Pengarang/Komikus Komikus Nina

Purita Campos
scan%20%28Copy%29.jpg 158.gif pc.jpg
Portfolio:
  • Patty/Esther/Peggy (dengan Philip Douglas)
  • Tina/Jana (dengan Andries Brandt)
  • Gina (dengan Frank Elliot/Francisco Ortega)
  • Dulce Carolina (dengan Frank Elliot/Francisco Ortega)
  • Adaptasi novel Heidi

Purita Campos, lahir di Barcelona tahun 1937, adalah illustrator yang karyanya tidak asing untuk penggemar cergam Nina. Campos belajar di Llotja art school dan bekerja sebagai cover designer dan illustrator di majalah fashion seperti Can Can, Sissi dan Celia sebelum beralih ke komik (tidak seperti sekarang dimana halaman mode biasa menggunakan foto model, majalah fashion di era 60-an sering menampilkan halaman mode dengan menggunakan illustrasi). Berikut contoh fashion spreads di majalah Tina hasil karya Purita Campos.

Log in or register to view this content!

Peggy

Diawali dengan kontribusi ke publikasi komik dalam negeri seperti Blanca dan Sissi Novelas Grafficas, akhirnya Campos mulai merambah ke penerbit komik luar negeri (IPC - Inggris dan Oberon - Belanda). Patty's world adalah cerita hasil kolaborasi Campos dengan Philip Douglas, penulis asal Inggris. Cerita ini sukses dan diterbitkan di Inggris selama hampir 20 tahun. Patty's world juga belakangan diterbitkan di majalah Spanyol - Lily dengan nama Esther. Di Indonesia sendiri Patty kita kenal dengan nama Peggy dan ceritanya di cergam Nina banyak berkisar tentang masalah percintaannya dengan Jeroen.

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

Tokoh Peggy kembali muncul di tahun 2006 di cerita yang ditulis Carlos Portela dengan judul Las nuevas aventuras de Esther. Peggy di cerita ini sudah tumbuh menjadi wanita dewasa.
Log in or register to view this content!

Tina

Keberhasilan tokoh Patty di Inggris diikuti dengan tawaran pekerjaan dari Belanda yang merupakan asal mula terciptanya tokoh Tina di awal 1970-an - hasil kerjasama dengan Andries Brandt (penulis komik sepak bola Roel Dijkstra). Tidak seperti Peggy yang gadis Inggris, tokoh Tina ini resminya berkebangsaan Belanda karena memang lahir dari tangan penulis Belanda. Walau gambar seorang gadis mirip Tina sebelumnya sempat muncul juga di komik Inggris Mirabelle dengan nama Evie. Tokoh Evie saat itu belum memiliki profesi dan karakternya juga hanya muncul di cerita pendek.
Log in or register to view this content!

Seiring dengan waktu diciptakan tokoh Debbie, yang berprofesi perancang busana. Dunia busana memang sepertinya merupakan cinta pertama Purita, ini terlihat jelas di cerita Tina, Debbie dan Peggy, di mana gadis2nya selalu tampil modis sesuai trend fashion saat itu. Campos menggambar Tina (untuk cerita komik dan kadang2 juga untuk cover majalah Tina) selama lebih dari 30 tahun sampai tahun 2007. Edmond yang juga illustrator kelahiran Spanyol mengambil alih serial Tina dari Purita sejak tahun 2007. Edmond ini adalah creator tokoh Mimi (Mimi kisah seorang putri, Mimi Bintang Sirkus)

Log in or register to view this content!

Salah satu kekuatan ilustrasi hasil karya Campos selain warna2 yang kaya, juga hidupnya karakter2 komik ciptaannya. Yang paling menonjol dari gambar beliau adalah gerakan2 yang alami. Kabarnya dalam menggambar, Campos seringkali menggunakan model yang difoto dalam posisi tertentu sehingga anatomi tubuh proporsional dan dan bahasa tubuh sang tokoh komik terlihat realistic. Campos bahkan mengaku pernah meminta suaminya untuk berpose tertentu saat beliau mencari inspirasi untuk satu scene yang menggambarkan pacar Peggy.

Di tahun 2009 Campos dianugerahi Medallo de Oro al Mérito en el Trabajo Ártistico (terjemahan bebasnya Gold Medal for Merit in Fine Arts) oleh Spanish Ministry of Culture. Saat ini Campos aktif melukis dan mengajar di sekolah seni milik suaminya.

Karya2 Campos yang lain
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

sumber:
lambiek.net
wikipedia
womenincomics.wikia.com
Los Secertos de Esther by Ruth Bernárdez
various
 
Last edited by a moderator:
Sejarah sama ulasan komikus nya lengkap banget mba bebekhitam, saya setuju sama kata2 "success is doing what you want to do', kalau di bidang pekerjaan mungkin pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang sesuai hoby kita.;)
 
thanks for ulasannya mbak bebekhitam. akhirnya bisa tahu juga siapa-siapa saja tangan-tangan berbakat dibalik kisah-kisah Nina kesukaanku. Sayang udah ga terbit lagi ya. Untunglah ada ZD yang bisa share ebooknya ^_^. Danke wel ^_^
 
permisiiii... ikut ngasih komeng2 sedikit yaa, karena new member diminta untuk posting komentar 2 hari setelha akun aktif
Contoh fashion spread dari Purita Campos masih oke2 aja kalo diaplikasikan sekarang ini, padahal dibuat era 60-an. Jadi excited banget rasanya liat2 gambar djadoel.
Pat Mills, komikus Inggris_ Bagaikan Hewan dalam Kurungan, Gadis dalam Gelembung Plastik.... itu kan judul2 cerita di Majalah Bobo (kalo ga salah hehehe). Ga heran ceritanya bagus
 
ZD memang top.. selain cerita cerita jadulnya yang bisa mengobati rasa rindu masa kecil, informasi yang ditampilkan juga oke banget. saya jadi tambah ilmu karena ulasan para kontributor yang lengkap. Terima kasih ZD..
 
Bagus sekali info yg diberikan, gw aja baru tau padahal hampir semua komik nina sampai sisipan y udah di baca semua y, purita campos itu yg gambar tina,debbie,peggy ,,,rodrigo yg gambar monika,lusi,mariska zenon, bancina yg gambar grup musik dubidus dan manager y si bob koplak, kalo yg gambar paula si pramugari siapa ya mbak bebek hitam?
 
Wow saya cukup tercengang mb bebekhitam. Karena saya penggembar ilustrasi komik nina yang ternyata tiap serinya adalah berbeda beda pengarang. Saya suka tuh yang bagian Purita Campos. Gambar tokoh utama wanitanya selalu ada khas di bagian wajah dengan detail mata (agak belo), bibir dan hidung menyerupai barbie, juga kulit yang sebagian bintik bitnik

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:
Esther juga terbit di seri biru (#1 s/d #96 Joyas Literarias Juveniles & #97 s/d #108 Joyas Literarias Femeninas)
Log in or register to view this content!
 
Last edited:
baru tahu saya kalau Esther a.k.a Peggy pernah muncul di Album Cerita Ternama, coba Tanya mbak @ari_jh apa pernah lihat Album cerita Ternama yg ini?
 
bebekhitam said:
baru tahu saya kalau Esther a.k.a Peggy pernah muncul di Album Cerita Ternama, coba Tanya mbak @ari_jh apa pernah lihat Album cerita Ternama yg ini?
Kalau Esther diatas itu saya edit dari cover aslinya mba bebek, Album Cerita Ternama yang terbit di Indonesia dari Joyas Literarias Juveniles seri Hijau. Untuk Joyas Literarias Juveniles seri Biru dan seri Merah saya sendiri juga belum pernah lihat versi Indonesianya.
Joyas Literarias Juveniles terdiri dari :
- Seri Hijau : 272 seri >> Album Cerita Ternama (126 seri)
- Seri Biru (Joyas Literarias Femeninas) : 108 seri (Cerita terdiri dari Candy (12 seri), Caty, the Cat Girl (6 seri), Kristina dan teman-temannya (6 seri), Emma (6 seri), Esther (51 seri), The Happy Family (12 seri), Gina (5 seri), Kisah Luar Biasa dari Paman Arthur (10 seri))
- Seri Merah : 58 seri (Cerita tentang Iron Corsair)
 
Last edited:
baru tahu saya kalau Esther a.k.a Peggy pernah muncul di Album Cerita Ternama, coba Tanya mbak @ari_jh apa pernah lihat Album cerita Ternama yg ini?
setahu saya tidak ada judul esther mbak. yg dari 196 judul yg saya (pernah) tau :)
tapi bisa aja sih ada terbitan2 lain yg 'gak jelas' dan 'gak ngetop' hehehe... seperti picture story library yg dulu :)
 
Back
Top