Kutipan Indah Novel/Film, dsb.

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#1
buat pecinta novel atau film saya rasa gak akan asing sama yg namanya dialog. terkadang ada beberapa kalimat yg bikin semriwing saking indahnya. so ayo sama-sama menulis kutipan indah yg agan member dapat dari film, novel atau apapun yg dibaca.

"aku bukan pelabuhan. pelabuhan disinggahi banyak kapal. aku adalah lubang kunci. hanya satu anak kunci yg dapat membuka pintu hatiku."
~ mira w dalam Cinta Tak Pernah Berhutang. ~

"Kamu tidak perlu mengawiniku untuk membayar hutangmu, karena cinta tak pernah berhutang."
~ mira w dalam Cinta Tak Pernah Berhutang ~

"Kuncup itu telah gugur. Luruh sebelum berbunga tetapi, dia gugur untuk menjadi pupuk kehidupan bagi alam sekitarnya."
~ mira w dalam Luruh Kuncup Sebelum Berbunga. ~

"Tuhan tidak akan memberi cobaan lebih dari kemampuannmu. Dan kalau Dia memberi cobaan, percayalah. Dia juga akan memberikan jalan keluarnya."
~ mira w dalam Di Ujung Jalan Sunyi. ~

#maaf tampilannya gak menarik. buat thread cuman lewat hape. ditunggu kutipannya.
 
Last edited by a moderator:

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
961
Ratings
3,632
Points
456
Gender
Female
#2
One summer morning at sunrise a long time ago
I met a little girl with a book under her arm.
I asked her why she was out so early and
she answered that there were too many books and
far too little time. And there she was absolutely right.

~ Tove Jansson ~
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,774
Ratings
9,606
Points
961
Gender
Female
#3
"Jangan kira tidak ada buaya karena airnya tenang"

- James Patterson, Roses are Red (Alex Cross #6) -
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
809
Ratings
3,952
Points
456
Gender
Male
#4
Saya terkesan dengan pantun ini:
Bantun Rumah Tua
= oleh Ern Goon =
Rumah tua yang malang
Pernah penuh berisi penghuni,
Tapi kini kosong dan sepi,
Berbicara padaku
Katanya, "Mereka semua pergi,
Kamar-kamar dingin dan sunyi,
Pintu depan sudah terkunci,
Dan jendela-jendela menatap kosong.... dst
(untuk kelanjutannya silahkan baca (ulang) Pasukan Mau Tahu - Misteri Berita Aneh karya Enid Blyton) :)

Kenapa terkesan? Karena ada beberapa rumah tua di daerah saya yang ditinggalkan/dibiarkan merana oleh para pewarisnya. Kondisinya seperti yang digambarkan pada pantun di atas. Ketika anak-anak menjadi dewasa dan kuliah di kota besar serta bekerja di sana, kebanyakan mereka ogah untuk pulang kampung. Akibatnya ya seperti yang digambarkan dalam pantunnya Ern Goon. Kata alm bapak saya untuk menggambarkan kondisi Rumah Tua seperti ini, "Ketika penghuninya menjadi tua maka rumah pun ikutan menjadi tua bahkan semakin tua apabila rumah itu ditinggali oleh pewarisnya.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#5
"Sayangku," kata nenekku akhirnya, "kau yakin kau tidak keberatan jadi tikus seumur hidupmu?"
"Aku sama sekali tidak keberatan," jawabku. "Bukan masalah siapa dirimu atau seperti apa penampilanmu, selama ada yg menyayangimu."

~Roald Dahl dalam Ratu Penyihir hal. 216~@TY
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
962
Points
271
Gender
Male
#6
# Jangan gampang terbuai keamanan Dan kemapanan. Hidup itu kadang perlu beradu, bergejolak, bergesekan. Dari gesekan Dan kesulitanlah, sebuah pribadi akan terbentuk matang. Banyak profesi diluar sana, usahakanlah untuk memilih yg paling mendewasakan Dan yg paling bermanfaat buat sesama. Lalu kalau kalian nanti sudah bekerja, JANGAN PUAS JADI PEGAWAI SELAMANYA, TAPI PUNYAILAH PEGAWAI...

~Diambil dari buku Rantau 1 Muara karya A.Fuadi~

NB : Yang dicaps lock itu adalah moto hidup ayah saya dari beliau muda dulu dan jadi moto hidup saya juga

# Hukum & kebenaran tidak selalu sama.keduanya bisa berubah tergantung bagaimana memanfaatkannya.walapun menyerempet bahaya,kalau masih dalam jalur hukum,itu bisa dianggap benar.banyak org selalu menganggap hukum dapat membela org yg bénar,jdi mereka tdk belajar & merasa curiga.hukum Pada dsarnya cuma alat untuk menjaga ketertiban masyarakat.bukan untuk melindungi dirimu ataupun keluargamu...

~ Manga Kurosagi a.k.a The Black Swindler Vol 11 karangan Kuromaru & Natsuharu Takeshi~


NB : yang tentang hukum itu salah satu quote favorit saya
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
950
Ratings
1,914
Points
406
Gender
Male
#7
.... "Ketika penghuninya menjadi tua maka rumah pun ikutan menjadi tua bahkan semakin tua apabila rumah itu ditinggali oleh pewarisnya.
ditinggalkan mungkin mas? ;)

kalo saya yang buat terkesan adalah dialog antara Andrew sebuah robot seri NDR dengan Portia yang seorang manusia, mengenai keingintahuan Andrew tentang hubungan fisik.
Sekedar prolog, CMIIW soalnya udah lama nonton filmnya, robot NDR Andrew ini mempunyai kecerdasan buatan, yang membuatnya bisa mempelajari semua hal tentang manusia, ilmu pengetahuan dan juga emosi manusia selama perjalanan nya melewati kehidupan dalam pencarian jati diri. Dari pertama kali dimiliki oleh sebuah keluarga ia adalah sebuah robot berbentuk kaleng hingga keturunan ketiga keluarga itu (yang membuatnya jatuh cinta karena memiliki kemiripan rupa dengan anak pemiliknya dahulu), Andrew akhirnya memiliki fisik dan organ tubuh seperti manusia bahkan ia pun mengalami proses penuaan. Yang ia inginkan adalah pengakuan dari umat manusia bahwa ia telah berhasil membuat dirinya menjadi manusia seutuhnya. Di akhir cerita Andrew yang renta menjelang ajal mendapat pengakuan eksitensi dirinya dan meninggal bersama Portia dalam kondisi berpegangan tangan. so sweet... #saat aku lanjut usia, saat ragaku terasa tua.. by Sheilaon7, langsung nyanyik..

Ceritanya cukup menyentuh, soalnya sambil nonton saya menyentuh camilan dan kopi sebagai teman nonton, waktu itu masi single blom ada ibunya anak-anak..
dan inilah penggalan kalimat Andrew yang secara roughly saya artikan : "apapun yang terjadi, kau akan tetap memiliki seseorang yang selalu ada untukmu.." #eaa eaaa eaaaaaaaa....
"That you can lose yourself - everything, all boundaries, all time - the two bodies can become so mixed up...
that you don't know who's who or what's what.
And just when the sweet confusion is so intense you think you're gonna die, you kind of do, leaving you alone in your separate body.

But the one you love is still there.
That's a miracle.
You can go to heaven
and come back alive.
You can go back anytime you want - with the one you love."
Bicentennial Man-1999, Robin Williams as Andrew Martin.
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
809
Ratings
3,952
Points
456
Gender
Male
#8
ditinggalkan mungkin mas? ;)
Kalimat itu sudah betul, mas Bagas. Maksudnya begini, misalkan ada sepasang suami istri muda membeli/membangun rumah baru kemudian mereka punya anak. Dengan berjalannya waktu suami istri itu kan menjadi tua, so, rumah mereka kan ikutan menjadi tua, nah, ketika mereka mewariskan rumah itu kesalah satu anaknya maka kelak jika anak itu menjadi tua, rumah itu akan menjadi lebih tua. Kemudian jika rumah itu diwariskan ke salah seorang cucu maka rumah itu akan menjadi semakin tua lagi umurnya. :)
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
950
Ratings
1,914
Points
406
Gender
Male
#9
oohh begitu ya maksudnya,,, hehehe.. lain persepsi saya bacanya... siap mas @wong tegal trimakasih koreksi nya..
 
Last edited by a moderator:

galociguy

Retro
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
434
Ratings
2,048
Points
326
Gender
Male
#10
"Orang yang berkelahi demi kebenaran akan mendapat kekuatan tiga kali lipat dari senjata yang dimilikinya."
Misteri Hilangnya Lady Frances Carfax (Salam Terakhir Sherlock Holmes) - Sir Arthur Conan Doyle
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#11
"Hati-hati kalau bicara! Ingat, bahwa apa yang kauucapkan hari ini mungkin besok akan mencelakakan dirimu! Jadi sebelum kau berkata apa-apa, pikirkan dulu matang-matang akibatnya. Kalau kau ragu-ragu, lebih baik jangan berkata apa-apa. Diam itu selamat! Paling-paling kau disangka orang tolol, tapi kau tidak akan terjerat kata-katamu sendiri."

~S. Mara Gd dalam Misteri Pembunuhan di Kakek Bodo~
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
809
Ratings
3,952
Points
456
Gender
Male
#12
"Hati-hati kalau bicara! Ingat, bahwa apa yang kauucapkan hari ini mungkin besok akan mencelakakan dirimu! Jadi sebelum kau berkata apa-apa, pikirkan dulu matang-matang akibatnya. Kalau kau ragu-ragu, lebih baik jangan berkata apa-apa. Diam itu selamat! Paling-paling kau disangka orang tolol, tapi kau tidak akan terjerat kata-katamu sendiri."

~S. Mara Gd dalam Misteri Pembunuhan di Kakek Bodo~
Saya sangat setuju sekali dengan nasihat di atas, mas lolak. Seharusnya nasihat di atas disebar ke medsos2 sebagai peringatan buat mereka yang suka menebar ungkapan2 kebencian. Bahwa ungkapan2 kebencian yang mereka lontarkan bisa membuat mereka tersandung masalah hukum. Apalagi menjelang pilkada serentak 2017 pasti ungkapan2 bernada kebencian akan menebar kemana-mana.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#13
sebenarnya gak sengaja mbaca buku mz. eh kok pas dan kena banget yah momennya. kalau bu mara cukup sering ngasih wejangan lewat bukunya. kadang saya mbaca tapi lupa banget mau share. pas inget udah lupa ada dibuku mana. ntar yah. colek mba @ari_jh ah. ayo mba share buku s. mara gd.
 
Last edited by a moderator:

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
961
Ratings
3,632
Points
456
Gender
Female
#14
"A childhood without books – that would be no childhood. That would be like being shut out from the enchanted place where you can go and find the rarest kind of joy"

~ Astrid Lindgren ~
 
Top