Kuis dari waktu ke waktu

maszd

Novice
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
5,064
Gender
Male
Awal cerita saat gogling game android nggak sengaja nemu game yang menarik karna namanya mengingatkan kuis yang pernah tayang dulu di tvri namanya kelompencapir singkatan dari kelompok pendengar, pembaca dan pemirsa yang kalau nggak salah tayang setelah dunia dalam berita, yang buat ngakak namanya hampir sama klompencapir tapi kepanjangannya beda yaitu kelompok penderita cacat pikiran :ROFLMAO: berikut penampakannya :
Log in or register to view this content!
isinya sejumlah pertanyaan lucu dan tebak-tebakan sekitar tahun 90an salah satunya ini :
Log in or register to view this content!
setelah lihat-lihat pertama rilis tahun 2013 cukup lama baru tahu sekarang :p.
kembali ke tema thread yaitu kuis jadi pingin buat list kuis lama dengan beragam konsep yang pernah tayang di stasiun tv nasional dan swasta (jadi ingat dulu pernah ada petugas keliling untuk menagih iuran tv, yang sudah bayar ada semacam kalau boleh dibilang mirip pranko atau materai yang ditempel di sebuah kertas yang ada kolom bulannya, pernah ada tetangga umpetin antena tvnya biar nggak bayar iuran karna waktu itu ditempat saya patokan penagihan iuran dilihat ada tidaknya antena tv :p) list dibawah ini dibuat berdasarkan ingatan saja jadi bukan berdasarkan tahun mungkin nanti ada yang menambahkan atau koreksi dipersilahken.
  1. kelompencapir
  2. cerdas cermat
  3. berpacu dalam melodi
  4. O o siapa dia?
  5. jari-jari
  6. kata berkait
  7. piramida
  8. tak tik boom
  9. kuis dangdut apaan tuh!
  10. famili 100
ya itu saja dalam ingatan, intro banyak isi sedikit :D modus seribu thread :p
update. untuk iuran tv pernah dibahas mas @roadsterian di sini. :)
 
Last edited:
Mmm... Selain yg disebutkan di atas, saat ini yg terpikir :
  1. Gita Remaja
  2. Who wants to be millionaire (eh, yg ini agak baru ya?)
  3. Keluarga Lifebuoy
Mungkin nanti bisa ingat yg lain :)
 
tambahan baru ingat kuis double dare dulu tayang di rcti :)
 
kuis keluarga lifeboy, kuis piramida, kuis kontak, kuis kata berkait, kuis tebak gambar, kuis famili 100, kuis roda impian, kuis apa ini apa itu.
 
Kalau saya sih, pernah nyebutin soal Kuis Keluarga Lifebuoy dan tetangga yang menang (otomatis masuk tipi) di sini, selain itu saya lebih suka acara yang dipandu bung Kepra yaitu Kuis Aksara Bermakna.
O,ya.. kalau kuis jadul pasti asosiasinya ke bu Ani Sumadi. Saya kurang paham siapa beliau sebetulnya, yang saya tahu cuma suaminya mirip dengan pelawak s.bagio :LOL:
Btw, ada yang tahu kenapa di .NET malah menghidupkan kuis Berpacu dalam Melodi untuk segmen anak muda ya? cmiiw itu khan untuk para om-om dan tante-tante segmennya. Bukannya seharusnya itu untuk segmen kawula muda dan kekinian seharusnya menghidupkan kembali acara kuis Gita Remaja-nya Tantowi Yahya? tp ya terserah mereka ya hehe :D
 
Dulu ingat Kuis Tak Tik Boom yang dibawain Dede Yusuf, trus juga ada Kuis 3A di TPI (Asah Asih Asuh), dibawakan MC kondang Connie Schiferling yang suka jadi MC pernikahan di Kelapa Gading Sport Hall.

Buat mas @roadsterian, Ibu Ani Sumadi itu adalah penggagas acara2 kuis di TVRI dulu, dialah yang bertangan dingin menelurkan acara2 kuis memorable di TVRI seperti Siapa Dia, Berpacu Dalam Melodi, Gita Remaja, dll. Kuis Siapa Dia (dibawakan Aom Kusman) itu adalah reinkarnasi dari acara sejenis jauh sebelumnya tahun 1970an dengan MC nya Kris Biantoro (saya lupa nama acaranya).
Belakangan oleh Helmi Yahya, ilmunya Ani Sumadi diadopsi dan Helmy Yahya pun menelurkan kuis Siapa Berani yang sangat populer di Indosiar.

Tambahin satu lagi, acara kuis Pesona 13 yang dibawakan Bob Tutupoly di TVRI, juga karya Ibu Ani Sumadi.
 
Last edited by a moderator:
Kuis kata berkait nya Nico Siahaan suka lama banget loading komputernya, jeda waktu antara jawaban peserta bisa lebih dari 10 detik. Suka kasian liat pembawa acaranya canggung banget nungguinnya..
Saya suka nge-eeuuuu...eeyaaaa-in tuh di pas-pasin sama keluar jawabannya.. hehehe.. Lega banget mukanya Nico Siahaan pas jawaban komputernya keluar..

*kayaknya komputernya kebanyakan di pake maen Zuma kodok ama Bounce deh..:whistle:
 
Last edited:
btw, dulu saya (dan teman2 tentunya) kepingin ikut kuis 'siapa berani' -nya helmy yahya & kuis 'komunikata' -nya isam surentu. tapi gak jadi hehehe.
soalnya ngumpulin banyak temen2 seangkatan utk kuis siapa berani repot banget, pada sibuk semua :(
kalau komunikata, entah kenapa sebagian temen saya mendadak jadi pemalu. padahal udah nyiapin baju warna-warni lho buat tampil :D
 
mz @roadsterian, buat BDM gak melulu anak muda kok. terkadang angkatan mz juga ada. hahay. hayo gak pernah liat TVRI yah. gita remaja masih ada kok. bulan kemaren sempet liat. yg mandu dirly idol. cuman sayang. garing banget. gak ada udah kuis yg oke. rata-rata pesertanya artis cenderung buat lawakan. gak sekeren dan seorisinil dulu.
 
Last edited by a moderator:
kuis2 jadul rasanya lebih menarik daripada kuis2 jaman sekarang.. tapi dari sekian banyak kuis2 jadul, yg masi bisa bertahan cuma famili 100 ya? pembawa acaranya mulai dari soni tulung, tukul arwana sampe skrg eko patrio
 
kuis2 jadul rasanya lebih menarik daripada kuis2 jaman sekarang.. tapi dari sekian banyak kuis2 jadul, yg masi bisa bertahan cuma famili 100 ya? pembawa acaranya mulai dari soni tulung, tukul arwana sampe skrg eko patrio
ya dan semua dengan gayanya masing2 terutama untuk bagian "survey........................membuktikan!" saya lebih suka yang pertama pas masih dibawain oleh soni tulung, kalau nggak salah sebelum tukul ada pembawa acara yang lain, lupa siapa.
 
Ada juga "Wheel of Fortune" kan ya? Tebak kata / kalimat.
Yg jackpotnya ada hadiah jalan2 kemana gitu, bikin kepingin
gak ada yg bener-bener asli njiplak gan. pasti namanya diubah. kuis wheel of fortune ini dulu ada di SCTV. namanya roda impian. yg mandu papa charles bonar sirait. cuman lupa hadiahnya apa. masih SD kelas 1 kayanya. pemirsa dirumah juga bisa ikutan kirim soal.

jadi inget tok-tok wow. kenapa gak pernah ke balikpapan. kan lumayan kasih tunjuk lifebouy aja langsung dapat uang. dapat tambahan hadiah pula milih gambar produk unilever. strategi pasar biar beralih ke lifebouy.

jaman dulu quiz pesertanya orang-orang biasa yg daftar. sekarang malah artis semua. mana yg udah pernah diundang lagi. mbok opo karepe.
 
Back
Top