itu ditinggali oleh pewarisnya.
ditinggalkan mungkin mas? ;)

kalo saya yang buat terkesan adalah dialog antara Andrew sebuah robot seri NDR dengan Portia yang seorang manusia, mengenai keingintahuan Andrew tentang hubungan fisik.
Sekedar prolog, CMIIW soalnya udah lama nonton filmnya, robot NDR Andrew ini mempunyai kecerdasan buatan, yang membuatnya bisa mempelajari semua hal tentang manusia, ilmu pengetahuan dan juga emosi manusia selama perjalanan nya melewati kehidupan dalam pencarian jati diri. Dari pertama kali dimiliki oleh sebuah keluarga ia adalah sebuah robot berbentuk kaleng hingga keturunan ketiga keluarga itu (yang membuatnya jatuh cinta karena memiliki kemiripan rupa dengan anak pemiliknya dahulu), Andrew akhirnya memiliki fisik dan organ tubuh seperti manusia bahkan ia pun mengalami proses penuaan. Yang ia inginkan adalah pengakuan dari umat manusia bahwa ia telah berhasil membuat dirinya menjadi manusia seutuhnya. Di akhir cerita Andrew yang renta menjelang ajal mendapat pengakuan eksitensi dirinya dan meninggal bersama Portia dalam kondisi berpegangan tangan. so sweet... #saat aku lanjut usia, saat ragaku terasa tua.. by Sheilaon7, langsung nyanyik..

Ceritanya cukup menyentuh, soalnya sambil nonton saya menyentuh camilan dan kopi sebagai teman nonton, waktu itu masi single blom ada ibunya anak-anak..
dan inilah penggalan kalimat Andrew yang secara roughly saya artikan : "apapun yang terjadi, kau akan tetap memiliki seseorang yang selalu ada untukmu.." #eaa eaaa eaaaaaaaa....
"That you can lose yourself - everything, all boundaries, all time - the two bodies can become so mixed up...
that you don't know who's who or what's what.
And just when the sweet confusion is so intense you think you're gonna die, you kind of do, leaving you alone in your separate body.

But the one you love is still there.
That's a miracle.
You can go to heaven
and come back alive.
You can go back anytime you want - with the one you love."
Bicentennial Man-1999, Robin Williams as Andrew Martin.
 
ditinggalkan mungkin mas? ;)

Kalimat itu sudah betul, mas Bagas. Maksudnya begini, misalkan ada sepasang suami istri muda membeli/membangun rumah baru kemudian mereka punya anak. Dengan berjalannya waktu suami istri itu kan menjadi tua, so, rumah mereka kan ikutan menjadi tua, nah, ketika mereka mewariskan rumah itu kesalah satu anaknya maka kelak jika anak itu menjadi tua, rumah itu akan menjadi lebih tua. Kemudian jika rumah itu diwariskan ke salah seorang cucu maka rumah itu akan menjadi semakin tua lagi umurnya. :)
 
"Orang yang berkelahi demi kebenaran akan mendapat kekuatan tiga kali lipat dari senjata yang dimilikinya."
Misteri Hilangnya Lady Frances Carfax (Salam Terakhir Sherlock Holmes) - Sir Arthur Conan Doyle
 
"Hati-hati kalau bicara! Ingat, bahwa apa yang kauucapkan hari ini mungkin besok akan mencelakakan dirimu! Jadi sebelum kau berkata apa-apa, pikirkan dulu matang-matang akibatnya. Kalau kau ragu-ragu, lebih baik jangan berkata apa-apa. Diam itu selamat! Paling-paling kau disangka orang tolol, tapi kau tidak akan terjerat kata-katamu sendiri."

~S. Mara Gd dalam Misteri Pembunuhan di Kakek Bodo~
 
"Hati-hati kalau bicara! Ingat, bahwa apa yang kauucapkan hari ini mungkin besok akan mencelakakan dirimu! Jadi sebelum kau berkata apa-apa, pikirkan dulu matang-matang akibatnya. Kalau kau ragu-ragu, lebih baik jangan berkata apa-apa. Diam itu selamat! Paling-paling kau disangka orang tolol, tapi kau tidak akan terjerat kata-katamu sendiri."

~S. Mara Gd dalam Misteri Pembunuhan di Kakek Bodo~

Saya sangat setuju sekali dengan nasihat di atas, mas lolak. Seharusnya nasihat di atas disebar ke medsos2 sebagai peringatan buat mereka yang suka menebar ungkapan2 kebencian. Bahwa ungkapan2 kebencian yang mereka lontarkan bisa membuat mereka tersandung masalah hukum. Apalagi menjelang pilkada serentak 2017 pasti ungkapan2 bernada kebencian akan menebar kemana-mana.
 
sebenarnya gak sengaja mbaca buku mz. eh kok pas dan kena banget yah momennya. kalau bu mara cukup sering ngasih wejangan lewat bukunya. kadang saya mbaca tapi lupa banget mau share. pas inget udah lupa ada dibuku mana. ntar yah. colek mba @ari_jh ah. ayo mba share buku s. mara gd.
 
Last edited by a moderator:
"A childhood without books – that would be no childhood. That would be like being shut out from the enchanted place where you can go and find the rarest kind of joy"

~ Astrid Lindgren ~
 
Back
Top